Destinasi Wisata di Gambar Uang 100 Ribu Rupiah

tabunganku rupiah

Gambar uang yang dihiasi wajah-wajah pahlawan pada uang kertas memang sudah umum. Namun, ternyata jika diperhatikan ada pemandangan alam Indonesianya juga, salah satunya di gambar uang 100 ribu.

Setiap uang di Indonesia, baik uang kertas dan logam pasti dilengkapi gambar. Salah satunya, seperti gambar uang 100 ribu.

Tapi, sebelum mengetahui apa saja gambar uang di Tanah Air, sebaiknya kita mengetahui lebih dulu pengertian uang.

Seperti dikutip dari Wikipedia, uang adalah suatu benda yang diterima secara umum oleh masyarakat untuk mengukur nilai, menukar, dan melakukan pembayaran atas pembelian barang dan jasa, dan pada waktu yang bersamaan bertindak sebagai alat penimbun kekayaan.

Pada awalnya, uang kartal di Indonesia diterbitkan oleh pemerintah Republik Indonesia. Namun, sejak dikeluarkannya UU No. 13 tahun 1968 pasal 26 ayat 1, hak pemerintah mencetak uang dicabut.

Pemerintah kemudian menetapkan Bank Sentral, Bank Indonesia, sebagai satu-satunya lembaga yang berhak atau memiliki hak oktroi menciptakan uang kartal. 

Uang yang beredar dibedakan dua jenis, yaitu uang kartal atau sering disebut common money dan uang giral. Uang kartal adalah alat bayar yang sah dan wajib digunakan masyarakat dalam transaksi jual-beli sehari-hari. Sedangkan uang giral adalah uang dalam bentuk simpanan (deposito) yang dapat ditarik sesuai kebutuhan. 

Uang menurut bahan pembuatannya terbagi menjadi dua, yaitu uang logam dan uang kertas.

Uang logam adalah uang yang terbuat dari logam; biasanya dari emas atau perak karena kedua logam itu memiliki nilai yang cenderung tinggi dan stabil, bentuknya mudah dikenali, sifatnya yang tidak mudah hancur, tahan lama, dan dapat dibagi menjadi satuan yang lebih kecil tanpa mengurangi nilai.

Sedangkan uang kertas adalah uang yang terbuat dari kertas dengan gambar dan cap tertentu dan merupakan alat pembayaran yang sah.

Menurut penjelasan UU No. 23 tahun 1999 tentang BI, yang dimaksud dengan uang kertas adalah uang dalam bentuk lembaran yang terbuat dari bahan kertas atau bahan lainnya (yang menyerupai kertas).

Di antara salah satu jenis uang kertas, uang 100 ribu menjadi alat pembayaran yang beredar di masyarakat dengan gambar berbeda-beda di setiap tahun penerbitannya. Gambar uang 100 ribu yang terakhir keluar, merupakan pemandangan Raja Ampat, Papua Barat.

Bagi yang berencana travelling, boleh nih lokasi-lokasi alam di gambar uang kita, termasuk gambar uang 100 ribu dijadikan destinasi wisatamu. 

Lifepal akan sekaligus menjabarkan estimasi bujet yang perlu disiapkan. Jadi, yuk simak bareng-bareng di sini!

1. Banda Neira di Rp1.000

gambar uang 100 ribu
Banda Neira

Pemandangan alam Banda Neira yang berada di Maluku Tengah ini terpilih sebagai pemandangan yang dipampang dalam uang dengan nominal Rp1.000. 

Daerah yang diberi julukan surga oleh Wakil Presiden Pertama Indonesia Mohammad Hatta ini, memiliki berbagai wisata eksotik yang sayang jika dilewatkan.

Estimasi biaya

  • Penerbangan langsung menuju Ambon pulang-pergi: Rp3 juta.
  • Penyeberangan menuju Banda Neira dengan Kapal Pelni: Rp210 ribu.
  • Penginapan 3 hari dan 4 Malam: Rp525 ribu.
  • Biaya makan empat hari: Rp400 ribu.

Total: Rp4,135 juta

Dengan kisaran bujet tersebut, kamu sudah bisa menikmati indahnya pemandangan Banda Neira.

2. Ngarai Sianok di Rp2.000

gambar uang 100 ribu
Ngarai Sianok

Pemandangan alam Ngarai Sianok yang terletak di Bukittinggi, Sumatera Barat merupakan gambar pemandangan alam yang menghiasi gambar uang Rp2.000.

Ngarai Sianok yang memiliki kedalaman hingga 100 meter ini dijadikan destinasi favorit para wisatawan, terlebih bagi mereka yang ingin mencari inspirasi melukis pemandangan.

Estimasi biaya

  • Penerbangan menuju Padang pulang-pergi: Rp1.4 juta.
  • Transportasi dari bandara menuju Bukittinggi: Rp100 ribu.
  • Harga tiket masuk Ngarai Sianok: Rp15 ribu.
  • Penginapan 3 hari dan 4 malam: Rp750 ribu.
  • Biaya makan empat hari: Rp250 ribu.

Total: Rp2,515 juta

Dengan biaya total Rp2,515 juta Anda sudah menikmati indahnya Ngarai Sianok, bahkan Anda juga bisa menyempatkan diri untuk mengunjungi lokasi wisata lainnya di Bukittinggi.

3. Gunung Bromo di Rp5.000

gambar uang 100 ribu
Gunung Bromo di gambar uang

Jika melihat hamparan gunung pada uang Rp5.000, berarti kamu sedang melihat pemandangan Gunung Bromo.

Ikon pariwisata Jawa Timur ini sering dijadikan destinasi favorit bagi para wisatawan yang ingin melihat langsung proses matahari terbit dari puncak gunung. Selain bisa melihat matahari terbit, di sana kamu juga bisa menikmati hamparan Padang Savana yang eksotis.

Estimasi biaya

  • Tiket kereta api Jakarta – Surabaya: Rp150 ribu.
  • Ongkos transportasi menuju kawasan Gunung Bromo: Rp40 ribu.
  • Penginapan per malam: Rp160 ribu.
  • Biaya masuk Gunung Bromo: Rp32,5 ribu.
  • Makan di Gunung Bromo: Rp50 ribu.

Total: Rp432,5 ribu

Jadi, cukup bermodalkan uang kurang dari Rp500 ribu, kamu sudah bisa menikmati langsung indahnya Gunung Bromo yang biasanya hanya dapat dilihat di gambar uang Rp5.000.

4. Taman Nasional Wakatobi di Rp10 Ribu

gambar uang 100 ribu
Taman Nasional Wakatobi

Taman Nasional Wakatobi memiliki keindahan yang tidak ada duanya di Indonesia, makanya tidak heran jika keindahan alamnya diabadikan di uang pecahan Rp10 ribu.

Luasnya sekitar 1,39 juta hektar dan terkenal akan kekayaan terumbu karang yang mencapai 750 spesies dari total 850 spesies yang hidup di Bumi ditambah dengan 942 spesies ikan yang hidup di dalamnya.

Estimasi biaya

  • Penerbangan dari Jakarta ke Wakatobi: Rp2,5 juta.
  • Menyewa pemandu, perlengkapan selam: Rp1 juta.
  • Biaya menginap per malam: Rp300 ribu.
  • Biaya makan dua hari: Rp100 ribu.

Total: Rp3,9 juta

Destinasi ini memang terbilang lebih mahal, namun jangan khawatir karena keragaman hayati di Taman Nasional Wakatobi layak untuk dikunjungi. Dijamin tidak akan menyesal, deh!

5. Derawan di Rp20 Ribu

gambar uang 100 ribu
derawan di gambar uang

Pemandangan alam berikutnya yang juga dipilih untuk memperindah gambar uang kertas Indonesia adalah Kepulauan Derawan pada uang pecahan Rp20 ribu.

Munculnya gambar Kepulauan Derawan pada uang Rp20 ribu ini ternyata juga meningkatkan sektor pariwisatanya, lho. Terbukti pada awal kemunculannya, banyak wisatawan asing yang datang berkunjung bahkan sampai 50 wisatawan per minggunya.

Estimasi biaya

  • Penerbangan dari Jakarta ke Bandara Kalimarau, Berau, pulang-pergi: Rp3 juta.
  • Transportasi Berau – Derawan: Rp320 ribu.
  • Biaya menginap per malam: Rp300 ribu.
  • Biaya makan siang dan malam: Rp100 ribu.
  • Sewa speedboat: Rp1 juta.

Total: Rp4,720 juta

Meskipun biaya yang dikeluarkan cukup besar, namun suguhan panoramanya yang indah pasti  bisa membuatmu melupakan sejenak kondisi keuangan saat itu.

6. Taman Nasional Komodo di Rp50 Ribu

gambar uang 100 ribu
Taman Nasional Komodo

Pemandangan alam selanjutnya yang terdapat dalam gambar uang kertas Indonesia adalah Pulau Padar yang termasuk dalam gugusan Taman Nasional Komodo. 

Pulau Padar yang berada di wilayah Nusa Tenggara Timur sering dijadikan destinasi travelling bagi mereka yang ingin menghabiskan waktu liburannya sambil melihat indahnya matahari terbenam dari pantai pasir berwarna pink.

Estimasi biaya

  • Biaya penerbangan pulang-pergi: Rp2 juta.
  • Sewa kapal fery: Rp1, 5 juta.
  • Biaya penginapan murah per malam: Rp50 ribu.
  • Biaya makan satu hari: Rp50 ribu.
  • Harga tiket masuk Taman Nasional Komodo termasuk Pulau Padar: Rp200 ribu.

Total: Rp3,8 juta

Maka, dengan Rp3,8 juta Anda sudah bisa menikmati sepuasnya keindahan alam yang ada di Taman Nasional Komodo terutama Pulau Padar.

7. Raja Ampat di Rp100 Ribu

gambar uang 100 ribu
Raja Ampat di gambar uang

Pemandangan terakhir yang diabadikan pada uang kertas Indonesia adalah Raja Ampat, Papua Barat.

Raja Ampat memang sering dijadikan salah satu destinasi impian para traveler. Makanya tidak heran jika pemerintah memutuskan memasukkan pemandangan Raja Ampat ke dalam gambar uang pecahan Rp100 ribu.

Tidak hanya kekayaan alam bawah lautnya yang sayang untuk dilewatkan, namun juga kebudayaan dan kesenian uniknya. Untuk kamu yang berencana berlibur ke Raja Ampat, mari simak estimasi biayanya berikut ini.

Estimasi biaya

  • Penerbangan dari Jakarta menuju Sorong: Rp3 juta.
  • Transportasi laut Sorong menuju Waisai: Rp145 ribu.
  • Tarif masuk raja Ampat: Rp500 ribu.
  • Penginapan per malam termasuk makan: Rp250 ribu.
  • Biaya transportasi antar pulau: Rp600 ribu.

Total: Rp4,495 juta

Itulah estimasi biaya yang harus kamu siapkan jika ingin berlibur ke Raja Ampat. Memang bujet yang dibutuhkan tidak sedikit. Namun, jika disiapkan dari jauh-jauh hari, kamu bisa mendapatkan promo menarik yang pastinya bisa menghemat pengeluaran.

Nah, demikian daftar tujuh lokasi alam yang bisa kamu kunjungi berdasarkan gambar dari uang kertas di Indonesia. Secara keseluruhan bujet yang dibutuhkan untuk mengunjungi ketujuh tempat tersebut memang tidak sedikit, maka dari itu penting untuk merencanakan perjalanan jauh-jauh hari sehingga tidak hanya fisik saja yang siap, namun juga finansial.

Lifepal punya cara praktis untuk mengecek harga tiket perjalanan. Jika kamu berencana untuk travelling menggunakan pesawat, jangan lupa untuk cek harga tiket langsung di situs resmi maskapai, melalui layanan OTA, atau di kantor agen tiket. Namun, jika lebih tertarik travelling menggunakan kereta, kini sudah bisa dipesan secara offline dan online.

Agar tidak merasa was-was dalam perjalanan, yuk lengkapi setiap momen travelling dengan asuransi perjalanan! (Editor: Chaerunnisa)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →