10 Prospek Kerja Teknik Sipil dan Gaji di Indonesia

siklus penciptaan aset

Teknik sipil merupakan salah satu bidang pekerjaan yang diminati banyak orang. Hal ini dilandasi dengan anggapan bahwa gaji teknik sipil dikatakan cukup tinggi. Siapa yang nggak mau gaji tinggi? Dengan gaji besar, kamu bisa lebih mudah untuk menabung, dan nggak perlu lagi kuatir keuangan kamu seret karena kamu juga bisa dengan lebih mudah membeli asuransi.

Teknik sipil adalah ilmu yang mempelajari proses perancangan, pembangunan, dan modifikasi bangunan dan infrastruktur lainnya. Jadi, berbeda dengan profesi seorang arsitektur yang fokus pada menciptakan desain bangunan agar terlihat menarik.  

Nah, jika berbicara soal teknik sipil, profesi ini terbagi atas beberapa bidang atau kategori yang cukup luas. Agar lebih jelas, mari simak ulasan lengkap berikut, yuk!

10 Bidang Teknik Sipil Beserta Gajinya

gaji teknik sipil di Indonesia

Pada umumnya, standar gaji teknik sipil fresh graduate atau baru lulus adalah sekitar Rp 5 juta hingga Rp 7 juta. Nominal tersebut terbilang cukup besar jika dibandingkan dengan profesi kerja lain pada umumnya. Namun, nominal gaji yang bisa kita dapatkan kembali lagi tergantung pada perusahaan dan bidang yang dilamar, ya. 

Berikut ini tujuh bidang teknik sipil yang dapat kita tekuni sebagai profesi: 

1. Manajer konstruksi

Sebagai manajer konstruksi kita ditunjuk untuk memberikan pengarahan dalam suatu proyek konstruksi. Itu sebabnya, pekerjaan ini sangat cocok untuk kita yang memiliki jiwa pemimpin yang tinggi. Dalam menjalani profesi ini, kita akan bekerja erat dengan arsitek, surveyor, dan bagian perencanaan lainnya. 

Proyek yang dikerjakan manajer konstruksi biasanya seputar tempat tinggal, bangunan komersil, industri, dan infrastruktur. Untuk menjadi manajer konstruksi, umumnya kita harus memiliki pengalaman di dunia teknik sipil setidaknya tiga tahun. Namun, ada juga beberapa perusahaan yang menerima manajer konstruksi yang baru saja lulus kuliah. 

Standar gaji manajer konstruksi: Rp7 juta hingga Rp30 juta.

2. Surveyor 

Seorang surveyor memiliki tanggung jawab memastikan bahwa proyek pembangunan yang berjalan telah mengikuti peraturan pemerintah yang berlaku. Berkecimpung dalam profesi ini kita harus mampu melakukan pemeriksaan atas seluruh rancangan bangunan secara detail, mulai dari struktur hingga fondasi bangunan tersebut.  

Selain itu, sebagai surveyor kita juga berkewajiban membantu mengurus dokumen perizinan atas suatu pembangunan. Tantangannya adalah ketika menemukan hal yang melanggar hukum, maka kita harus mampu mencari solusinya. Bidang pekerjaan teknik sipil yang satu ini juga terbuka untuk tingkat fresh graduate. 

Standar gaji surveyor: Rp 3 juta hingga Rp 6 juta.

3. Project manager 

Ranah tugas seorang project manager dalam teknik sipil terbilang cukup penting. Di mana kita diberi kuasa oleh direksi proyek untuk memimpin dan bertanggung jawab penuh atas seluruh proses pelaksanaan pembangunan yang berjalan di lapangan. 

Jadi, mulai dari bujet hingga potensi risiko atas pembangunan yang berlangsung, semua itu akan menjadi tanggung jawab seorang project manager. Itu sebabnya, untuk menjadi seorang project manager, dibutuhkan persyaratan pengalaman kerja sekurang-kurangnya lima tahun. 

Standar gaji project manager: Rp 8 juta hingga Rp 12 juta.

4. Kontraktor insinyur sipil

Kontraktor insinyur sipil bertugas merealisasikan rencana yang telah dibuat oleh konsultan konstruksi menjadi bangunan nyata. Seorang kontraktor insinyur sipil harus mampu mengatur sumber daya manusia dan sumber material yang ada di lapangan.  

Meski begitu, perlu diketahui bahwa ada juga proyek pembangunan yang tidak memiliki jasa konsultan. Untuk itu, kontraktor insinyur sipil harus siap membuat perencanaanya sendiri dan menerapkannya menjadi suatu bangunan. 

Standar gaji manajer konstruksi: Rp 5,5 juta hingga ratusan juta rupiah. 

5. Quality control proyek bangunan

Quality control dalam proyek pembangunan berfungsi untuk melakukan pengawasan kualitas atas materi bangunan yang ada di lapangan. Sebagai quality control, kita berhak melakukan inspeksi bersamaan dengan jalannya suatu pembangunan. 

Selain itu, seorang quality control juga diperbolehkan mengeluarkan surat teguran yang ditujukan kepada kontraktor dan project manager apabila ada penyimpanan dalam pengadaan materi bangunan. Itu sebabnya, ketika memutuskan menjalankan profesi ini, kita harus mampu bersikap tegas, ya. 

Standar gaji manajer konstruksi: Rp 10 juta hingga Rp 25 juta. 

6. Konsultan perencana

Konsultan perencana bertugas untuk memberikan strategi perencanaan dalam pelaksanaan proyek konstruksi. Sebagai konsultan, kita akan sering berkomunikasi dengan pihak kontraktor bangunan untuk mendiskusikan penyesuaian keadaan lapangan dan perhitungan struktur suatu konstruksi. 

Untuk bisa menjadi seorang konsultan perencana profesional, kita harus mulai sebagai asisten konsultan terlebih dahulu untuk menyerap ilmu sebanyak-banyaknya. Umumnya, standar gaji konsultan perencana proyek  memiliki nominal di bawah sepuluh juta dan akan terus naik hingga menjadi seorang direktur yang biasanya digaji Rp30 juta per bulan. 

Standar gaji manajer konstruksi: Rp 7 juta hingga Rp 30 juta.

 

7. Drafter 

Sesuai dengan namanya, drafter bertugas menciptakan gambar atau sketsa infrastruktur yang kemudian dapat dipresentasikan kepada klien. Menariknya, jika zaman dahulu seorang drafter menggambar suatu sketsa di atas kertas besar, sekarang sketsa infrastruktur dapat dibuat menggunakan AutoCAD.

Itu sebabnya, umumnya perusahaan akan mengutamakan drafter yang memiliki latar belakang pendidikan minimum D3. Hal ini dikarenakan, penggunaan AutoCAD membutuhkan kemampuan teknis yang umumnya diajarkan pada perkuliahan. 

Standar gaji manajer konstruksi: Rp 3,8 juta hingga Rp 9 juta. 

8. Pelaksana proyek

Pekerjaan selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah menjadi pelaksana proyek. Umumnya tugas ini bisa dilakukan oleh lulusan berstatus fresh graduate dengan pengalaman yang terbilang baru.

Satu hal yang harus diingat, profesi ini juga memiliki tingkat risiko yang cukup tinggi karena kamu harus langsung terjun ke lapangan untuk bekerja sehari-hari.

Meski terbilang minim pengalaman, tapi gaji yang didapatkan oleh seorang pelaksana proyek bisa mencapai Rp 7 jutaan hingga Rp 12 jutaan per bulannya tergantung berbagai faktor.

9. Insinyur air

Jika kamu memiliki ketertarikan di pembangunan waduk atau Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) bisa menjadi seorang insinyur air. Di sini kamu memiliki tugas pokok untuk mengatasi permasalahan yang berbau teknis pembangunan maupun operasional bangunan.

Pendapatan seorang insinyur air lumayan besar, berkisar di angka Rp 15 jutaan hingga RP 40 jutaan per bulannya.

10. Dosen

Prospek kerja Teknik Sipil terakhir yang bisa dilakukan adalah menjadi seorang dosen. Pekerjaan ini cocok banget buat kamu yang suka dengan bidang akademis maupun riset.

Hanya saja sebelum menjadi seorang dosen kamu perlu mengambil pendidikan S2 sebagai syarat minimal yang diatur oleh pemerintah guna meningkatkan kualitas pendidikan di Tanah Air.

Untuk kisaran gaji teknik sipil yang berprofesi sebagai dosen bisa mencapai Rp 10 jutaan hingga Rp 30 jutaan per bulannya tergantung pengalaman yang dimiliki.

Seperti Apa Perkuliahan Teknik Sipil?

Cara Memilih Kuliah Kelas Karyawan

Jika tertarik untuk berkarya dalam bidang teknik sipil, kita bisa mendapatkan ilmu terkait dalam penjurusan perkuliahan. Jurusan teknik sipil erat kaitannya dengan ilmu matematika dan fisika. 

Tahapan perkuliahan teknik sipil pun tidak jauh berbeda dengan jurusan lainnya. Tahun pertama akan dimulai dengan mata kuliah umum, seperti matematika, fisika, bahasa, dan lainnya. Tahun kedua, barulah ilmu yang diberikan akan lebih spesifik, seperti teknik mekanika, statistik, dan lainnya. 

Di semester pertengahan,mahasiswa teknik sipil juga dapat memilih spesialisasi jurusan, seperti struktur bangunan, sumber daya perairan, dan masih banyak lagi. Pada masa penjurusan itu, mulai tentukan bidang karier seperti apa yang diinginkan dan sesuaikan dengan penjurusan yang diambil. 

Setelah melihat kisaran gaji teknik sipil dan gambaran perkuliahannya, apakah masih tertarik untuk menekuni profesi ini? Sebagai perbandingan, kita juga bisa melihat kisaran gaji arsitek. Namun, jika memang passion kita ada di sini, maka semangatlah terus dalam mengejar impian, ya

Nah, dalam menekuni profesi ini, pastikan juga kita telah terproteksi asuransi. Ini dikarenakan asuransi dapat melindungi kita atas risiko pengeluaran finansial, seperti biaya pengobatan akibat sakit keras, kecelakaan berat, dan musibah-musibah lainnya yang bisa terjadi kapan saja. 

Kabar baiknya, Lifepal hadir sebagai teman andalanmu yang dapat membantu para teknik sipil mendapatkan produk asuransi kesehatan dan asuransi jiwa yang sesuai kebutuhan. Untuk informasi lebih jelas, bisa mengontak tim Lifepal, ya! 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →