Mau Tahu Berapa Harga Asuransi Mobil, Cek Ulasannya di Sini

Siapa pun pasti tidak ingin mengalami kecelakaan saat berkendara. Namun nyatanya, insiden kecelakaan mobil tidak bisa diprediksi. 

Tidak hanya soal pengobatan, perbaikan kendaraan menjadi beban kita juga, terlepas kecelakaan itu adalah salah kita atau pihak lain. Itulah sebabnya asuransi kendaraan menjadi salah satu solusi untuk meringankan beban biaya dalam memperbaiki kerusakan kendaraan, terutama mobil.

Laiknya asuransi pada umumnya, asuransi untuk kendaraan, khususnya mobil, juga memiliki nilai premi yang berbeda-beda, tergantung pada jenis perlindungan yang akan ditanggung asuransi tersebut. Karena itulah, sebelum memilih asuransi apa yang bakal kita gunakan, sangat disarankan untuk mencermati terlebih dulu beberapa hal penting ini.

Mengapa Penting Memiliki Asuransi Mobil?

Kenapa bisnis plan penting

Kita tidak pernah tahu kapan insiden kecelakaan menimpa. Jika hal itu terjadi, sudah barang tentu kita akan dihadapkan pada urusan bagaimana memperbaiki kendaraan kita yang rusak. Untuk itu, jelas kita akan dibebani dengan pengeluaran biaya tambahan. Nah, di sinilah peran asuransi.

Asuransi dapat menanggung sebagian biaya yang kita perlukan untuk memperbaiki kerusakan atau terkadang malah dapat menutupi seluruh biaya perbaikan kendaraan, baik motor maupun mobil kita. 

Asuransi mobil adalah layanan perlindungan dari pihak asuransi khusus untuk mobil, di mana risiko yang kemungkinan dapat terjadi pada kendaraan dialihkan kepada perusahaan asuransi. Risiko kerusakan yang dijamin dapat berupa akibat dari kecelakaan, bencana alam, kebakaran, kerusuhan, atau kerusakan lainnya sesuai ketentuan di dalam polis asuransi.

Apa Saja Bentuk Perlindungan yang Didapatkan?

News

Setiap perusahaan penyedia asuransi kendaraan, terutama mobil, menawarkan jenis perlindungan, fitur, dan fasilitas yang berbeda-beda. Namun umumnya tanggungan yang pasti diberikan adalah ganti rugi terhadap kecelakaan. Perlindungan selebihnya, pihak perusahaan penyedia asuransi telah menyediakan dalam bentuk paket atau termasuk ke perluasan asuransi mobil.

Perlu diketahui perluasan asuransi mobil adalah pilihan jaminan tambahan untuk jenis-jenis risiko yang tidak termasuk dalam tanggungan asuransi mobil secara mendasar. Perluasan ini bisa diperoleh ketika kita membeli polis asuransi mobil dan akan disertakan dalam premi asuransi mobil.

Persoalannya, apakah perluasan asuransi mobil ini sesuatu yang kita butuhkan? Memang perlindungan lebih akan menguntungkan, tetapi kita juga wajib mempertimbangkannya dengan bujet yang kita miliki. 

Oleh sebab itu, penting untuk membandingkan terlebih dulu mengenai pilihan asuransi mobil di Indonesia dengan kualitas terbaik dan sesuai dengan anggaran kita. Akan tetapi, kita juga perlu mengetahui keuntungan atau perlindungan yang diberikan dari sebuah perusahaan penyedia asuransi sebagaimana akan berpengaruh pada besarnya premi asuransi yang perlu dibayarkan.

Pada intinya, carilah asuransi dengan perlindungan yang kita butuhkan, namun dengan premi terjangkau. Pasalnya, jelas tidak semua perlindungan akan kita butuhkan, seperti misalnya daerah tempat kita tinggal tidak rawan terjadi bencana alam, misalnya gempa bumi, maka kita tidak perlu mengambil perlindungan tambahan bencana alam tersebut.

Berapa Harga Premi Asuransi Mobil?

Wanita berpikir

Sebelum mengetahui harga premi asuransi mobil, pernahkah kita bertanya bagaimana perusahaan asuransi menghitung jumlah premi yang dikenakan setiap tahunnya? Sebenarnya perhitungan premi asuransi mobil tidaklah sulit.

Beberapa faktor yang memengaruhi perhitungan premi, di antaranya jenis asuransi mobil, tambahan perlindungan (rider), lokasi kendaraan beroperasi, umur kendaraan, dan nilai pertanggungan/perlindungan.

Logikanya, premi dasar yang dibayarkan akan dikalkulasikan berdasarkan rumus berikut.

  • Untuk premi perlindungan dasar, rumusnya adalah “Nilai Pertanggungan x Suku Premi”.
  • Untuk perlindungan tambahan tanggung jawab hukum pihak ketiga (TJHPK), rumusnya adalah “Limit Perlindungan Diinginkan x Suku Premi TJHPK”.
  • Untuk perlindungan tambahan terhadap bencana alam, rusuh/huru-hara, dan sabotase, rumusnya adalah “Nilai Pertanggungan x Suku Premi Perlindungan Tambahan”..
  • Untuk perlindungan tambahan kecelakaan diri/penumpang, rumusnya “Limit Perlindungan Diinginkan x Suku Premi Kecelakaan Diri”.

Adapun limit perlindungan dapat ditentukan sesuai dengan keinginan kita. Setelah menghitung semua premi dari perlindungan tambahan, maka kemudian dijumlahkan dengan perlindungan dasar.

Berikut harga paket asuransi dari beberapa perusahaan penyedia asuransi.

1. Premi asuransi mobil all risk – Asuransi Umum Allianz

Berikut besaran premi asuransi mobil dari Asuransi Umum Allianz.

Harga mobil Rp0-75 juta. Paket ini mengenakan premi 3,077 persen dengan jaminan tambahan sebesar Rp111.000.
Harga mobil Rp75 juta-Rp150 juta. Premi yang dikenakan adalah sebesar 2,655 persen dengan jaminan tambahan Rp111.000.
Harga mobil Rp150 juta-Rp300 juta. Di paket ini, kita dikenakan premi 2,215 persen yang mana masih mendapatkan nilai jaminan tambahan yang sama (Rp111.000.000).
Harga mobil Rp300 juta-Rp500 juta. Di paket ini, premi yang dikenakan adalah 2,21 persen dengan nilai jaminan sama, yakni Rp111.000.000.
Harga mobil Rp500 juta-Rp800 juta. Kita dikenakan premi sebesar 1,670 persen.

2. Premi asuransi mobil all risk – Asuransi Umum Simasnet

Berikut besaran premi asuransi mobil dari Asuransi Umum Simasnet dari Sinar Mas.

Harga mobil Rp0-Rp125 juta. Untuk suku premi wilayah 1 sebesar 3,85 persen, suku premi wilayah 2 sebesar 3,44 persen, dan suku premi wilayah 3 sebesar 2,53 persen.
Harga mobil Rp125 juta-Rp200 juta. Untuk suku premi wilayah 1, 2, dan 3, masing-masing mencapai 2,67 persen, 2,47 persen, hingga 2,07 persen.
Harga mobil Rp200 juta-Rp400 juta. Untuk suku premi wilayah 1, 2, dan 3, masing-masing mencapai 1,71 persen, 1,71 persen, dan 1,40 persen.
Harga mobil Rp400 juta-Rp800 juta. Untuk suku premi wilayah 1, 2, dan 3, masing-masing mencapai 1,20 persen, 1,20 persen, dan 1,20 persen.

3. Premi asuransi mobil all risk – Asuransi Garda Oto

Selain asuransi mobil all risk, Asuransi Garda Oto dari Astra Buana menawarkan jenis asuransi Total Risk Only (TLO) juga. Pada jaminan premi asuransi TLO ini memberi jaminan kehilangan dan kerusakan lebih di atas 75 persen untuk semua kendaraan.

Bahkan ada layanan asuransi TLO pada mobil penumpang ataupun sedan secara gratis, yakni Garda Siaga 24 jam dengan ruang lingkup 20 kota. Mengenai pertanggungannya bisa dilakukan pada saat kondisi darurat, seperti ban bocor, kunci tertinggal di dalam mobil, over heating, gangguan kelistrikan, dan masih banyak lagi.

Dengan bijak memilih asuransi kendaraan, kita tidak akan terbebani oleh premi yang ditetapkan oleh perusahaan penyedia asuransi. Terlebih jika kita sadar akan pentingnya asuransi itu bagi mobil kita.Mau tahu ulasan profil perusahaan asuransi terkemuka di Indonesia lainnya yang menawarkan produk asuransi kendaraan juga, jangan ragu untuk mencari tahu di Lifepal.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →