Gagal dan Butuh Motivasi Hidup Kuat? Simak Nasihat dari 8 Miliuner Dunia Ini

JK Rowling (IG JK Rowling (IG officialjkrowling))

JK Rowling (IG JK Rowling (IG officialjkrowling))

Kegagalan memang bisa membuat kita terpuruk hingga patah semangat, tapi hal itu gak bakal berlaku pada mereka yang punya motivasi hidup kuat dan penuh semangat.

Pada hakikatnya, kamu gak sendiri kok dalam menerima kegagalan dan keterpurukan. Orang-orang kaya di dunia ini juga sempat mengalami kegagalan yang cukup parah, bahkan jauh lebih parah daripada kamu.

Tapi, mereka gak lantas patah semangat gitu saja. Mereka justru sibuk mengoreksi diri dan berusaha untuk berjuang keras demi mengulangi kesalahannya, agar di masa depan mereka bisa sukses.

So, buat kamu yang memang sedang berada dalam kondisi yang gak baik dan butuh motivasi hidup, maka gak ada salahnya untuk menyimak kata-kata mutiara dari orang sukses yang pernah gagal ini. Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Baca juga: Butuh Dana Segar, Perhatikan Hal Ini Terlebih Dahulu Sebelum Pinjam Uang ke Orangtua

1. Col. Sanders

Sanders ditolak 1.009 kali ketika menawarkan resep masakan (Shutterstock).

Sanders ditolak 1.009 kali ketika menawarkan resep masakan. Setiap hari, ia tidur di mobil Ford 1946 dan mengetuk pintu restoran demi menawarkan resep masakan yang dia ciptakan.

Namun siapa sangka, KFC yang dia dirikan saat ini punya 18.000 outlet yang tersebar di 120 negara!

Harland Sanders berpesan padamu tentang dua hal soal kerja dan usaha. Pada intinya:

“Kerja keras mengalahkan semua yang ada di dunia ini,” jelas sekali bahwa tanpa kerja keras ya gak ada pencapaian apapun yang bisa kamu nikmati.

Sanders juga sempat mengaku bahwa dirinya gak pernah pensiun. Dia selalu bekerja! Hebat ya.

2. Motivasi hidup dari J.K Rowling

Sebelum karyanya yang berjudul Harry Potter laris, Rowling ditolak oleh banyak penerbit (Shutterstock).

Sebelum karyanya yang berjudul Harry Potter laris, Rowling ditolak oleh banyak penerbit. Namun ketika hasil karyanya diterima oleh penerbit Bloomsbury, Harry Potter langsung meledak dan dianugerahi segudang penghargaan.

Rowling pun menjadi sosok yang dikenal sekaligus tajir pastinya. Tapi itu semua adalah berkah dari kerja keras dan sikapnya yang gak mau menyerah.

Terkait kesuksesan, Rowling pernah bilang bahwa, “kegagalan dalam hidup merupakan hal yang pasti menghampirimu. Mustahil rasanya untuk hidup tanpa kegagalan, kecuali kamu hidup dengan sangat berhati-hati menutup diri dan hidup dengan datar-datar saja.”

Rowling mencoba mengingatkanmu bahwa gagal itu wajar dan sebagai manusia, kamu pasti akan menjumpai kegagalan itu sendiri. Kalau gak mau gagal ya siap-siap saja punya hidup yang gak berwarna.

Baca juga: Ingin Sukses Menekuni Ilmu Bisnis? 7 Universitas Ini Bisa Jadi Pilihan Kamu

3. Rupert Murdoch

Rupert Murdoch bersama sang istri (Shutterstock).

Kamu tahu siapa dia? Dia adalah seorang taipan media terkenal di Amerika Serikat yang sangat berpengaruh pada politik di Negeri Paman Sam.

Murdoch pernah mengalami kegagalan besar saat dirinya mengakuisisi MySpace tahun 2005 di harga US$ 580 juta. Enam tahun kemudian, valuasi MySpace pun merosot tajam hingga harganya cuma US$ 35 juta! Bayangin kerugiannya gede banget.

Tapi dia tetap punya motivasi hidup yang kuat. Dan dia pun pernah berkata, “uang bukanlah sumber dari motivasi. Punya uang banyak memang enak, tapi yang saya nikmati selama ini adalah berbisnis.”

Keren juga ya, jadi menurut Murdoch, berbisnis itu ya passion. Dia akan semakin happy kalau bisnisnya menggurita. Dan ketika bisnis menggurita, sudah pasti pemiliknya jadi tajir.

4. Mark Zuckerberg

Mark Zuckerberg (Shutterstock).

Siapa sangka, orang terkaya di dunia urutan kelima ini juga pernah mengalami kegagalan. Bahkan bisa dibilang, kegagalan Zuckerberg gak cuma satu.

Di tahun 2004, dia mencoba bereksperimen dengan proyek yang bernama Wirehog, program berbagi berkas teman-ke-teman yang terhubung ke Facebook dan memungkinkan user memindahkan berkas langsung antara komputer. Namun hal ini justru dilarang, dan layanan ini dimatikan pada 2006.

Belum lagi di tahun 2018 dia sempat jadi bulan-bulanan di media lantaran 50 juta data pribadi pengguna Facebook dicuri. Dia pun angkat bicara dan mengucapkan permintaan maaf pada para user.

Bayangkan saja, seperti apa rasanya mengalami apa yang dirasakan Zuck. Sebagai motivasi hidup, Zuck pernah bilang kalau “risiko terbesar adalah tindakan yang gak mengambil risiko itu sendiri.”

So, jelas sekali bahwa pada hakikatnya apapun yang ada di dunia ini pasti berisiko. Ketika kita gak berani bertindak ya dipastikan kehidupan kita makin gak berkembang. Apakah itu gak mengerikan?

Baca juga: Tanda-Tanda Uang Membawa Dampak Buruk pada Kehidupan yang Perlu Diwaspadai

5. Warren Buffett

Bahkan seorang Warren Buffett yang jago investasi saham aja pernah gagal (Shutterstock).

Bahkan seorang Warren Buffett yang jago investasi saham aja pernah gagal! Orang terkaya ketiga di dunia ini pernah membeli sebuah stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) Sinclair Texaco pada tahun 1951, namun gak bisa balik modal. Tapi di tahun 1962 dia jadi miliuner.

Terkait kegagalan, Buffett tentunya punya banyak kata mutiara yang pas kamu jadikan motivasi hidup. Mungkin salah satu yang harus kamu ketahui adalah ucapan Buffett yang mengatakan bahwa, “saya sudah tahu kalau saya bakal kaya, jadi saya gak pernah meragukan hal ini kapan pun juga.”

Kata itu mengingatkan kita untuk tetap pede dengan cita-cita kita. Yakin saja bahwa kita pasti berhasil walau saat ini kita mengalami kegagalan yang luar biasa mengerikan.

6. Bill Gates

Bill Gates percaya bahwa sabar adalah kunci dari kesuksesan (Shutterstock).

Gimana dengan Bill Gates? Apakah orang terkaya di dunia nomor dua ini juga pernah gagal? Ternyata jawabannya “ya.”

Pernah dengar apa itu Traf-O-Data? Perangkat ini diciptakan oleh Bill Gates dan Paul Allen yang gunanya untuk membaca data mentah di lalu lintas. Perangkat ini kabarnya gak bisa berfungsi maksimal dan susah dijual. Akan tetapi, mereka justru menciptakan Microsoft yang akhirnya laris manis.

Bagi Bill Gates, “sabar adalah kunci dari kesuksesan.” Singkat dan padat banget bukan?

Ketika kita grasak-grusuk, maka keputusan apa yang kita buat akan gak karuan. Ujung-ujungnya boro-boro sukses, bisa jadi malah rugi.

7. Jeff Bezos

Salah satu orang terkaya di dunia, Jeff Bezos. (Instagram/@jeffbezos)
Salah satu orang terkaya di dunia, Jeff Bezos. (Instagram/@jeffbezos)

Kira-kira kegagalan seperti apa ya yang pernah dialami oleh orang paling kaya se jagad? Bezos pernah bilang bahwa kesalahannya juga telah membuatnya rugi miliaran Dolar!

Sebut saja seperti saat dirinya melakukan eksperimen dengan memproduksi Fire Phone yang gagal total di mata konsumen. Namun hal itu gak lantas membuat Bezos menghentikan produksi ponsel.

Tapi, saat ini dia dan perusahaannya justru makin sukses. Dan kekayaannya juga makin bertambah.

“Saya tahu jika saya gagal, saya tidak akan menyesalinya. Tapi saya tahu satu hal yang mungkin saya sesali, adalah tidak mencobanya.” demikian kata bijak dari beliau.

Intinya, gak ada gunanya kan menyesali kegagalan karena hal itu gak akan ada habisnya. Tapi pada intinya, kalau kamu gak merasakan hal itu kamu bakal lebih menyesal di kemudian hari.

Itulah kata-kata mutiara dari para entrepreneur dan orang kaya di dunia yang bisa kamu jadikan sebagai motivasi hidup.

Gimana, setelah baca ini apakah kamu jadi lebih termotivasi? (Editor: Winda Destiana Putri).

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis