Mau Punya Harta Berlimpah? Wujudkan dengan 6 Gaya Hidup Sederhana Ini

Gaya hidup sederhana bikin sukses

Gaya hidup memang menjadi salah satu biang kerok yang bisa menjerumuskanmu ke lubang utang, dan membuat hidup berantakan.

Siapa sih yang gak pengin bersenang-senang seperti memakai barang keluaran desainer terkenal, nongkrong di kafe kekinian, hingga traveling keliling dunia?

Semua orang pasti menginginkannya. Tapi, kalau kamu punya “pohon uang” alias tajir melintir sih gak masalah ya. Kalau penghasilanmu masih pas-pasan, dan bahkan sering kekurangan uang setiap bulan, jangan nekat memaksakan gaya hidup glamor seperti para selebriti.

Namun, bukan berarti kamu gak bisa melakukan beberapa hal menyenangkan tersebut. Sebelum melakukannya, kamu perlu kerja keras dan berjuang ekstra untuk memiliki “pohon uang”. Salah satu cara yang harus dilakukan, menerapkan gaya hidup sederhana.

Terkesannya sih memang sepele, tapi gak ada yang menyangka kalau ternyata beberapa gaya hidup sederhana bisa membuat kamu tambah sukses sehingga memiliki banyak harta.

Penasaran apa saja gaya hidup sederhana yang harus kamu lakukan? Berikut, enam di antaranya yang sudah dirangkum MoneySmart di bawah ini:

1. Bangun pagi

Bangun pagi
Bangun pagi

Hal pertama yang harus kamu lakukan agar tambah sukses adalah dengan membiasakan diri untuk bangun pagi. Mudah dan sederhana banget, kan!

Kamu bisa meniru kebiasaan orang-orang sukses yang paling tidak mereka bangun tiga hingga empat jam sebelum memulai aktivitas di pagi hari. Bahkan, sebelum matahari terbit.

Gak perlu takut merasa kekurangan waktu tidur. Justru dengan terbiasa bangun pagi, kamu akan terbiasa dapat mengatur waktu tidur dengan baik. Dengan begitu, kamu akan merasa segar, dan bersemangat memulai aktivitas.

So, untuk kamu yang terbiasa bangun siang dan gerabak gerubuk saat berangkat ke kantor. Sebaiknya, mulai usahakan untuk tidur lebih awal dan bangun lebih pagi.

Baca juga: Bisa Sukses Sebagai Karyawan, Kenapa Enggak? Wujudkan dengan Lakukan Hal Ini 

2. Olahraga

Olahraga
Olahraga

Setelah bangun lebih awal di pagi hari, kamu bisa membagi waktumu untuk melakukan olahraga seperti jogging, treadmill atau bersepeda.

Namun, sebelum berolahraga sebaiknya kamu meminum segelas air putih dan mengonsumsi beberapa buah-buahan segar agat perut tidak kembung.

Selain dapat membuat tubuh sehat dan terhindar dari berbagai penyakit, olahraga juga akan membuat kamu merasa lebih bugar. Sehingga, gak ada tuh istilahnya malas-malasan memulai aktivitas.

Baca juga: Pengin Sukses Berbisnis Kreatif? Lakukan 4 Hal Ini Aja

3. Jangan lewatkan sarapan

Sarapan
Sarapan

Siapa di antara kamu yang tidak bisa konsentrasi saat perut terasa lapar? Percaya atau tidak, hal tersebut bisa memengaruhi kinerja kerjamu. Karena itu, agar konsentrasi selalu terjaga jangan pernah melewatkan sarapan ya.

Kamu bisa menyiapkan menu sarapan yang sederhana, namun kaya gizi. Gak perlu memasak, karena buah-buahan dan segelas susu segar sudah bisa membuat kenyang.

Jika tidak sempat sarapan di rumah, kamu bisa mempersiapkan bekal untuk di kantor atau membeli roti dan susu di minimarket. Jika perut kenyang, produktivitas kerja pun akan meningkat.

4. Berpenampilan rapi

Berpenampilan rapi
Berpenampilan rapi

Tahukah kamu, penampilan itu menjadi salah satu faktor penting yang gak boleh luput dari perhatian. Bahkan, banyak yang mengatakan kalau penampilan itu menggambarkan sebagian kecil dari karakter seseorang.

Berkacalah setidaknya 1 menit, dan melihat penampilan kamu secara keseluruhan. Jika ada bagian yang tidak pas atau tidak sesuai, kamu bisa segera memperbaikinya agar tetap kece sesampainya di kantor.

5. Hindari hal yang dapat mengganggu konsentrasi

Fokus bekerja
Fokus bekerja

Terkesan sepele, tapi ternyata nada dering handphone bisa mengganggu konsentrasi. Karena itu, saat waktu kerja sebaiknya silent nada dering handphone-mu agar konsentrasi tetap terjaga.

Pasalnya, saat kamu sedang fokus bekerja tiba-tiba ada bunyi chat masuk, percaya atau gak hal itu bisa menyebabkan pikiran menjadi buyar. Bahkan bisa-bisa kamu lupa sama apa yang ingin kamu kerjakan di awal.

Jika merasa bosan dan terganggu dengan suara-suara di kantor, kamu bisa mendengarkan lagu. Tapi, jangan menyalakan dengan volume yang terlalu besar agar tidak mengganggu rekan kerja yang lain.

6. Selalu merencanakan aktivitas untuk hari esok

Rencanakan aktivitas esok hari
Rencanakan aktivitas esok hari

Tahukah kamu, orang sukses di dunia seperti Bill Gates hingga Steve Jobs selalu meluangkan waktu sibuknya mengevaluasi pekerjaannya hari itu dan kemudian merencakan kegiatannya untuk esok hari. Tujuannya, agar hasilnya bisa lebih maksimal di banding hari sebelumnya.

Kamu bisa memulai dengan menulis kegiatan apa saja yang harus diselesaikan esok hari secara rinci dan lengkap. Lalu, mulainya menyusun kegiatan apa yang perlu diselesaikan terlebih dahulu.

Jika praktiknya di luar rencana, rancanglah kegiatan baru lagi hingga semua kegiatan berjalan dengan semestinya. Pasalnya, melakukan aktivitas tanpa perencanaan yang jelas akan membuat hari-hari yang kamu lalui tidak akan maksimal.

Itulah enam rutinitas gaya hidup sederhana yang perlu kamu terapkan mulai esok untuk meraih sebuah kesuksesan.

Mengubah rutinitas setiap hari memang tidak mudah, tapi dengan tekat dan kemauan besar, kebiasaan buruk itu perlahan-lahan bisa hilang kok. Yuk, tetap semangat meraih impian! (Editor: Chaerunnisa)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →