Manfaat flushing AC mobil dan Estimasi biayanya

flushing ac mobil

AC mobil menjadi satu faktor yang membuat nyaman saat berkendara. Untuk itu, perawatan AC secara berkala menjadi sesuatu hal yang penting. Sebab, jika tak rajin dirawat, AC bisa rusak dan tidak bisa digunakan. Nah, salah satu cara merawatnya adalah dengan melakukan flushing AC mobil.

Pada dasarnya, flushing AC mobil adalah pembersihan dan pembilasan seluruh sistem AC mobil. Seluruh kotoran dan partikel yang tidak diinginkan akan dibersihkan dari kompresor dan seluruh saluran AC mobil.

Tanpa adanya mesin flushing, maka pengerjaan harus dilakukan secara manual yakni dengan cara membongkar seluruh komponen atau sistem AC mobil

Proses manual ini akan membutuhkan waktu paling cepat 8 jam.  Akan tetapi, apabila menggunakan mesin flushing seperti mesin lax, pengerjaan flushing AC mobil hanya akan memerlukan waktu sekitar 1,5 jam saja. Hal itu tentu akan sangat menghemat waktumu.

Berikut ini ulasan terkait flushing AC mobil, manfaat, dan juga estimasi biayanya. 

Manfaat flushing AC mobil

Flushing AC mobil yang dilakukan menggunakan mesin memberikan beberapa manfaat, antara lain:

1. Membuat kinerja AC kembali optimal

Mesin berteknologi Lax yang digunakan untuk flushing AC mobil bisa dengan mudah dan efisien mengganti oli dan freon pada sistem pendingin AC mobil. Dengan penggantian oli dan freon, AC mobil menjadi lebih cepat dingin dan mengeluarkan udara segar.

2. Melindungi sistem komponen-komponen AC mobil

Flushing AC mobil dengan menggunakan mesin yang terkomputerisasi akan meminimalisir kerusakan pada komponen-komponen yang bisa disebabkan oleh bahan pembersih. 

Sehingga nantinya akan memperpanjang masa pemakaian komponen-komponen yang ada di dalam sistem pendingin AC.

3. Oli bisa terkuras secara tuntas

Mesin berteknologi Lax ini sangat efisien untuk menguras dan mengganti oli pada sistem pendingin AC mobil. 

Pada umumnya, oli AC itu berwarna bening, kuning, atau hijau. Jika oli berubah warna menjadi kegelapan, oli tersebut bisa dikatakan sudah tidak layak digunakan dan harus segera dikuras.

Berapa harga flushing AC mobil?

Biaya flushing AC mobil memang bervariasi, tergantung kebijakan masing-masing bengkel.

Bengkel Jaya Denso AC di Curug Tangerang misalnya, mematok biaya flushing mulai Rp400.000. Biaya tersebut belum termasuk oli.

Sementara itu, Bengkel Provis Auto Sport di kawasan Bintaro menetapkan biaya flushing sekitar Rp750.000 hingga Rp800.000, tergantung jenis kendaraan.

Jika melakukan servis besar, termasuk flushing sistem dan penggantian oli kompresor, Rotary Bintaro memasang harga mulai Rp1,5 jutaan.

Kelebihan dan kekurangan flushing AC mobil

Berikut kelebihan dan kekurangan flushing AC mobil menggunakan mesin lax yang perlu kamu diketahui.

Kelebihan

Berikut ini beberapa kelebihan menggunakan teknik flushing AC mobil yang perlu kamu tahu sebagai bahan pertimbangan. 

1. Proses pengerjaaan cepat

Penggunaan mesin flushing memang sangat menghemat waktu. Dalam tempo maksimal 2 jam, proses service seluruh jaringan AC mobil sudah selesai dilakukan.

2. Tingkat akurasi tinggi

Semua tahap pembersihan dan perawatan tercatat secara detail. Oli yang masuk dan keluar diketahui secara akurat.

3. Memperpanjang umur komponen

Ketika semua komponen rutin diperiksa dan dibersihkan secara tuntas dengan menggunakan mesin flushing maka umurnya pun bakal lebih panjang. Pengeluaran pun bisa dihemat.

4. Mampu menghilangkan semua kotoran dan residu

Tak cuma oli yang bakal terkuras habis. Semua kotoran dan residu dari komponen yang aus juga ikut dibersihkan. Secara total tanpa ada sisa.

5. Tidak ada pencemaran sekunder

Ketika menggunakan mesin flushing, tidak ada sedikitpun bahan pembersih yang bisa mengakibatkan korosi pada komponen yang tersisa karena pembersihan tidak tuntas.

6. Bisa mendeteksi kerusakan secara dini

Selain berfungsi untuk membersihkan oli pada kompresor, mesin flushing juga bisa digunakan untuk mendeteksi kebocoran dan kerusakan pada sistem AC mobil. Bahkan mesin flushing bisa bermanfaat untuk mengecek kemurnian freon yang digunakan.

Jangan sampai biaya perbaikan mobil kesayanganmu justru membebani pengeluaran. Manfaatkan asuransi mobil all risk untuk mendapatkan jaminan ganti rugi atas biaya perbaikan mobil secara menyeluruh di bengkel terbaik.

Kekurangan

Flushing AC mobil menggunakan mesin tentu membuat proses pengerjaan menjadi lebih mudah dan cepat. 

Hasilnya pun akan lebih bersih. Namun demikian, perlu diketahui bahwa pada dasarnya tidak semua mesin mampu bekerja optimal. Mesin flushing berteknologi kuno bisa membuat pembersihan menjadi kurang sempurna.

Alat yang digunakan untuk flushing AC mobil

Alat atau mesin yang digunakan untuk flushing AC mobil bernama flushing lax. Mesin flushing AC mobil ini memiliki teknologi terkomputerisasi yang mampu merawat dan membersihkan sistem AC mobil serta menguras oli kompresor hingga 100 persen tanpa harus melakukan bongkar pasang pada bagian sistem AC. 

Mesin atau alat flushing AC mobil ini dilengkapi kemampuan-kemampuan seperti flushing, recovery, vakuum, dan charging.

Cara flushing AC mobil

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, flushing AC mobil bisa dilakukan dengan dua cara yakni manual alias tanpa mesin dan menggunakan mesin flushing lax

Jika menggunakan mesin flushing lax, kamu tidak perlu melakukan bongkar pasang komponen, Kamu cukup menekan tombol saja. Hal ini karena mesin flushing lax sudah dilengkapi dengan teknologi terkini yang terkomputerisasi.  

Namun, apabila flushing AC mobil dilakukan secara manual atau tanpa menggunakan mesin, berikut prosedurnya.

1. Mengeluarkan refrigerant

Langkah pertama, kamu perlu mengeluarkan refrigerant dari dalam mobil terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar lebih memudahkan dalam melakukan flushing mobil.

2. Membongkar sistem AC dan melepas komponen yang tidak perlu di-flushing

Komponen yang tidak perlu di-flushing antara lain high side muffler assembly, receiver drier, akumulator, kompresor, dan katup ekspansi atau tabung orifice.

3. Membongkar sistem AC yang di-flushing 

Komponen yang perlu di-flushing antara lain pipa (hose) dari kompresor ke kondensor, kondensor; high side liquid hose, dan evaporator.

4. Memulai flushing

Flushing  dapat dimulai dengan mendapatkan beberapa cairan flushing AC mobil hingga komponen yang diperlukan. Gunakan gas bertekanan (udara kering atau nitrogen) untuk mendorong cairan flushing AC mobil melalui komponen.

Pegang wiper bersih pada ujung komponen yang kamu flushing secara berhadapan. Hal ini akan memungkinkan kamu untuk menerapkan beberapa tekanan kembali (memegang dan melepaskan wiper untuk bertindak sebagai plug). 

Lakukan prosedur flush yang sama dalam dua arah. Serta jangan lupa untuk lakukan beberapa kali flushing pada setiap komponen, tak terkecuali flushing pada kondensor AC mobil.

Setelah melakukan flushing, biarkan komponen terbuka di udara bebas setidaknya selama 1 jam untuk memastikan cairan flushing AC mobil menguap. 

Perlu diingat, komponen AC tidak akan bisa menjadi ‘sangat bersih’. Namun, jika kamu masih ragu dengan kebersihan komponen AC tersebut, kamu bisa melakukan flush ulang dalam dua arah.

5. Merakit ulang

Receiver drier atau akumulator harus dipasang terlebih dahulu sebelum divakum. Kamu juga memerlukan ring-O baru atau gasket untuk setiap koneksi komponen yang terpisah. 

Ketika memasang ring-O baru atau gasket, kamu tidak perlu menggunakan minyak PAG atau ESTER untuk melumasi seal. Sebaiknya selalu gunakan pelumas yang dirancang untuk seal ring-O.

6. Membersihkan (cleaning) sistem AC

Sebelum benar-benar di-seal, bersihkan sistem AC dengan gas nitrogen. Gunakan selang karet berujung pistol semprot dengan setting regulator gas nitrogen antara 5,0-7,0 bar. 

Semprotkan gas nitrogen melalui sistem AC. Hal ini membantu menghilangkan kelembaban yang mungkin masih tertinggal dalam sistem AC setelah di-flushing.

7. Memvakum, mengetes kebocoran, dan mengisi ulang

Setelah sistem AC selesai dirakit, kamu harus mulai memvakum. Vakum harus dilakukan setidaknya selama 1 jam pada sistem AC yang telah di-flushing. Sedangkan ketika evaporator yang di-flushing, dianjurkan untuk divakum minimal 2 jam.

Setelah kondisi vakum dicapai, kamu harus menguji kebocoran sistem AC. Kamu juga perlu mengisi refrigerant. Perlu diingat, saat mengisi refrigerant, selalu gunakan yang direkomendasikan oleh pabrik pembuatnya untuk jumlah refrigeran yang harus diisikan.

8. Melumasi kompresor

Semua kompresor TEAMEC telah disuplai minyak pelumas dengan jumlah yang tepat sesuai keperluan sistem AC. 

Jangan menambahkan minyak ekstra ke dalam sistem AC karena akan merusak/menghancurkan sistem AC.

Kapan waktu terbaik flushing AC mobil

Flushing AC mobil harus dilakukan setiap kali kompresor AC mobil di service, atau jika terdapat sinyal kontaminasi pada sistem. 

Upayakan untuk melakukan pemeriksaan dan pembersihan pada tabung orifice, sebab penyaring inlet pada tabung orifice selalu memberi kejelasan terkait kondisi sistem AC Mobil. Kamu juga harus senantiasa mencari indikasi lain setiap kali menemukan debu atau kotoran pada tabung orifice.

Pentingnya memiliki asuransi mobil

Mungkin sekilas flushing AC mobil tidak membutuhkan biaya yang terlalu besar. Namun, jika diperlukan penggantian spare part mobil, biayanya bisa membengkak sampai jutaan rupiah! Belum lagi kerusakan lain seperti kecelakaan atau tidak sengaja menabrak tiang.

Untuk mengantisipasi risiko tersebut, penting sekali mempersiapkan diri dengan membeli produk asuransi mobil. Kalau punya produk Asuransi mobil, kamu tidak perlu lagi keluar banyak buat service mobil, paling hanya Rp 300 ribuan saja.

Perlu diketahui, asuransi mobil adalah asuransi yang memberikan ganti rugi jika kendaraan mengalami kerusakan, baik rusak parah atau sekadar lecet, maupun hilang. Selain itu, terdapat manfaat tambahan berupa penggantian kerusakan akibat banjir, huru-hara (kerusuhan), dan bencana alam.

Dengan proteksi ini, perusahaan asuransi akan menanggung biaya apabila kendaraan mengalami kerusakan atau hilang dalam jangka waktu setahun. Ada banyak pilihan asuransi mobil murah yang bisa kamu pilih di Lifepal.

Namun, sebelum itu cek besaran premi asuransi mobil dengan kalkulator di bawah ini. 

Tips dari Lifepal! Apabila kamu memiliki budget lebih untuk memperbaiki AC mobil tidak dingin atau AC mobil bermasalah kamu bisa melakukan flushing AC mobil karena lebih praktis dan tidak harus membongkar mobil kamu. 

Dibandingkan cara biasa, menggunakan flushing AC mobil hanya membutuhkan waktu 1,5 jam saja. 

Namun, penggunaan flushing AC mobil juga tidak sepenuhnya bagus, oleh sebab itu sebaiknya pilih tempat melakukan flushing AC mobil yang aman dan juga terpercaya. 

Kalau kamu masih bingung memilih produk asuransi mobil yang tepat, segera tanyakan pada ahlinya di Tanya Lifepal!         

FAQ seputar flushing AC mobil

Apa yang dimaksud flushing AC mobil?

Flushing AC mobil adalah pembersihan dan pembilasan seluruh sistem AC mobil. Seluruh kotoran dan partikel yang tidak diinginkan akan dibersihkan dari kompresor dan seluruh saluran AC mobil.

Biaya flushing AC mobil itu berkisar antara Rp400.000 sampai Rp1 jutaan, tergantung kebijakan masing-masing bengkel.

Memiliki asuransi mobil apakah penting?

Asuransi mobil penting untuk memproteksi finansialmu dari risiko-risiko yang tak terduga seperti kerusakan mobil baik yang ringan maupun berat hingga risiko mobil hilang karena dicuri.

Kamu bisa membeli asuransi mobil sesuai dengan kebutuhan kamu. Cek informasi lengkapnya di Lifepal dan dapatkan diskon hingga 25%.