Gaji Pramugari Maskapai Nasional dan Internasional

gaji pramugari

Sebagai negara kepulauan, salah satu sarana transportasi yang paling sering digunakan oleh masyarakat Indonesia adalah pesawat terbang. Tingginya jam terbang pesawat yang melayani penumpang berpindah kota membuat industri ini terbilang padat karya. 

Maka, tidak heran profesi pramugari pesawat saat ini amat diminati dan terbuka lebar bagi yang ingin menekuninya. Apalagi dengan sejumlah fasilitas yang diterima, menjadikan pramugari sebagai salah satu profesi yang diminati. 

Selain fasilitas yang mewah, konon disebut gaji pramugari terbilang tinggi. Tanpa harus menempuh pendidikan di bangku kuliah atau formal, menjadi pramugari menjadi salah satu impian dari banyak orang untuk bekerja. 

Sebenarnya berapa gaji yang diterima pramugari? Untuk lebih jelasnya, simak artikel yang Lifepal ulas kali ini. 

Pekerjaan yang Tidak Mudah 

Meski tidak melewati pendidikan formal dengan waktu yang panjang, bukan berarti menjadi pramugari itu mudah. Ada tanggung jawab besar yang diemban pramugari saat bekerja. 

Mereka harus melayani beragam macam latar belakang penumpang dan kepentingan yang tentunya tidak mudah untuk dijalani satu-persatu. 

Belum lagi bila jadwal terbang terbilang padat, harus pindah dari satu kota ke kota lain atau negara lain dalam waktu satu hari. Tentu ini menguras energi yang besar. 

Lifepal merangkum tugas berat yang harus dilakukan pramugari saat bekerja. 

  • Jam kerja yang tidak tentu, terkadang pramugari dalam satu hari bisa terbang dari satu kota ke kota lain yang memakan waktu panjang. Belum lagi jika harus ke luar negeri, pramugari harus ekstra tenaga saat melayani penumpang. Pramugari bisa bekerja antara 9-14 jam sehari. 
  • Persaingan ketat pada awal seleksi. Ada idiom terkenal di dunia penerbangan. Tes seleksi menjadi pramugari di Delta Airlines lebih sulit dibandingkan tes masuk Harvard. CNBC dalam laporannya menulis dari 10.000 lamaran yang masuk untuk pramugari, hanya 1 persen yang diterima. 
  • Mampu menangani situasi kritis terutama saat pesawat sedang mengalami masalah pada saat terbang. Satu sisi menenangkan penumpang, sisi lain pramugari harus berjuang untuk bisa menyelamatkan penumpang dan dirinya sendiri. 
  • Paham penanganan kesehatan atau pertolongan pertama. Meskipun berada di pesawat, kerap kali menemukan peristiwa yang mengancam kehidupan penumpangnya. Apabila ini terjadi, pramugari harus dapat menjadi penolong pertama sebelum mendapat tindakan medis dari dokter. 

Suka dan Duka Menjadi Pramugari

Pramugari punya tugas dan tanggung jawab yang besar, pekerjaan yang dilakoni juga tidak melulu mudah. Berhadapan dengan banyak orang yang harus dilayani, tentu tantangan yang dihadapi cukup besar. Pramugari harus bermental baja untuk menghadapi para penumpangnya.

Berikut suka dan duka menjadi seorang pramugari yang Lifepal sarikan dari Career Information System. 

Faktor “suka” menjadi pramugari

Sebagai awalan, menjadi pramugari memberikan jaringan yang luas karena kerap berinteraksi dengan banyak orang. Termasuk melayani penumpang, sehingga menjadi pramugari sebagai ajang sosialisasi dan memupuk jaringan. Selain itu, masih ada yang lainnya, seperti:

  • Dapat bepergian ke belahan dunia manapun dan mencoba sesuatu baru dan khas di sebuah kota. 
  • Jadwal kerja yang fleksibel. Ini sangat menguntungkan bagi pramugari yang senior tapi menyulitkan bagi pramugari junior. Sebab, jadwal terbang diatur oleh pramugari senior. Di sejumlah maskapai, pramugari dapat mengatur waktu terbang mereka dengan satu minggu terbang dan satu minggu lagi libur. Tentu menyenangkan, bukan?   

 Faktor “duka” menjadi pramugari

Seorang pramugari kerap berurusan dengan situasi konflik yang dihadapkan dengan para penumpang pesawat. Bentuknya bisa beragam dan kadang di luar nalar. Apa lagi dukanya jadi pramugari, ya?

  • Bertanggung jawab atas kenyaman dari penumpang yang punya standar masing-masing merasa puas dengan layanan maskapai dipilih. 
  • Bekerja dalam waktu lebih dari 9 jam bahkan mencapai 24 jam apabila dilakukan perjalanan jauh. 
  • Kerap meninggalkan keluarga karena harus bertugas. 

Gaji Pramugari Maskapai Lokal 

Hal penting yang perlu kita ketahui adalah gaji pramugari saat ini. Di Indonesia ada lima maskapai penerbangan saat ini, yakni Garuda Indonesia, Citilink, Sriwijaya, Lion Air Group dan AirAsia. 

Kelima maskapai penerbangan tersebut memiliki standar berbeda terkait gaji pramugarinya. Sebagaimana di perusahaan manapun, semakin tinggi pengalaman maka jumlah gaji dan tunjangan yang diterima juga semakin besar. 

Hal tersebut juga berlaku bagi pramugari. Semakin tinggi jam terbangnya, semakin besar pula gaji yang diterima. Berikut rincian gaji pramugari maskapai lokal yang dihimpun dari berbagai sumber tepercaya oleh Lifepal. 

1. Garuda Indonesia 

Gaji yang diterima mulai dari Rp15 juta untuk pramugari junior dan Rp30 juta untuk pramugari senior. Pramugari Garuda Indonesia disebut sebagai pramugari dengan gaji tertinggi saat ini dibandingkan pramugari maskapai lain. 

2. Lion Air

Gaji yang diterima pramugari Lion Air tidak jauh berbeda dengan Garuda Indonesia, yaitu berkisar Rp12 juta sampai Rp14 juta. 

3. AirAsia 

Sebagai maskapai low cost, gaji yang diterima pramugari AirAsia di bawah dari dua maskapai di atas. Kisaran gaji yang diterima pramugari AirAsia antara Rp8,4 juta sampai Rp14 juta.

4. Citilink

Situs pencari kerja Infokerjaku mencatat, gaji pramugari Citilink untuk pramugari junior berkisar antara Rp8 juta hingga Rp14 juta. 

5. Sriwijaya

Situs pencari kerja Qerja mencatat, gaji pramugari Sriwijaya paling tinggi di atas rata-rata. Gaji yang diterima bisa mencapai Rp19,5 juta.

Benefit apa saja yang diterima pramugari?

Selain gaji yang tinggi, sejumlah benefit diterima pramugari. Benefit inilah yang menarik banyak orang untuk mengejar karier sebagai pramugari. 

  • Selain mendapat gaji yang tinggi, pramugari di sejumlah maskapai tertentu mendapatkan kompensasi yang besar. Misalnya, mendapatkan tunjangan perjalanan berkaitan dengan prestasi. 
  • Sebagai salah satu pekerjaan yang berisiko, pramugari dilengkapi dengan tunjangan kesehatan lewat asuransi kesehatan
  • Dana pensiun juga diterima oleh pramugari. 
  • Sejumlah maskapai di luar negeri juga telah memulai memberikan pembagian keuntungan atau profit sharing
  • Berkeliling dunia dengan fasilitas perusahaan secara cuma-cuma. Terbang dari satu kota ke kota lain atau negara lain memungkinkan pramugari tinggal dalam satu hotel yang memang memiliki fasilitas terbaik yang menunjang istirahat pramugari. 
  • Potongan harga saat menggunakan maskapai penerbangan untuk kebutuhan pribadi. Maskapai penerbangan memberikan potongan bagi karyawannya tidak terkecuali pramugari saat terbang di luar pekerjaan. 

Gaji Pramugari Maskapai Internasional 

Setelah mengetahui gaji pramugari maskapai nasional, mungkin kita makin penasaran dengan gaji yang diterima pramugari maskapai internasional. Sudah bukan rahasia lagi, apabila bekerja untuk perusahaan internasional, maka gaji yang diterima lebih besar ketimbang bekerja di perusahaan nasional. 

Lalu berapakah gaji rata-rata pramugari internasional? Berdasarkan situs Glassdoor, rata-rata gaji pramugari sebesar US$46.984 per tahun. Atau per bulannya mulai dari US$399-US$7.633 per November 2019. 

1. British Airways 

Sebagai perusahaan penerbangan yang rutenya di sekitar Eropa, waktu penerbangan diperkirakan hanya dua hingga tiga hari. Sehingga waktu bekerja bagi pramugari termasuk waktu singgah antara 24 jam hingga 72 jam. Pramugari baru mendapat gaji tahunan sebesar US$17.705. Gaji yang diterima belum termasuk bonus dan pemotongan gaji apabila mengalami sakit atau halangan terbang. 

2. Ryanair

Perusahaan penerbangan yang melayani setiap negara di eropa ini, pramugarinya berpenghasilan antara US$670 hingga US$2.800 per bulannya. 

3. Emirates Airlines 

Maskapai penerbangan ini dikenal dengan hal positif dalam layanan awak kabinnya. Perusahaan ini juga dikenal baik dan cukup profesional menangani para pekerjanya dengan sejumlah benefit: bebas pajak penghasilan dan gaji yang tinggi. 

Sementara jam kerjanya antara 7-12 jam yang dilakukan apabila terbang ke negara yang berbeda. Gaji yang diterima antara US$1.160 hingga US$1.310 tergantung pada penempatan pramugarinya. 
Makin tertarik menjadi pramugari? Silakan dicoba dan semoga berhasil, ya!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →