Pengin Ganti Oli untuk Kendaraan LCGC Kamu? Ini 2 Pilihan Terbarunya

Berencana ganti oli mobil dalam waktu dekat? Sudah tahu belum kalau ada produk oli baru yang kini tersedia di pasaran.

Memilih oli mobil jelas gak bisa sembarangan. Karena tanpa oli yang memenuhi standar, bakal ada beberapa masalah yang muncul terhadap mesin mobil.

Wajar saja, pasalnya oli itu ibarat darahnya mobil. Gak heran ketika salah pilih oli maka mobil jadi boros BBM karena pelumasan gak maksimal.

Belum lagi, kebersihan mesin juga jadi taruhannya lantaran oli memang berfungsi sebagai pembersih. Ketika kita memutuskan untuk menggunakan oli murah yang mereknya gak jelas, kadar deterjen (pembersih) di oli tersebut juga cukup diragukan.

Untungnya, di bulan Februari 2019 ada dua produsen pelumas yang telah resmi merilis produk barunya. Udah pasti, dua produk ini sangat berkualitas dan cocok buat mobil-mobil terkini, termasuk mobil murah ramah lingkungan (LCGC). Barangkali bisa jadi referensi bagus buat kamu yang mau ganti oli.

Mau tahu apa saja? Yuk simak ulasannya di bawah menurut keterangan resmi yang diterima MoneySmart.

Baca juga: Lakukan Hal Ini Jika Ingin Menjadi Kaya Raya Saat Tua Nanti

1. TOP 1

Oli TOP 1

Tepat pada 25 Februari 2019, distributor tunggal oli asal Amerika Serikat ini, PT Topindo Atlas Asia meluncurkan produk barunya. Produk baru itu sejatinya gak cuma oli mobil ya, oli motor juga ada.

Untuk oli mobil, mereka resmi merilis TOP 1 SMO HP Sport 0W-20, TOP 1 SMO HP Sport 15W-40 dan TOP 1 Zenzation Diesel 10W-40. Tenang aja, semuanya sudah mengadopsi standarisasi oli teranyar, API SN dan API CJ-4 untuk yang varian diesel.

Ketiga oli mobil tersebut juga sudah berbahan dasar sintetik itu artinya bahan dasar olinya saja sudah bersih. Selain itu, oli ini juga dilengkapi aditif anti karat yang lebih tinggi serta formulasi aditif terbaru.

Varian TOP 1 HP Sport 0W-20 adalah oli yang pas banget untuk mobil LCGC. Harganya pun gak mahal yaitu Rp 99 ribu per liter.

Sementara itu untuk diesel ya jelas pilihannya adalah TOP 1 Zenzation Diesel 10W-40 yang harganya Rp 104 ribu. Dan HP Sport 15W-40 lebih diperuntukan kepada mobil modern keluaran terkini non-LCGC, harganya jelas lebih murah yaitu Rp 72.500 per liter.

Tertarik ganti oli pakai TOP 1? Kunjungi saja bengkel-bengkel yang ada di dekat rumahmu. Oli ini sudah dipasarkan sejak Januari 2019 lho.

Baca juga: Buka 24 Jam Tanpa Henti, Big Bad Wolf 2019 Targetkan 1 Juta Pengunjung

2. Total Oil

Total Oil

Kalau yang di atas dari Amerika Serikat, yang ini dari Prancis. Total Oil juga melakukan hal yang sama di bulan Februari 2019.

Mereka meluncurkan oli baru bernama Total Quartz 8000 Future GF-5 0W-20 yang pas buat LCGC. Selain itu, ada juga varian oli baru yang lebih kental, Total Quartz 7000 Future GF-5 5W-30 semi synthetic 5W-30.

Untuk yang OW-20 formulanya adalah full sintetik harganya sedikit di atas dari Rp 100 ribu per liter. Tapi untuk varian 5W-30 lebih murah dari Rp 100 ribu kok, dan formulanya semi sintetik.

Total juga mengklaim, oli ini sudah memiliki sertifikasi ILSAC GF-5. Itu artinya, secara performa sudah sangat teruji.

Baca juga: Jalan-Jalan ke Singapura, Jangan Lupa Kunjungi Pusat Belanja Murah Ini Ya!

Sintetik vs semi-sintetik

Oli kendaraan harus selalu diperhatikan (Shutterstock).

Itulah oli-oli mobil yang baru meluncur di tahun 2019 ini. Dijamin, produk dari dua brand itu punya performa yang baik buat mobilmu.

Ketika kita ingin ganti oli, sejatinya kita dihadapkan oleh beberapa varian oli ada yang sintetik dan ada juga yang semi-sintetik. Kira-kira bagusan yang mana ya? Kalau ditanya bagusan yang mana tentu ya sintetik alias full sintetik yang terbaik.

Jenis oli mesin mobil sendiri ada tiga, yaitu mineral, semi-sintetik, dan sintetik. Nah, khusus buat yang sintetik, harganya cenderung mahal ketimbang yang mineral. Jelas aja, formulanya juga lebih canggih, olinya pun lebih jernih.

Sementara itu, semi-sintetik adalah gabungan dari mineral dan sintetik. Oleh karena itu harganya memang lebih murah sedikit ketimbang yang full sintetik.

Sedangkan yang mineral adalah yang termurah, tapi risikonya ya kadar sulfurnya juga tinggi. Itu artinya pengotornya juga cukup tinggi.

Kira-kira tertarik beli yang mana nih untuk ganti oli mobil LCGC kamu? (Editor: Winda Destiana Putri).