Giro Mandiri Pas Banget Buat Kamu yang Punya Bisnis

produk giro mandiri

Bagi para pelaku bisnis, giro udah menjadi bagian penting selama proses bisnis berlangsung. Dengan adanya giro, transaksi keuangan akan jauh lebih mudah. Salah satu bank yang juga memiliki produk ini adalah Bank Mandiri dengan giro Mandiri.

Pada dasarnya, produk giro menawarkan banyak keuntungan yang akan memudahkan nasabahnya dalam bertransaksi. Untuk lebih jelasnya, mari simak penjelasan lengkapnya mengenai Giro Mandiri di bawah ini.

Kenapa harus memiliki giro Mandiri?

Giro Mandiri adalah jenis layanan yang dihadirkan oleh Bank Mandiri yang berfungsi sebagai simpanan dana pihak ketiga yang penarikannya dapat dilakukan setiap saat.

Penarikan dananya dapat dilakukan dengan tiga cara, yaitu menggunakan cek, bilyet giro, dan sarana pembayaran lainnya yang sesuai ketentuan Bank Mandiri.

Keuntungan membuka Giro Mandiri

Banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan membuka Giro Mandiri, beberapa di antaranya sebagai berikut.

1. Sistem bunga yang progresif dan kompetitif

Sistem bunga Giro Mandiri terbilang cukup progresif dan kompetitif. Semakin besar saldo yang kamu miliki, maka semakin tinggi pula keuntungan yang akan kamu dapat.

2. Kemudahan bertransaksi

Transaksi giro Mandiri bisa dilakukan melalui berbagai platform yang disediakan Bank Mandiri, seperti melalui ATM Mandiri, Mandiri SMS, Mandiri Call, dan Mandiri Internet. Tidak hanya itu, penyetoran dan penarikan juga bisa dilakukan di seluruh cabang Bank Mandiri yang tersebar di seluruh Indonesia. 

Tersedia pula pilihan rekening gabungan atau joint account khusus rekening perorangan.

3. Tersedianya Sweep Account

Bagi pemilik giro Mandiri Rupiah Perorangan bisa memanfaatkan fasilitas sweep, yaitu fasilitas memindahkan dana secara otomatis dari Mandiri Tabungan ke rekening giro pribadimu.

Persyaratan buka rekening Giro Mandiri

Berikut ini adalah persyaratan membuka giro Mandiri yang harus kamu pahami.

  • Setoran awal minimal Rp1 juta.
  • Tidak termasuk daftar hitam BI.
  • Rekening perorangan:
    • Berusia 21 tahun ke atas atau telah menikah.
    • Mengisi formulir permohonan.
    • Menyerahkan fotokopi identitas diri dan NPWP.
    • Pas foto ukuran 4×6.
    • Dikenakan biaya administrasi bulanan.
  • Rekening Badan Usaha:
    • Mengisi formulir permohonan.
    • Menyerahkan fotokopi identitas diri, NPWP, TDP, SIUP, dan Akte Perusahaan.
    • Dikenakan biaya administrasi bulanan.

Giro di Bank Syariah Mandiri

pembayaran giro di bank

Giro Mandiri tidak hanya hadir di Bank Mandiri konvensional saja, namun Bank Syariah Mandiri juga memiliki produk giro bernama BSM Giro.

BSM Giro menawarkan beragam keuntungan seperti kemudahan transaksi baik menggunakan cek maupun bilyet giro, tersedianya fasilitas intercity clearing, yaitu kecepatan pembayaran inkaso dan kliring antarwilayah serta nasabah juga akan mendapatkan bonus bulanan sesuai kebijakan.

Fitur dan biaya BSM Giro

Sebelum memutuskan membuka rekening BSM Giro, pahami terlebih dahulu fitur dan biaya yang harus disiapkan berikut ini.

  • Berdasarkan prinsip syariah akad wadiah yad dhamanah.
  • Minimal setoran awal dan saldo Rp500 ribu (perorangan) dan Rp1 juta (bukan perorangan).
  • Biaya administrasi bulanan:
    • Perorangan: Rp15 ribu (tanpa ATM) dan Rp17 ribu (dengan ATM).
    • Perusahaan: Rp25 ribu.
  • Biaya tutup rekening: pelanggaran Rp50 ribu dan permintaan sendiri Rp20 ribu.
  • Biaya buku cek/giro: Rp100 ribu.

Persyaratan buka rekening BSM Giro

Berikut ini adalah persyaratan membuka BSM Giro yang harus kamu pahami.

  • Rekening perorangan:
    • KTP
    • NPWP
  • Rekening Badan Usaha:
    • KTP/Paspor Pengurus atau pejabat yang berwenang.
    • Akte Pendirian dan Akte Perubahan Perusahaan berikut Pengesahan Perusahaan.
    • Anggaran Dasar Perusahaan.
    • SIUP, TDP/Izin usaha dari instansi yang berwenang, NPWP, SK. Domisili.

Daftar kantor cabang Bank Mandiri

Rekening Giro Mandiri bisa dibuat di seluruh cabang Bank Mandiri yang tersebar di seluruh Indonesia. Untuk memudahkanmu, berikut adalah beberapa daftar kantor cabang Bank Mandiri di Indonesia.

Bank Mandiri

Kantor Pusat

Jl. Jend Gatot Subroto Kav. 36-38 Jakarta Selatan 12190. Telepon: 1400

Kantor Cabang

  • Jakarta Barat: Jl. Gajah Mada No. 112 F, (021) 63854193 – 194
  • Jakarta Selatan: Grha Matra Jl. Ampera Raya No.11, (021) 7813782
  • Jakarta Pusat: Jl. Alaydrus No.42A, (021) 6342417, 6342418
  • Jakarta Timur: Jl. Cipinang Jaya No. 357, Cipinang Besar Selatan, (021) 85903526
  • Jakarta Utara: Gedung CBD Pluit Blok A No. 6, Jl. Raya Pluit Selatan, (021) 66675340
  • Serang: Jl. Diponegoro No. 8, (0254) 205379
  • Yogyakarta: Jl. Jend. Sudirman No. 26, (0274) 557069
  • Bandung: Jl. Jend. Ahmad Yani No. 317, (022) 7218551
  • Semarang: Jl. Sisingamangaraja, (024) 8314450
  • Surabaya: Darmo Trade Center Lt. 1 Kios A1-2, Jl. Wonokromo Raya, (031) 8484490,
  • Padang: Jl. Bagindo Aziz Chan No. 12, Padang, (0751) 31501 – 2
  • Palembang: Jl. Mayor Ruslan, Palembang, (0711) 364025
  • Medan: Jl. Putri Hijau No. 10, Medan, (061) 80010082 – 83
  • Pontianak: Jl. Letjen. S. Parman No. 01, (0561) 741777
  • Palangkaraya: Jl. Tjilik Riwut No. 58 Kasongan, (0536) 4041932
  • Banjarmasin: Pelabuhan Trisakti, Jl. Barito Hilir No. 6, (0511) 364965
  • Samarinda: Jl. Mulawarman No. 23, (0541) 742097
  • Mamuju: Jl. Andi Pangeran Pettarani No. 19, (0426) 22386
  • Makassar: Jl. Ir. Soekarno Komp. Pelabuhan Indonesia IV No. 1, (0411) 316125
  • Palu: Jl. Dr. Sam Ratulangi No. 60, (0451) 424971
  • Kendari: Jl. Brigjend M. Yoenoes No. 189 A-B, (0401) 319445
  • Manado: Komplek Bahu mall S/ 12, Jl. Wolter Monginsidi, Bahu, (0431) 860034
  • Denpasar: Jl. Veteran No. 1, (0361) 226761 – 3
  • Mataram: Jl. Sandubaya No.2 Bertais – Cakranegara, (0370) 672320
  • Kupang: Jl. Muhammad Hatta No. 54 A, (0380) 832459
  • Ambon: Jl. Pantai Mardika, (0911) 354572-5
  • Ternate: Jl. A. Mononutu No. 91, (0921) 327304
  • Jayapura: Jl. Raya Waena Sentani No. 35, (0967) 572815
  • Manokwari: Jl. Yos Sudarso No. 61, (0986) 213567

Bank Syariah Mandiri

Kantor Pusat

Wisma Mandiri I Jl. MH. Thamrin No. 5, Jakarta 10340, Telepon: 14040

Kantor Cabang

  • Jakarta Barat: Jl. Hayam Wuruk No. 101, Kec. Tamansari, Jakarta Barat. (021) 6259000
  • Jakarta Selatan: Jl. Ciledug Raya Cipulir No. 123E, Jakarta Selatan. (021) 7244664
  • Jakarta Pusat: Jl. M. H. Thamrin No. 5, Jakarta Pusat. (021) 2300509
  • Jakarta Timur: Jl. Paus Raya No. 86, Rawamangun, Jakarta Timur. (021) 4711987
  • Jakarta Utara: Jl. Boulevard Artha Gading, Sentra Bisnis Artha Gading Blok A-6 A-7, Kec. Kelapa Gading, Jakarta Utara. (021) 45874552
  • Yogyakarta: Jl. Laksda Adi Sucipto No. 167, Kp. Ambarukmo Blok I, Caturtunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta. (0274) 484202
  • Tangerang: Jl. Merdeka No. 308 Cimone, Tangerang, Banten. (021) 5580754
  • Bandung: Jl. Ir. H. Juanda No. 24, Kel. Citarum, Kec. Cibeunying, Bandung, Jawa Barat. (022) 84469443
  • Semarang: Jl. Pandanaran No. 90, Kel. Pekunden, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah. (024) 3568891
  • Surabaya: Jl. Dharmahusada No. 147, Surabaya, Jawa Timur. (031) 5962361
  • Denpasar: Jl. Raya Puputan No. 114, Kel. Sumerta Klod, Kec. Denpasar Timur, Kota Denpasar, Bali. (0361) 231999

Untuk mendapatkan informasi mengenai lokasi Bank Mandiri terdekat, langsung cek aja di situs resmi Bank Mandiri.

Perbedaan giro dan tabungan

Selain produk giro yang sudah dijelaskan di atas, Bank Mandiri juga memiliki beragam produk tabungan. Kedua jenis produk ini memang tampak sama namun memiliki perbedaan yang lumayan signifikan.

Supaya tidak bikin bingung, berikut ini perbedaan mendasar antara rekening tabungan dan rekening giro.

Laporan bulanan nasabah

Pada rekening tabungan, nasabah yang ingin mengetahui informasi laporan rekening maka nasabah harus mendatangi bank terdekat dan meminta untuk dilakukan pencetakan berbagai informasi transaksi pada buku tabungan.

Berbeda dengan rekening giro, pada giro nasabah akan menerima rekening giro yang berisi laporan dana yang keluar maupun masuk.

Transaksi rekening

Di rekening tabungan, nasabah akan menerima kartu ATM. Kartu ini akan menjadi alat transaksi keuangan nasabah.

Sedangkan pada rekening giro, nasabah akan diberikan layanan cek, bilyet giro sebagai alat pembayaran.

Batas jumlah penarikan dan transfer

Dalam rekening tabungan, bank akan memberikan batasan jumlah dana yang bisa ditarik maupun ditransfer. Sehingga jika ingin melakukan penarikan dalam jumlah besar, nasabah harus mendatangi bank terdekat untuk melakukan transaksi melalui teller.

Pada rekening giro, nasabah bebas melakukan penarikan berapa saja dengan jumlah besar alias tidak ada batasan transaksi.

Nah, itu dia informasi terkait giro Mandiri yang bisa kamu ketahui. Giro memang cocok bagi kamu yang berprofesi sebagai bisnis. Agar bisnis kamu semakin berkembang, yuk baca artikel bisnis lainnya di Lifepal.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →