Horeee… Pengusaha Kecil Bisa Makin Cuan karena Platform Google Shopping!

google shopping

Pernah menggunakan Google Shopping untuk mencari sesuatu? Platform ini sekarang jadi makin canggih lho, bahkan bisa membantu para pengusaha UMKM untuk memasarkan produk mereka.

“Kami berupaya untuk menghubungkan para merchant dan calon pembeli. Para pembeli akan mendapatkan sensasi belanja layaknya di mall ketika mengunjungi outlet-outlet dan melihat barang-barang yang ingin mereka beli,” ujar Product Management Director Google Shopping, Amit Deshlande, dalam press briefing di kantor Google Indonesia, Jakarta, 18 November 2019.

Dulu, Google Shopping mungkin hanya jadi platform yang membantumu mencari barang di situs-situs e-commerce saja. Namun sekarang, kamu sudah bisa melihat toko-toko atau peritel kecil dan barang dagangan mereka di situs ini.

Mau tahu apa saja fitur yang bisa dimanfaatkan di platform ini? Yuk cari tahu lebih lanjut.

Baca juga: Selain Hemat Paket Data, Ini Lho Terobosan Baru yang Terdapat di Google Search

1. Toko bisa cantumkan produk mereka 100 persen gratis!

google shopping
Bebas cantumkan segala produk yang dijual. (Pixabay)

Ini dia yang disebut mengapa Google Shopping bisa sangat membantu UMKM. Produk-produk dan toko mereka bisa dimunculkan di sini secara gratis!

Mereka hanya perlu membuka fitur Merchant Center di situs ini yang memang ditujukan khusus untuk para seller. Setelah itu, foto produknya tinggal diunggah saja. 

Semudah itu! 

“Tujuannya adalah untuk membantu para pengusaha UMKM, mereka gak perlu bayar sewa lapak. Unggah saja foto produk mereka sebanyak-banyaknya di sini, gratis!” tegas Deshlande.

Bukan cuma gratis sih, tentu saja situs ini juga dilengkapi machine learning-nya Google. Otomatis penjual bisa memanfaatkan keyword-keyword tertentu agar barang dagangannya bisa muncul di halaman pertama.

Baca juga: Kaya Raya Berkat Saham Google, Ini 5 Orang yang Jadi Pemegang Terbesar

2. Belanja cerdas dan hemat

google shopping
Bisa bandingkan harga dari banyak toko. (Pixabay)

Buat para buyer, dengan beragamnya informasi soal toko-toko di situs ini, maka kamu bisa bandingkan harga barang-barang yang kamu buru. 

Setelah kamu temukan barang yang tepat, kamu bisa membelinya secara online di e-commerce atau langsung di tokonya. 

Tampilan dari Shopping Homepage juga sudah dipersonalisasi sedemikian rupa, agar kamu bisa melihat produk yang memang relevan. Deshlande menambahkan, salah satu misi dari situs ini adalah menghubungkan pembeli ke toko yang “relevan.”

Baca juga: Selain Gajinya Miliaran Rupiah, Ini 8 Alasan Kerja di Google Jadi Pilihan Terbaik

3. Google Bisnisku

google shopping
Peluang tambah untung buat yang selama ini belum punya lapak online. (Pixabay)

Zaman sekarang, peluang toko yang selama ini sama sekali gak ngelapak di dunia maya untuk dapat pelanggan baru bakal lebih tinggi! Mengapa demikian? 

Karena Google Bisnisku bakal membantu toko-toko mereka muncul di Google Shopping!

Akun Google Bisnisku adalah akun khusus pebisnis yang tujuannya untuk membantu mereka menjangkau pelanggan di Google Maps dan Search. Dengan teknologi Google saja, mereka gak perlu buka akun di e-commerce atau situs jual-beli lainnya.

Mereka hanya perlu posting foto, menampilkan deskripsi bisnisnya, hingga nomor kontak. 

Tentu saja, platform ini pas banget digunakan oleh para pemilik usaha mikro atau pengusaha kuliner di pinggir jalan. Dijamin makin cuan deh!

Itulah sekilas informasi mengenai Google Shopping yang bisa bikin cuan pengusaha dan bikin cerdas para calon pembeli. Bisa makin irit deh soal urusan belanja kali ini. (Editor: Ruben Setiawan)