Gojek Sediakan 1.200 Tempat Makan Murah Buat Driver Ojol

Ilustrasi Pojok Swadaya Gojek (Shutterstock)

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI) pada tahun 2019, salah satu manfaat utama yang paling dirasakan oleh mitra Gojek adalah memiliki tabungan yang cukup.

Hal ini tentunya tidak terlepas dari keberhasilan program Gojek Swadaya yang selama ini telah meringankan pengeluaran. Membantu mitra merencanakan pengeluaran, serta memberikan perlindungan finansial bagi mitra dan keluarga.

Untuk terus meningkatkan capaian tersebut, Gojek luncurkan ribuan Pojok Swadaya demi menekan pengeluaran mitra Gojek. Selain juga membantu perekonomian pelaku UMKM Indonesia. Inovasi tersebut juga dilengkapi dengan Pengintegrasian Fitur GoPay di aplikasi super-app mitra driver.

Gede Manggala, VP of Operations Jabodetabek Gojek mengatakan, mitra driver adalah bagian penting dalam ekosistem Gojek. Hadirnya Pojok Swadaya dan Pengintegrasian fitur GoPay merupakan salah satu upaya Gojek menjawab aspirasi. Disamping menawarkan kemudahan bagi mitra driver melalui teknologi.

Melalui Pojok Swadaya, perusahaan menggandeng ribuan pelaku UMKM lokal mulai dari warung makan hingga toko kelontong untuk memberikan harga spesial khusus mitra driver Gojek. Harga spesial ini dapat dinikmati mitra driver Gojek langsung dari super-app mitra driver.

“Dengan demikian, mitra bisa semakin berhemat dan dapat mengalokasikan pendapatannya untuk hal lain yang menunjang masa depannya dan keluarga,” tambah Gede.

Sediakan 1.200 Titik Pojok Swadaya

Pojok Swadaya berada di lokasi-lokasi strategis di tempat mitra driver biasa beristirahat atau sedang menunggu pesanan dari konsumen. Saat ini sudah ada lebih dari 1.200 Pojok Swadaya di Indonesia dan akan terus bertambah untuk mendukung kesejahteraan mitra.

“Gojek paling paham apa yang dibutuhkan oleh kami para mitranya. Sekarang saya dengan mudah dapat bertransaksi menggunakan aplikasi mitra di area saya biasanya nongkrong,” ujar Billy salah satu mitra driver.

Billy menjelaskan bahwa dengan inisiatif ini, pengeluaran wajib saat bekerja seperti makan dan minum dapat terjaga. “Bayangkan, harga satu porsi bisa dapat dua. Saya merasa sangat terbantu dengan hadirnya Pojok Swadaya. Ini menjadikan saya semakin semangat memberi pelayanan terbaik.”

Bukan hanya mitra driver, Pojok Swadaya juga mendukung perekonomian pelaku UMKM di Indonesia. Fitri, merchant Pojok Swadaya – Tupat Sayur Padang Risky turut bercerita. “Sejak saya bergabung menjadi merchant Pojok Swadaya, warung saya semakin banyak pembeli, terutama mitra driver Gojek.”

“Dengan bergabung menjadi merchant Pojok Swadaya, secara otomatis saya menjadi merchant GoPay. Hal ini sangat menguntungkan bagi usaha saya karena konsumen lain yang tidak membawa uang tunai dapat langsung bertransaksi dengan memindai GoPay QR code,” tambah Fitri.

Selain mengembangkan Gojek Swadaya, secara konsisten mereka menghadirkan ragam pelatihan dan wadah pengembangan diri lewat Bengkel Belajar Mitra (BBM) yang dapat mendorong semangat berwirausaha.

Sebagai satu-satunya pelatihan paling komprehensif di industri ride-hailing di Indonesia, ilmu yang mitra dapatkan dari BBM tidak hanya dapat meningkatkan taraf hidup. Tetapi juga mengangkat kesejahteraan keluarga serta perekonomian lokal.

Secara konsisten perseroan juga terus melakukan inovasi fitur dalam super-app mitra untuk memudahkan mitra driver dalam kegiatannya sehari-hari. Sebelum pengintegrasian fitur GoPay, perusahaan telah mengembangkan fitur chat.

Ini dapat membantu mitra driver menghemat pulsa serta fitur rekapitalusi pendapatan (income summary) agar mitra semakin mudah mengatur keuangan.

Editor: Ayyi Achmad Hidayah