Mantan Jurnalis Kini Menjadi Anggota DPRD, Kekayaan Hanum Rais Rp 500 Jutaan!

Hanum Rais

Hanum Rais kembali diperbincangkan di jagat maya. Semua bermula dari cuitannya yang seolah menyindir insiden penusukan Wiranto adalah rekayasa. Lepas dari soal cuitannya kita intip aja yuk kekayaan Hanum Rais yang dulunya mantan jurnalis dan masih aktif sebagai penulis buku.  

Sebenarnya, ini bukan pertama kalinya putri Amien Rais mendapatkan sorotan, sebelumnya ia juga sempat mengomentari kasus penganiayaan Ratna Sarumpaet. Ia percaya bahwa tindakan penganiayaan itu benar-benar terjadi, namun faktanya, Ratna telah berbohong dan mengarang-ngarang cerita. 

Meski di dalam cuitannya yang kontroversial itu tidak menyebut nama Menkopolhukam sama sekali, tapi Relawan Jam’iyyah Jokowi-Ma’ruf Amin tidak terima dan melaporkan Hanum ke kepolisian. 

Bergeser dari kontroversinya, Hanum Rais sebenarnya memiliki latar belakang pendidikan dan karier yang cemerlang dan kini menjadi pejabat sebagai anggota DPRD DIY. Berikut ini rangkumannya.

Baca juga: Sejak Lahir Kaya, Pejabat Amerika Ini Punya Kekayaan Mencapai Rp 46 Triliun

Hanum Rais lulusan kedokteran gigi, pernah jadi jurnalis dan penulis buku 

hanum rais
Dulunya ia pernah menekuni profesi jurnalis, (Instagram/@hanumrais).

Hanum Rais memiliki latar belakang pendidikan yang membanggakan. Wanita kelahiran 1982 ini merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Gadjah Mada, Jogja. Tapi setelah lulus, ia malah banting setir menjadi seorang jurnalis. 

Hanum pernah menjadi jurnalis di Trans TV dan kemudian menjadi kontributor untuk kawasan Eropa. Ketertarikannya dengan dunia jurnalistik ini kemudian menuntunnya menjadi seorang penulis. 

Buku-buku yang telah ia terbitkan di antaranya adalah ‘Menapak Jejak Amien Rais’, ‘99 Cahaya di Langit Eropa’, ‘Bulan Terbelah di Langit Amerika’. Beberapa karyanya itu bahkan dituangkan film dan ditayangkan di bioskop Tanah Air. 

Baca juga: Karier Akademik dan Politik Amien Rais yang Patut Diacungi Jempol

Mengikuti jejak sang ayah menjadi politisi

hanum rais
Hanum mengikuti jejak sang ayah, Amien Rais, (Instagram/@hanumrais).

Di tahun 2019 ini, Hanum Ras mencoba peruntungan di dunia politik. Maklum saja, hal ini karena sebagian besar keluarganya merupakan orang-orang politik, mulai dari ayah, hingga kakak-kakaknya. 

Hanum maju jadi caleg DPRD DIY mewakili daerah Sleman dari Partai Amanat Nasional. Dirinya kemudian lolos dan telah dilantik pada tanggal 2 September lalu. 

Baca juga: Akui Pencipta Hoaks Terbaik, Yuk Kenalan Lebih Dekat Sama Ratna Sarumpaet!

Harta kekayaannya Rp 539 juta 

hanum rais
Kekayaan anak dari Amien Rais mencapai Rp 500 jutaan, (Instagram/@hanumrais).

Berdasarkan LHKPN yang dilaporkannya pada Mei 2019 lalu, Hanum Rais memiliki kekayaan sebesar Rp 539 juta. Asetnya ada yang berbentuk tanah dan berbentuk kendaraan. 

Kalau dirinci, Hanum memiliki tanah seluas 363 m2 di daerah Sleman senilai Rp 250 juta. Tanah tersebut didapatkan dari hasil uangnya sendiri. 

Sementara kendaraan, Hanum memiliki satu mobil dan motor. Ada Mitsubishi Pajero Sport tahun 2013 seharga Rp 265 juta, Motor Yamaha keluaran tahun 2017 seharga Rp 24 juta. 

Itulah sepak terjang karier dan harta kekayaan Hanum Rais. Balik ke kontroversi cuitannya, semoga saja gak memengaruhi kinerjanya di DPRD, jadi bisa kerja secara maksimal, mendengarkan aspirasi masyarakat. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →