Selain Hemat Paket Data, Ini Lho Terobosan Baru yang Terdapat di Google Search

Buat kamu yang selalu mengandalkan Google Search dalam mencari berbagai informasi, ada kabar gembira nih buat kamu. Pasalnya, Google menghadirkan sejumlah terobosan baru dalam layanan Google Search.

Dalam acara Google for Indonesia 2019 yang berlangsung hari Rabu (20/11), Google memperkenalkan program dan produk baru yang dapat membantu orang-orang di Indonesia dalam meningkatkan keterampilan, mengoptimalkan bisnis, hingga menunjang kegiatan sehari-hari yang kebanyakan dilakukan secara online.

Nah, apa aja yang ditawarkan Google dalam rangka mengajak orang-orang Indonesia “maju sama-sama”? Ada sejumlah produk hingga terobosan baru yang diluncurkan. Contohnya aja Bangkit, yang adalah program pelatihan gratis selama enam bulan buat para developer agar menjadi SDM yang andal.

Kemudian ada penambahan fitur penelusuran prediktif (queryless) yang memudahkan orang-orang dalam menemukan produk-produk yang pengin dibeli di Google Shopping. Selain itu, penelusuran penawaran produk di Google Shopping sekarang gak cuma menggunakan bahasa Indonesia dan Inggris, tapi juga bisa menggunakan bahasa Jawa lho.

Inovasi yang terdapat di Google Shopping makin lengkap dengan menyediakan akses bagi para peretail buat memasarkan produk-produk mereka di Google Shopping. Cukup membuat profil di Google Bisnisku, para peretail bisa berbisnis secara online di Google.

Di Google for Indonesia 2019 ini, Google juga mengumumkan kerja sama baru dengan Telkom mengenai Google Station. Keberadaan Google Station ini bertujuan buat membangun jaringan Wi-Fi di seluruh Indonesia supaya orang-orang bisa mendapat akses cepat, gratis, dan aman.

Kalau di Google Search, kira-kira apa aja ya terobosan-terobosan yang dimunculkan Google? Berikut ini ulasannya.

Gak cuma hemat paket data, tulisan di Google Go sekarang bisa langsung diterjemahkan dengan cukup sekali ketuk

Google Search
Google Go sudah dikenalkan sejak tahun 2018

Google menawarkan aplikasi Google Go agar banyak orang bisa merasakan pengalaman berselancar yang cepat dan pastinya hemat paket data. Google Go sendiri telah diperkenalkan di seluruh dunia sejak 2018 menyusul YouTube Go, Files Go, ataupun Gmail Go.

Berbeda dengan aplikasi Google yang sama-sama mesin pencarian, aplikasi Google Go memberi keuntungan bagi penggunanya dalam menghemat paket data sampai 40 persen. Terus di Google Go terdapat fitur pembaca yang bikin orang-orang dapat mendengar tulisan dalam halaman web yang dibacakan oleh aplikasi Google Go.

Saat tulisan tersebut dibacakan, fitur dalam Google Go bakal menandai kalimat yang dibacakan. Dengan begitu, pembaca dapat mengikuti tulisan tersebut. Mengapa fitur ini ada? Sebab Google memahami banyak orang yang lebih senang mendengarkan atau menonton ketimbang membaca.

Enaknya lagi nih Google Translate diintegrasikan dalam Google Go. Begitu pengin mengalihkan tulisan dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia atau bahasa Sunda atau Jawa, cukup ketuk pilihan bahasa yang tersedia di halaman web maka semua isi tulisan diterjemahkan. Pembaca juga bisa memutar hasil terjemahan dalam bentuk suara buat didengarkan.

Dengan fitur Lens, mencari gambar di Google Image Search jadi lebih mudah

Google Search
Google Lens

Di Google Go ada juga fitur Lens yang membantu orang-orang dalam melakukan penelusuran dengan memotret kalimat atau tulisan yang pengin dicari tahu. Fitur Lens juga bisa membacakan kalimat atau tulisan yang kamu potret tersebut, menerjemahkannya dari bahasa asing ke bahasa Indonesia, hingga mendefinisikan makna dari setiap kata dalam kalimat.

Kini fitur Lens ditingkatkan kemampuannya sehingga dapat membantu kamu dalam mencari gambar buat berbagai keperluan. Misalnya aja kamu pengin mencari tahu lebih jauh tentang motif batik. Dengan memotretnya, kamu bisa mengeksplorasi buat mencari motif batik tersebut dengan bantuan fitur Lens.

Ada Key Moments yang bantu temukan momen-momen penting dalam sebuah video

Google Search
Google juga menyematkan key moment untuk pencarian video (Shutterstock).

Pengin langsung memutar di momen yang diinginkan dalam sebuah video? Tenang, kini dalam Google Search, hal tersebut bisa kamu lakukan. Sebab Google menyediakan fitur Key Moments yang digunakan buat mencantumkan link-link ke momen-momen dalam sebuah video.

Pencantuman link-link di sebuah video dengan memanfaatkan Key Moments ini dilakukan si kreator konten di YouTube. Para kreator cuma perlu menambahkan petunjuk waktu dalam deskripsi video. Fitur ini nantinya aktif sebagai markup data terstruktur di konten video.

Nah, itu tadi informasi mengenai produk dan beberapa terobosan dalam layanan Google demi membantu orang-orang dalam mengoptimalkan penggunaan internet. Semoga informasi barusan bermanfaat! (Editor: Winda Destiana Putri).

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis