5 Fungsi Surat Paklaring untuk Karyawan [Plus Contohnya]

surat paklaring

Surat paklaring terlanjur banyak diartikan ke dalam bentuk lain, seperti surat pengalaman kerja, surat bukti pernah bekerja, referensi kerja, atau malah surat rekomendasi dari tempat bekerja yang ditinggalkan. 

Surat paklaring adalah dokumen yang menunjukkan seseorang pernah bekerja di sebuah perusahaan dengan posisi tertentu. Isi dokumen juga menjelaskan jenjang karier seseorang mulai bekerja hingga akhir masa kerjanya. Tentunya, surat paklaring ini dikeluarkan oleh tempat kerja yang ditinggalkan seseorang sebelum pindah ke perusahaan lain. 

Tempat bekerja yang berhak menerbitkan paklaring tidak terbatas pada perusahaan saja, tetapi juga lembaga kecil. Biasanya, surat parklaring menjadi syarat lampiran dokumen saat mendaftar ke tempat kerja baru. Perusahaan besar mensyaratkan pelamarnya menunjukkan bukti bahwa dia pernah bekerja sebelumnya.

Perusahaan yang dilamar juga bisa menilai kapasitas seseorang dari prestasi atau kontribusi yang diraih melalui penjelasan yang disampaikan melalui paklaring. Surat parklaring bisa diminta karyawan yang akan resign setidaknya dengan masa kerja satu tahun.

Paklaring sering mengacu pada istilah surat keterangan bekerja atau surat pengalaman bekerja. Fungsi paklaring kerja ternyata bukan cuma sebagai penanda pernah bekerja di suatu perusahaan, tapi juga akan diperlukan untuk karier dan mendapatkan uang.

Buat yang belum begitu tahu, mungkin kamu menganggap sepele fungsi paklaring kerja. Biasanya, mereka yang masih minim pengalaman kerja, gak pernah terpikir mengenai surat keterangan tersebut.

Surat “sakral” satu ini mencantumkan data diri kamu. Kemudian, bakal disebutkan kamu pernah bekerja di perusahaan tertentu. Di situ kamu perlu memerhatikan surat keterangan tersebut ternyata berpengaruh besar.

Kamu harus tahu bahwa fungsi paklaring kerja harus kamu lampirkan ke dalam berbagai keperluan. Bahkan, tanpa paklaring tersebut, kamu gak bakal bisa memperoleh hak kamu. 

Yuk, simak fungsi paklaring kerja berikut ini.

Syarat membuat paklaring

Surat paklaring ternyata tidak sembarangan diterbitkan oleh perusahaan. Ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi oleh karyawan sebelum mendapatkan paklaring. Apa saja syaratnya?

1. Resign baik-baik

Persyaratan ini mutlak harus dilakukan apabila kamu ingin perusahaan yang akan kamu tinggalkan mengeluarkan paklaring untukmu. Ingat, jika kamu memulai perjalanan sebagai karyawan dengan baik, maka akhirilah dengan baik pula. Jangan bikin ribut deh, kalau mau paklaringmu terbit. 

Sekadar diketahui, paklaring juga akan berfungsi sebagai surat rekomendasi atau referensi dari perusahaan lama. Jika kamu meninggalkan kesan yang buruk, bagaimana seseorang mau merekomendasikan dirimu untuk bekerja di tempat lain?

Jadi, jika memang tekat untuk resign sudah bulat, ikuti prosedur pengunduran diri dengan baik dan benar. Komunikasikan dengan atas secara baik, baru kamu bisa meminta surat paklaring.

2. Minimal kerja satu tahun

Surat paklaring baru bisa diterbitkan apabila karyawan yang mengajukan sudah memenuhi masa kontrak kerja minimal satu tahun. Jika belum satu tahun, maka karyawan masih dianggap belum matang menjalankan kinerjanya. 

Sebenarnya aturan ini juga menyangkut etika dalam berkarier. Perusahaan mana sih yang mau menerima seorang kutu loncat alias seseorang yang suka pindah-pindah kerja sesuka hati? Karena itu, paklaring baru bisa diberikan kalau kamu sudah bekerja minimal setahun.

3. Penuhi segala kewajiban sebelum resign

Poin ketiga ini masih nyambung dengan poin pertama, yaitu resign dengan cara baik-baik. Penuhi dulu seluruh syarat dan selesaikan semua kewajibanmu sebelum kamu benar-benar meninggalkan perusahaan. 

Ingat, paklaring ini kamu yang butuh sebagai bekalmu mendaftar kerja di perusahaan lain. So, kalau masih ada tanggung jawab yang belum rampung, selesaikanlah. Baru deh, kamu bisa mengurus pengunduran dirimu sekaligus meminta paklaring. 

Fungsi paklaring

Seperti yang dijelaskan secara singkat di atas, paklaring ini punya banyak fungsi. Salah satu yang sudah disebut adalah dokumen untuk melamar pekerjaan baru. Tapi ternyata masih ada loh fungsi lain dari paklaring. Apa saja? Yuk, simak fungsi paklaring kerja berikut ini.

1. Buat BPJS Ketenagakerjaan

Ini dia yang paling penting, yaitu buat cairkan JHT (Jaminan Hari Tua) dari BPJS Ketenagakerjaan. Baik mencairkan seluruhnya dan cairkan 10 persen atau 30 persen, kamu perlu paklaring.

Salah satu syarat dokumen yang harus dilampirkan saat mau menarik dana JHT tersebut adalah surat keterangan bekerja. Tentu aja yang udah dilegalisir serta harus ditunjukkan aslinya selain fotokopi.

Jadi, mulai sekarang jaga ya dokumen penting ini!

2. Melamar pekerjaan

surat paklaring
surat paklaring

Buat beberapa perusahaan, kamu bakal dimintai paklaring saat kamu kirim CV atau setelah wawancara. Fungsi paklaring kerja buat melamar kerja adalah sebagai bukti bahwa benar kamu pernah bekerja di perusahaan yang kamu sebutkan.

Memang sih gak semua perusahaan bakal meminta dokumen paklaring. Namun, sebagian besar pelamar yang punya posisi supervisor ke atas bakal dimintai dokumen ini sebagai bukti.

Duh, jangan sampai gak jadi naik jabatan di kantor baru gara-gara gak ada paklaring nih!

3. Beasiswa jalur profesional

Kamu yang masih mau melanjutkan studi ke universitas tertentu dengan beasiswa, kamu bisa gunakan beasiswa jalur profesional. Jadi, kamu yang bekerja pun masih punya kesempatan.

Nah, biasanya pemberi beasiswa ini berasal dari pemerintah atau pihak swasta. Kemudian, ada pula dari pemerintah asing. Biasanya buat kamu yang mau lanjutkan studi S2, doktoral, atau master.

Buat bisa melamar beasiswa jalur profesional, kamu biasanya bakal diminta melengkapi dokumen. Termasuk salah satunya adalah paklaring kerja. Gak cuma itu, kamu pun bakal dimintai referensi dari atasan kamu.

4. Ajukan pinjaman bank

Biasanya pinjaman bank seperti KTA (Kredit Tanpa Agunan), KKB (Kredit Kendaraan Bermotor), dan KPR (Kredit Pemilikan Rumah) mensyaratkan status karyawan.

Hal ini jadi jaminan bahwa calon debitur tersebut punya penghasilan tetap. Dengan begitu, dia bisa diharapkan bisa bayar cicilan.

Nah, buat buktikan bahwa calon debitur emang bekerja maka diperlukan surat keterangan bekerja alias paklaring. Dokumen tersebut bisa jadi pendukung selain slip gaji.

5. Pengajuan kartu kredit

Hampir sama dengan pengajuan pinjaman ke bank, pengajuan kartu kredit juga butuh surat keterangan bekerja.

Sama seperti meminjam ke bank, fungsi paklaring kerja sebagai penanda bahwa calon pemegang kartu kredit tersebut sanggup buat bayar tagihan per bulan. Jadi, sekarang udah paham kegunaan paklaring kerja, bukan?

Mulai sekarang saat kamu masih bekerja atau sudah resign, pastikan kamu memiliki surat keterangan bekerja alias paklaring. Dokumen ini terlihat sepele tetapi nyatanya bakal berpengaruh buat karier dan kantong kamu.

Contoh paklaring

Biasanya paklaring tersebut terdiri atas informasi: nama lengkap karyawan, nomor induk karyawan, jabatan dan lokasi kerja, serta masa kerja. Kemudian, surat tersebut bakal dibubuhi tanda tangan HRD serta stempel perusahaan. Kamu bisa meminta surat ini ke pihak HRD perusahaan kamu bekerja.

Yang pasti, selain sebagai syarat administratif yang sudah disebutkan, fungsi paklaring kerja juga jadi prestise. Apalagi buat kamu yang pernah bekerja di perusahaan ternama, tentu kamu bangga banget, 

Pada prinsipnya, surat paklaring harus memenuhi kaidah administrasi formal. Layaknya surat resmi pada umumnya, paklaring harus mencantumkan:

  1. Kop surat, sebagai identitas perusahaan.
  2. Nomor surat, memudahkan pengarsipan surat.
  3. Pengesahan, biasanya oleh atasan si karyawan.
  4. Isi surat, berisikan informasi mengenai si karyawan, termasuk identitas, lama bekerja, dan bagaimana prestasinya.
  5. Stempel dan tanda tangan, mendukung legalitas penerbitan paklaring atas si karyawan yang mengajukannya. 

Biar lebih jelas, yuk simak beberapa surat paklaring berikut ini:

Contoh surat paklaring untuk pencairan BPJS Ketenagakerjaan

 

SURAT PAKLARING

Nomor : 197/HRD/XXX/2020

 

Yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama : Ali Muchtar

Jabatan : Direktur Utama PT. Ababwa Sejahtera 1001 Malam 

 

Menerangkan dengan sesungguhnya bahwa yang bersangkutan dibawah ini:

Nama : Jasmine Hermansyah

Alamat : Jalan Medan Merdeka Timur nomor 5, Jakarta Pusat 

 

Benar telah menjadi karyawan di PT. Ababwa Sejahtera 1001 Malam, terhitung sejak 25 Maret 2017 sampai 5 Mei 2020 dengan jabatan terakhir adalah Communication Specialist. Melalui surat ini, kami mengonfirmasi bahwa yang bersangkutan telah mengundurkan diri atas inisiatif pribadi. 

Saudari Jasmine Hermansyah telah bekerja dengan penuh dedikasi dan loyalitas yang tinggi. Perusahaan juga menjamin bahwa yang bersangkutan tidak pernah terlibat hal-hal negatif yang membawa pengaruh buruk terhadap PT. Ababwa Sejahtera 1001 Malam.

Demikian surat paklaring ini kami buat agar dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Jakarta, 10 Mei 2019

Direktur Utama

Ali Muchtar

 

Contoh paklaring sederhana

 

PT Terangi Bumi

Jalan Setia Waspada 77 Yogyakarta

 

SURAT PENGALAMAN KERJA

Yang bertanda tangan di bawah ini

Nama : Oryza Sativa

Jabatan : Kepala Divisi SDM PT Terangi Bumi

 

Menerangkan bahwa

Nama : Zea Mays

NIK : 08098944444

Alamat : Jalan Persona Pribadi 89, Bantul, DI Yogyakarta

Telah bekerja di PT Terangi Bumi selama 5 tahun sebagai karyawan tetap. Saudara Zea Mays telah menjalankan tanggung jawab dengan penuh dedikasi dan loyalitas. Yang bersangkutan juga tidak pernah melakukan tindakan yang merugikan nama baik perusahaan. 

Melalui surat ini juga dikonfirmasi bahwa Saudara Zea Mays telah mengundurkan diri atas kemauannya sendiri. 

Demikian surat keterangan dari PT Terangi Bumi ini dibuat sesuai dengan kondisi sebenarnya. Diharapkan surat ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya sesuai dengan kebutuhan.

Yogyakarta, 11 Agustus 2019

Oryza Sativa

Kepala Divisi SDM

 

Contoh paklaring dari perusahaan

 

PT Galaksi Bimasakti

Jalan Pemuda Berbakti 76 Bandung

Telp: (022) 000000xxx

 

KETERANGAN PENGALAMAN KERJA

No. 99/SDM/2019/7789

 

Yang bertanda tangan di bawah ini

Nama : Vega Bintang  

Jabatan : Direktur Utama PT Galaksi Bimasakti

 

Dengan ini menjelaskan yang sebenarnya bahwa

Nama : Sadam Merdeka Adiguna

Alamat : Jalan Raya Lembang nomor 101, Bandung Barat

Benar telah bekerja di PT Galaksi Bimasakti sejak 25 Mei 2015 hingga 17 Juni 2019. Jabatan terakhir yang diduduki adalah Manajer Pemasaran Wilayah Jawa Barat. 

Selama bekerja di perusahaan kami, Saudara Sadam Merdeka Adiguna telah menunjukkan dedikasi dan loyalitas yang baik. Yang bersangkutan tidak pernah sekalipun melakukan tindakan yang mencemarkan nama baik perusahaan. 

Saudara Sadam Merdeka Adiguna resmi mengundurkan diri karena inisiatif pribadi, tanpada ada paksaan dari pihak manapun. 

Demikian surat keterangan dari PT Galaksi Bimasati ini dibuat, semoga dapat difungsikan sesuai dengan kebutuhan.

Bandung, 20 Juni 2020

Vega Bintang

 

Contoh paklaring profesi khusus dari seorang teknisi IT

 

PT Komputer Berjaya Selamanya

Jalan Veteran nomor 27A, Kota Padang

 

SURAT KETERANGAN PENGALAMAN KERJA

No. 678/IT/779/2019

 

Yang bertanda tangan di bawah ini

Nama : Achmad Sudrajat 

Jabatan : Presiden Direktur PT Komputer Berjaya Selamanya

 

Menerangkan dengan sungguh-sungguh bahwa

Nama : Jaka Solihun

Alamat : Jalan Tapi Lauik no 5, Padang

Benar telah bekerja di PT Komputer Berjaya Selamanya terhitung sejak 27 Juni 2014 sampai 21 Agustus 2019 dengan jabatan terakhir sebagai Teknisi Senior. 

Selama menduduki posisinya, Saudara Jaka Solhun telah membuktikan dedikasi yang tinggi. Yang bersangkutan selama bekerja tidak pernah melakukan hal-hal yang menimbulkan kerugian nama baik perusahaan.

Demikian surat keterangan dari PT Komputer Berjaya Selamanya ini dibuat dengan sebenar-benarnya, agar dimanfaatkan dengan baik. 

Padang, 28 Agustus 2019

Achmad Sudrajat

 

Contoh paklaring administrasi

 

PT Sablon Terbaik Nasional

Jalan Sunter Jaya 57B, Pekanbaru, Riau

Telpon: (0761) 777xxxx

 

SURAT KETERANGAN KERJA

No. 2019/Admin/70/GTR

 

Dengan Hormat,

yang bertanda tangan di bawah ini

Nama : Susilo Sudimoro

Jabatan : Kepala Bagian Personalia

 

Menerangkan dengan sungguh-sungguh bahwa

Nama : Adinda Laksmi

Alamat : Jalan Pemuda 01 Duri, Riau

Memang benar telah bekerja di PT Sablon Terbaik Nasional dengan masa kerja terhitung sejak 7 Desember 2015 hingga 21 April 2019. Posisi terakhir yang diduduki adalah Staf Senior Administrasi.

Selama menjadi karyawan di perusahaan kami, Saudari Adinda Laksmi mampu menunjukkan dedikasi dan loyalitasnya, serta kontribusi yang menunjang kinerja perusahaan. Yang bersangkutan telah mengundurkan diri sesuai keinginannya tanpa ada paksaan dari pihak manapun. 

Demikian keterangan kerja ini dibuat, semoga Saudari Adinda Laksmi semakin sukses. Atas kinerja dan kerjasama beliau, kami mengucapkan terima kasih.

 

Pekanbaru, 25 April 2019

Susilo Sudimoro

Kepala Bagian Personalia

Sekarang, sudah paham kegunaan paklaring kerja, bukan? Mulai sekarang saat kamu masih bekerja ataupun sudah resign, pastikan kamu memiliki surat keterangan bekerja alias paklaring. Dokumen ini terlihat sepele tetapi nyatanya bakal berpengaruh buat karier dan kantong kamu.

Biasanya paklaring tersebut terdiri atas informasi: nama lengkap karyawan, nomor induk karyawan, jabatan dan lokasi kerja, serta masa kerja.

Kemudian, surat tersebut bakal dibubuhi tanda tangan HRD serta stempel perusahaan. Kamu bisa meminta surat ini ke pihak HRD perusahaan kamu bekerja.

Yang pasti, selain sebagai syarat administratif yang udah disebutkan, fungsi paklaring kerja juga jadi prestise. Apalagi buat kamu yang pernah bekerja di perusahaan ternama, tentu kamu bangga banget, kan? (Editor: Chaerunnisa)