Biaya, Syarat dan Cara Gadai Emas di Pegadaian yang Mudah

gadai emas di pegadaian

Gadai emas di Pegadaian menjadi salah satu solusi yang banyak dilakukan orang di saat mereka membutuhkan dana mendesak. Kamu hanya perlu membawa emas milikmu ke lembaga penyedia gadai. Lalu, hanya dalam hitungan menit, pundi-pundi uang akan langsung kamu dapatkan.

Prosesnya yang mudah itulah yang membuat banyak orang memilih untuk menggadaikan emas ketimbang harus mencari pinjaman ke sana-ke mari.

Salah satu lembaga yang banyak dipilih orang untuk menggadaikan emas adalah Pegadaian. Selain sudah terjamin keamanannya karena milik pemerintah, cara gadai emas di lembaga tersebut juga terbilang mudah dan gak bertele-tele.

Buat kamu yang ingin gadai emas di Pegadaian, mending simak dulu yuk ulasannya dari Lifepal berikut ini.

Apa itu sistem gadai emas di Pegadaian?

Gadai emas adalah salah satu cara memperoleh pinjaman dengan menyerahkan emas sebagai jaminan yang terikat dalam sebuah kesepakatan. Sementara gadai emas di Pegadaian adalah cara memperoleh pinjaman uang dari Pegadaian dengan menjaminkan emas yang kamu miliki.

Apakah bisa gadai emas di Pegadaian tanpa surat?

Saat membeli emas, kamu tentu akan mendapatkan surat yang didalamnya tertulis informasi soal berat emas, berapa karat, hingga berapa harga emas tersebut.

Nah, kalau kamu ingin menggadaikan emas, salah satunya syaratnya harus melampirkan beberapa dokumen, seperti identitas diri (KTP/SIM/Paspor) serta surat dari fisik emas yang akan digadaikan.

Untuk suratnya tersebut berupa sertifikat dan juga nota pembelian emas. Hal itu diperlukan agar Pegadaian tidak menerima emas yang bermasalah.

Lembaga keuangan yang resmi memang umumnya selalu membutuhkan syarat formal seperti di atas. Kalau ada yang bisa gadai tanpa surat, justru kamu harus mencurigai karena bisa-bisa nanti emas milikmu dibawa kabur.

Pilihan pinjaman dan syarat gadai emas di Pegadaian

Ada beberapa pilihan pinjaman dari Pegadaian buat gadai emas dengan syarat dan ketentuan masing-masing. Berikut ini detail syaratnya.

1. Kredit Cepat dan Aman (KCA)

Kredit Cepat dan Aman memberikan fasilitas pembiayaan dengan batas waktu pembayaran hingga 4 bulan yang bisa diperpanjang. Selain itu, nasabah KCA harus menandatangani Surat Bukti Gadai.

Beberapa syarat yang harus dipersiapkan adalah:

  • KTP/SIM/Paspor
  • Emas perhiasan atau emas batangan atau emas lantakan
  • Kartu Keluarga (KK)
  • Penandatanganan Surat Bukti Gadai.

2. Kredit Cepat dan Aman Prima (KCA Prima)

Kredit Cepat dan Aman Prima adalah pinjaman tanpa bunga (0%) dengan batas waktu pinjaman selama 60 hari.

Beberapa syarat-syaratnya antara lain adalah:

  • KTP elektronik
  • Emas perhiasan atau emas batangan atau emas lantakan
  • Kartu Keluarga (KK)

3. Gadai Bisnis

Gadai Bisnis adalah produk yang ditawarkan oleh Pegadaian yang ingin mendapatkan dana cepat untuk kegiatan usaha. Plafon pinjaman yang diberikan mencapai Rp 100 juta.

Beberapa syarat-syaratnya adalah:

  • KTP/SIM/Paspor
  • Emas perhiasan atau emas batangan atau emas lantakan
  • Kartu Keluarga (KK)
  • Membayar biaya administrasi Rp 100.000.

4. Krasida

Krasida merupakan pinjaman yang menggunakan sistem angsuran dengan nilai gadai mencapai 95% dari nilai taksir. Masa angsurannya bisa mencapai 36 bulan atau 3 tahun.

Beberapa syarat-syaratnya antara lain:

  • KTP elektronik
  • Emas perhiasan atau emas batangan atau emas lantakan
  • Kartu Keluarga (KK)
  • Bukti emas.

Cara pengajuan gadai emas di Pegadaian

Setelah mengetahui pilihan pinjaman dan syarat-syaratnya, kamu bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini untuk mengajukan proses gadai emas.

  1. Menyiapkan emas atau perhiasan yang akan digadaikan
  2. Mendatangi kantor cabang Pegadaian terdekat
  3. Memberikan berkas, dokumen, syarat dan barang yang akan digadaikan
  4. Petugas akan melakukan proses verifikasi data
  5. Pinjaman akan diberikan sesuai dengan proses administrasi yang berlaku

Itulah 5 langkah umum yang bisa kamu lakukan untuk menggadaikan emas. Untuk lebih lengkapnya bisa langsung datang ke kantor cabang atau menghubungi call center Pegadaian 1500 569.

Nilai taksir harga emas di Pegadaian

Saat akan menggadaikan emas di Pegadaian, sebaiknya kamu memahami terlebih dahulu berapa nilai taksir dari emas yang kamu gadaikan. Pasalnya, gak sedikit masyarakat yang belum memahami hal tersebut sehingga menimbulkan kesalahpahaman.

Nah, perlu kamu ketahui kalau nilai taksir pinjaman sebesar 92 persen hingga 95 persen dari harga emas.

Contohnya, apabila emas milikmu dihargai Rp 5 juta, maka nilai taksir pinjamannya yaitu Rp 5 juta x 92 persen, yakni Rp 4,6 juta.

Memahami nilai taksir harga emas yang kamu gadai sangatlah penting agar kamu mengetahui kalau nominal pinjaman yang kamu dapatkan lebih rendah dari nilai emasmu.

Biaya gadai emas di Pegadaian

Setiap kali kamu menggadaikan barang, salah satunya adalah emas, maka kamu akan dikenakan biaya administrasi. Nah, biaya administrasi yang harus kamu keluarkan itu besarannya tergantung dengan nilai pinjaman. Jadi, semakin besar pinjaman kamu, maka semakin besar pula biaya yang akan kamu tanggung.

Seperti yang dikutip dari situs resmi Pegadaian, berikut adalah biaya administrasi yang harus kamu keluarkan jika ingin menggadaikan emas lewat produk Kredit Cepat dan Aman (KCA) yaitu sebesar Rp 2.000 hingga Rp 125 ribu dengan pinjaman mulai dari Rp 50 ribu hingga Rp 5 miliar. Jangka waktu peminjamannya berkisar antara 1 hingga 120 hari alias empat bulan.

Bagaimana cara memperpanjang masa gadai di Pegadaian?

Saat kamu menggadaikan barang, maka kamu akan diberikan waktu hingga empat bulan. Nah, selama kurun waktu itu, kamu bisa mencicil hingga lunas beserta biaya administrasi yang sudah ditetapkan di awal.

Namun, kenyataanya masih banyak orang yang belum bisa melunasi pinjaman hingga jatuh tempo habis. Gak perlu khawatir karena sebelum tanggal jatuh tempo, kamu bisa melakukan perpanjangan lagi untuk jangka waktu empat bulan berikutnya.

Tenggat waktu bisa dibilang sangat penting. Jadi jangan sampai terlewat dari masa tenggang. Karena jika kamu tidak memperpanjang, maka emas milikmu akan dilelang oleh Pegadaian. Untuk mengetahui jangka tempo, kamu bisa melihatnya di Surat Bukti Kredit. Dengan begitu, emas kamu akan tetap aman.

Bagaimana cara menebus emas yang di gadai?

Cara menebus emas yang kamu gadaikan di Pegadaian sangat mudah kok. Sehari sebelum menebus, kamu harus menghubungi pihak Pegadaian bahwa kamu berniat menebus emas kamu. Pemberitahuan bisa melalui telepon atau datang langsung ke cabang Pegadaian tempat kamu menggadaikan emasmu.

Setelah itu, pada keesokan harinya, kamu hanya perlu membawa sejumlah uang yang sesuai dengan total pinjaman ke Pegadaian tempat kamu menggadaikan emas. Jangan lupa juga untuk membawa identitas diri, nota transaksi penerimaan uang dan Surat Bukti Kredit.

Setelah semua diserahkan ke petugas Pegadaian, kamu udah bisa langsung membawa pulang emas milikmu kembali. Gampang banget kan?

Itu dia beberapa tahap dan persyaratan yang harus kamu lakukan jika ingin menggadaikan emas di Pegadaian. Jadi, daripada pusing cari pinjaman saat butuh dana cepat, mending gadaikan aja emas milikmu ke Pegadaian.

Kalau mau keuanganmu lebih aman lagi, kamu bisa manfaatkan asuransi. Jadi supaya kamu bisa terbebas dari mahalnya biaya tagihan berobat di rumah sakit atau andai kamu mengalami musibah berlalu lintas sehingga membebanimu dengan mahalnya biaya perbaikan kendaraan, lindungilah uangmu dengan asuransi.

Dalam hal ini, kamu bisa konsultasikan kebutuhan finansialmu secara langsung dan gratis di Lifepal.

Perbandingan harga emas Pegadaian saat ini

Untuk mengetahui harga emas Pegadaian hari ini dengan beberapa waktu yang lalu, kita bisa mengecek perbandingannya dengan harga emas Pegadaian terbaru (26/8/2020).

Satuan Harga Antam Harga Antam Retro Harga Antam Batik Harga UBS
0.5 Rp562.000 Rp489.000 Rp619.000 Rp549.000
1.0 Rp1.069.000 Rp977.000 Rp1.189.000 Rp1.036.000
2.0 Rp2.098.000 Rp1.953.000 Rp2.043.000
3.0 Rp3.120.000 Rp2.930.000

Pada tahun 2019 harga emas terendah sebesar Rp411.000  per gram. Jika dibandingkan harga emas saat ini artinya ada peningkatan yang cukup tinggi. Tentunya hal ini juga akan berpengaruh ketika kamu akan melakukan gadai emas di pegadaian.

Perbedaan gadai emas di Pegadaian dan bank syariah 

Selain di Pegadaian, kamu juga bisa menggadaikan emasmu di bank syariah. Nah, saat ini ada beberapa bank syariah yang menerima gadai logam mulia maupun perhiasan emas. Untuk persyaratan dan kelengkapan administrasi, baik menggadaikan emas di Pegadaian maupun di bank syariah sebenarnya sama saja. Namun, ada perbedaan jumlah pinjaman yang didapat jika menggunakan logam mulia dan perhiasan emas.

Jika kamu menggadaikan logam mulia, kamu dapat memperoleh pendanaan hingga 90% harga logam mulia. Namun, jika yang akan kamu gadaikan adalah perhiasan emas, maka akan memperoleh pendanaan hingga 85% harga perhiasan emas.

Akad yang digunakan dalam gadai syariah adalah akad Qardh dalam rangka Rahn. Artinya, bank akan memberikan pinjaman kepada nasabah sekaligus mendapatkan tugas untuk menjaga barang jaminan yang diserahkan. Dengan akad Qardh dalam rangka Rahn ini, maka emas kamu dipastikan akan lebih aman.

Selain diharuskan membayarkan biaya administrasi di awal, ada juga biaya pemeliharaan yang harus kamu keluarkan jika memilih gadai emas di bank syariah. Biaya pemeliharaan ini umumnya dipungut di akhir atau di awal periode yang nominalnya beragam.

Selain gadai emas, Pegadaian juga menawarkan layanan gadai BPKB. Jadi bagi kamu yang membutuhkan pinjaman tunai cepat, kamu bisa menjaminkan BPKB mobil atau motormu di Pegadaian. Syarat utamanya cukup simpel, pastikan BPKB dan STNK-nya tertera data pribadimu sendiri. Jadi, tertarik untuk mengajukan pinjaman di Pegadaian atau bank syariah?

Nah, itulah sedikit ulasan mengenai gadai emas di Pegadaian. Sebelum mengajukan, sebaiknya kamu pertimbangkan dengan matang-matang ya. Selamat mencoba!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →