10 Negara Dengan Rata-Rata Gaji Guru Terendah di Dunia, Indonesia Termasuk?

gaji guru di istanbul turki

gaji guru di istanbul turki

Tanggal 25 November diperingati seluruh bangsa Indonesia sebagai hari guru nasional. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang baru, yakni Nadiem Makarim, untuk pertama kalinya memberikan sambutan dalam peringatan tersebut.

“Saya hanya ingin ucapkan apresiasi saya yang sebesar-besarnya kepada seluruh jajaran pemerintahan, baik Kemendikbud dan pemerintah pusat maupun dinas pendidikan di seluruh daerah di Indonesia atas pelaksanaan program-program selama lima tahun terakhir yang sudah berdampak positif kepada guru dan siswa se-Nusantara. Terima kasih atas jasa bapak-bapak dan ibu-ibu,” ucap Nadiem saat upacara peringatan Hari Guru Nasional di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tanggal 25 November 2019, mengutip dari Detik.

Sebelumnya, naskah pidato yang akan disampaikan oleh Nadiem Makarim pada hari tersebut viral tersebar luas di media sosial dan menjadi perbincangan netizen.

Harus diakui, kesejahteraan profesi guru di Indonesia masih belum merata di seluruh daerah. Banyak sekolah yang masih menerapkan skema honorer sehingga upah yang didapatkan sangat minim guna memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Nah ngomongin soal gaji guru, kira-kira negara mana ya yang memiliki rata-rata upah terendah di dunia hari ini? Apakah Indonesia yang terendah? Yuk kita lihat daftar lengkapnya, melansir dari The Guardian dan beberapa sumber lainnya.

Baca juga: Kisah Memprihatinkan Gaji Guru Honorer yang Jauh dari Kata Sejahtera

10. Gaji guru Israel – Rp 275 jutaan per tahun

Negara pertama yang masuk dalam daftar adalah Israel yang hari ini dipimpin oleh Perdana Menteri Benjamin Netanyahu. Rata-rata upah yang didapatkan oleh pengajar sekolah disana sekitar US$ 19.550 atau setara Rp 275 jutaan per tahunnya.

Baca juga: Niat Jadi Guru? 5 Negara Ini Berani Kasih Gaji Sampai Ratusan Juta!

9. Gaji guru Republik Ceko – Rp 262 jutaan per tahun

gaji guru ceko
Studi tur anak-anak sekolah didampingi guru mereka di Karlstejn, Praha, Ceko. (Shutterstock)

Ke-9, ada negara di Eropa yakni Republik Ceko yang terletak di Eropa. Ini cukup ironis karena daftar upah guru tertinggi didominasi oleh negara Benua Biru seperti Luksemburg, Swiss, Belanda dan Jerman.

Rata-rata pendapatan yang didapatkan oleh guru di Republik Ceko sekitar US$ 18.610 atau sebesar Rp 262 juta per tahunnya.

Baca juga: Gaji Guru Honorer Kecil, 4 Kerjaan Ini Bisa Nambah Pendapatan

8. Turki – Rp 242 jutaan per tahun

gaji guru di turki
Seorang guru mengajar anak-anak TK di Istanbul, Turki. (Shutterstock)

Selanjutnya, ada negara yang sebagian wilayahnya ada di Benua Eropa dan Asia yaitu Turki. Rata-rata upah yang didapatkan oleh tenaga pengajar di sana hanya sekitar US$ 17.180 atau sekitar Rp 242 juta per tahunnya.

7. Chili – Rp 231 jutaan per tahun

gaji guru di chili
Guru mengajar kelas sains di Santiago, Chili. (Shutterstock)

Dari daratan Amerika Latin, ada Chili. Negara yang dipimpin oleh Presiden Sebastián Piñera ini memberikan gaji rata-rata kepada guru sebesar US$ 16.410 atau setara Rp 231 juta per tahunnya. 

6. Brasil – Rp 209 jutaan per tahun

gaji guru di brasil
Seorang guru mengajar di sebuah sekolah di kawasan Paragominas, Brasil. (Shutterstock)

Duduk di urutan keenam masih bertetangga dengan Chili yakni Brasil. Negara yang terkenal dengan bintang-bintang sepak bola seperti Ronaldo, Ronaldinho serta Neymar Jr. ini hanya mampu memberikan upah kepada guru rata-rata sebesar US$ 14.840 atau sekitar Rp 209 juta per tahunnya.

5. Hongaria – Rp 207 jutaan per tahun

gaji guru hongaria
Ilustrasi guru di Hongaria. (Shutterstock)

Berada di posisi kelima, ada Hongaria yang lagi-lagi datang dari Eropa. Rata-rata gaji guru di Hongaria sendiri mencapai US$ 14.760 atau setara Rp 207 jutaan per tahunnya.

4. Malaysia – 137 jutaan per tahun

gaji guru di malaysia
Kegiatan belajar mengajar di Kota Kinabalu, Malaysia. (Shutterstock)

Tetangga kita, yakni Malaysia berada di urutan selanjutnya. Negara yang identik dengan Menara Kembar Petronas-nya ini mempunyai rata-rata gaji guru sekitar 40 ribu Ringgit Malaysia atau setara Rp 137 jutaan per tahunnya.

3. India – Rp 42 jutaan per tahun

gaji guru di india
Kegiatan belajar di sebuah sekolah di Amravati, Maharashtra, India. (Shutterstock)

Masih dari lingkup Asia, ada India yang tergolong dalam negara berkembang layaknya Indonesia. Di negara asal tokoh Mahatma Gandhi ini, para guru diberi upah rata-rata sekitar Rp 42 juta per tahunnya.

2. Gaji guru Indonesia – Rp 40 jutaan per tahun

gaji guru di indonesia
Seorang guru mengajar di sebuah sekolah swasta di Surabaya. (Shutterstock)

Mungkin ini fakta yang gak bisa kita banggakan karena urutan nomor 2 diisi oleh negara Indonesia. Rata-rata pendapatan guru yang diraih dalam setahun sekitar US$ 2.830 atau hanya setara Rp 40 jutaan.

1. Gaji guru Pakistan – Rp 22 juta per tahun

gaji guru di pakistan
Kegiatan sekolah di Karachi, Pakistan. (Shutterstock)

Pakistan menjadi negara yang paling kurang makmur bagi para guru karena setiap tahunnya tenaga pengajar di sana hanya diberikan kompensasi sekitar Rp 22 jutaan.

Angka nominal di atas bisa aja berbeda sewaktu-waktu seiring kenaikan upah yang diberikan oleh pemerintah terhadap tenaga pengajar setiap tahunnya.

Nah itulah 10 negara yang memiliki rata-rata gaji guru terendah di dunia. Semoga ke depannya Indonesia bisa keluar dari daftar tersebut dan bisa masuk dalam jajaran negara yang memberikan apresiasi tinggi terhadap guru, para pahlawan tanpa tanda jasa. (Editor: Ruben Setiawan)

Tags: ,

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis