7 Negara Ini Harga BBM-nya Lebih Murah dari Indonesia Lho

Harga BBM

Harga BBM atau bahan bakar minyak adalah salah satu isu sensitif di tiap pemerintahan. Naik sedikit, dijamin masyarakat bakal protes besar-besaran. Maklum, BBM adalah salah satu kebutuhan terpenting. Kenaikan harga BBM juga bisa memicu inflasi, terutama jika yang naik adalah BBM bersubsidi.

Tapi, kenaikan harga BBM yang diterapkan pada 1 Juli lalu dinilai masih normal. Hal itu disebabkan karena harga BBM di Indonesia yang Rp 9.950 per liter dinilai masih murah jika diukur menurut harga minyak dunia.

Indonesia sendiri menempati urutan kedelapan negara dengan BBM termurah, seperti dirangkum oleh Bloomberg. Harga BBM termahal itu ada di Hong Kong. Di sana, buat membeli BBM satu liter, kamu harus keluar duit US$ 2,1 atau sekira Rp 30 ribuan.

Tapi meski dinyatakan murah, BBM Indonesia masih kalah murah lho sama tujuh negara ini. Pengin tahu apa aja? Simak ulasannya.

7. Malaysia

Harga BBM di Negeri Jiran cuma Rp 7.971,9 per liter.

Sama seperti Indonesia, pemerintah Malaysia menerapkan kebijakan subsidi buat BBM. Jumlahnya juga besar, lebih besar malah kalau dibanding Indonesia.

Itu sebabnya kenapa BBM di sana jauh lebih murah dibanding di sini.

6. Arab Saudi

https://www.instagram.com/p/BmJAMryFXic/?hl=en&tagged=saudiarabia

Arab Saudi menduduki posisi keenam sebagai negara dengan harga BBM termurah.

Pengin tahu berapa harga BBM di negara penghasil minyak ini? Ternyata gak beda jauh sama Malaysia, Rp 7.828 per liter.

Harga itu sebetulnya udah naik dua kali lipat tahun ini. Pemerintah Arab Saudi menerapkan kebijakan kenaikan harga BBM buat mereformasi pendapatan negara.

Harapannya sih dengan harga bensin naik pendapatan negara juga ikut naik.

5. Mesir

https://www.instagram.com/p/BmCWigKnCSt/?hl=en&taken-by=egypt

Bisa dibilang perekonomian negara ini sedang kacau. Negara ini dilanda krisis politik yang cukup serius sejak 2011 lalu.

Namun menariknya harga BBM di Mesir tetap murah, cuma Rp 6.237 per liter.

Mesir sendiri menjadi negara yang memiliki kilang minyak terbesar di Benua Afrika. Tapi, buat pengoperasiannya, mereka masih butuh bantuan dari luar negeri. Selain itu, Negeri Piramida ini juga masih sering impor karena hasil produksi dalam negeri gak cukup.

4. Nigeria

Nigeria merupakan salah satu negara Afrika yang jadi produsen minyak. Negara ini malah mengandalkan minyak bumi sebagai sumber pendapatan terbesar.

Harga BBM di Nigeria cuma Rp 6.092 per liter. Tapi, pasokan minyak di negara tersebut terkadang jadi langka karena adanya kegiatan ilegal dari mafia minyak.

3. Kuwait

https://www.instagram.com/p/BmA5Ahkhpl8/?hl=en&taken-by=kuwait

Negara Arab yang satu ini juga merupakan penghasil minyak terbesar di dunia. Selain itu, mereka pun menerapkan kebijakan subsidi BBM dalam jumlah yang cukup besar.

Harga BBM di Kuwait dikabarkan cuma Rp 5.076 per liter. Ini sih sama seperti Indonesia delapan tahun lalu.

Meski demikian, kebijakan subsidi di Kuwait dinilai berbahaya bagi kelangsungan ekonomi negara. Dana Moneter Internasional (IMF) juga udah mengingatkan soal ini.

2. Iran

https://www.instagram.com/p/BmJpTQuA7Z9/?hl=en&tagged=teheran

Negara ini diembargo Amerika Serikat dalam jangka waktu lama akibat program nuklir yang kontroversial. Akibatnya, Iran gak bisa menjual minyak dengan bebas meski mereka memiliki cadangan minyak yang berlimpah.

Harga BBM di negara tersebut dibanderol Rp 4.061 per liter. Udah kayak Premium di era 1990an ya.

1. Venezuela

Dan negara dengan harga BBM termurah adalah… Venezuela!

Negara di Amerika Selatan ini merupakan negara penghasil minyak terbesar yang dijatuhi sanksi oleh Amerika Serikat. Nasib mereka juga sama seperti Iran yaitu susah jualan minyak. Padahal, 96 persen pendapatan negara ya dari minyak itu.

Sekarang mereka cuma jual minyak ke Cina dan Rusia aja.

Harga BBM di negara tersebut cuma Rp 290 perak per liter. Murah banget, bahkan lebih murah dari air kemasan ini sih namanya.

Murahnya harga minyak, selain karena emang dibuat di dalam negeri, juga disebabkan karena kebijakan subsidi yang sangat besar. Subsidi bahkan masih diberlakukan meski saat ini mereka sedang dilanda krisis politik parah.

Itulah tujuh negara yang harga BBM-nya jauh lebih murah ketimbang Indonesia. Kira-kira, kepengen gak tuh punya negara dengan BBM murah?

Ingat ya, walau harga BBM murah, tapi kalau anggaran negaranya defisit karena kebanyakan subsidi ya ngeri juga. Nanti sewaktu-waktu krisis ekonomi kita juga lho yang dirugikan.

 

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis