Contoh Surat Paklaring dan Bedanya dengan Keterangan Kerja

paklaring

Surat paklaring adalah dokumen pengalaman kerja seseorang sebagai bukti pernah bekerja di perusahaan. 

Surat keterangan ini berisi tentang jenjang karier, mulai dari awal masa bekerja sampai akhir masa bekerja di perusahaan yang biasanya diberikan setelah karyawan mengajukan pengunduran diri. 

Surat yang biasanya dikeluarkan HRD ini dibutuhkan seorang karyawan sebelum pindah kerja ke perusahaan baru. 

Tempat bekerja yang berhak menerbitkan surat ini tidak terbatas pada perusahaan saja, tetapi juga lembaga kecil.

Buat lebih jelasnya mengenai dokumen satu ini, berikut ini ulasan mengenai surat paklaring dan contohnya.

Apa itu surat paklaring?

Buat yang belum begitu tahu, mungkin kamu menganggap sepele paklaring. Mereka yang biasanya masih minim pengalaman kerja, gak pernah terpikir mengenai surat keterangan tersebut.

Paklaring sering mengacu pada istilah surat keterangan bekerja atau surat pengalaman bekerja.

Umumnya, surat paklaring digunakan sebagai syarat lampiran berkas atau dokumen ketika mendaftar atau melamar pekerjaan di perusahaan baru. 

Bahkan, banyak perusahaan besar atau startup meminta surat paklaring sebagai syarat bagi calon pekerja yang hendak melamar.

Perusahaan baru tempat karyawan melamar dapat menilai kualitas dan kapasitas seseorang lewat surat paklaring. 

Pasalnya, kapasitas dapat terlihat dari prestasi dan juga kontribusi yang pernah diraih calon karyawan berdasarkan penjelasan di surat tersebut.

⚠️ Biaya rumah sakit makin mahal dari tahun ke tahun. Minimalkan dengan asuransi kesehatan terbaik. Premi mulai dari Rp100 ribuan!

Fungsi surat paklaring

Selain menjadi salah satu faktor dalam mendapatkan pekerjaan selanjutnya, surat paklaring juga dapat digunakan untuk berbagai hal penting lainnya. 

Berikut ini adalah fungsi surat paklaring.

  • Pencairan dana BPJS Ketenagakerjaan
  • Melamar pekerjaan
  • Pengajuan beasiswa jalur profesional
  • Pengajuan pinjaman bank
  • Pengajuan kartu kredit

1. Pencairan dana BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Ketenagakerjaan perlu dimiliki karyawan agar dapat mencairkan Jaminan Hari Tua atau JHT. 

Salah satu syarat dokumen yang harus dilampirkan saat mau menarik dana JHT adalah surat paklaring. Tentu saja yang sudah dilegalisasi serta harus ditunjukkan aslinya selain fotokopi.

2. Melamar pekerjaan

Seperti dibahas sebelumnya, surat paklaring terkadang diminta perusahaan saat kamu kirim CV atau setelah wawancara. 

Meski gak semua perusahaan bakal meminta dokumen paklaring, sebagian besar pelamar yang punya posisi supervisor ke atas akan diminta dokumen ini sebagai bukti.

Jadi, mulai sekarang jaga ya dokumen penting ini. Jangan sampai kehilangan kesempatan kerja di jabatan yang tinggi hanya karena tidak memiliki surat satu ini! 

3. Pengajuan beasiswa jalur profesional

Dengan memiliki surat paklaring, kamu bisa mendapatkan kesempatan mengajukan beasiswa melalui jalur profesional. 

Biasanya pemberi beasiswa ini berasal dari pemerintah atau pihak swasta ataupun pemerintah asing. Surat paklaring digunakan buat kamu yang mau lanjutkan studi S2, doktoral, atau master.

Buat bisa melamar beasiswa jalur profesional ini, ada beberapa dokumen penting yang biasanya akan diminta pemberi beasiswa pendidikan tersebut, termasuk paklaring kerja. Gak cuma itu, kamu pun bakal dimintai referensi dari atasan kamu.

4. Pengajuan pinjaman bank

Syarat untuk mengajukan pinjaman bank, seperti Kredit Tanpa Agunan (KTA), Kredit Kendaraan Bermotor (KKB), dan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) adalah berstatus karyawan.

Hal ini bertujuan agar menjadi jaminan calon debitur tersebut sehingga punya penghasilan tetap. Dengan begitu, dia diharapkan bisa bayar cicilan.

Sebagai bukti calon debitur emang bekerja, surat keterangan bekerja alias paklaring diperlukan agar dokumen tersebut bisa jadi pendukung selain slip gaji.

5. Pengajuan kartu kredit

Sama halnya dengan pengajuan pinjaman ke bank, pengajuan kartu kredit juga butuh surat keterangan bekerja.

Paklaring di sini berfungsi sebagai penanda bahwa calon pemegang kartu kredit tersebut sanggup buat bayar tagihan per bulan. 

⚠️Risiko kerja bisa datang kapan saja. Lindungi keluarga kamu dengan asuransi jiwa terbaik di Lifepal, hemat 25%!

Syarat membuat paklaring

Ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi karyawan sebelum mendapatkan paklaring. Berikut ini adalah syarat-syaratnya.

1. Resign secara baik-baik

Paklaring juga berfungsi sebagai surat rekomendasi atau referensi dari perusahaan lama.

Karena itu, kalau kamu ingin perusahaan mengeluarkan paklaring untukmu, ikuti prosedur pengunduran diri dengan baik dan benar. 

Komunikasikan dengan atas secara baik, baru kamu bisa meminta surat paklaring.

2. Minimal kerja satu tahun

Paklaring baru bisa diterbitkan apabila karyawan yang mengajukan sudah memenuhi masa kontrak kerja minimal satu tahun. 

Jika belum satu tahun, karyawan masih dianggap belum matang menjalankan kinerjanya. Aturan ini juga menyangkut etika dalam berkarier. 

Karena itu, paklaring baru bisa diberikan kalau kamu sudah bekerja minimal setahun.

3. Penuhi segala kewajiban sebelum resign

Penuhi dulu seluruh syarat dan selesaikan semua kewajibanmu sebelum kamu benar-benar meninggalkan perusahaan. 

Karena itu, kalau masih ada tanggung jawab yang belum rampung, selesaikanlah. Baru kamu bisa mengurus pengunduran dirimu dengan memberi surat resign sekaligus meminta dokumen satu ini.

Perbedaan surat paklaring, surat keterangan kerja, dan surat rekomendasi kerja

Banyak yang salah sangka dan mengira surat keterangan kerja sama dengan paklaring. Padahal, kedua surat tersebut adalah surat yang berbeda dan dipakai dengan tujuan berbeda pula. 

Paklaring adalah surat keterangan yang menyatakan seseorang pernah bekerja pada suatu perusahaan dengan posisi tertentu dan jangka waktu tertentu. Surat ini diterbitkan saat seorang karyawan sudah tidak lagi bekerja di perusahaan tersebut. 

Pengajuan surat ini banyak diminta terutama untuk klaim Jaminan Hari Tua dari BPJS Ketenagakerjaan. 

Sedangkan surat keterangan kerja adalah surat pernyataan yang menerangkan bahwa seorang pekerja atau karyawan masih bekerja. Inti dari surat ini kurang lebih menyatakan status seorang karyawan atau pekerja masih aktif bekerja.

Menariknya nih dari segi hukum, keberadaan SKK ini diperkuat salah satu pasal yang termuat dalam Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (KUHPerdata). 

Pada Pasal 1602y, poin yang ditekankan adalah kewajiban perusahaan dalam memberi surat keterangan terkait pekerjaan karyawan, baik diminta maupun gak diminta.

Selain paklaring dan surat keterangan kerja, ada surat rekomendasi kerja. Surat rekomendasi kerja ini dapat diartikan sebagai surat yang dibuat seorang pimpinan atau pejabat tertentu yang berisi keterangan seseorang berdasarkan fakta-fakta yang ada. 

Fakta ini biasanya diisi dengan data sesuai permintaan dari orang yang meminta surat rekomendasi tersebut.

Contoh surat keterangan kerja bahasa Inggris dan bahasa Indonesia

Surat keterangan kerja biasanya diminta sebagai syarat administratif yang harus dipenuhi. Bisa dibilang posisinya menjadi sangat penting agar sejumlah urusan bisa terselesaikan dengan baik.

Berikut ini adalah contoh surat keterangan kerja bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.

Contoh surat keterangan kerja bahasa Inggris

paklaring

Contoh surat keterangan kerja bahasa Indonesia

paklaring

Contoh surat pengalaman kerja (paklaring) bahasa Inggris dan bahasa Indonesia

Sebenarnya, paklaring dari berbagai profesi hampir serupa. Di dalam paklaring terdapat keterangan terkait nama kamu, perusahaan tempat terakhir bekerja, jabatan terakhir, dan lain-lain.

Buat kamu yang belum tahu paklaring atau belum pernah bekerja, bisa melihat contoh paklaring berikut dalam bahasa Inggris dan Indonesia. 

Contoh paklaring dalam bahasa Inggris

Paklaring

Contoh paklaring dalam bahasa Indonesia

Paklaring

Perbedaan format surat keterangan kerja untuk visa, bank, ataupun pengajuan KPR

Surat keterangan kerja dapat dibuat untuk pengajuan pengajuan visa, bank, ataupun pengajuan Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) memiliki format berbeda-beda. 

Berikut ini format surat keterangan kerja untuk untuk visa, bank, atau pengajuan KPR:

1. Kop surat

Kop surat di bagian paling atas menunjukkan legalitas surat yang dikeluarkan oleh instansi atau perusahaan.

2. Nama perusahaan

Selain kop surat, ada juga nama perusahaan lengkap dengan alamatnya. Biasanya turut disertakan nomor telepon, alamat email, dan juga situsnya.

3. Nama surat

Ada juga nama surat yang menunjukkan surat apa yang sedang dibuat. Biasanya nama surat di Surat Keterangan Kerja terletak di bagian tengah atas.

4. Nomor pembuatan

Pencatatan surat yang keluar dari instansi dan perusahaan selalu diberi penomoran. Ini dilakukan untuk mempermudah pelacakan setiap surat yang keluar. 

Jadi, jika suatu saat nanti ditanyakan kapan sebuah surat dibuat dan dikeluarkan, pegawai bisa dengan mudah melakukan tracking.

5. Isi surat

Isi surat menjadi bagian utama surat keterangan kerja yang berisi nama pegawai atau karyawan, lengkap dengan jabatan dan nomor induk kepegawaian.

Selain itu, ada juga nama atasan. Surat Keterangan Kerja ini seolah-olah dibuat oleh atasan. Dan atasan menerangkan seseorang yang menjadi karyawan di sebuah perusahaan.

6. Penutup

Penutup menjadi bagian terakhir dari surat keterangan kerja. Biasanya, di bagian penutup ini, tertulis jelas tujuan dibuatnya Surat Keterangan Kerja. 

Misalnya, untuk syarat pengajuan KPR, maka kalimat tersebut dituliskan di bagian penutup. Kemudian surat ditandatangani oleh atasan lengkap dengan cap basah.

Nah, dari format surat keterangan kerja tersebut, pembedanya terletak pada bagian penutup yang memberi keterangan untuk maksud berbeda-beda, misalnya surat keterangan kerja untuk visa, bank, ataupun pengajuan KPR.

Dapat manfaat lebih dengan memiliki asuransi dan BPJS

Tujuan utama dari program BPJS Ketenagakerjaan adalah memberikan jaminan keuangan yang lebih stabil di masa tua atau di masa pensiun. Program ini bersifat wajib diikuti Warga Negara Indonesia (WNI).

Namun, ada juga produk asuransi jiwa dari perusahaan asuransi swasta yang menawarkan manfaat yang sama. 

Walau memang sifatnya opsional, melindungi keuangan kita dengan asuransi jiwa juga banyak manfaatnya bagi diri sendiri dan keluarga.

Beberapa keuntungan memiliki asuransi jiwa sebagai pelengkap BPJSTK, yaitu:

  • Uang pertanggungan (UP) asuransi jiwa bermanfaat bagi ahli waris yang bergantung secara ekonomi pada kita.
  • Biasanya uang pertanggungan juga jauh lebih besar daripada BPJSTK, tergantung premi. Asuransi jiwa berjangka, bahkan hanya butuh premi ratusan ribu per tahun, tetapi memberi UP hingga ratusan juta. Berbeda dengan BPJSTK yang menyediakan santunan meninggal dunia hanya Rp42 juta.
  • Beberapa asuransi jiwa juga memberikan nilai tunai atau pengembalian premi di akhir masa polis. Dana ini bermanfaat untuk melengkapi dana JHT kita saat pensiun nanti.
  • Terdapat berbagai produk dari asuransi jiwa. 

Yuk, cari tahu apa produk asuransi jiwa yang cocok dengan bujet dan kebutuhanmu di Kalkulator Nilai Hidup Manusia berikut.

Jika masih ada pertanyaan seputar paklaring dan surat keterangan kerja atau administrasi lainnya, jangan ragu konsultasikan dengan ahlinya melalui Tanya Lifepal.

Tanya jawab seputar paklaring

Apa itu paklaring?

Paklaring adalah dokumen pengalaman kerja seseorang sebagai bukti pernah bekerja di perusahaan. Surat keterangan ini berisi tentang jenjang karier, mulai dari awal masa bekerja sampai akhir masa bekerja di sebuah perusahaan ini biasanya diberikan setelah karyawan mengajukan pengunduran diri.

Apakah paklaring itu penting?

Ya, surat ini sangat penting. Selain sebagai surat rekomendasi pengalaman bekerja untuk melamar pekerjaan baru, tetapi juga berguna untuk mencairkan dana Jaminan Hari Tua (JHT) BPJS Ketenagakerjaan.

Kapan paklaring diberikan?

Paklaring dari perusahaan diberikan kepada karyawan dengan tiga syarat, yaitu:

  • Resign secara baik-baik
  • Minimal kerja satu tahun
  • Penuhi segala kewajiban sebelum resign.

Paklaring hilang apa solusinya?

Jika paklaring hilang, kamu bisa mengurus surat keterangan hilang dari kepolisian. Jangan lupa untuk mencantumkan nama perusahaan tempat kamu bekerja.

Siapa yang mengeluarkan paklaring?

Surat paklaring biasanya diterbitkan oleh perusahaan atau tempat seseorang pernah bekerja dengan berbagai persyaratan.

Tempat bekerja yang berhak menerbitkan surat “sakral” ini tidak terbatas pada perusahaan saja, tetapi juga lembaga kecil.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →