Daftar Gaji Pilot di Indonesia dan Luar Negeri, Ada yang Rp4 Miliaran Lho!

gaji pilot di indonesia

Gaji pilot merupakan salah satu yang tertinggi dibandingkan gaji yang didapat beberapa profesi lainnya. Hal itu memang ada benarnya, apalagi jika melihat daftar rata-rata gaji yang diberikan di beberapa negara berikut.

Banyak di antara kamu mungkin pernah bercita-cita untuk menjadi seorang pilot karena pekerjaan yang satu ini terlihat keren. 

Selain hal itu, ada juga beberapa faktor lain kenapa orang ingin menjadi seorang pilot. Apalagi kalau bukan karena upahnya yang relatif besar.

Gaji yang relatif besar itu gak datang gitu aja. Risiko yang tinggi dan tanggung jawab yang besar untuk membawa puluhan hingga ratusan penumpang menjadi alasan kenapa pilot bisa dibayar dengan gaji sebanyak itu.

Para pilot ini juga memiliki aturan jam terbang yang harus dipatuhi. Di Indonesia, pilot memiliki maksimal jam terbang 30 jam dalam waktu 7 hari, 110 jam untuk 30 hari, dan 1050 jam dalam satu tahun.

Jika kamu adalah salah satu orang yang sedang menjalani pendidikan pilot dan sedang mengejar karier di bidang itu, pasti kan penasaran, berapa sih gaji pilot yang standar? Lantas, adakah perbedaan antara pendapatan yang diterima pilot di Indonesia dengan pilot yang bekerja di negara-negara lainnya? Yuk simak berapa besaran pendapatan pilot di  Indonesia dan perbandingannya dengan negara-negara lain. 

Berapa gaji pilot di Indonesia?

Layaknya profesi yang lain, seorang pilot akan mendapatkan gaji yang berbeda antara satu orang dengan yang lainnya. Ini karena berbagai faktor yang mempengaruhi hal tersebut seperti:

  • Maskapai tempat pilot bekerja
  • Pengalaman atau jam terbang
  • Pangkat yang dimiliki

Setelah mengetahui 3 faktor tersebut, barulah kita bisa memetakan range gaji pilot di Indonesia berdasarkan pangkatnya dan pengalamannya yang ada di dalam tabel berikut ini:

Nama jabatan atau pangkat Nominal gaji per bulan
Second Officer Rp 15.000.000 – Rp 20.000.000
First Officer (Co-Pilot) Rp 30.000.000 – Rp 40.000.000
Captain (Kapten) Rp 45.000.000 – Rp 50.000.000

Untuk bayaran pilot di Indonesia sendiri jika diambil yang paling tinggi ada di angka Rp 50 jutaan per bulan, jika dihitung dalam setahun maka total sekitar Rp 600 jutaan belum termasuk berbagai tunjangan.

Gaji pilot ini juga berbeda di masing-masing maskapai penerbangan. Misalnya gaji pilot Garuda Indonesia bisa menembus Rp60 juta per bulan untuk juniornya. Sedangkan gaji pilot senior Garuda berada di kisaran Rp100-150 juta per bulan.

Sementara itu, pilot asing Lion Air sebesar USD9.000 atau Rp126 juta per bulan (1 USD= Rp 14.000). Cukup fantastis, bukan? 

Perbandingan gaji pilot Indonesia dengan negara lain 

Lalu, bagaimana dengan bayaran seorang pilot di luar negeri? Sama seperti gaji pilot di Indonesia, negara lain pun menentukan upah para penerbang pesawat ini tergantung jam terbang dan maskapainya.

Berikut ini daftarnya: 

5. Uni Emirat Arab – Rp 1,3 miliar per tahun

Berdasarkan data dari Glassdoor, negara pertama yang memiliki rata-rata gaji seorang pilot Uni Emirat Arab tertinggi adalah dengan nominal mencapai US$ 100 ribu atau sebesar Rp 1,3 miliaran per tahunnya.

Seperti yang kita ketahui, UEA merupakan markas dari berbagai macam perusahaan penerbangan kelas dunia seperti Fly Emirates dan Etihad Airways.

Daftar Gaji Pilot di Indonesia dan Luar Negeri, Ada yang Rp4 Miliaran Lho!
Daftar Gaji Pilot di Indonesia dan Luar Negeri, Ada yang Rp4 Miliaran Lho!

4. Gaji pilot di Amerika Serikat – Rp 1,4 miliar per tahun

Di urutan keempat, ada negara Amerika Serikat. Di sini pilot diberi upah sekitar US$ 102 ribu atau Rp1,4 miliaran per tahunnya. Jumlah ini hampir mirip dengan UEA yang mempunyai angkaRp 1,3 miliaran.

Jika di Uni Emirat Arab ada Fly Emirates dan Etihad Airways, maka di Negeri Paman Sam punya Delta dan American Airways. Kedua maskapai tersebut mendominasi pasar domestik dan luar negeri.

3. Perancis – Rp 1,5 miliar per tahun

Duduk di urutan ketiga ada negara yang berasal dari benua Eropa yakni Perancis. Negara yang terkenal akan keromantisan kota Paris ini mencatatkan rata-rata upah pilot sekitar 99 ribu Euro atau setara Rp 1,5 miliaran per tahunnya. 

Air France merupakan maskapai pelat merah Perancis terbesar di sana dan udah beroperasi semenjak tahun 1933.

2. Belanda – Rp 3,3 miliar per tahun

Duduk di urutan kedua, ada negara kecil yang berada di wilayah Eropa yakni Belanda. Meskipun luas wilayahnya kecil, tapi soal urusan gaji pilot, negara Kincir Angin ini nyatanya memberikan upah yang lumayan tinggi, yakni menyentuh 218 ribu Euro atau setara Rp 3,3 miliar per tahunnya.

Sementara itu, untuk perusahaan penerbangan terbesar di Belanda adalah KLM Royal Dutch Airlines yang didirikan tahun 1919. 

1. China – Rp 4 miliar per tahun

Negara yang memiliki rata-rata gaji pilot tertinggi di dunia adalah China. Negeri Tirai Bambu membukukan angka sekitar US$ 300 ribu atau setara Rp 4 miliaran per tahunnya, melansir dari CNN.

Itu belum ditambah bonus yang angkanya bisa menyentuh US$ 36 ribu atau Rp 500 jutaan kalau sudah mencapai kontrak 3 tahun. Tentunya, dengan nominal tersebut kebutuhan pilot untuk hidup berkeluarga amat tercukupi.

Pertumbuhan ekonomi yang tinggi dan mobilitas masyarakat yang tinggi menjadi penyebab kenapa industri penerbangan di China berkembang dengan baik. 

Nah itulah daftar 5 negara yang memberikan honor pilot tertinggi di dunia hari ini. Angka tersebut bisa aja berubah sewaktu-waktu seiring situasi yang terjadi di negara tersebut. 

Pertanyaan seputar gaji pilot