Gak Pakai Lama, Ini 10 Cara Cepat Kaya yang Mudah dan Tepat!

cara cepat kaya

Banyak orang bertanya-tanya bagaimana cara cepat kaya dengan mudah. Tanpa kerja keras dan upaya yang serius nampaknya mimpi tersebut akan sedikit sulit untuk terwujud, sebab semuanya itu butuh proses.

Sama halnya seperti miliarder-miliarder kaya yang kita lihat hampir setiap hari di media sosial maupun televisi. Mereka sebelumnya sudah melewati masa sulit yang tidak diekspos oleh media. Padahal, apa yang dicapainya hari ini mungkin membutuhkan waktu belasan hingga puluhan tahun lamanya.

Bill Gates menghabiskan waktunya selama lebih dari 20 tahun di kantor. Bahkan, di akhir pekan ia tetap bekerja demi membangun usahanya hingga sukses seperti saat ini.

Jadi, memang gak ada keberhasilan yang diperoleh dengan cara singkat. Khususnya, para milenial yang masih tergoda dengan gaya hidup yang dapat menguras isi dompet.

Pasalnya, bisa dibilang gaya hidup kaum milenial terlalu banyak menghamburkan uang. Meski tak semuanya, sebagian dari mereka bahkan tidak dapat menabung.

Padahal, penghasilan yang diperoleh tentu saja sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Nah, langsung aja yuk kita simak dan terapkan beberapa langkah cara cepat kaya berikut ini yang bisa membawa kamu ke kesuksesan di masa yang akan datang.

1. Awasi penggunaan kartu kredit

Kartu kredit kerap disalahgunakan kaum milenial yang bikin mereka terjerat utang. Padahal, jika bisa dimanfaatkan dengan bijak, kartu kredit bisa sangat membantu kamu.

Sayangnya, gak sedikit milenial yang justru menggunakan kartu kredit untuk pengeluaran sehari-hari. Misalnya, buat nongkrong di kafe atau membeli barang yang gak dibutuhkan.

Semakin sering menggunakan kartu kredit, sama aja kamu akan terjerumus ke lubang utang yang akan menyusahkanmu di masa depan. Karena itu, sebaiknya gunakanlah kartu kredit hanya untuk hal-hal yang berguna atau dalam keadaan yang darurat.

2. Irit pengeluaran

Hal lain yang bisa kamu lakukan untuk cepat kaya ialah, memangkas pengeluaran yang gak perlu. Agar lebih efektif, kamu disarankan untuk menggunakan metode 50/20/30.

Misalnya, kamu membuat daftar di bujet 50 persen itu akan dikeluarkan untuk kebutuhan apa saja. Kira-kira pengeluaran apa yang bisa dipangkas. Begitu juga untuk bujet di pos 30 dan 20 persen.

Jadi, memang sangat penting untuk kamu melakukan audit untuk keuanganmu. Itu bertujuan untuk melihat pengeluaran mana saja yang harus dipotong, bahkan ditiadakan.

Namun, perlu diingat kalau memangkas pengeluaran itu dibutuhkan ketegasan dan kedisplinan yang tentu akan terasa sulit, tapi bukan berarti gak bisa dilakukan kok!

Mulailah menerapkan gaya hidup sederhana, meski terasa sedikit menyiksa. Tapi, ketahuilah kalau hal itu bisa membuat hidupmu bahagia di masa depan dan gak perlu takut untuk terlilit utang.

3. Bedakan antara kebutuhan dan keinginan

Banyak orang tergiur dengan barang-barang yang sebetulnya tidak dibutuhkan ketika berbelanja di mal ataupun online shop. Kebiasaan seperti ini menimbulkan sikap konsumerisme yang tinggi tanpa memperhatikan keuangan pribadi seseorang.

Oleh karena itu, kamu perlu memilah antara kebutuhan dan keinginan. Tentunya yang diprioritaskan adalah kebutuhan karena sifatnya wajib dipenuhi, sedangkan keinginan tidak terlalu penting.

Beberapa hal yang termasuk dalam kebutuhan antara lain adalah uang makan, transportasi, bayar tagihan dan pulsa. Sedangkan untuk keinginan seperti baju baru, celana baru, tas bermerek hingga mobil mewah.

4. Investasi

Investasi merupakan hal yang wajib kamu lakukan supaya nilai aset yang dimiliki tetap mempunyai nilai yang tinggi di masa yang akan datang. Selain itu, ini merupakan cara alternatif yang efektif untuk menghindarkan dari sifat hedon.

Terdapat berbagai macam jenis investasi yang kamu bisa lakukan mulai dari investasi saham, investasi emas hingga investasi properti. Banyak miliarder di luar sana yang udah melakukan hal ini agar kekayaannya tetap terjaga atau bahkan terus meningkat.

Tinggal sesuaikan aja sama keinginan dan kemampuan kamu untuk memilih instrumen investasi yang tepat.

5. Membangun usaha

Mendirikan usaha menjadi cara cepat kaya selanjutnya yang bisa kamu coba. Terdapat 2 macam usaha yang bisa kamu lakukan yakni yang menggunakan modal materi dan tidak menggunakan modal materi.

Salah satu contoh usaha yang menggunakan materi yakni dengan membuat warung makan atau jasa pangkas rambut. Sedangkan untuk yang tidak menggunakan modal materi adalah dengan menjadi dropshipper yang belakangan ini banyak ditekuni masyarakat Indonesia.

6. Lindungi diri dengan asuransi

Cara cepat kaya itu gak melulu tentang menghemat pengeluaran, kamu juga bisa mengeluarkan uang lebih untuk melakukan pencegahan atas hal yang mungkin terjadi di masa depan. Contohnya dengan menggunakan asuransi kesehatan atau asuransi jiwa.

Seperti yang kita ketahui biaya berobat ke rumah sakit setiap tahunnya mengalami peningkatan. Di sisi lain, pendapatan yang didapatkan masyarakat belum tentu meningkat terus. Dengan menggunakan asuransi tentunya kamu bisa menghemat biaya berobat menjadi lebih efisien.

7. Terus belajar hal baru

Salah satu rutinitas yang terus dilakukan oleh para orang kaya dunia adalah terus belajar. Meskipun harta yang dimiliki udah gak terhitung lagi, kebiasaan inilah yang membedakan antara orang sukses dengan yang belum sukses.

Belajar hal baru berguna untuk mengadaptasikan diri kita dengan perkembangan zaman yang terus berubah setiap detiknya. Ketinggalan sedikit aja, kamu bisa kehilangan banyak informasi yang penting untuk diri sendiri.

8. Hindari membeli mobil mewah baru

Memiliki mobil keluaran terbaru memang keinginan semua orang. Hal itulah yang membuat para milenial kadang tergiur mengganti mobilnya.

Namun, hal itu tentu saja dapat membuat keuangan kamu jadi kembang kempis. Selain itu, cara mengelola keuangan yang selama ini kamu terapkan juga bisa berantakan karena harus mengatur pos-pos dari awal lagi.

Pasalnya, yang terpenting adalah hidup sesuai kemampuan dan hindarilah mengambil pinjaman ke bank hanya untuk menyenangkan keinginan gaya hidup.

9. Terapkan gaya hidup minimalis

Langkah selanjutnya adalah, para milenial harus mulai menerapkan hidup hemat jika ingin cepat kaya. Kalau sering keluar duit buat hal-hal yang berguna, gimana mau cepat kaya. Iya kan?

Misalnya, kamu ngopi di kafe seminggu sekali dan bisa menghabiskan uang Rp300 ribu sekali nongkrong. Kalau dihitung-hitung, dalam sebulan kamu bisa mengeluarkan uang Rp1,2 juta.

Karena itu, sebaiknya mulai sekarang kurangilah acara ngopi untuk lebih berhemat. Bisa sebulan sekali. Jadi, bukan berarti gak boleh bergaul sama sekali lho!

10. Cari promo diskon dan cashback

Di era yang sudah serbadigital seperti saat ini, banyak sekali lembaga yang menawarkan berbagi promo untuk menarik minat masyarakat. Nah, kamu bisa memanfaatkan promo-promo itu untuk berhemat.

Misalnya, belanja di supermarket atau minimarket menggunakan e-wallet bisa mendapatkan cashback. Nah, gak ada salahnya kan kalau kamu memanfaatkan itu. Ingat lho, berhemat ribuan rupiah tetap aja namanya berhemat, kan?

Itu dia 10 cara cepat kaya yang bisa dilakukan oleh para milenial agar secepatnya meraih kesuksesan. Jadi, mulai dari sekarang kamu harus memupuk sikap yang disebutkan di atas agar bisa cepat menjadi orang kaya. Selamat mencoba!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →