Gak Pengin Hidup Kamu Boros, Ikuti 5 Cara Menghemat Kuota Internet Ini

Teknologi semakin berkembang pesat dari hari ke hari. Gak heran kalau perkembangan ponsel maupun provider juga mengikuti. Apalagi di tengah-tengah era digital seperti saat ini, hampir semua orang perlu ponsel pintar untuk mengakses informasi.

Gak cuma itu saja, beberapa layanan baik pemerintahan maupun swasta pun sudah berbasis online. Masyarakat saat ini semakin dimudahkan akses asalkan memiliki koneksi internet yang baik.

Biasanya, untuk mengakses aplikasi di ponsel pintar tersebut kamu membutuhkan kuota kan? Nah, hal ini yang seringkali membuat pengeluaran kamu membengkak. Itu terjadi lantaran kamu salah memprediksi berapa biaya kebutuhan ponsel pintarmu tersebut per bulan. Untuk membuka aplikasi apa saja sih? kepentingannya apa, dan apakah itu termasuk dalam pekerjaanmu?

Biar gak boros-boros amat menggunakan kuota dan tentunya pengeluaranmu juga tetap sehat, berikut cara mudahnya. Simak yuk.

1. Pilih aplikasi yang dibutuhkan saja

Pilih aplikasi yang dibutuhkan saja agar kuota internet gak bengkak.

Memang sih, punya ponsel pintar cenderung membuat kamu ingin menginstal aplikasi apapun, apalagi kalau sedang hits. Karena ulahmu itu, kuota internet yang harusnya cukup sampai satu bulan, pasti cepat habis.

Beragam aplikasi yang tersedia memang sangat membantu untuk hidup saat ini. Namun, alangkah baiknya kamu menyortir apa saja aplikasi yang memang dibutuhkan. Selain membuat kuota internet cepat ludes, kebanyakan aplikasi juga bikin daya ponselmu cepat redup lho.

Coba kembali aplikasi apa saja yang memang benar-benar kamu butuhkan. Jangan ragu untuk menghapusnya jika memang gak perlu-perlu amat ya.

2. Tutup aplikasi jika sudah tak terpakai

Tutup aplikasi jika sudah tak terpakai.

Hal ini yang seringkali orang lupa lakukan. Aplikasi yang kamu buka pasti akan menyisakan riwayat di background ponselmu. Jika aplikasi ini gak ditutup setelah selesai pemakaian, kuota internet terus berjalan lho.

Meski sedikit ribet, ada baiknya setelah menggunakan aplikasi kamu wajib menutupnya kembali. Demi kuota yang hemat dan sehat.

3. Matikan penangkap wifi

Setelah pulang kantor, jangan lupa untuk menonaktifkan penangkap wifi yang ada di ponselmu.

Kamu menggunakan wifi di tempat bekerja? Hal ini bagus sekali untuk menghemat paket data yang kamu miliki. Tapi, setelah pulang kantor, jangan lupa untuk menonaktifkan penangkap wifi yang ada di ponselmu.

Pasalnya, jika kamu terus mengaktifkan penangkap wifi dan sedang berada di sinyal buruk, kuotamu lah yang bakalan kesedot banyak. Gak mau kayak gitu kan? Jadi, sering-sering cek apakah penangkap wifi sudah mati atau belum ya.

4. Atur kembali media sosial

Media Sosial (shutterstock).

Melihat notifikasi di media sosial memang sulit untuk ditunda-tunda. Kebanyakan orang saat ini ketika notifikasi masuk ke dalam ponsel pintar mereka, seketika pula segera dibuka aplikasi medsos tersebut.

Tapi, media sosial menjadi salah satu penyebab borosnya kuota internet. Mulai sekarang, coba deh kamu atur kembali waktu untuk mengecek notifikasi media sosial. Selain menghemat kuota, hal ini juga bisa membantumu mengurangi kecanduan media sosial. Dan jangan lupa juga untuk mengatur pembaruan medsosmu itu.

Kamu bisa mengatur otomatisasi pembaruan aplikasi ke mode manual, sehingga aplikasi itu gak selalu diperbarui secara tiba-tiba. Atau kamu bisa mengubah mode menjadi wifi only ketika akan mengunduh video.

5. Selalu perhatikan penggunaan kuota

Ada baiknya kamu selalu mengecek penggunaan kuota secara berkala.

Ada baiknya kamu selalu mengecek penggunaan kuota secara berkala. Meski ada beberapa provider yang memberikan notifikasi, tapi ada juga yang tidak. Jangan sampai tahu-tahu pulsamu kesedot habis untuk pemakaian internet karena kuota telah habis.

Setiap ponsel pintar pasti dilengkapi dengan fitur data monitoring yang memungkinkan kamu untuk mengecek berapa banyak kuota yang telah kamu pakai di bulan ini. Kamu bisa memberikan batas limit tertentu. Nah mereka akan memberikan kamu notifikasi kalau sampai kuota yang terpakai sudah melampaui batas.

Gak kepengin kan, uang yang harusnya bisa dipergunakan untuk keperluan lain, malah terpakai hanya untuk membeli kuota internet.

Ternyata, mengatur jumlah kuota internet yang kamu pakai bisa menghemat anggaran bulananmu lho. Gak hanya mengurangi jajan kopi premium, tapi kalau mau lebih hemat lagi, kurangi pemakaian kuota internet bisa jadi solusi. Selamat berhemat! (Editor: Winda Destiana Putri).

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →