Gak Usah Bete Kena Pemadaman Listrik PLN, Ada Kompensasinya Lho

pemadaman listrik PLN

Baru enak-enak nonton televisi bareng keluarga, eh, tiba-tiba listrik mati. Siapa yang gak uring-uringan?

Quality time alias waktu berkualitas bersama keluarga jadi terganggu. Belum lagi peralatan elektronik bisa rusak jika aliran listrik mendadak mandek lalu menyala.

 

Pemadaman listrik PLN memang menjadi salah satu keluhan banyak orang. Terutama mereka yang tinggal di daerah yang pasokan listriknya terbatas.

 

Dalam sehari, listrik bisa mati satu sampai dua jam, bahkan lebih. Mau apa-apa jadi susah. Padahal tagihan listrik lancar dibayar.

 

[Baca: 5 Cara Menghemat Listrik Rumah yang Bukan Sekedar Tips Doang!]

 

Kalau sudah begini, konsumen jadi rugi. Untungnya, PLN sudah punya program ganti rugi. Ganti rugi ini juga dikenal sebagai “bonus dari PLN”. Padahal namanya saja ganti rugi, berarti ini adalah kompensasi.

 

pemadaman listrik pln

 Bete kan kalau sering kena pemadaman? Lagi nonton serial TV kesayangan jadi batal deh

 

 

Kompensasi ini diberikan kepada pelanggan kalau tingkat mutu pelayanan PLN di bawah standar. Misalnya ya itu tadi, terjadi pemadaman listrik PLN lama dan tanpa pemberitahuan.

 

Ada lima indikator penentu kompensasi dalam tingkat mutu pelayanan PLN, yaitu:

– Jumlah gangguan

– Lama gangguan

– Kecepatan perubahan daya di tegangan rendah

– Kesalahan pembacaan meteran listrik

– Kecepatan koreksi rekening

 

Tapi di tiap-tiap daerah berbeda syarat dan ketentuan. Di Jakarta, contohnya, “bonus” itu dikasih kalau ada pemadaman listrik PLN lebih dari 4 kali dalam satu bulan.

 

Untuk lebih jelasnya, kita bisa datang ke kantor PLN di daerah masing-masing karena info ini biasanya ditempel di papan pengumuman. Jangan ragu bertanya ke petugas PLN kalau gak nemu info tersebut di kantornya.

 

Berapa Ganti Ruginya?

Ada ganti rugi tentunya jadi kabar bagus. Tapi, berapa jumlahnya?

 

Bentuk ganti rugi ini berbeda buat pelanggan prabayar (token) dan pascabayar. Pelanggan prabayar akan mendapat tambahan pulsa 20% dari biaya beban. Sedangkan konsumen pascabayar beroleh diskon 20 persen dari biaya beban.

 

Begini hitungannya:

 

Pascabayar

Biaya beban pelanggan pascabayar berbeda-beda bergantung pada besar dayanya. Buat konsumen 900 volt ampere (VA), misalnya, biaya beban ditetapkan Rp 18.000.

 

pemadaman listrik pln

 Beda layanan beda pula kompensasinya

 

 

Jika kompensasi sebesar 20%, diskon tagihan bulan depan adalah Rp 3.600 (20% x Rp 18.000). Jadi, jika tagihan bulan depan Rp 100 ribu, ada potongan sebesar Rp 3.600.

 

Pelanggan tinggal bayar Rp 96.400. Pemotongan itu otomatis dilakukan pada bulan depan.

 

Prabayar

Sedangkan buat konsumen prabayar, bonus akan masuk ke kuota listrik di pulsa. Dengan perhitungan 20% dari biaya seperti di atas, berarti ada tambahan listrik senilai Rp 3.600 untuk konsumen prabayar.

 

Bonus Lain

Nah, selain bonus di atas, sebenarnya ada bonus lain dari PLN yang juga adalah hak pelanggan. Tapi bonus ini dikasih khusus buat yang mau pindah dari pascabayar menjadi prabayar.

 

Jadi gini. Kalau mau jadi pelanggan listrik pascabayar kan biasanya ngasih duit jaminan. Saat pindah ke prabayar, otomatis duit ini dikembalikan ke konsumen.

 

Bonus ini umumnya berupa tambahan listrik di pulsa prabayar. Tapi, kalau mau diminta dalam bentuk duit juga bisa.

 

Tinggal menghubungi kantor PLN di wilayah masing-masing. Kalau gak ada keterangan soal pengembalian jaminan ini, kita juga bisa menghubungi contact center PLN baik di media sosial maupun

telepon 123.

 

pemadaman listrik pln

 Mendingan pakai token, bisa dapat bonus lebih banyak

 

 

Kalau mau dapat tambahan bonus ini, ayo beralih ke token. Sekalian tambah daya buat yang mau, mumpung lagi ada promo gratis.

 

[Baca: Asyik! Tambah Daya Listrik PLN bakal Gratis!]

 

Ya, memang bonus ini gak sampai jutaan rupiah. Tapi yang namanya bonus harus disyukuri. Apalagi itu adalah hak kita sebagai konsumen.

 

Kan kita jadi gak perlu keluar duit lebih banyak untuk bayar listrik. Duit bisa dialokasikan ke hal lain. Ditabung misalnya buat modal usaha.

 

Lumayan nambahin modal usaha. Ketimbang kredit usaha dengan nominal lebih besar di bank.

 

[Baca: Yang Bilang Ngembangin Usaha Susah, Pasti Belum Kenal Kredit Usaha Rakyat tanpa Agunan]

 

 

 

 

Image credit:

  • https://statik.tempo.co/data/2013/12/27/id_249963/249963_620.jpg
  • http://2.bp.blogspot.com/-vuNG9ZRnqFU/Ufhzr5i9QtI/AAAAAAAAAlI/OWRzOGj8Mdw/s1600/pln-gratiskan-penambahan-daya-dan-biaya-penyambungan.jpg
  • http://cdn0-a.production.liputan6.static6.com/medias/81411/big/listrik-pln121208b.jpg
Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →