Hobi Kulineran? Coba Profesi yang Masih Jarang Dilirik Ini

Jenis pekerjaan di zaman sekarang memang banyak macamnya ya dan pasti dari kamu semua ada yang belum tahu? Nah, pernah dengar profesi food consultant? Pekerjaan ini bisa banget lho jadi sumber keuangan kamu.

Kamu yang mau menekuni profesi sebagai food consultant memang gak perlu terikat sama sekali dengan satu perusahaan lho. Contohnya ini, Renatta Moelek yang menekuni profesi food consultant dan gak terikat sama sekali dengan satu restoran atau perusahaan lain.

Kamu yang memiliki pengetahuan soal dunia kuliner bisa banget lho profesi sebagai food consultant dijadikan main job kalian untuk saat ini. Di setiap hotel maupun restoran pasti punya satu food consultant demi menjaga kualitas dan rasa makanan sebelum disajikan ke pelanggan.   

Memang yang namanya makanan atau kuliner gak bakal pernah ada habisnya. Kalau kamu pecinta kuliner dan punya passion lalu punya jaringan relasi yang bagus banget di food and beverage bisa kok kamu jadi food consultant di restoran yang bakal buka.

Nah, pernah dengar nama Renatta Moeloek? Ini nih salah perempuan yang menekuni profesi sebagai Chef dan food consultant untuk di beberapa restoran. Selain itu ia juga sering juga terima orderan sebagai food consultant buat private dining lho.

Renatta Moeloek merupakan lulusan Le Cordon Bleu Paris, Grand Diplome Cuisine and Pastry Superior. Kepada MoneySmart.id, Renatta Moeloek menceritakan awal mula dirinya terjun ke dunia kuliner.

“Awalnya saya masak itu karena ibu saya nggak bisa masak sama sekali,” bukanya tertawa.

“Ibu saya sama sekali nggak bisa masak. Dia itu masak air mungkin gagal, nggak tahu deh ibu saya itu udah jadi lelucon sekeluarga paling nggak bisa masak,” tambahnya.

Perempuan yang gemar membuat dessert ini memang belum genap empat tahun menetap di Jakarta. Sepulangnya dari Paris, Perancis, Renatta Moeloek mulai menekuni profesi sebagai Chef dan food consultant untuk di beberapa restoran.  

“Kebetulan saya, belum sampai empat tahun di sini sejak balik ke Jakarta, saya selalu kerja di kitchen dan so far sih saya paling banyak ngerjain private dinner, private dining,” jelasnya seru.

Bikin private dining

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Renatta Moeloek (@renattamoeloek) pada 20 Nov 2017 jam 7:21 PST

Pekerjaan sebagai food consultant memang sering ia terima baik di gedung maupun di rumah. Nah, kerjaan seperti ini nih yang ditekuni oleh Renatta Moeloek usai menamatkan pendidikannya di Le Cordon Bleu Paris, Grand Diplome Cuisine and Pastry Superior.

“Jadi untuk acara-acara yang private bisa di gedung ya bisa di restoran bahkan di rumah saya ambil, sama beberapa pop up kitchen juga. Itu kayak saya diundang ke restoran untuk jadi tamu gitu,” urainya.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Perempuan yang mengaku gak punya pekerjaan tetap di sebuah perusahaan ini memang sering banget mendapatkan tawaran buat jadi food consultant di restoran dan hotel. Berkat tangan dingin dan keahliannya dalam dunia kuliner, dirinya tetap bisa mendapatkan penghasilan dari profesi yang ia tekuni saat ini.

Profesi yang ditekuni oleh Renatta sering membuat dirinya mau gak mau  juga harus keluar kota demi memenuhi permintaan klien. Wah asik juga ya kerja sambil jalan-jalan dan makan-makanan enak.

“Saya memang kadang-kadang juga consulting. Jadi kalau ada restoran baru mau buka gitu tolong di set-up menunya dan saya dateng menunya sudah trainee semua, semua stafnya make sure semuanya udah bisa jalan,” tuturnya.

“Saya make sure baru saya pergi. Jadi saya di belakang layar. Kebetulan kebanyakan tempat-tempat yang saya consulting itu di luar kota,” jelasnya lagi.

Nah, Renatta ini juga salah satu Chef Consultant restoran Fedwell di kawasan Senopati, Jakarta Selatan. Ia pun merupakan salah satu orang di balik berdirinya restoran yang menyediakan segala menu makanan sehat lho.

“Berhubung yang ini di Jakarta, saya decided untuk partneran aja karena saya ada di sini terus. Jadi saya tetap di sini maintance terus-terusan,” tegasnya.

Nah, gimana nih setelah membaca kisahnya Renatta Moeloek, kira-kira kamu mendapatkan inspirasi gak buat menekuni profesi sebagai food consultant? Buat kamu yang memang lulusan sekolah perhotelan maupun kuliner bisa jadi nilai tambah nih. Profesi sebagai food consultant ini juga bisa dijadikan sebagai pekerjaan tetap kamu lho.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →