Tips Agar Unggul Bersaing di Pasar Franchise Indonesia

tips dan rekomendasi franchise indonesia

Bisnis franchise atau waralaba adalah usaha memperluas dan mendistribusikan barang atau jasa dengan lisensi dagang. 

Dalam usaha franchise, pemilik usaha memberikan hak kepada pemodal untuk menjalankan usahanya, termasuk penggunaan logo hingga merek dagang sesuai dengan ketentuan yang telah disepakati bersama. 

Saat ini, bisnis franchise sedang sangat berkembang dengan sangat pesat. Bahkan, menurut Ketua Asosiasi Franchise Indonesia (AFI), pertumbuhan penjualan franchise Indonesia mencapai lima persen hingga enam persen di akhir tahun 2018. 

Angka kenaikan tersebut tidaklah mengherankan, bisnis franchise terkesan lebih mudah dan lebih tidak berisiko jika dibandingkan mendirikan bisnis sendiri. Hal ini dikarenakan bisnis waralaba telah memiliki strategi bisnis dan nama merek yang telah dikenal oleh masyarakat luas. Jadi, kita tidak perlu lagi repot-repot membuat perencanaan bisnis dari nihil. 

Nah, jika tertarik untuk berbisnis franchise, sebaiknya perhatikan poin-poin penting berikut ini terlebih dahulu, ya. 

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Menjalankan Bisnis Franchise 

kiat ukm adalah

Setiap bisnis pasti memiliki risiko, tak terkecuali ketika menjalankan bisnis franchise. Tentu saja ada kemungkinan kita mengalami kehilangan uang, kerugian, dan risiko lainnya. Itu sebabnya, kita perlu teliti dan mengerti betul setiap langkah yang diambil ketika berbisnis waralaba. 

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan untuk meminimalkan risiko kerugian.

1. Tentukan lokasi yang strategis

Lokasi menjadi salah satu aspek penting yang dapat menentukan kesuksesan suatu usaha. Untuk itu, pastikan lokasi yang dipilih sesuai dengan target pasar bisnis franchise kita. Misalnya, jika membuka usaha tempat percetakan, maka pilih lokasi di sekitar kampus. 

2. Tentukan modal usaha

Sebaiknya sesuaikan bisnis franchise yang ingin dijalankan dengan kemampuan finansial kita. Perlu dipahami bahwa besar kecilnya modal, tidak dapat menentukan kesuksesan bisnis franchise kita. Itu sebabnya, persiapkan modal awal sesuai kesanggupan untuk mengurangi risiko merugi, ya. 

3. Pelajari bidang usaha franchise yang dipilih

Dalam menjalankan suatu bisnis, kita perlu mempelajari seluk-beluk bisnis tersebut terlebih dahulu. Kenali dengan baik merek usaha yang akan kita ajak kerjasama, tanyakan ketentuan pembayaran, dan sistem bisnis yang telah mereka tentukan. Pastikan segala ketentuan tersebut tertulis secara resmi di atas kertas. 

3 Usaha Franchise yang Menjanjikan di Tahun 2019

Jika berbicara soal franchise Indonesia, ada begitu banyak pilihan usaha yang menjanjikan, mulai dari kuliner, busana, jasa, dan sebagainya. Berikut ini kami rangkum tiga usaha franchise yang banyak dicari orang di tahun 2019!

1. Khun Thai Tea 

franchise indonesia khun thai
Sumber gambar: Wds-media.com

Berawal dari gerobak kecil di Bangkok, Khun Thai Tea kini menjadi merek minuman segar yang cukup dikenal di berbagai negara, salah satunya adalah Indonesia. Hal ini didukung dengan semakin maraknya tren minuman thai tea di Indonesia. 

Itu sebabnya, Khun Thai Tea menjadi salah satu franchise yang memiliki peluang sukses cukup tinggi. Untuk membeli lisensi dagang Khun Thai Tea, kita perlu menyiapkan modal awal senilai Rp15 juta. Dana tersebut sudah mencakup fasilitas kios, bahan baku, dan peralatan lengkap untuk membuat minuman. 

Untuk informasi lengkap terkait kemitraan dengan Khun Thai Tea bisa menghubungi nomor berikut 081390141943. 

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

2. Taichan Bang Raboy

franchise indonesia sate taichan

 

Selain minuman segar, kita juga bisa menusuk keuntungan dengan membeli franchise taichan. Sejak tahun 2017 lalu, taichan menjadi jajanan hits yang masih digemari hingga saat ini. Salah satunya adalah Sate Taichan Bang Raboy yang pertama kali didirikan di daerah Ciledug tahun 2017. 

Sate Taichan Bang Raboy menawarkan paket franchise senilai Rp20 juta Paket A termasuk satu unit gerobak, tenda lipat, perlengkapan masak, bahan baku seribu tusuk sate taichan, dan tambahan lainnya. Berdasarkan testimonial yang ada, mitra sanggup mengantongi omzet hingga Rp1,5 juta hingga Rp2 juta per bulan. 

Untuk informasi lengkap terkait kemitraan dengan Taichan Bank Raboy bisa menghubungi nomor berikut 081281911665.

3. Pee Bee 

franchise indonesia pee bee

 

Pee Bee merupakan usaha minuman bubble segar yang pertama kali buka di Solo pada tahun 2013. Saat ini, Pee Bee telah menggandeng 12 mitra yang tersebar di Solo, Surabaya, Jabodetabek, hingga Kupang. Pee Bee menawarkan beberapa jenis paket franchise.

 Paket A seharga Rp3 juta yang mencakup fasilitas blender bahan baku, x-banner, dan kemasan sebanyak 150 porsi. Paket B seharga Rp5 juta mencakup booth portable, dan fasilitas yang sama dengan paket sebelumnya. Paket C seharga Rp8 juta mencakup fasilitas yang sama dengan paket lima juta dan mendapat tambahan total 200 porsi bahan baku. 

Menariknya, booth yang disediakan oleh Pee Bee sangatlah berkualitas, yaitu terbuat dari kayu jati Belanda. Jadi, tidak akan mudah rusak.

Untuk informasi lengkap terkait kemitraan dengan Pee Bee bisa menghubungi nomor berikut 089604138333. 

Jadi, apakah sudah siap mencoba peluang usaha franchise Indonesia ini? Nah, jika tertarik dengan informasi seputar waralaba, Lifepal menyuguhkan berbagai artikel informatif terkait franchise minuman murah lainnya, lho! Jangan ragu untuk mengunjungi Lifepal, ya!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →