Biar Gak Jadi Sobat Misqueen, Hapus Kebiasaan Buruk Ini di 2020

Biar-Gak-Jadi-Sobat-Misqueen-Hapus-Kebiasaan-Buruk-Ini-di-2020

Kebiasaan buruk memang bisa berupa aja, salah satunya dalam mengelola keuangan pribadi. Nah agar kamu gak menjadi sobat misqueen di tahun 2020, ada baiknya nih coba deh hapus kebiasaan buruk ini. 

Pasalnya nih mengurangi kebiasaan buruk persis lho gimana cara kamu membangun kebiasaan yang positif. Jika kamu sudah terbiasa membangun kebiasaan positif di kehidupan baik dalam bentuk mengelola keuangan, dijamin deh ke depannya bakal membaik. 

Maka dari itu, penting sekali nih mengelola keuangan di tahun depan agar kamu gak ‘susah-susah’. Seperti dikutip dari CNBCIndonesia.com, Jumat, (27/12), ada lho cara-cara buat menghilangkan kebiasaan buruk agar di tahun 2020 kamu gak mendapatkan gelas ‘sobat misqueen’. Apa saja ya? Yuk baca selengkapnya di sini. 

Baca juga: 15 Kebiasaan Mengatur Keuangan Pribadi yang Bisa Bikin Masa Depan Cerah

Jangan pernah buat menunda menabung di hari tua, ini kebiasaan buruk lho!

kebiasaan buruk
Jangan pernah menunda-nunda buat tabungan hari tua, (Ilustrasi/Shutterstock).

Jika bicara soal pensiun, memang terasa masih jauh sekali. Tapi gak ada salahnya nih kamu udah mulai menyiapkan tabungan hari tua. Jangan pernah buat menunda-nunda, pasalnya jika kamu lakukan hal tersebut maka bisa dibilang salah satu kebiasaan buruk.

Pasalnya jika kamu menunda-nunda atau menunggu untuk berinvestasi, keadaan bakal semakin sulit buat mengejar ketinggalan. Ini yang sering dilakukan banyak orang yang menyepelekan buat berinvestasi atau menabung di hari tua. 

Cara yang paling simpel adalah kamu mengikuti program tunjangan orang tua yang disponsori oleh perusahaan, misalnya BPJS. Kalau kamu seorang wiraswasta bisa lho mempertimbangkan pilihan lain misalnya asuransi. 

Buat idealnya nih, kamu menyisihkan 10 persen dari pendapatan dan jika gak sanggup 1 persen dan ditingkatkan sesuai kemampuan kamu aja. 

Baca juga: Mau Kaya Raya? Ini 7 Cara Cerdas Kelola Keuangan Ala Miliarder

Bayar minimun tagihan kartu kredit

kebiasaan buruk
Jangan pernah juga nih membayar minimum payment kartu kredit, (Ilustrasi/Shutterstock).

Kartu kredit memang sangat menggiurkan nih bagi kebanyakan orang yang memilikinya. Gimana gak, kamu bisa menggunakan limit yang tersedia buat belanja dan dibayarkannya di akhir bulan. 

Nah untuk ini kamu jangan pernah buat membayar tagihan kartu kredit dengan minimum payment. Cara membayar minimum ini malah bikin kamu lama lho memiliki jumlah utang. Mau sampai kapan terus berutang dan membayarnya setiap bulan? 

Utang semakin lama dan bunga pun lebih besar bahkan menumpuk nih. Di tahun 2020, gak ada salahnya lho kamu melakukan pembayaran secara penuh jika hal tersebut memungkinkan. 

Baca juga: Biar Gak Bobol, Ini 5 Cara Efektif Kelola Keuangan Ibu Rumah Tangga

Habiskan pendapatan, sampai-sampai pengeluaran lebih besar

kebiasaan buruk
Kebiasaan buruk ini mesti kamu hilangkan lho menuju makmur di 2020, (Ilustrasi/Shutterstock).

Jika kamu membelanjakan sebanyak-banyaknya yang didapatkan atau lebih maka hidupmu dari gaji ke gaji dan hal ini merubah menjadi utang lho. 

Kalau kamu memiliki gaya hidup seperti itu, nampaknya mustahil nih buat memiliki tabungan yang signifikan. Caranya adalah kamu mencoba hidup di bawah kemampuan jangan di luar kemampuan. 

Gak memiliki tujuan yang jelas

kebiasaan buruk
Gak memiliki tujuan di tahun 2020, itu sangat bahaya lho!, (Ilustrasi/Shutterstock).

Di tahun 2020, kamu mesti memiliki tujuan yang jelas nih alias target. Tetapkan tujuan mu dan jalani rencana agar semua pencapaiannya terpenuhi di tahun depan. 

Misalkan kamu pengin memulai rutin buat menabung di tahun depan, nah kamu harus cari tahu berapa banyak yang harus ditabung per bulannya atau per cek gaji selama setahun agar kamu mengetahui sejauh mana. 

Lakukan transfer otomatis berulang dari rekening kamu ke rekening tabungan buat memastikan kamu tetap konsisten nih dalam menabung. Perlahan kamu lakukan, dijamin deh kelak bakal menikmati hasilnya lho. 

Menunggu-menunggu punya uang banyak, mau sampai kapan?

kebiasaan buruk
Menunggu-nunggu atau menunda sesuatu buat berinvestasi di masa depan merupakan hal yang mesti kamu hilangkan nih, (Ilustrasi/Shutterstock).

Sebenarnya nih kunci berinvestasi itu ada di tangan kamu sendiri lho. Waktu kamu yang menentukan dan hasilnya pun kelak nanti dinikmati jika membuahkan hasil. 

Sebenarnya kamu gak perlu menunggu gaji kamu bakal naik kapan untuk memulai berinvestasi. Coba deh sisihkan lalu taruh uangmu di instrumen yang bisa membuatnya bekerja sendiri. 

Jadi kuncinya kamu jangan pernah buat menunggu sampai kapan? Bangun lah kebiasaan kecil-kecilan agar kelak kamu bisa menuai hasil yang dilakukan sebelumnya. 

Nah itu dia deretan kebiasaan buruk yang bisa kamu hilangkan agar di tahun 2020 kamu gak memiliki gelar sobat misqueen. Yuk coba terapkan dalam dirimu, siapa tahu kamu tahun depan udah jadi sultan nih. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →