Mengenal Hanifan Yudani, Pesilat yang Bikin Jokowi dan Prabowo Pelukan

Hanifan Yudani (IG Hanifanyk)

Kemenangan tim pencak silat Indonesia menyabet emas dalam Asian Games 2018 membuat Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto berpelukan. Momen berpelukan antara kedua capres itu membuat pesilat Hanifan Yudani Kusumah turut menjadi sorotan.

Dalam selebrasi kemenangan, Hanifan tampak memeluk Jokowi dan Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia Prabowo Subianto secara bersamaan.

Pelukan terjadi usai Pesilat Hanufan Yudani Kusumah berhasil menyabet emas untuk partai tunggal putra. Momen itupun langsung menjadi topik panas media dan beredar luas di media sosial. Bahkan, sosok Hanifan Yudani Kusumah langsung menjadi buah bibir.

Buat kamu yang penasaran dengan pria kelahiran Bandung, 25 Oktober 1997 ini, berikut 5 fakta seputar Hanifan yang MoneySmart himpun dari berbagai sumber:

Sumbang emas untuk Indonesia

 

 

Perolehan emas Indonesia kembali bertambah berkat sumbangan yang diberikan Hanifan Yudani Kusumah.

Atlet pencak silat itu menang atas wakil Vietnam, Thai Linh Nguyen di nomor putra kelas C 55-60 kg, Rabu (29/8/2018).

Hanifan Yudani Kusumah sukses keluar sebagai pemenang dengan skor 3-2.

Dalam pertarungan tiga, ronde itu Hanifan sempat mendapat kartu merah karena dinilai menyerang wajah lawannya.

Membuat Jokowi-Prabowo berpelukan

 

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Jokowi dan Prabowo memeluk erat atlet pencak silat Hanifan Yudani (Antara/Kumparan/Inasgoc Aditya Noviansyah)

 

Hanifan Yudani Kusumah merayakan kemenangannya atas Thai Linh Nguyen. Ia berlari dan sujud syukur sambil membawa bendera merah putih. Bahkan Hanifan sempat digendong oleh pelatihnya.

Hanifan juga menghampiri Presiden Jokowi, Jusuf Kalla, dan Prabowo Subianto yang ada di tribun penonton.

Awalnya, ia diberi selamat oleh Jokowi. Kemudian, ia menghampiri Prabowo yang ada di samping Jokowi. Melalui siaran langsung, Hanifan tampak memeluk Prabowo dengan erat.

Setelah itu, ia mengajak Jokowi dan Prabowo berpelukan. Ketiganya berpelukan di tribun penonton. Momen berpelukan itu sudah menyebar di media sosial.

Tak sedikit yang memuji aksi Hanifan yang menyatukan calon presiden di Pilpres 2019 itu.

Karier dan prestasi

 

 

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Terjun ke dunia olahraga sejak usia enam tahun, pemilik tinggi 165 cm dan berat 59 kg itu berlatih dan menghabiskan masa kecilnya di Bandung.

Selain menyumbang emas di ajang Asian Games, Hanifan juga telah menyabet medali emas untuk kelas C 55-60 kg di World Championships yang diadakan di Denpasar, 2016 silam.

Hanifan juga berhasil menyabet perunggu di Asian Championships yang digelar di Korea, pada 2017. Dia juga sukses membawa perunggu pada Asian Games di Malaysia, 2017 lalu.

Berasal dari keluarga atlet

 

 

Darah atlet ternyata telah melekat di diri Hanifan Yudani Kusumah. Hanifan juga menggeluti olahraga mengikuti jejak orangtuanya.

Kedua paman Hanifan juga pernah menjadi wakil Indonesia dalam pencak silat. Sementara itu, sang kakek, Achmad Kosasih pernah bermain di klub sepak bola Persib Bandung.

Sudah keliling dunia

 

 

Berkat prestasinya di bidang olahraga beladiri, Hanifan tampaknya telah menapaki kaki keliling dunia. Lewat Instagramnya, hanifan_yk, pria 19 tahun itu tampak membagikan momen saat berada di luar negeri.

Meski begitu, pemilik tubuh atletis ini tampak berkeliling dunia sebagian besar dalam rangka momen olahraga. Salah satunya saat momen dia ke Belgia Open 2018.

“Assalamualaikum wr wb. Bismillah mohon doa dan restu nya. Insyallah BELGIA OPEN 2018 5/6 may 2018 ,saya dan team INA akan bertanding semoga di berikan kesehatan keselamat kejayaan dan mengibarkan bendera merah putih..Aminnn ya robb #roadtoasiangames2018#pencaksilatindonesia #belgiaopen2018,” tulis Hanifan dalam caption foto yang diunggah di Instagramnya.

Hanifan tidak hanya mengunggah momen berada di luar negeri saat tengah sendiri. Dia juga mengunggah foto kbersama sang kekasih yang sama-sama atlet pencak silat, Kamelia Pipit, saat berada di luar negeri.

Itulah beberapa fakta menarik soal Hanifan, atlet pencak silat yang tidak hanya berhasil menyumbang emas di ajang Asian Games, namun juga membuat kedua capres 2019 berpelukan.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →