Gadai Emas Juga Perlu Trik Biar Untung, Ikuti 4 Cara Ini Biar Gak Merugi

Gadai emas merupakan salah satu solusi terbaik di saat kamu ada kebutuhan mendesak dan perlu uang secara cepat. Nah, buat gadai emas kamu perlu ketahui beberapa hal biar gak rugi tapi malah untung.

Enaknya sih kalau kamu punya dana darurat, jadi gak perlu pusing gimana cari pinjaman ke sana-sini. Kalau kamu dapat bantuan dari orang sekitar, kalau hanya mendapatkan omongan gak enak di belakang kamu buat apa coba?

Baca juga: Gadai Emas Gak Cuma Bisa di Pegadaian, 6 Bank Ini juga Bisa

Hal tersebut, mengapa gadai emas bisa menjadi salah satu jalan keluar yang dapat mengatasi masalah keuangan kamu. Buat gadaikan emas emang kamu perlu cerdik nih melihat pasaran saat ini.

Karena itu, banyak yang menyarankan kalau saat dapat rezeki nomplok itu uangnya jangan dihambur-hamburkan buat senang-senang aja, tapi juga dialokasikan juga buat investasi.

Selain buat menjamin masa depan yang lebih baik. Investasi juga bisa jadi penyelamatmu saat membutuhkan dana mendesak.

Baca juga: Investasi Emas Pegadaian dan 3 Investasi yang Cocok Buat Ibu Rumah Tangga

Meski mendesak tapi kamu juga perlu trik biar gak rugi banget saat gadai emas. Jadi, gak asal mendatangi tempat gadai, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui.

Apa aja itu? Berikut empat di antaranya yang udah dirangkum oleh MoneySmart.id.

1. Cek harga emas terbaru

Sebelum memutuskan buat gadai emas, ada baiknya kamu cek harga terbaru,(Ilustrasi/Shutterstock).

Cara pertama yang mesti kamu lakukan sebelum gadai emas adalah dengan mencari informasi sebanyak mungkin harga emas terbaru.

Tujuannya adalah agar kamu mengetahui berapa kisaran uang yang bakal kamu dapatkan saat gadai emas. Pasalnya, harga emas itu cenderung fluktuatif alias naik turun.

Baca juga: Plus Minus Tabungan Emas di Pegadaian, Untung atau Rugi?

Kamu bisa mengecek harga emas terbaru di situs resmi milik pemerintah seperti Antam dan juga Pegadaian. Melalui dua instansi pemerintah ini kamu bakal mendapatkan gambaran soal harga emas.

Dengan mengecek harga terlebih dahulu sebelum gadai emas, kamu jadi tahu kapan saat yang tepat buat menggadaikan emas dan mendapatkan nominal yang maksimal.

2. Gadai emas di tempat terpercaya

Pilih tempat yang tepercaya saat menggadaikan emas kamu, (Ilustrasi/Shutterstock).

Setelah mengetahui harga emas terbaru, kamu bisa mulai mencari tempat gadai yang tepat dan harus terpercaya.

Asuransi & Investasi
Asuransi & Investasi

Jangan asal gadai emas di sembarang tempat apalagi yang gak jelas. Bukannya untung, nanti yang ada emas milikmu hilang lantaran tempat buat gadai gak resmi atau bodong.

Karena itu, carilah tempat gadai bersertifikat yang emang udah terpercaya. Kamu juga perlu mencari tahu terlebih dahulu gimana reputasi tempat tersebut agar gak kena tipu. Asal kamu tahu saat ini sedang marak banget terjadi di Indonesia.

Agar lebih aman, kamu bisa menggadaikan emas di Pegadaian. Selain milik pemerintah, Pegadaian juga sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

3. Perhatikan biaya gadai

Perhatikan biaya gadai ketika “menyekolahkan emas” milik kamu, (Ilustrasi/Shutterstock).

Selain mencari tahu harga emas terbaru, saat kamu akan menggadaikan batangan logam mulia ini, kamu juga perlu perhatikan beberapa biaya yang bakal dibebankan.

Misalnya, biaya administrasi, biaya setiap bulan hingga biaya jika kamu lewat dari jatuh tempo. Nah, biasanya biayanya tersebut tergantung dari jumlah pinjaman. Jadi, semakin besar nominal uang yang diperoleh saat gadai emas, semakin besar pula biaya yang mesti kamu keluarkan.

4. Jangan sampai lewat jatuh tempo

Pastikan kamu memperhatikan tanggal jatuh tempo saat menggadaikan emas, (Ilustrasi/Shutterstock).

Saat mendapatkan uang setelah gadai emas, biasanya nasabah bakal diberikan batas waktu atau jatuh tempo buat menebus kembali barang yang udah kamu gadaikan.

Tujuannya adalah buat  menghindari orang-orang yang mangkir dari kewajiban tersebut. Jadi, semua tempat gadai pasti akan memiliki tenggat waktu.

Lalu gimana kalau saat mendekati tenggat waktu tapi uang belum ada?

Gak perlu khawatir, karena kamu tetap bisa memperpanjang masa gadai. Nah, buat waktunya itu sendiri biasanya sama dengan waktu gadai pertama.

Misalnya, jangka waktu pertama kamu gadai emas adalah tiga bulan, nah selanjutnya kamu bisa perpanjang dalam jangka waktu tiga bukan lagi.

Meski begitu, ada beberapa tempat gadai yang memberlakukan kebijakan yang berbeda. Nah, perlu kamu ingat kalau memutuskan buat perpanjang, biasanya bakal dikenakan biaya.

Itu dia empat trik simpel dan mudah saat gadai emas biar tetap untung dan gak rugi. Gimana, udah gak perlu pusing lagi saat perlu uang dadakan? Nah, kalau bisa kamu mesti pintar-pintar nih dalam mengatur keuangan.

Jangan sampai menggadaikan emas menjadi salah satu jalan pintas yang sering banget diambil. Ada baiknya kamu hemat dalam setiap pengeluaran uang kamu. (Editor: Mahardian Prawira).

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →