5 Film Terbaik yang Bisa Dijadikan Inspirasi untuk Pebisnis, Dapat Kembalikan Semangat!

Menonton film menginspirasi cocok untuk kamu yang sedang galau dalam membangun bisnis (Shutterstock).

Seringkali film bisa menjadi panutan oleh para penontonnya. Tak terkecuali film menginspirasi ini, wajib banget kamu tonton jika sedang dalam fase sulit dalam membangun bisnis.

Meskipun deretan film ini cenderung lawas, namun tetap memiliki nilai moral yang bisa kamu ambil lho! Apalagi jika bisa menerapkannya dalam dunia nyata. Barangkali saat ini kamu tengah mengalami masa sulit dalam membangun bisnis, gak ada salahnya mengistirahatkan pikiran dengan menikmati film-film tersebut. 

Mengutip berbagai sumber, berikut ini film lawas yang terbukti sangat menginspirasi para pebisnis. Jangan sampai gak ditonton ya! Yuk kita simak ada film apa aja sih yang bagus. 

1. Wall Street

Film Menginspirasi
Poster Film Wall Street

Wall Street merupakan film asal Amerika Serikat yang dirilis pada tahun 1987. Film ini menceritakan tentang dua pemuda yang ambisius, yakni pebisnis saham dan investor karismatik namun sangat kejam.

Dalam film ini, kamu bisa mengambil pelajaran atau pesan, bahwa apabila terlalu fokus mengejar kekuasaan dengan cara yang tidak baik, dapat menjerumuskan integritas diri sendiri lho. Boleh terobsesi, asal jalurnya tetap sehat tanpa mengorbankan orang lain ya!

2. Office Space

Film Menginspirasi
Salah satu adegan dalam film Office Space

Film yang dirilis pada tahun 1999 di Amerika Serikat ini menceritakan tentang tantangan, frustasi, dan ketidakjelasan kehidupan kantor perusahaan. Office Space menyindir perusahaan yang menghancurkan jiwa para karyawannya.

Dalam film tersebut, mengingatkan bahwa jangan biarkan pekerjaan, dengan budaya perusahaan yang membosankan dan birokrasi kecil, mengganggu kehidupan. Tetapi, kamu harus menyeimbangkan pekerjaan dan kehidupan, serta memastikan bekerja untuk perusahaan yang baik.

Inti dalam film ini, bahwa para pekerja yang tidak bahagia bukan dikarenakan atasan yang buruk, melainkan manajemen bukanlah bos yang paling baik, dan manajemen yang buruk dapat merusak moral pekerja. Intinya adalah bahwa hidup ini terlalu singkat untuk dihabiskan di dalam kantor. Kamu perlu keseimbangan antara kantor dan kehidupan pribadi.

3. Erin Brockovich

Film Menginspirasi
Salah satu adegan di film Erin Brockovich

Film ini rilis pada tahun 2000 mengangkat kisah nyata. Dalam cerita mengisahkan perjuangan seorang ibu tunggal yang berjuang dalam pekerjaannya sebagai juru tulis, di sebuah firma hukum.

Dia mulai menyelidiki kasus yang akhirnya mengarah ke gugatan class action, terhadap perusahaan bernilai miliaran dolar. Melalui penyelidikan, ia belajar beberapa kebenaran yang sulit dipecahkan dan menghadapi banyak rintangan.

Dari film ini, pelajaran yang dapat diambil adalah bagaimana kamu mampu menangkap peluang. Menyelesaikan peluang tersebut dengan lantang dan berani. Kamu tidak perlu takut untuk membela apa yang diyakini. Ini juga bisa menjadi inspirasi besar bagi pengusaha perempuan yang menghadapi dunia korporat yang didominasi pria.

4. The Godfather

Film Menginspirasi
Film The Godfather

Meskipun film ini merupakan film tua atau jadul, yakni dirilis tahun 1972. Namun, film ini merupakan salah satu film terbaik yang pernah dibuat terkait tema bisnis. Dalam film dikisahkan tentang bisnis keluarga kecil yang tumbuh menjadi besar dan kuat di New York, saat melawan oposisi.

Dalam film ini, kamu dapat menarik kesimpulan betapa pentingnya membantu orang lain. Memperluas jaringan dalam bisnis apapun yang sedang kamu jalani. The Godfather membuat kamu berpikir tentang strategi kompetitif, aliansi, merger, dan diversifikasi bisnis.

5. The Pursuit of Happyness

Film Menginspirasi
Poster film The Pursuit of Happyness

Salah satu film terlaris di era 2000-an ada The Pursuit of Happyness ini. Mengisahkan perjalanan kisah nyata Chris Gardner yang diperankan oleh Will Smith menjadi seorang ayah tunggal dengan posisi pekerja magang di perusahaan medis. 

Film ini akan mengajarkan kamu bagaimana tentang etos kerja yang cukup kejam. Dibalik itu semua, ada keinginan keras untuk menjadi lebih baik dan mewujudkan impian. Tentu perjuangan Smith dalam film ini tidak mudah. Ia harus berkali-kali jatuh namun terus bangkit hingga akhir yang diimpikan dapat terwujud. 

Nah itu tadi rekomendasi film menginspirasi yang cocok kamu tonton dalam akhir pekan ini. Siapa tahu, kamu jadi makin semangat dalam menjalankan bisnis, serta roda kehidupan ini. Tetap semangat ya! (Editor: Winda Destiana Putri). 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →