Kamu yang Introvert Deg-degan Masuk Hari Pertama Kerja? Begini Mengatasinya

Buat yang introvert begini lho mengatasi hari pertama kerja

Buat yang fresh graduate atau entry level menghadapi hari pertama kerja pasti mengalami panas dingin nih. Apalagi bagi kamu yang memiliki kepribadian introvert, gimana ya cara mengatasi rasa gugup saat memasuki dan menginjakkan kaki dunia kerja di hari pertama? 

Grogi, gugup hingga merasa cemas bakal kerap dialami oleh fresh graduate atau calon karyawan yang masuk ke kantor baru. Belum mengetahui medan perkantoran hingga lingkungan kerja yang baru pasti terpikirkan bagi kamu semua. 

Nah kondisi seperti ini rasanya sangat sulit dihadapi oleh orang yang memiliki kepribadian tertutup alias introvert. Seperti dikutip dari Qerja.com, Senin, (27/1/2020), ada lho cara-cara mengatasi rasa gugup dan grogi di hari pertama kerja bagi kamu yang introvert

Coba latihan memperkenalkan diri

Perkenalkan diri gak ada salahnya lho di hari pertama
Perkenalkan diri gak ada salahnya lho di hari pertama, (Pixabay).

Saat memasuki hari pertama kerja yang mesti dilakukan bagi kamu si introvert adalah coba deh latihan memperkenalkan diri. Memperkenalkan diri di depan orang banyak memang terkadang bikin kamu makin grogi, belum memulai saja udah gugup. 

Kalau udah begini kamu pasti bakal merasakan makin gak nyaman, betul gak? Tapi gak ada salahnya kok kamu latihan bagaimana memperkenalkan diri di depan banyak orang. 

Coba seringkali buat latihan agar nanti kamu gak merasa gugup saat berbicara di depan banyak irang. Latihan mulai menyebutkan detil diri pribadi, riwayat singkat hingga hobi yang kamu miliki. 

Dengan menyebutkan hal-hal di atas dijamin bakal bikin suasana hati kamu menyatu dengan lingkungan pekerjaan. 

Tiba di kantor lebih awal 

Datang lebih awal gak ada salahnya lho
Datang lebih awal gak ada salahnya lho. Di sini nanti kamu bisa basa-basi dengan orang kantor, (Pixabay).

Ketiba waktunya tiba buat masuk kerja di hari pertama, usakan nih kamu datang di kantor lebih awal. Nah saat tiba di kantor lebih awal, pastinya suasana kantor akan terasa sepi alias belum banyak orang. 

Paling-paling kamu hanya menemukan office boy, petugas cleaning service, atau satu dua rekan kerja mu. Saat suasana kantor masih sepi, dengan orang-orang tertentu kamu bisa nih memulai pembicaraan atau sekedar basa-basi di hari masuk kerja. 

Jika kamu datang pada jam kantor, ada kemungkinan situasi ruangan sudah ramai. Tapi gak ada salahnya lho kamu memulai perkenalan terlebih dahulu dengan menyapa agar rasa nyaman itu ada. 

Mengungkapkan gaya kerja kamu

Mengutarakan gaya kerja kamu yang lebih suka tempat sepi
Mengutarakan gaya kerja kamu yang lebih suka tempat sepi, bisa lho kamu utarakan, (Pixabay).

Kamu gak perlu nih megungkapkan kalau kamu memiliki kepribadian tertutup. Dengan cara menceritakan gaya kerja mu ke atasan atau rekan kerja, mereka dengan sendirinya sudah bisa menilai profesionalitas mu dalam bekerja. 

Atau juga bisa menjelaskan ke atasan atau supervisor mu, kalau kamu tipe orang yang akan berdiam saja ketika tengah meeting. Atau juga bisa menceritakan sejak awal, kalau kamu lebih senang bekerja di tempat yang lebih sepi sehingga dengan baik mampu berkonsentrasi. 

Kalau sudah begini, atasan atau supervisor kamu akan memberikan porsi pekerjaan dan peran yang lebih tepat. 

Memilih one-on-one saat pertemuan

Memilih pergi berdua atau bertiga bisa kok kamu lakukan di kantor
Memilih pergi berdua atau bertiga bisa kok kamu lakukan di kantor, (Pixabay).

Menjalin pertemanan dengan rekan di kantor itu sangat penting lho bagi kamu yang introvert. Meskipun memiliki kepribadian yang tertutup, bukan berarti kamu gak menjalin pertemanan dengan rekan kerja di kantor. 

Membangun hubungan baik dengan rekan kerja di kantor tentunya sangat membantu dirimu lho. Di saat mengalami kesulitan, kamu bisa bertukar pikiran atau meminta tolong pada rekan kerja mu. 

Oleh karena itu jika kamu merasa gak nyaman dengan banyak orang, bisa lho mengajak satu atau dua rekan kerja buat makan siang. Kamu gak perlu mengiyakan ajakan semua makan siang dari teman di kantor. 

Cari tempat yang nyaman buat menyendiri

Mencari tempat menyendiri buat kerja
Mencari tempat menyendiri buat kerja, (Pixabay).

Nah ini nih salah satu cara yang bisa mengatasi rasa gak nyaman atau gugup saat bertemu banyak orang. Bagi kamu yang introvert gak ada salahnya lho mencari spot atau tempat nyaman buat menyendiri. 

Apalagi kalau kamu bekerja di perusahaan yang besar dan memiliki ruang kerja banyak, pasti ada saja nih tempat kosong buat dirimu meyendiri. Terkadang bagi orang yang introvert tempat sepi sangat diperlukan sekali lho. 

Nah itu dia cara mengatasi bagi kamu yang introvert saat memasuki hari pertama kerja. Silahkan mencoba semoga bisa mengatasi rasa gugup atau grogi kamu di hari pertama masuk kerja. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →