Gimana Cara Mendapat Beasiswa LPDP? Ini Panduan Lengkapnya

cara mendapat beasiswa LPDP

Gak sedikit orang yang cari informasi soal cara mendapat beasiswa LPDP. Tapi sebelum bahas caranya, LPDP itu apa sih?

LPDP adalah singkatan dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan. Jadi, sesuai dengan Keputusan Menteri Keuangan (KMK) Nomor 18/KMK.05/2012 tanggal 30 Januari 2012, LPDP ini ditetapkan sebagai instansi pemerintah yang bekerja di bawah Kementerian Keuangan dengan tugas utama mengelola dan menyalurkan dana abadi pendidikan, salah satunya lewat beasiswa S2 dan S3, baik dalam atau luar negeri.

Selain Kemenkeu, LPDP juga bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, serta Kementerian Agama.

Di tahun 2018 ini, sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, LPDP baru aja membuka lagi program beasiswa. Menurut informasi di situs LPDP, ada enam golongan beasiswa. Rinciannya adalah sebagai berikut:

1. Beasiswa Reguler;

2. Beasiswa Disertasi;

3. Beasiswa Dokter Spesialis;

4. Beasiswa Afirmasi:
– Beasiswa Daerah Tertinggal
– Beasiswa Alumni Bidikmisi Berprestasi
– Beasiswa Individu Berprestasi dari Keluarga Miskin/Prasejahtera
– Beasiswa Prestasi Olahraga, Seni, Kebudayaan, dan Keagamaan
– Beasiswa Penyandang Disabilitas
– Beasiswa PNS/TNI/POLRI
– Beasiswa Santri
– Beasiswa Prestasi Olimpiade Bidang Sains, Teknologi, dan Keterampilan atau Talent Scouting

5. Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia (BUDI)*; dan

6. Program Co-Funding

[Baca: Milih Sekolah Anak, Ini 5 Hal Lain yang Penting Selain Biaya]

1. Dalam negeri (reguler, dokter spesialis, dan afirmasi kecuali santri dan BUDI)

cara mendapat beasiswa LPDP

2. Luar negeri (reguler, dan semua beasiswa afirmasi)

cara mendapat beasiswa LPDP3. Beasiswa disertasi periode I

4. Beasiswa disertasi periode II

cara mendapat beasiswa LPDP

Cara mendapat beasiswa LPDP

cara mendapat beasiswa LPDP
Ada 4 ribu beasiswa tahun ini loh (Liputan 6)

Setelah kamu tahu jadwalnya, tentukan dulu beasiswa mana yang pengin kamu ajukan. Jangan sampai salah. Setelah itu lakukan registrasi online di situs LPDP. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Buat akun

Di situs LPDP kamu harus bikin akun terlebih dulu. Gak susah kok, sama aja dengan isi formulir online. Pastikan isinya emang benar dan sesuai dengan datamu.

2. Verifikasi akun

Usai akunnya jadi, maka bakal ada proses verifikasi yang harus dilakukan via email. Kamu udah tahu deh sama caranya. Kurang lebih sama kayak bikin akun di medsos.

Setelah proses verifikasi, maka langsung update ya akunmu di situs LPDP. Berikan informasi serinci mungkin, biar proses seleksi bisa lancar.

3. Daftar beasiswa

Pilih menu “Daftar” buat melakukan registrasi beasiswa. Lalu pilih program beasiswa yang emang kamu pengin.

Di sana bakal tertera periode studi, negara tujuan, bidang keilmuan, dan pemilihan lokasi wawancara yang bisa kamu pilih. Tinggal isi aja sesuai yang kamu pengin, dan jika udah, langsung klik “Daftar.”

4. Lengkapi Riwayat Pendidikan

Jangan lupa juga di bagian menu Daftar bakalan ada “riwayat pendidikan dan pekerjaan” yang harus kamu isi. Di sana juga ada kolom IPKnya ya. Ingat isi sesuai kenyataan.

5. Lengkapi kolom organisasi

Buat kamu yang pernah jadi aktivis selama kuliah S1, kolom ini juga wajib diisi ya. Tulis aja sesuai dengan pengalaman organisasimu.

6. Lengkapi kolom lainnya

Di kolom yang satu ini, isinya cuma nilai TOEFL, kemampuan bahasa, workshop, dan pengalaman riset-riset. Sifatnya sebagai pelengkap, tapi kalau dicuekin ya datamu jadi gak lengkap juga dong.

7. Unggah dokumen

Apa aja dokumen yang harus disiapkan buat pendaftaran beasiswa LPDP? Cukup banyak. Pastinya ada ijazah kuliah, transkrip nilai, sertifikat bahasa asing, proposal rencana studi, surat pernyataan wajib, surat izin resmi dari instansi atau perusahaan tempatmu bekerja, surat keterangan sehat, dan sebagainya.

Semua dokumen itu harus kamu unggah. Kalau berhasil maka bakal akan muncul tulisan download di sebelah kirinya. Di bagian ini kamu juga harus bikin esai tentang rencana studi dan kontribusimu buat Indonesia.

Esainya gak panjang kok, cuma 500 kata aja. Setelah itu klik simpan dan submit.

8. Cek status pendaftaran

Usai kamu melakukan submit pendaftaran beasiswa, jangan lupa cek ulang status pendaftaran di bagian menu Daftar. Pendaftar cuma bisa mendaftarkan diri di satu program dalam satu periode seleksi. Itu artinya, kamu baru bisa ikut seleksi ulang kalau gak lulus.

9. Tunggu pengumuman hasil seleksi

Tugas kamu sekarang adalah sabar sampai hari H pengumuman hasil seleksi administrasi. Ketika udah memasuki tanggal pengumuman, maka kamu tinggal masuk aja ke menu status dan lihat sendiri apa yang tertera di sana.

Jika emang lulus, kamu bakal diminta mengunduh kartu peserta buat masuk ke tahap selanjutnya. Kartu itu harus dicetak dan kamu juga bakal diberikan undangan seleksi substansi.

10. Seleksi substansi

Ini merupakan tahap yang benar-benar menentukan. Ketika kamu berhasil, maka kamu bakal dapat beasiswa. Sebaliknya kalau kamu gagal.

Pada tahap seleksi substansi ini kamu bakal diminta menulis esai on the spot dengan tema yang random alias gak bisa ditebak. Lalu nanti ada leaderless group discussion, semacam diskusi yang temanya juga random, tapi biasanya adalah isu-isu yang lagi ramai.

Tahap terakhir di hari itu yang harus kamu lalui adalah wawancara. Bakal banyak banget yang ditanya oleh panitia, dan biasanya pakai Bahasa Inggris.

Pengumuman seleksi substansi juga bisa dilihat via online di dashboard akun LPDP kamu. Kalau emang lulus, ya hebat deh! standing applause buat kamu.

Kurang lebih gitu cara mendapat beasiswa LPDP yang harus kamu ketahui. Emang gak mudah, tapi sebanding banget dengan apa yang bakal kamu dapat.

Berhubung sekarang udah jadwal daftar dan kamu juga udah tahu cara mendapat beasiswa LPDP, jangan ragu-ragu lagi deh. Segara buat akun dan persiapkan semuanya. Setidaknya kamu udah mencoba, perkara gagal atau enggak itu urusan belakangan.

[Baca: Ini Hal-hal yang Sering Dianggap Sepele Saat Kuliah tapi Penting Banget Pas Kerja]

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →