Rekomendasi Asuransi Gigi dan Harga Premi Asuransinya

memelihara ikan mas koi

Pernah mengalami sakit gigi? Baik masalah pada gigi sensitif, gigi berlubang, gangguan plak gigi, dan penyakit gusi. Jika pernah, tentu tahu betul bagaimana sakit gigi mengganggu aktivitas sehari-hari. 

Meski merupakan bagian kecil dari tubuh kita, gigi tidak dapat disepelekan. Apalagi untuk mengobatinya, kita harus pergi ke dokter gigi, bukan dokter umum sehingga biaya pengobatannya tentu berbeda. 

Namun tidak perlu cemas lagi soal biaya karena ada produk asuransi gigi yang bisa menanggung biaya perawatan gigi. Apa itu asuransi gigi dan berapa harga asuransi gigi? Yuk, kita pelajari bersama.

Pentingnya Memiliki Asuransi Gigi

Asuransi gigi

Masyarakat Indonesia masih belum menaruh perhatian lebih pada kesehatan gigi dan mulut. Berdasarkan penelitian kesehatan dasar dari Kementerian Kesehatan, masalah gigi dan mulut meningkat sebesar 25,9 persen pada 2013 dan diperkirakan akan terus meningkat.

Namun terlepas dari fakta tersebut, kebiasaan berkunjung ke dokter gigi secara rutin belum dianggap sebagai hal penting. Padahal dengan mengunjungi dokter gigi, kita tidak hanya memastikan kesehatan mulut tetap terjaga, tetapi juga tubuh yang sehat termasuk mendeteksi risiko penyakit seperti gangguan jantung maupun stroke. 

Hal itu didasarkan atas penelitian dari American Dental Hygienist Association menunjukkan hubungan antara penyakit gusi dan kondisi seperti penyakit jantung, stroke, dan diabetes. Ketiga penyakit itu, berdasarkan perkiraan Badan Kesehatan Dunia (WHO), akan menjadi penyebab utama kematian tertinggi di negara-negara berkembang pada 2020.

Mengapa kesehatan gigi dan mulut bisa berdampak pada kesehatan tubuh secara keseluruhan? Sebab mulut merupakan pintu utama segala hal yang masuk dalam tubuh kita. 

Apabila gigi kita rusak, bakteri-bakteri dapat masuk ke pembuluh darah sehingga bisa menyebar ke seluruh organ tubuh, misalnya jantung, paru-paru serta ginjal. Perawatan gigi yang rutin memiliki implikasi terhadap biaya kesehatan yang lebih rendah. Sebab jika ditunda-tunda akan makin parah dan membutuhkan biaya perawatan kesehatan yang lebih rumit dan tentu lebih mahal.

Rekomendasi Produk Asuransi Gigi dan Harganya

Harganya

Saking pentingnya kesehatan gigi dan mulut, kini sudah banyak perusahaan asuransi yang menawarkan produk asuransi gigi. Apa saja? Ini dia perusahaan asuransi yang memberikan manfaat perawatan gigi di dalam produk asuransi kesehatannya dan produk asuransi gigi tersendiri.

1. AXA Mandiri

Asuransi Kesehatan AXA Mandiri memiliki empat solusi proteksi kesehatan, yaitu Asuransi Mandiri Perlindungan Sejahtera, Asuransi Mandiri Solusi Kesehatan, Asuransi Mandiri Kesehatan Prima, dan Asuransi Mandiri Proteksi Penyakit Tropis. Asuransi Mandiri Kesehatan Prima menawarkan coverage tambahan atas kerusakan gigi akibat kecelakaan. 

Selain itu ada Asuransi Kesehatan International Exclusive – MOANA yang merupakan asuransi grup yang mana biasanya dikhususkan bagi kelompok karyawan perusahaan dan turut menanggung biaya perawatan gigi.

2. SmartHealth Maxi Violet dari Allianz

SmartHealth Violet adalah produk dari Asuransi Kesehatan Allianz untuk perorangan atau keluarga. SmartHealth Maxi Violet memiliki manfaat dasar rawat inap dan manfaat tambahan berupa rawat jalan, rawat gigi, dan persalinan. Perawatan gigi yang ditawarkan meliputi:

  • Rawat jalan dan rawat gigi darurat karena kecelakaan.
  • Rawat gigi untuk pencegahan, maksimal dua kunjungan per tahun.
  • Perawatan gigi dasar.
  • Perawatan gigi kompleks.
  • Perawatan gigi palsu.

3. Allisya Care

Allisya Care adalah produk asuransi kesehatan dari Allianz Syariah yang dapat digunakan untuk perorangan maupun keluarga. Jenis perawatan gigi yang ditanggung oleh asuransi ini adalah perawatan pencegahan sebanyak maksimal dua kali kunjungan per tahun, perawatan gigi dasar, perawatan gigi kompleks, dan gigi palsu. Pertanggungan yang ditawarkan dimulai dari Rp500 ribu hingga Rp5 juta.

4. Lippo Insurance HealthPlus + Family 

Asuransi kesehatan dari Lippo Insurance ini memberikan manfaat tambahan berupa rawat inap dan pembedahan bagi anggota keluarga yang mengalami sakit atau kecelakaan. Perlindungan yang diberikan mulai dari rawat inap, rawat jalan, hingga perawatan darurat untuk gigi. Jumlah pertanggungan yang diberikan maksimal Rp2,19 juta per kejadian. 

5. Asuransi Kesehatan Jasindo

Produk asuransi dari Asuransi Jasindo yang merupakan perusahaan BUMN ini memiliki perlindungan yang cukup lengkap. Selain standar perlindungan, seperti asuransi lain (rawat inap dan rawat jalan), manfaat lain meliputi perawatan gigi, medical check-up, bahkan penggantian kaca mata. 

Keunggulan lain dari asuransi ini adalah polis yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan kita. Metode yang digunakan pun bersifat indemnity, artinya dapat langsung berobat ke rumah sakit tanpa perlu rujukan dokter. 

6. Promedicare AB dan CDE dari AXA

Perlindungan yang ditawarkan di dalam asuransi kesehatan Promedicare AB dari Asuransi Kesehatan AXA ini juga cukup komplit. Manfaat yang diberikan dilengkapi dengan perlindungan perjalanan dan kecelakaan diri, cocok untuk individu atau keluarga yang hobi travelling

Perlindungan risiko kerusakan gigi meliputi perawatan rutin dan kerusakan gigi yang tidak disengaja. Produk Promedicare CDE juga memberikan perawatan untuk kerusakan gigi yang tidak disengaja di rumah sakit seluruh Asia dan dengan tambahan perlindungan untuk pengobatan alternatif pada ahli-ahli yang telah ditunjuk. 

7. BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan bisa kita gunakan untuk perawatan gigi juga. Menurut peraturan BPJS Kesehatan nomor 1 Tahun 2014, Pasal 52 ayat 1, perawatan gigi yang ditanggung oleh BPJS terdiri atas biaya pendaftaran dan administrasi selama proses perawatan. Total ada delapan jenis perawatan gigi yang ditanggung BPJS, yaitu:

  • Pemeriksaan, pengobatan, dan konsultasi yang terkait dengan kesehatan gigi.
  • Pramedikasi atau pemberian obat sebelum dilakukan anestesi.
  • Kegawatdaruratan oro-dental.
  • Pencabutan gigi sulung dan permanen yang mudah dilakukan.
  • Pengobatan pasca pembedahan ekstraksi.
  • Tambalan GIC.
  • Tumpat komposit.
  • Pembersihan karang gigi.

8. Cigna Senyum Sehat

Dengan premi mulai dari Rp6000-an per hari, asuransi Cigna Senyum Sehat dari Asuransi Cigna ini mencakup berbagai layanan perawatan gigi di lebih dari 700 rumah sakit dan klinik di Indonesia, termasuk untuk:

  • Perawatan dasar atau basic care seperti penambalan gigi dan pencabutan gigi.
  • Pencegahan atau preventive care seperti pembersihan karang gigi.
  • Aesthetic dan major care seperti pembuatan dental bridge maupun perawatan gigi akibat dampak dari kecelakaan.

9. Asuransi Dental dari Danamon

Dengan premi yang terjangkau, kita akan mendapatkan berbagai macam manfaat untuk perawatan gigi. Ini dia beberapa keunggulannya.

  • Manfaat pertanggungan hingga Rp10 juta per tahun.
  • Dapat mengikutsertakan pasangan atau anak untuk mendapatkan discount perawatan gigi.
  • Usia masuk pemegang kartu utama dan pasangan mulai dari 18 tahun hingga 60 tahun.
  • Usia masuk anak mulai dari 1 tahun hingga 23 tahun.
  • Perlindungan maksimal hingga usia 65 tahun.
  Plan 1 Plan 2 Plan 3
Provider Anggota Jaringan Bukan Anggota Jaringan Provider Anggota Jaringan Bukan Anggota Jaringan Provider Anggota Jaringan Bukan Anggota Jaringan
Premi Bulanan (untuk pemegang Kartu Utama, Pasangan dan Anak) Rp148.000 Rp170.000 Rp188.000
Maksimum manfaat pertanggungan (Tahunan) Rp10.000.000 Rp10.000.000 Rp10.000.000
Manfaat
Santunan jasa layanan kedaruratan gigi (nyeri, pembengkakan atau pendarahan pada gigi) 100% jaminan 70% jaminan 80% jaminan 50% jaminan 100% jaminan 70% jaminan
Santunan kunjungan berkala & pencegahan (pemeriksaan mulut, pembersihan gigi pemberian/aplikasi floride) 100% jaminan, 1 kunjungan per tahun 70% jaminan, 1 kunjungan per tahun 80% jaminan, 1 kunjungan per tahun 50% jaminan, 1 kunjungan per tahun 100% jaminan, 1 kunjungan per tahun 70% jaminan, 1 kunjungan per tahun
Radiologi gigi (x-ray panoramic) 100% jaminan, 1 kunjungan per tahun 70% jaminan, 1 kunjungan per tahun 80% jaminan, 1 kunjungan per tahun 50% jaminan, 1 kunjungan per tahun 100% jaminan, 1 kunjungan per tahun 70% jaminan, 1 kunjungan per tahun
Penambalan (amalgam atau composite/resin) 80% jaminan, sampai dengan 2 tambalan per tahun 50% jaminan, sampai dengan 2 tambalan per tahun 80% jaminan, sampai dengan 3 tambalan per tahun 50% jaminan, sampai dengan 3 tambalan per tahun 80% jaminan, sampai dengan 3 tambalan per tahun 50% jaminan, sampai dengan 3 tambalan per tahun
Pencabutan gigi (bukan pembedahan) Akses ke provider anggota jaringan dan discount Tidak ada manfaat 80% jaminan, sampai dengan 2 gigi per tahun 50% jaminan, sampai dengan 2 gigi per tahun 80% jaminan, sampai dengan 2 gigi per tahun 50% jaminan, sampai dengan 2 gigi per tahun
Santunan perawatan saluran akar gigi Akses ke provider anggota jaringan dan discount Tidak ada manfaat 80% jaminan, limit 1 tindakan per tahun 50% jaminan, limit 1 tindakan per tahun 80% jaminan, limit 1 tindakan per tahun 50% jaminan, limit 1 tindakan per tahun

10. Jaga Senyumku dari Asuransi Jagadiri

Jaga Senyumku menyediakan fasilitas cashless untuk perawatan gigi individu dan Keluarga di Rumah Sakit dan klinik yang bekerjasama dengan Asuransi Jagadiri. Ada beberapa manfaat yang ditawarkan, yaitu:

1. Manfaat konservasi gigi

Melindungi gigi atas tindakan pencegahan atau perawatan yang diperlukan secara medis pada seluruh jaringan gigi termasuk email, dentin, pulpa dan akar. Maksimum Manfaat Konservasi Gigi adalah dua kali dalam satu tahun polis tanpa ketentuan jarak waktu perkunjungan.

2. Manfaat perawatan gigi karena kecelakaan

Membayarkan manfaat perawatan gigi termasuk pembuatan gigi palsu sebagai akibat dari kecelakaan yang terjadi dalam waktu 48 jam sejak kecelakaan terjadi.

3. Manfaat pembersihan karang gigi

Membayarkan manfaat pembersihan Karang Gigi maksimum dua kali dalam satu tahun polis dengan jarak kunjungan tidak kurang dari enam bulan.

4. Manfaat pencabutan gigi

Membayarkan manfaat pencabutan gigi dengan maksimum dua kali dalam satu tahun polis tanpa jarak waktu kunjungan.

5. Manfaat konsultasi dokter

Membayarkan santunan atas jasa yang diberikan oleh dokter gigi terkait permasalahan pada rongga gigi dan mulut yang disertai dengan peresepan obat. Baik yang disebabkan oleh penyakit ataupun kecelakaan dengan maksimum dua kali dalam setahun tanpa ketentuan jarak waktu kunjungan.

Itu dia beberapa produk asuransi kesehatan yang mencakup perlindungan gigi dan asuransi gigi yang mandiri. Harga asuransi gigi sebenarnya sangat terjangkau, apalagi jika dibandingkan dengan manfaat yang akan kita dapatkan.

Jangan lupa untuk menyesuaikan kemampuan finansial kita dengan premi asuransi yang dipersyaratkan pada produk kesehatan gigi yang diinginkan. Jika masih bingung, jangan ragu untuk mengonsultasikan kendala kita dan mencari solusinya di Lifepal.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →