Pernah Gagal Kelola Keuangan di 2019? Evaluasi 3 Hal Penting Ini Saat Awal Tahun

Kelola keuangan bukanlah perkara mudah, terkadang apa yang sudah disusun atau dicanangkan bisa berubah jika tidak konsisten menjalani pengelolaan finansial. Nah kamu salah satunya yang gagal kelola keuangan di tahun 2019? Mendingan evaluasi ketiga hal ini yuk!

Kebutuhan, dan juga hasrat konsumtif bisa menjadi polemik dalam mengelola keuangan. Pada awal tahun baru 2020 ini ada baiknya melakukan kebaikan pengelolaan finansial agar lebih baik lagi, tujuannya jelas biar bisa mencapai merdeka secara finansial.

Financial Planner dari Mitra Rencana Edukasi (MRE) Andi Nugroho mengungkapkan, setidaknya ada beberapa cara agar pengelolaan finansial bisa lebih baik dari tahun sebelumnya, mulai dari evaluasi, hingga melihat arus kas selama satu tahun kebelakang.

“Sebaiknya semua hal seperti tabungan, hutang, maupun investasi, kita evaluasi lagi.

Sebenarnya goal utama dari evaluasi tersebut adalah agar rasio hutang lebih kecil dibandingkan asset, bila kita bandingkan dengan kondisi akhir tahun lalu,” ujar Andi kepada Moneysmart.id.

Baca juga: Begini Cara Mengelola Keuangan yang Sehat Menurut Financial Planner Mada Aryanugraha

Bandingkan jumlah aset saat kelola keuangan

kelola keuangan
Bandingkan jumlah aset saat kelola keuangan, (Ilustrasi/Shutterstock).

Andi mengatakan, agar terpacu kelola keuangan atau finansial secara baik, salah satu cara paling mudah adalah dengan membandingkan jumlah aset secara tahunan, apakah ada peningkatan atau malah berkurang.

“Bandingkan apakah ada peningkatan aset berupa tabungan, investasi, serta nilai aset lainnya seperti properti, dan apakah ada penurunan di sisi total hutang yang harus dibayar,” kata Andi.

Menurutnya, yang positif adalah adanya peningkatan aset dari tahun sebelumnya, dan presentase aset lebih tinggi dibandingkan utang.

“Atau bisa juga kita menghitung bahwa sebaiknya total nilai cicilan utang kita perbulannya adalah tidak lebih dari 30 persen dibandingkan dengan penghasilan. Jadi target di tiap akhir tahun tersebut adalah menurunkan angka presentase (hutang) tersebut,” tambah Andi.

Baca juga: Ibu Bijak, Ini 6 Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga Biar Gak Boros!

Pantau arus kas secara berkala

kelola keuangan
Pantau terus arus kas saat kamu mengelola keuangan, (Ilustrasi/Shutterstock).

Tak hanya membandingkan dari sisi aset, dalam mengelola finansial juga perlu melihat data transaksi atau arus kas yang telah dilakukan, bisa dilihat dari rekening bank, atau juga catatan keuangan.

“Untuk mengevaluasi sebaiknya digunakan data sepanjang tahun, tapi bisa saja dibagi-bagi evaluasinya per 3 bulan. Walaupun hal ini tentu membutuhkan ketelatenan ekstra,” kata Andi.

Akan tetapi, dengan hal itu dilakukan, maka pergerakan fluktuasi keuangan akan mudah terlihat, apakah masih sesuai target atau malah melenceng jauh dari yang diharapkan.

Baca juga: Mapan di Usia Muda, Ini Cara Mengatur Keuangan buat Fresh Graduate yang Mudah

Tambah investasi dan asuransi

kelola keuangan
Gak ada salah buat menambah investasi atau asuransi saat mengelola keuangan, (Ilustrasi/Shutterstock).

Kemudian, salah satu faktor penting lainnya adalah menambah jumlah investasi maupun asuransi untuk proteksi diri, sebab dengan menambah investasi aset yang disimpan tidak akan tergerus laju inflasi yang terjadi setiap tahun.

“Bila memang dananya tersedia dan momentumnya ada misal harga saham yang lagi pada turun, hal tersebut bisa jd momentum kita untuk masuk ataupun nambah portofolio ke reksadana ataupun pasar saham langsung,” papar Andi.

Nah bagi kamu yang mengalami gagal kelola keuangan di tahun 2019, ada baiknya nih mencoba tips di atas. Tahun baru semoga semangat baru juga dalam mengelola keuangan serta finansial, selamat mencoba! (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).