Gak Pamer Kesuksesan di Medsos Bukan Berarti Gagal, Nih Buktinya

Pamer kesuksesan di medsos

Ketika media sosial mulai booming pada dekade awal 2000, gak semua orang di Indonesia langsung ikut ambil bagian. Ada yang langsung sign ini dan nyetatus macam-macam.

Tapi ada pula yang jaga jarak dulu. Entah karena menganggapnya gak berguna atau memang gak mudeng cara pakainya.

Meski begitu, kini Indonesia tercatat sebagai pengguna Facebook terbesar setelah Amerika, Brasil, dan India. Itu menurut data dari Facebook langsung, lho.

Segala hal dibahas di media sosial, dari rasa galau ditinggal pacar sampai situasi politik terkini. Gak lupa juga pamer status sosial.

Pamer kesuksesan di medsos bahkan seperti jadi tradisi buat orang-orang tertentu. Lagi makan di resto mahal, foto selfie dengan makanan, lalu upload di semua medsos yang dipunyai.

Baru beli sepeda motor, jepret. Pasang jadi foto profil. Ditambahi pula status keren, “Akhirnya bisa kebeli juga ni motor Rp 30 juta.”

Sekilas memang mereka pamer kesuksesan. Tapi di belakangnya siapa yang tahu? Mungkin setelah makan di resto mahal langsung ngirit makan sehari sekali selama 3 hari.

Atau motor Rp 30 juta itu ternyata dibeli secara kredit dengan iming-iming uang muka 0 persen. Cicilannya lama lagi, 5 tahun.

Sebaliknya, orang yang gak pernah pamer kesuksesan di media sosial bukan berarti dia gagal. Malah, di baliknya bisa saja dia sukses berat, tapi mau low profile. Contohnya seperti di bawah ini:

1. Angelina Jolie

Menapaki karir sebagai artis, Jolie banting setir jadi aktivis. Apa ada yang meragukan kesuksesannya baik sebagai artis maupun aktivis? Tapi dia gak pernah pamer aktivitasnya di media sosial, lho.

Pamer kesuksesan di medsos
Mbak Jolie sukses baik sebagai artis maupun aktivis, tapi gak mau bokis-bokis (Angelina Jolie/The Times)

Padahal dia sukses membintangi banyak film laris. Di bidang aktivisme, dia memperjuangkan hak asasi manusia khususnya bagi warga negara miskin dan berkembang di Afrika.

2. Reza Rahadian

Belasan piala sudah digondol Reza sebagai aktor. Namun gak pernah sekali pun dia pasang foto selfie dengan piala-piala itu sebagai tanda kesuksesannya. Lha wong dia gak punya akun media sosial.

Pamer kesuksesan di medsos
Tanpa perlu pamer, kalau punya prestasi pasti terlihat sendiri (Reza Rahardian/Kompas)

Reza memang menghindari media sosial karena gak mau ribet mengurusinya. Untuk menjalin kedekatan dengan fans, dia lebih memilih berakting sebaik-baiknya dalam film agar tetap digandrungi dan dikangeni orang.

3. Elton John

Musikus kelas dunia ini terkenal bertalenta sekaligus kontroversial. Satu hal yang pasti, dia gak pernah menunjukkan bakat dan kontroversinya secara pribadi di media sosial.

Dia pernah protes keras karena merasa Internet membuat industri musik menurun akibat maraknya pembajakan. Walhasil, konser-konsernya yang ramai dan megah gak pernah ia pamer-pamerkan di medsos apa pun juga.

4. Nicholas Saputra

Alih-alih pamer aktivitasnya sebagai orang sukses, Nicholas lebih memilih menggunggah foto-foto pemandangan tempat yang ia kunjungi. Buat sebagian orang, mungkin ini bisa dianggap sebagai pamer.

Tapi foto-foto itu gak disertai dengan kalimat show off semacam, “Mahalnya ongkos ke Aussie terbayar oleh pemandangan indah.” Atau, “Hasil akting iklan semalem, bisa makan-tidur enak di hotel Paris.”

Pamer kesuksesan di medsos
Foto ini dari Instagram Nicholas Saputra, simpel tapi berkelas tanpa kesan pamer (hasil jepretan Nicholas Saputra/Akun Instagram pribadi Nicholas Saputra)

Aktivitas yang dipamerkan di media sosial gak selalu sama dengan yang dijalani di dunia nyata. Nicholas, misalnya, meski sering pasang foto pemandangan tanpa orang, bukan berarti dia gak punya teman.

Wajahnya justru kerap nongol di akun media sosial artis lainnya. Itu tandanya dia juga bersosialisasi dengan baik di kenyataan.

Makanya, gak perlu iri jika ada kenalan atau teman yang suka pamer macam-macam di media sosial. Kita gak tahu kondisi sebenarnya bagaimana.

Lebih baik kita memfokuskan diri untuk meraih kesuksesan yang kita dambakan. Media sosial digunakan buat nambah teman saja, plus memperlancar kerjaan terutama buat pengusaha.

Orang lain mau pamer apa saja, terserah. Kita ambil contoh dari keempat figur di atas untuk menjalani hidup yang sukses tanpa perlu woro-woro ke orang-orang.

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Awas, Uang Muka Kredit Motor 0 Persen Bisa Bawa Bencana]

[Baca: 7 Hal yang Harus Dihindari Biar Gak Mengundang Kejahatan di Media Sosial]

[Baca: Jangan Iri Dengan Kesuksesan Orang Lain, Kamu Juga Bisa Sukses Kok dengan 10 Cara Ini]

[Baca: Media Sosial Vs Realitas Sosial: Bangun, Sebelum Terlanjur Bangkrut]

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →