Gak Perlu Bingung! Ini Syarat Bayar Pajak Mobil di Samsat

bayar pajak mobil

Banyak orang menggunakan jasa biro jasa buat mengurus bayar pajak mobil di Samsat. Padahal syarat bayar pajak mobil di Samsat itu mudah sekali lho!

Asalkan kamu paham, apa saja yang perlu dilengkapi dan langkah-langkahnya agar tidak perlu menggunakan jasa biro lagi. Selain lebih menghemat, prosesnya pun tidak memakan waktu yang lama. Percaya deh. Mau tau gimana caranya? Yuk simak ulasan lengkapnya!

Apa itu Samsat?

Buat kamu yang masih bingung apa itu Samsat, dibaca ya. Samsat merupakan singkatan dari Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap, di sini kamu bisa melakukan Registrasi dan Identifikasi Kendaraan bermotor (Regiden Ranmor), membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB), dan juga membayar Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas (SWDKLLJ) dan Angkutan Jalan.

Jadi semua hal yang berkaitan dengan pajak kendaraan bermotor, bisa kamu lakukan di sini. Samsat memang bertujuan buat mempermudah administrasi administrasi antara instansi Kepolisian, Jasa Raharja, dan Dinas Pendapatan Provinsi.

Berkas dan syarat bayar pajak mobil tahunan di Samsat

Untuk membayar pajak mobil tahunan di Samsat, kamu memang memerlukan berkas demi memenuhi proses pembayarannya. Berikut ulasannya yang bisa kamu perhatikan agar proses pembayaran pajak tahunan mobil lancar saat di kantor Samsat. 

Apa Itu Pajak Kendaraan Bermotor Tahunan? 

Semua orang yang punya kendaraan bermotor, wajib bayar pajak. Ini diatur dalam Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2015 tentang Pajak Kendaraan Bermotor. 

Apa saja yang termasuk kendaraan bermotor? Kalau menurut peraturan sih semua jenis kendaraan beroda dan gandengannya yang digunakan di semua jenis jalan di darat dan digerakkan oleh tenaga motor. Selain itu, kendaraan bermotor yang dioperasikan di air dengan ukuran isi kotor GT 5 (lima Gross Tonnage) hingga GT 7 (tujuh Gross Tonnage) juga termasuk kategori ini. 

Tapi ada juga kendaraan bermotor yang dikecualikan seperti kereta api, kendaraan yang digunakan untuk pertahanan negara, kendaraan yang dimiliki oleh kedutaan, serta kendaraan yang digunakan untuk kebutuhan pameran dan tidak dijual.

Nah, kalau kamu punya mobil atau motor, jangan sampai lupa bayar pajak ya! Berapa pajak yang harus dibayarkan? Ini aturannya.

  1. Dasar pengenaan pajak kendaraan bermotor adalah hasil perkalian dari dua unsur pokok
  • Nilai jual kendaraan bermotor (NJKB) 
  • Bobot; mencerminkan tingkat kerusakan jalan atau pencemaran lingkungan akibat penggunaan kendaraan bermotor
  1. Dasar pengenaan pajak khusus untuk kendaraan bermotor yang digunakan di luar jalan umum (alat berat dan besar, kendaraan air) adalah Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB)

Pajak kendaraan bermotor dibagi menjadi dua jenis berdasarkan pembayarannya, yaitu tahunan dan lima tahunan.

Pajak Kendaraan Bermotor Tahunan 

Setiap tahun, kamu harus membayar pajak untuk perpanjangan STNK. Syarat yang harus kamu lengkapi adalah sebagai berikut:

  1. STNK asli dan dua lembar fotokopi. 
  2. BPKB asli (untuk diperlihatkan ke petugas Samsat) dan fotokopi. 
  3. KTP asli dan fotokopi pemilik kendaraan.
  4. Fotokopi domisili perusahaan, NPWP perusahaan, SIUP dan TDP perusahaan (jika membayar pajak kendaraan untuk perusahaan).
  5. Siapkan surat kuasa kalau yang membayar pajak orang lain.
  6. Formulir perpanjangan STNK (diambil di kantor Samsat).

Ada beberapa berkas dan syarat yang harus kamu siapkan sebelum datang ke samsat untuk membayar pajak mobil. Apa saja?

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) sesuai nama pemilik mobil
  • Surat Tanda Kendaraan Bermotor (STNK) asli dan fotokopi
  • Uang sesuai tagihan kendaraan
  • Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) asli dan fotokopi (khusus pajak 5 tahunan)
  • Formulir cek fisik kendaraan di samsat (khusus pajak 5 tahunan)

Setelah semua syarat sudah lengkap, kamu tinggal datang saja ke Samsat dan melakukan beberapa langkah mudah ini.

1. Ambil formulir perpanjangan STNK

Pertama-tama, ambil formulir perpanjangan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Kamu bisa ambil di petugas yang ada di samping loket. 

Isi formulir tersebut, ambil nomor antrian, dan siapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan.

2. Siapkan dokumen sembari menunggu dipanggil ke loket

Biar gampang, siapkan dulu dokumen-dokumen yang ada dan gabung ke dalam satu map. Jadi pas dipanggil, kamu tinggal menyerahkannya ke petugas.

Dokumen-dokumen yang dimaksud adalah:

  1. Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli dan fotokopinya
  2. STNK asli dan fotokopinya, (bila mobil masih kredit)
  3. Formulir perpanjangan STNK
  4. Fotokopi Buku Pemilik Kendaraan Bermotor alias BPKB

Setelah namamu dipanggil dan dokumen diserahkan, kamu akan diberi slip pembayaran STNK.

3. Bayar pajak mobil di kasir

Kalau udah mendapatkan slip, kamu tinggal membayar pajak mobil ke loket kasir. Sekadar saran, usahakan membawa uang tunai yang pas agar mempermudah petugas karena antrean tentu akan panjang.

Setelah bayar pajak, kamu bakal menerima bukti pelunasan pajak mobil. Jangan sampai bukti itu hilang atau tercecer ya. Setelah bayar, duduk manis dulu di depan loket dan tunggu dipanggil lagi untuk ambil STNK.

4. Pengambilan STNK

Ingat ya, kamu harus mendengarkan baik-baik saat petugas memanggil namamu untuk mengambil STNK. Sebab, karena yang antre banyak untuk mengambil STNK ini juga biasanya akan acak. Meski kamu bayar pertama, bisa jadi kamu bukan jadi yang pertama dipanggil.

Nah, kalau udah dipanggil, serahkan bukti pembayaran itu dan ambil STNK dan KTP-mu. Kamu juga bakal dapat kwitansi pembayarannya. Gampang kan?

Perpanjangan pajak lima tahunan

Biar lengkap, kamu juga perlu tahu gimana cara bayar pajak lima tahunan. Berikut cara yang mudah bisa kamu lakukan saat melakukan perpanjangan pajak lima tahunan. 

Pajak Kendaraan Bermotor Lima Tahunan

Kalau tadi cuma perpanjangan STNK, saat bayar pajak lima tahunan kamu bakal ganti plat nomor kendaraan dan STNK. Selain itu, untuk PKB lima tahunan, kamu harus datang langsung ke kantor Samsat, gak bisa di e-Samsat.

Apa sih bedanya PKB tahunan dan lima tahunan? Bedanya, kendaraan bermotor kamu akan diperiksa nomor mesin dan rangkanya.

Sebelum datang ke kantor Samsat, ini dia dokumen yang harus kamu siapkan.

  1.   Mengisi formulir permohonan (di kantor SAMSAT)
  2.   STNK
  3.   BPKB asli dan fotokopi
  4.   KTP pemilik kendaraan dan surat kuasa kalau diwakilkan orang lain.

PKB lima tahunan tentu bakal beda dengan tahunan. Ada biaya tambahan yang harus kamu keluarkan untuk pergantian plat nomor dan penerbitan STNK baru berdasarkan  Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang berlaku pada Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Berapa sih besarannya?

1. Kendaraan roda 2 atau roda 3

  • Baru = Rp100 ribu per penerbitan
  • Perpanjang = Rp100 ribu per penerbitan per 5 tahun.

2. Kendaraan roda 4 atau lebih

  • Baru = Rp200 ribu per penerbitan
  • Perpanjangan = Rp200 ribu per penerbitan per 5 tahun

3. Ditambah biaya pengesahan STNK sebagai berikut:

  •  Kendaraan roda 2 atau roda 3 = Rp25 ribu per pengesahan per tahun
  • Kendaraan bermotor roda 4 atau lebih = Rp50 ribu per pengesahan per tahun 

Cara bayarnya gak jauh beda sama PKB tahunan tapi ada proses cek fisik kendaraan. Biar semakin paham, simak cara bayar pajak mobil lima tahunan di Samsat ini.

1. Cek fisik

Pertama-tama, mobil akan diperiksa nomor mesin dan rangkanya. Jadi setelah sampai di Samsat, lebih baik langsung antre di tempat cek fisik kendaraan.

Proses ini gak dipungut biaya, kok. Alias gratis. Tapi kadang ada juga pemilik mobil yang memberikan uang ke petugas untuk tanda terima kasih.

2. Selanjutnya sama seperti proses perpanjangan STNK tahunan

Setelah cek fisik, proses bayar pajak mobil lima tahunan ini sama seperti bayar PKB tahunan. Bedanya, STNK yang kamu terima berlaku hingga lima tahun ke depan.

Kamu juga harus mengambil plat nomor baru di loket pengambilan plat nomor. Plat nomor ini juga berlaku lima tahun ke depan, ya.

3. Ambil plat nomor baru dan selesai

Lokasi pengambilan plat nomor terpisah dengan perpanjangan STNK. Kamu bakal dikasih tahu petugas kok, tenang aja.

Kalau kamu sudah terima plat, berarti semua proses PKB lima tahunan sudah selesai. Sekarang, kamu bisa pulang tanpa takut lagi ditilang.

Itu tadi syarat bayar pajak mobil di Samsat. Gak membingungkan, kan? Setelah tau caranya, kamu gak perlu lagi bayar biro jasa buat ngurusin pajak mobilmu biar hemat. Ya kan?

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →