4 Cara ampuh Mendapatkan Gaun Pengantin Sesuai Bujet

Gaun Pengantin

Mempersiapkan gaun pengantin merupakan bagian yang penting dalam di dalam perencanaan sebuah pernikahan. Bukan hanya sebagai pakaian selama pernikahan berlangsung, namun gaun pengantin juga sebagai tanda kebahagian sepasang kekasih yang menikah.

Sayangnya, pemilihan gaun pengantin tidak boleh dilakukan secara terburu-buru, melainkan banyak pertimbangan yang harus dilakukan. Apa saja yang perlu diperhatikan?

1. Menentukan Bujet

Menentukan Bujet

Untuk memiliki gaun pengantin yang bagus bak putri-putri kerajaan memang butuh dana yang besar. Kalau bujet Anda mencukupi, tentu mudah mewujudkannya. Namun jika tidak, maka jangan memaksakan. Alih-alih mengagumkan, adanya Anda dibuat pusing karena bujet yang kebutuhan lainnya terganggu.

Mulailah meneyusun bujet gaun pengantin. Anda tidak perlu memaksakan memakai gaun yang mahal, tapi pilihlah gaun yang sederhana, namun tetap memperhatikan sisi keindahannya.

2. Haruskah Menyewa, Membeli, atau Membuat Sendiri?

Haruskah Menyewa, Membeli, atau Membuat Sendiri?

Saat mempersiapkan gaun pengantin, Anda pasti akan dibuat bingung untuk memilih menyewa, membeli atau membuat gaun pengantin. Manfaatkan momen ini sebaik-baiknya untuk membuat keputusan karena jika sampai salah pilih, adanya anggaran yang sudah Anda tentukan akan terdampak.

Menyewa gaun pengantin

Menyewa gaun pengantin emang enak sih, tinggal pilih apa yang sudah ada. Apalagi jasa penyewaan gaun pengantin saat ini sudah banyak yang bagus-bagus dan harganya pun banyak yang tidak mahal.

Biaya penyewaan gaun pengantin memang cenderung murah, bahkan bisa mencapai 2 kali lipat lebih murah dibanding dengan gaun yang harus dibeli atau buat sendiri. Berikut ini adalah beberapa contoh jasa penyewaan gaun pengantin dan kisaran harga di Jakarta yang bisa Anda jadikan pertimbangan.

Belsbee

Jl. Dr. Saharjo No. 41 Ruko D Lt. 2, Manggarai, Tebet, Jakarta Selatan 12850

www.belsbee.com

Harga: Rp500 ribu sampai Rp1,5 juta

Savorent

Rukan Artha Gading Niaga Blok H No. 7, Lt. 3, Kelapa Gading.

www.savorgownrental.tumblr.com

Harga: Rp1,2 juta sampai Rp6 juta

LOTA

uko Beryl 3 No. 45, Gading Serpong, Tangerang.

www.lota.co.id

Harga: Rp2,5 juta sampai Rp3,5 juta

Bridal Smile

Jl. Pelepah Elok 1 Blok QA-6 No.5 Boulevard Raya – Kelapa Gading, Jakarta Utara

bridalsmile.net

Harga: Rp1,5 juta sampai Rp9,5 juta

Jika sudah menentukan, Anda harus memperhatikan dengan baik gaun-gaun yang disediakan, karena biasanya jenis gaun pengantin dan ukuran yang disediakan sangat terbatas. Jangan sampai Anda salah memilih, ya.

Membeli gaun pengantin

Pernikahan memang dilangsungkan hanya sekali, oleh karena itu jadikanlah sebagai kenangan yang indah selamanya.

Dengan memutuskan untuk membeli, berarti desain gaun tersebut hanya akan Anda seorang yang memakainya. Pastinya membuat hati semakin bahagia, bukan? Nah, berikut ini adalah beberapa tempat menjual gaun pengantin di Jakarta dan kisaran harganya sebagai acuan.

Ivone Sulistia

Jalan melati mulia II, Tangerang Selatan

Instagram: @Atelierivonesulistia

Harga: Rp5 juta sampai Rp10 juta

Yasra Kebaya

Jl.Danau Tondano No.3, Bendungan Hilir, Jakarta Pusat

www.yasrastudio.com

Harga: Rp7 juta sampai Rp8 juta

Windy Chandra

Jalan Kramat 2 No 32A, RT.1/RW.5, 5, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat

Instagram: @windychandracouture

Harga: Rp14 juta sampai Rp30 juta

The Dress Codes

Ruko Cordoba A 17 – 18, 2nd Floor of Alfamidi, Jalan Marina, Indah Golf, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara

www.thedresscodes.com

Harga: Rp12 juta – Rp150 juta

Meskipun dapat menjadi kenang-kenangan, membeli gaun pengantin juga membutuhkan biaya yang lebih besar dibanding menyewa. Belum lagi, biaya perawatan gaun agar tetap indah tentu tidak murah.

Membuat gaun pengantin sendiri

Memakai gaun pengantin yang hanya ada satu-satunya tentu menjadi kebanggaan tersendiri, apalagi di zaman sekarang ini sudah banyak perancang yang siap membantu dalam membuat gaun yang Anda inginkan.

Anda bisa membuat gaun pengantin dengan rancangan sendiri atau meminta rancangan eksklusif dari perancang yang Anda tunjuk.

Selanjutnya Anda harus menentukan jenis bahannya. Misalnya, jika Anda ingin membuat gaun pengantin dengan gaya minimalis, maka pilihlah jenis kain satin yang lembut. Untuk membuat kesan lebih mewah, Anda bisa menambahkan brokat.

Namun sayangnya jika membuat sendiri akan membutuhkan bujet yang lebih besar dibandingkan menyewa atau membeli, terlebih jika perancang pilihan Anda sudah ternama.

Umumnya, harga untuk membuatnya sendiri berkisar antara puluhan hingga ratusan juta rupiah tergantung tingkat kerumitan rancangannya.

3. Tidak Perlu Perancang, Tetapi Langsung ke Tukang Jahit

Tidak Perlu Perancang, Tetapi Langsung ke Tukang Jahit

Biaya jahit di desainer ternama memang mahal, tapi jika Anda hanya memiliki bujet yang terbatas, sebaiknya jangan memaksakan diri.

Anda bisa memanfaatkan jasa jahit biasa. Tidak perlu khawatir gaun pengantin Anda akan terlihat tidak indah atau trendi jika Anda selektif memilih tukang jahit tertentu. Alhasil, Anda bisa mendapatkan gaun yang indah serupa gaun dari perancang ternama.

4. Pilih Desain yang Simpel Tanpa Ornamen

Pilih Desain yang Simpel Tanpa Ornamen

Gaun pengantin yang bagus bukan berarti gaun tersebut harus memiliki banyak ornamen di busananya. Selain bisa menambah biaya pembuatan, terlalu banyak ornamen adanya bikin busanan Anda terlihat berlebihan.

Coba deh, memilih busana dengan desain yang simpel yang sedang nge-trend saat ini karena desain yang simpel tidak selalu berarti tidak bagus, kok.

Nah, itu dia tips menentukan gaun pengantin sesuai bujet yang dapat Anda ikuti. Meskipun mungkin hanya dipakai sekali, tetap penting untuk memilihnya dengan cermat. Jangan lupa untuk membicarakannya bersama pasangan untuk mendapatkan hasil yang lebih cocok di hati.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →