Garda Medika, Sejarah dan Kelebihan Produknya

pria tanda tangan surat

Garda Medika adalah salah satu produk Asuransi Astra berupa asuransi kesehatan yang berfungsi melindungi karyawan. Premi terjangkau dengan cakupan proteksi rawat inap, rawat jalan, dan layanan bantuan darurat.

Asuransi Astra Buana secara garis besar tidak hanya mencakup asuransi kesehatan saja, tetapi juga ada ada produk lain seperti asuransi retail, asuransi commercial, dan asuransi syariah. Nah, Astra memfokuskan diri pada penyediaan proteksi kesehatan melalui asuransi Garda Medika.

Salah satu keunggulan Garda Medika adalah menerapkan teknologi digital dalam pelayanan nasabah. Dengan demikian, nasabah bisa mendapatkan informasi tentang manfaat dan catatan klaim melalui aplikasi yang disebut Garda Mobile HR Akses.

Aplikasi tersebut merupakan salah satu terobosan terbaru produk Garda Medika. Nasabah bisa langsung mengetahui jaringan rumah sakit yang menjadi mitra Asuransi Astra Garda Medika. Tentu dengan catatan, klaim masih dalam masa pertanggungan.

Sejarah Singkat Tentang Garda Medika

Garda Medika memang berada di bawah Perusahaan Asuransi Astra. Akan tetapi, awal berdiri pada tahun 1956, asuransi ini bernama PT Maskapai Asuransi Buana.

Pada akhirnya, kepemilikan saham diambil alih Astra International (AI). Setelah peralihan tersebut terjadi perubahan nama menjadi PT Asuransi Astra Buana. Yang lebih dikenal masyarakat sebagai Asuransi Astra.

Salah satu produk yang paling diunggulkan dari Asuransi Astra adalah asuransi kesehatan Garda Medika.

Manfaat Asuransi Kesehatan Garda Medika

Asuransi kesehatan ini memang diperuntukkan bagi karyawan perusahaan. Sehingga jika Anda tertarik untuk mendaftar, Anda bisa menghubungi bagian SDM Perusahaan Anda untuk mendaftarkan diri.

Premi yang dibayarkan pun tidak bisa langsung secara pribadi atau personal, melainkan melalui perusahaan. Sistem kerjanya hampir mirip dengan BPJS Ketenagakerjaan namun memiliki manfaat yang berbeda.

Ada beberapa kelebihan Garda Medika dibandingkan dengan asuransi kesehatan karyawan lainnya.

1. Aplikasi Garda Medika Mobile HR Akses

Meskipun produk asuransi ini merupakan produk asuransi kumpulan bukan berarti tidak mendapatkan perhatian. Astra secara khusus membuat aplikasi Garda Mobile HR Akses. Aplikasi digital seperti ini jarang sekali diberikan kepada nasabah asuransi kumpulan.

Dengan aplikasi tersebut, peserta bisa langsung mengetahui catatan klaim asuransi dan jaringan layanan kesehatan yang mencapai 900 rumah sakit di seluruh Indonesia yang ditunjang dengan sistem pembayaran cashless dengan kartu.

2. Layanan Garda Siaga

Kelebihan lain, Garda Medika menyediakan Garda Siaga. Apa itu Garda Siaga? Garda Siaga adalah layanan gawat darurat 24 jam dengan menggunakan ambulans ataupun sepeda motor yang sudah dilengkapi dengan peralatan medis standar bagi para nasabah.

Namun, layanan ini baru tersedia di Jabodetabek. Ada 22 titik Emergency Medical Assistance (EMA) yang siap mendapatkan laporan darurat dari para pelanggan.

Sesaat laporan diterima, petugas akan langsung menuju lokasi untuk memberikan pertolongan pertama.

Para petugas paramedis pun sudah tersertifikasi dalam menangani serta menghadapi kondisi darurat. Dengan begitu, kenyamanan dan keselamatan pelanggan menjadi prioritas utama.  

Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Garda Medika

Astra cukup tanggap dalam merespon perkembangan teknologi digital. Terbukti dengan hadirnya aplikasi Garda Mobile HR-Akses bagi peserta Garda Medika.

Peserta dapat memantau semua histori klaim karyawan, mencari informasi provider kesehatan terdekat serta informasi lengkap klaim asuransi setiap bulannya.

Teknologi tersebut membantu divisi sumber daya manusia untuk memantau kesehatan karyawannya secara instan. Terlebih jaringan rumah sakit yang bermitra dengan Garda Medika tergolong sangat besar hingga 900 rumah sakit di seluruh Indonesia.

Dengan keunggulan layanan dan jaringan luas seperti itu, Garda Medika akan sangat membantu perusahaan menyelesaikan tanggung jawab perusahaan pada karyawannya.

Kekurangannya, asuransi kesehatan Garda Medika ini tidak tersedia bagi peserta individu. Jadi, bila perusahaan Anda tidak memilih Garda Medika sebagai mitra maka Anda tidak bisa mendaftarkan diri Anda menjadi nasabah.

Bagi Anda yang memiliki perusahaan atau bisnis tertentu, tidak ada salahnya mempertimbangkan Garda Medika sebagai rekan Anda. Inovasi terus-menerus selama puluhan tahun yang dilakukan oleh Astra Garda Medika tentu jadi jaminan bagi reputasi perusahaan Anda.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →