6 Anak Orang Terkaya Indonesia Ini Sukses Ikuti Jejak Orangtua

Agus Lasmono (tengah), Komisaris Utama NET. (Instagram/@netmediatama)

Punya orangtua kaya raya tentu jadi salah satu keberuntungan luar biasa. Anak-anak orang kaya ini bisa jadi ahli waris dan bahkan jadi kaya raya tanpa harus bekerja.

Eits, jangan langsung judgemental gitu. Faktanya, gak sedikit ahli waris dari keluarga kaya raya tersebut yang nyatanya memilih tetap bekerja keras juga lho.

Berkat kerja keras itu, keluarga besar mereka pun semakin kaya raya. Bahkan, gak sedikit dari anak-anak pengusaha ini yang malah bisa menyaingi kekayaan orangtua mereka. Nama-nama mereka pun kemudian tercatat dalam deretan orang terkaya di Indonesia.

Siapa aja mereka? Yuk, simak daftar berikut ini.

Baca juga: Selain Irwan Mussry, Ini 5 Pengusaha Tajir yang Hobinya Balapan

1. Agus Lasmono Sudwikatmono

Agus Lasmono, ahli waris Sudwikatmono. (Forbes)
Agus Lasmono, ahli waris Sudwikatmono. (Forbes)

Agus Lasmono Sudwikatmono adalah anak dari salah satu pentolan pengusaha Indonesia. Dari nama belakangnya, kamu pasti langsung tahu siapa orangtua Agus Lasmono. Yap! Benar, Sudwikatmono.

Sudwikatmono sendiri adalah salah satu pengusaha paling sukses di Indonesia. Banyak perusahaan besar di Indonesia bermula dari tangan dingin Sudwikatmono, sebut saja Indofood, Bogasari, dan Indocement.

Nah, Agus Lasmono sendiri kini memegang salah satu perusahaan tersebut. Adalah Indika Group yang dipimpin oleh Agus.

Meskipun dia memegang perusahaan orangtuanya, kesuksesan Agus layak dapat apresiasi. Sebab, pria kelahiran 1972 ini ternyata mampu membawa namanya ke dalam daftar Forbes.

Namanya jadi orang terkaya ke-24 di Indonesia lewat Indika. Kini, pria yang juga menjabat sebagai Komisaris Utama di NET tv ini total kekayaannya mencapai US$ 845 juta atau setara Rp 11,8 triliun.

Baca juga: 3 Orang Terkaya Dunia Ini Bisa Lunasi Utang Indonesia Lho, Siapa Aja?

2. Ricardo Gelael

Ricardo Gelael, ahli waris Dick Gelael. (pontianak post)
Ricardo Gelael, ahli waris Dick Gelael. (pontianak post)

Sama halnya dengan Agus Lasmono, Ricardo Gelael juga mengikuti jejak sang orangtua. Ayahnya, Dick Gelael adalah pebisnis legendaris di Indonesia. Bahkan, tahun 2008 silam, Forbes menaruh Dick Gelael sebagai orang terkaya Indonesia ke-124.

Nah, Ricardo ternyata gak sekadar jadi ahli waris usaha sang ayah. Terbukti, dia bisa hampir menyamai sang ayah dengan jadi salah satu orang terkaya di Indonesia pula.

Lewat perusahaan Fast Food Indonesia tepatnya franchise KFC, Ricardo berhasil mengumpulkan USD 185 juta. Angka tersebut setara dengan Rp 2,6 triliun.

Baca juga: Bisnisnya Lagi Lesu, Ini Cerita Perjalanan Hero dari Tahun 70-an hingga Kini

3. Amirsjah Risjad

Amirsjah Risjad, ahli waris Ibrahim Risjad. (Linkedin)
Amirsjah Risjad, ahli waris Ibrahim Risjad. (Linkedin)

Anak pertama dari Ibrahim Risjad ini kini jadi salah satu orang terkaya Indonesia. Sang ayah sendiri emang udah terkenal jadi pengusaha andal di zamannya. Bahkan, dia bersama dengan Sudwikatmono dan Sudono Salim mendirikan Bogasari.

Kepiawaian Amirsjah Risjad pun berhasil bikin perusahaan keluarga tersebut merajai Indonesia. Terbukti nama Amirsjah sendiri didapuk dalam daftar orang-orang terkaya Indonesia.

Lewat induk perusahaan Risjadson, Amirsjah memegang kekayaan US$ 515 juta. Angka tersebut bisa disamakan dengan Rp 7,2 triliun. Majalah GlobeAsia menempatkan Amirsjah di urutan ke-73 daftar orang terkaya Indonesia pada tahun 2016 silam.

4. Irwan Hidayat

Irwan Hidayat, ahli waris Desi Sulistio Hidayat. (Forbes)
Irwan Hidayat, ahli waris Desi Sulistio Hidayat. (Forbes)

Irwan Hidayat alias Liem Bien Tiong merupakan putra dari Desi Sulistio Hidayat. Desi sendiri sempat dinobatkan sebagai salah satu wanita terkaya Indonesia versi majalah GlobeAsia.

Sido Muncul adalah perusahaan turun-temurun yang udah dibangun oleh nenek Irwan.

Keberhasilan perusahaan tersebut nyatanya gak lepas dari Irwan lho! Pasalnya, saat perusahaan tersebut hampir bangkrut, Irwan memang mampu mengatasi hal tersebut.

Irwan pun layak disebut gak cuma sekadar menikmati sebagai ahli waris aja. Keahliannya dalam berbisnis bahkan saat sedang susah, patut dapat acungan jempol. Namanya kini ditorehkan di Forbes.

Irwan dan keluarga masuk dalam daftar 50 orang terkaya di Indonesia versi Forbes. Total kekayaannya mencapai US$ 750 juta atau Rp 10,5 triliun.

5. Ciliandra Fangiono

Ciliandra Fangiono, ahli waris Martias Fangiono. (indochinatown.com)
Ciliandra Fangiono, ahli waris Martias Fangiono. (indochinatown.com)

Namanya emang gak sepopuler beberapa nama yang udah disebutkan di atas. Akan tetapi, keahlian Ciliandra Fangiono dalam berbisnis gak boleh dipandang sebelah mata.

Putra dari Martias Fangiono ini meneruskan perusahaan kelapa sawit bernama First Resources. Meski mewarisi perusahaan sang ayah, Ciliandra membuktikan diri mampu mengurus perusahaan.

Terbukti, namanya masuk dalam daftar orang terkaya Indonesia ke-20 versi Forbes. Padahal usianya masih sangat muda, yakni 40 tahunan. Total kekayaannya bersama sang ayah mencapai US$ 1,15 miliar atau setara dengan Rp 16 triliun!

6. Iwan Setiawan Lukminto

Iwan Setiawan Lukminta, ahli waris Lukminto. (Youtube)
Iwan Setiawan Lukminta, ahli waris Lukminto. (Youtube)

Iwan Setiawan Lukminto adalah keturunan dari Lukminto, pendiri Sritex. Perusahaan yang bergerak di bidang tekstil tersebut jadi salah satu perusahaan yang disegani di Indonesia.

Ayah Iwan Setiawan sendiri memulai usaha tersebut dari kota kecil Sukoharjo, Jawa Tengah. Tumbuh di keluarga pebisnis sejak kecil tentu jadi salah satu faktor Iwan bisa sesukses sekarang.

Kini lewat Sritex Group, anak sulung Lukminto tersebut berhasil menyabet predikat di Forbes. Tahun 2017 silam namanya masuk dalam daftar 50 orang terkaya Indonesia.

Tahun 2018 ini total kekayaan Iwan Lukminto diprediksi mencapai US$ 365 juta atau setara Rp 5,1 triliun.

Kisah-kisah para anak pebisnis ulung di atas membuktikan bahwa sekadar jadi ahli waris aja gak bakal bikin jadi orang terkaya. Mungkin iya jadi kaya raya. Akan tetapi, mempertahankan status orang terkaya tentu sulit, bukan?

Nah, anak-anak dari pengusaha terkaya di Indonesia ini ternyata mampu mendapatkan predikat yang pernah disabet oleh sang ayah. Hebat! (Editor: Ruben Setiawan)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →