Profesi yang Banyak Dicari, Segini Besaran Gaji Programmer di Indonesia

gaji programmer

Gaji programmer banyak dicari tahu karena salah satu bidang profesi Information and technology (IT) ini dikenal punya banyak peluang kerja di banyak perusahaan. 

Bagi para calon pekerja dan lulusan IT patut berbangga karena kesempatan berkarir terbuka lebar apalagi kalau mau jadi programmer. 

Persiapkan kemampuan terbaikmu dalam pemrograman. Bukan tidak mungkin, karena skill yang bagus, kamu bakal digaji dengan jumlah yang lumayan.

Seorang programmer dengan kemampuan yang mumpuni akan selalu mendapat tempat di hati perusahaan dan teman kerja. 

Layaknya hukum ekonomi, ketika permintaan suatu produk naik maka harganya juga ikut naik. Yuk, ketahui informasi seputar profesi programmer berikut ini. 

Informasi seputar programmer

Programmer adalah pekerjaan membuat program berdasarkan ketentuan spesifikasi software engineering dan alur yang harus diperhatikan serta diterjemahkan ke dalam bahasa komputer menggunakan kode tertentu untuk menjalankan tugas.

Kalau program sudah selesai, programmer harus memastikan kalau programnya beroperasi dengan benar dengan melakukan pengujian. 

Perlu diingat, komputer tidak akan beroperasi jika ada kesalahan program. Maka dari itu, trial and error sudah biasa dilakukan oleh seorang programmer.

Nah, seorang programmer harus mampu menulis kode, dan mengerti algoritma apalagi jika IT adalah sebagai bagian penting dari sistem kerja sebuah perusahaan.

Biasanya, programmer menguasai setidaknya satu bahasa pemrograman seperti CSS, SQL, HTML, JavaScript, PHP, XML, dan Python dan menguasainya dengan baik. Tetapi, jika programmer bisa menguasai lebih dari satu bahasa pemrograman, tentu saja lebih disukai perusahaan.

Gaji programmer

Sekitar 5-10 tahun yang lalu, di Indonesia rata-rata gaji programmer per bulan bisa dibilang rendah, menyentuh angka UMR saja sudah sangat beruntung.

Perkembangan teknologi mulai pesat di tahun 2018 dikarenakan banyaknya perusahaan berbasis teknologi yang bermunculan. Alhasil, permintaan perusahaan akan programmer pun mulai meningkat hingga 5 kali lipat dari tahun-tahun sebelumnya.

Kini, rata-rata gaji programmer di Indonesia pemula atau fresh graduate berkisar Rp4 – Rp5 juta, sedangkan bagi mereka pengalaman bisa mendapat penghasilan hingga Rp18 – Rp40 juta. Sampai saat ini, penghasilan seorang programmer dianggap sebagai salah satu yang memuaskan dan menggiurkan.

Sementara itu, gaji programmer lulusan SMK besarannya mulai dari UMR dan atau Rp1,8 juta.

Di Singapura, gaji programmer juga cukup fantastis. Gaji programmer di Singapura berkisar antara Rp10 juta untuk entry level dan Rp80 juta untuk medium level ke atas.

Pengalaman dan keahlian dalam bidang pemrograman juga bisa menentukan besaran gaji programmer. Semakin tinggi jam terbang, semakin tinggi pula gajinya. Bagi programmer yang bekerja di perusahaan dengan status tetap, ada biaya jabatan yang harus ditanggung berdasarkan Pph 21.

Oh iya, bidang-bidang pekerjaan programmer juga mempunyai gaji yang beragam, lho.

Peran dan tanggung jawab programmer

Terlepas dari peran dan tanggung jawab programmer secara umum di atas, ada beberapa tugas lain yang berkaitan erat dengan pekerjaan di bidang teknologi ini.

  • Menemukan urutan instruksi untuk mengotomatisasi tugas tertentu atau memecahkan masalah
  • Menyusun dan menulis dokumentasi pengembangan program
  • Memasukkan komentar dengan kode instruksi agar orang lain dapat memahami program yang sedang dikembangkan.
  • Melakukan percobaan menjalankan program untuk memastikan informasi dan instruksi yang diberikan sudah benar.
  • Melakukan revisi langsung dan perluasan program untuk meningkatkan efisiensi operasi
  • Menganalisis, meninjau, dan menulis ulang program, dalam bentuk grafik dan diagram alur kerja
  • Menerapkan pengetahuan kemampuan komputer, materi pelajaran, dan logika simbolik
  • Membuat perubahan yang sesuai dan memeriksa kembali program yang diinginkan telah berhasil

Pengetahuan dan keahlian yang harus dimiliki seorang programmer

Keahlian di bawah ini setidaknya dimiliki oleh seorang programmer agar mampu menjalankan program komputer dan aplikasi dengan baik. Beberapa di antaranya adalah kemampuan yang tidak bisa dipisahkan dengan dunia pemrograman. Apa saja?

  • Keterampilan rekayasa informatika
  • Penguasaan bahasa asing
  • Pemahaman bahasa pemrograman
  • Berpikir sistematis
  • Melakukan analisis
  • Manajerial
  • Problem solving
  • Berpikir logis
  • Komunikasi

Jurusan terkait dengan programmer

Jika kamu ingin menjadi seorang programmer, kamu harus menguasai ilmu di jurusan Teknik Informatika, Ilmu Komputer, Sistem Informasi, dan Matematika.

Bidang pekerjaan programmer

Layaknya pekerjaan lainnya, programmer juga mempunyai bermacam-macam bidang di mana satu dan lainnya punya perbedaan tugas dan upah.

1. Cloud computing engineer

Cloud computing engineer adalah salah satu bidang kerja programmer yang menentukan, merancang, membangun, dan memelihara system serta infrastruktur yang dikelola penyedia cloud, seperti Amazon Web Services dan Microsoft Azure. Gaji seorang programmer di bidang cloud computing engineer berkisar Rp9 juta per bulan

2. Database administrator

Database administrator bertugas untuk membantu menyimpan dan mengatur data perusahaan dan pelanggan. Mereka jugalah yang melindungi data dari pengguna yang berstatus unauthorized users. Bidang pekerjaan programmer ini memiliki rata-rata penghasilan sebesar Rp5,3 juta per bulan.

3. Computer network specialists

Computer network specialist bertugas untuk mendefinisikan, merancang, membangun, serta memelihara jaringan dan sistem komunikasi data. Biasanya sarjana ilmu komputer sangat dibutuhkan untuk bidang ini. Profesi ini memiliki rata-rata gaji sebesar Rp4 juta per bulan.

4. Computer support specialists

Computer support specialist menguji dan mengevaluasi sistem jaringan agar berjalan dengan baik. Pekerjaan inilah yang membantu pengguna untuk memecahkan masalah yang ada dalam komputer mereka. Computer support specialist mendapatkan gaji perbulannya sekitar Rp4 juta.

5. Software/Application developer

Software developer atau pengembang perangkat lunak tugasnya merancang, menjalankan, dan menguji berbagai program dan aplikasi komputer. Sedangkan App Developer atau pengembang aplikasi bertugas untuk membuat aplikasi dan mencari solusi untuk kode pemrogramannya.

Salah satu situs karir mencatat bahwa 10 tahun ke depan, kebutuhan akan profesi ini diprediksi mengalami peningkatan sebesar 21% dengan bayaran rata-rata sebesar Rp5,3 juta per bulan.

Perlu diingat bahwa bahwa rata-rata gaji di atas bersifat subjektif dan setiap perusahaan mungkin saja berbeda.

Tapi, satu hal yang pasti adalah, seorang programmer pastinya mengalami kenaikan upah disertai kemampuan yang terus meningkat. Bagi fresh graduate, tentunya gaji di atas tergolong tinggi. Ingat ya, tingkat pengalaman programmer juga menentukan besaran upah yang diterima.

Selain gaji, biasanya perusahaan menawarkan benefit lain yang mungkin bisa jadi pertimbangan kamu melamar menjadi seorang programmer.

Kalau kamu punya pertanyaan terkait perencanaan keuangan lainnya sekaligus mendapatkan berbagai tips mengelola kebutuhan finansial, konsultasikan saja di Tanya Lifepal

Pertanyaan seputar gaji programmer

Rata-rata gaji programmer pemula atau fresh graduate berkisar Rp4 – Rp5 juta, sedangkan bagi mereka pengalaman bisa mendapat penghasilan hingga Rp18 – Rp40 juta. 

Untuk informasi selengkapnya, kamu bisa membaca artikel Lifepal mengenai gaji programmer berikut ini.

Di Singapura, upah programmer juga cukup fantastis. Gaji programmer di Singapura berkisar antara Rp10 juta untuk entry level dan Rp80 juta untuk medium level ke atas.

Dengan penghasilan tersebut, jangan lupa untuk memproteksi diri dengan asuransi jiwa. Apalagi kalau kamu tulang punggung keluarga karena asuransi jiwa akan memberi ahli waris pertanggungan berupa santunan tunai andai tertanggung kehilangan pekerjaan, kecelakaan, atau meninggal dunia.

Bagi programmer lulusan SMK, gaji yang diterima mulai dari UMR dan atau Rp1,8 juta.
Dapatkan Promo