Gaji Perawat Per Bulan Lulusan D3 dan S1 di Indonesia

gaji perawat per bulan

Membahas soal gaji perawat, kita perlu terlebih dahulu memahami pekerjaan tenaga perawat yang sesuai dengan aturan pemerintah. 

Menurut Undang Undang Republik Indonesia No 23 Tahun 1992 terkait kesehatan, perawat adalah seseorang yang memiliki kewenangan dalam melakukan tindakan berdasarkan ilmu yang diperoleh melalui pendidikan keperawatan. 

Sekilas tentang pendidikan keperawatan

Untuk bisa mendapatkan sertifikasi praktik keperawatan, orang tersebut harus terlebih dahulu mengikuti program sarjana keperawatan yang terbagi menjadi dua tingkatan, yaitu Diploma 3 (D3) dan Sarjana (S1).

Untuk pendidikan D3 akan memakan waktu selama tiga tahun, sementara lama perkuliahan S1 berlangsung sekitar enam tahun. 

Lulus sarjana, calon perawat juga bisa melanjutkan pendidikan magister (S2) untuk mengambil gelar spesialis di bidang keperawatan.

Setelah lulus, barulah perawat bisa memilih jenis tenaga keperawatan apa yang ingin ditekuni sebagai profesi.

Setelah menjadi perawat, jangan lupa ya menyisihkan sebagian gaji untuk mendapatkan asuransi kesehatan.

Memang sih rumah sakit biasanya akan menyediakan asuransi untuk kamu, tetapi tidak ada salahnya untuk melengkapi benefit yang sudah kamu dapat, bukan? Lebih bagus lagi kalau punya asuransi keluarga.

Nah, bagi kita yang tertarik untuk terjun ke dunia perawatan, sebaiknya simak informasi selengkapnya tentang gaji perawat per bulan di beberapa instansi berikut. 

Gaji perawat Indonesia berdasarkan jenisnya

Perlu dipahami sebelumnya bahwa nominal gaji perawat beragam, tergantung lingkup profesi yang diambil.

Agar lebih jelas, berikut kami rangkum jenis-jenis lingkup keperawatan beserta nominal gaji pada umumnya.

1. Perawat rumah sakit 

Profesi sebagai perawat di rumah sakit bisa dijalani dengan sertifikat lulusan S1 atau D3 sekalipun. Yang paling penting, kita harus memiliki Surat Tanda Registrasi (STR) atau surat kompetensi resmi dari pemerintah. 

Kabar baiknya, pembuatan STR sekarang dapat dilakukan secara online. Cukup dengan menyiapkan ijazah kelulusan dan mengunjungi situs resmi Kemkes. Sangat mudah, bukan? 

Jika sudah memiliki STR, maka kita bisa langsung menentukan jenis rumah sakit yang diinginkan, mulai dari rumah sakit pelat merah, swasta, negeri, atau bahkan rumah sakit di luar negeri.

Kisaran gaji perawat rumah sakit per bulan dengan STR adalah Rp4 juta sampai Rp7 juta. 

Gaji Perawat Per Bulan Lulusan D3 dan S1 di Indonesia
Gaji Perawat Per Bulan Lulusan D3 dan S1 di Indonesia

2. Perawat Puskesmas

Hasil kajian insentif tenaga kesehatan di Puskesmas Kementerian Kesehatan dan self assessment Tim Nusantara Sehat menyatakan bahwa gaji pokok per bulan perawat Puskesmas adalah Rp2.250.148.

Namun selain itu, masih ada penghasilan di luar gaji pokok yang meliputi beberapa poin berikut.

  • Tunjangan daerah
  • Insentif khusus Nakes (Tenaga Kesehatan)
  • Kapitasi
  • BOK (Biaya Operasional Kesehatan)
  • Perjalanan dinas atau transportasi lokal
  • Biaya transportasi
  • Uang makan

Beberapa poin di atas akan dipengaruhi juga oleh area dinas perawat bersangkutan dengan perincian sebagai berikut.

Jenis area dinas Jumlah penghasilan di luar gaji pokok
Terpencil Rp979.894
Sangat terpencil Rp718.682
Biasa Rp1.241.077

Tenaga kesehatan di Puskesmas, termasuk perawat, mendapatkan penghasilan di luar gaji lainnya yang dikelompokkan berdasarkan status kepegawaian sebagai berikut.

Status kepegawaian Area terpencil Area sangat terpencil Area biasa
PNS/CPNS Rp2.021.035 Rp1.382.335 Rp2.376.712
Honorer/Kontrak Rp681.022 Rp555.000 Rp1.218.650
PTT pusat/daerah Rp3.021.359 Rp871.333 Rp3.666.081
Sukarelawan Rp617.453 Rp358.000 Rp756.957
Magang Rp500.000 Rp400.000

Jadi jika disimpulkan, kisaran gaji perawat Puskesmas adalah Rp5,2 juta hingga Rp5,8 juta dari penghasilan gaji pokok dan tunjangan di luar gaji pokok.

3. Perawat homecare 

Selain bekerja di rumah sakit atau Puskesmas, seorang perawat juga bisa memilih menjadi perawat homecare. Perawat homecare bertugas merawat bayi, anak kecil, lansia, atau pasien berkebutuhan khusus.

Perawat dalam bidang ini umumnya memiliki waktu kerja yang lebih fleksibel, lho!

Selain itu, gaji yang diterima harus disesuaikan dengan kondisi pasien yang dirawat. Artinya, semakin banyak alat medis yang digunakan oleh pasien, maka gaji perawat pun berpotensi lebih tinggi. 

Nah, sama halnya ketika bekerja di rumah sakit, syarat untuk menjadi perawat homecare adalah lulusan D3 atau S1 keperawatan dan telah memiliki sertifikat STR. 

Kisaran gaji perawat homecare dengan STR per bulan adalah Rp2,5 juta sampai Rp7 juta. 

4. Perawat klinik kecantikan 

Bagi calon perawat yang lebih menyukai dunia kecantikan, maka bisa merintis karier sebagai perawat klinik kecantikan.

Sebagai perawat kecantikan, tugas yang dilakukan adalah membantu dokter dalam melakukan tindakan medis yang berkaitan dengan perawatan kosmetik, seperti perawatan menghambat penuaan, pencerahan kulit, dan lainnya. 

Untuk bisa mendampingi tindakan medis di klinik kecantikan, perawat juga perlu memiliki sertifikat STR yang membuktikan bahwa perawat terkait mampu melakukan tindakan medis. 

Kisaran gaji perawat klinik kecantikan per bulan dengan STR adalah Rp2,5 juta sampai Rp5 juta. 

Gaji Perawat Per Bulan Lulusan D3 dan S1 di Indonesia
Gaji Perawat Per Bulan Lulusan D3 dan S1 di Indonesia

5. Perawat gawat darurat

Praktik keperawatan gawat darurat adalah penanganan medis secara cepat dan tepat kepada pasien yang sedang mengalami kondisi gawat darurat.

Sesuai dengan namanya, di sini perawat akan ditempatkan pada unit gawat darurat di sebuah rumah sakit atau klinik. 

Dalam dunia keperawatan, ditempatkan dalam unit gawat darurat memiliki gengsi tersendiri. Ini dikarenakan, perawat UGD berarti dipercaya untuk menangani dan mengambil keputusan genting.

Misalnya, bisa memutuskan pasien mana yang harus ditangani terlebih dahulu berdasarkan tingkat kegawatannya dan lain sebagainya. 

Itu sebabnya untuk bisa menjadi perawat gawat darurat, umumnya perawat harus memiliki pengalaman di dunia medis paling tidak selama enam bulan di bagian keperawatan.

Selain itu, perawat gawat darurat juga harus telah memiliki sertifikasi tindakan gawat darurat yang meliputi:

  • Basic Trauma Cardiac Life Support (BTCLS).
  • Basic Trauma Life Support (BTLS).
  • Pelatihan Penanganan Gawat Darurat (PPGD).
  • General Emergency Life Support (GELS).

Kisaran gaji perawat gawat darurat dengan STR per bulan adalah Rp4,4 juta sampai Rp7 juta. 

Banyak perusahaan mencantumkan nilai gaji berupa Gaji Kotor. Ingat, gaji tersebut bukan gaji yang akan kamu bawa pulang karena masih harus dipotong pajak. Mau tahu dengan cepat berapa jumlah Gaji Bersih kamu? Hitung aja langsung dan cepat dengan Kalkulator Gaji Bersih dari Lifepal!

Suka dan duka perawat di Indonesia

Menurut data yang dikeluarkan oleh World Health Organization (WHO), rasio perawat di Indonesia idealnya berada pada angka 18:10 ribu. Maksudnya, secara ideal terdapat 18 orang perawat di setiap 10 ribu warga Indonesia.

Namun nyatanya, Indonesia masih belum bisa menyentuh angka ideal tersebut dan hanya berada di angka 10:10 ribu. Ini berarti kita masih kekurangan pasokan tenaga perawat. 

Penyebab utama dari kurangnya ketertarikan masyarakat dalam menempuh karier sebagai perawat adalah penetapan gaji yang terbilang kecil.

Jika diteliti, umumnya instansi kesehatan di Indonesia menetapkan gaji perawat per bulan lulusan D3 dan S1 dengan kisaran Rp4 juta hingga Rp7 juta. 

Nah, jika dibandingkan dengan pengeluaran semasa mengenyam pendidikan di sekolah medis, nominal tersebut tergolong tidak besar. 

Perlu dipahami juga bahwa sebenarnya tidak semua instansi kesehatan menetapkan nominal upah yang sama.

Apalagi jika perawat tersebut diterima di instansi kesehatan swasta yang umumnya bersedia memberikan upah dengan nilai yang lebih besar bahkan mencapai dua digit. 

Selain itu, perawat pada umumnya juga memiliki waktu kerja yang tidak menentu. Namun, jika kita memiliki ketertarikan di dunia medis, perawat bisa menjadi pekerjaan yang menyenangkan dan penuh adrenalin, lho.

Sebagaimana ada saja pasien yang ramah dan ada juga yang seringnya tidak menghargai dedikasi seorang perawat, deh.

Itu dia beberapa informasi terkait perawat di Indonesia. Terlepas dari permasalahan gaji perawat per bulan yang dihadapi, jika kita memiliki panggilan hati dalam menggeluti dunia medis, profesi perawat bisa menjadi pekerjaan yang sangat menyenangkan, kok. 

Dapatkan tips pengelolaan finansial dengan berkonsultasi dengan pakar keuangan langsung di Tanya Lifepal.

Pertanyaan tentang gaji perawat per bulan

Berdasarkan penjelasan pada Undang Undang Republik Indonesia No 23 Tahun 1992 terkait kesehatan, perawat adalah seseorang yang memiliki kewenangan dalam melakukan tindakan berdasarkan ilmu yang diperoleh melalui pendidikan keperawatan.

Tidak hanya wanita, pria yang sudah melalui pendidikan keperawatan bisa menjadi perawat juga.