Harga Diskon dan Cara Perhitungannya

Belanja di Tanggal Diskon/Promo

Bersumber dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata diskon berarti potongan harga. Sedangkan harga diskon adalah harga yang sudah mendapatkan potongan harga. Diskon merupakan salah satu strategi marketing untuk meningkatkan penjualan.

Sebagai contoh, jika ada barang seharga Rp100 ribu, kemudian diberikan diskon sebesar 20 persen, artinya Anda cukup membayar sebesar Rp80 ribu saja. Harga tersebut adalah harga diskon yang dibayarkan.

Manfaat diskon tentu saja bisa menghemat uang belanja. Dengan harga diskon, Anda bisa mengurangi jatah belanja kebutuhan sandang dan pangan seperti makanan dan pakaian.

Sejarah Diskon

Sejarah Harga Diskon

Tidak ada yang pasti kapan diskon dimulai dan dari mana asalnya. Tetapi, beberapa sumber menyebutkan diskon bermula ketika perusahaan minuman bersoda memberikan voucher (kupon) potongan harga secara gratis demi promosi produk mereka.

Promo dengan memberikan voucher gratis kepada masyarakat ini terjadi sekitar tahun 1800. Ide tersebut dicetuskan oleh seorang pebisnis bernama Asa Candler asal Atlanta, Amerika Serikat.

Berkat ide cemerlang Candler itulah perusahaan minuman bersoda asal Amerika itu menjadi raja perusahaan minuman bersoda di dunia.

Bukan tanpa alasan, perusahaan minuman bersoda memberikan voucher potongan harga secara gratis. Strategi promosi tersebut memang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mencicipi rasa minuman bersoda sebelum dijual dengan harga normal.

Sukses dengan strategi promosi yang belum terpikirkan sebelumnya, kemudian strategi pemberian harga diskon ini ditiru oleh beberapa perusahaan lain dengan produk yang berbeda. Harga diskon kini bisa dinikmati baik saat belanja online maupun offline.

Cara Menghitung Harga Jual Barang Diskon dengan Mudah

Diskon belanja biasanya diberikan dalam bentuk persentase. Misalnya diskon 10 persen, 30 persen, bahkan hingga 80 persen seperti dalam momen Black Friday, hari diskon besar-besaran di Amerika Serikat. Di Indonesia dikenal dengan Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional).

Contoh Harga Diskon 1

Cara menghitung harga jual barang diskon cukup mudah, kok. Sebagai contoh, Anda ingin membeli sebuah smartphone dengan harga Rp1.000.000. Kemudian terdapat diskon sebesar 20 persen. Berapa harga yang perlu Anda bayarkan setelah diskon?

Perhitungannya:

  • Rp1.000.000 x 20 = Rp20.000.000
  • Rp20.000.000 : 100 = Rp200.0000
  • Rp1.000.000-Rp200.000= Rp800.000

Contoh Harga Diskon 2

Anda membeli sebuah tas yang sedang diskon hingga 30 persen. Saat berada di kasir Anda membayar seharga Rp70 ribu. Berapa harga normal tas yang Anda beli?

Perhitungannya:

  • Rp70.000 x 100 = Rp7.000.000
  • Rp7.000.000 : 70 = Rp100.000

Angka 100 berasal dari 100 persen. Sedangkan angka 70 merupakan angka pengurangan dari 100-30 karena diskonnya 30 persen. Cukup mudah bukan perhitungannya?

Kelebihan dan Kekurangan Harga Diskon

Kredit Online Tepercaya untuk Anda

Harga diskon memang sangat diburu oleh semua kalangan. Bahkan, di Indonesia sendiri terdapat hari khusus belanja online dengan tawaran berbagai diskon. Hari tersebut dikenal dengan Hari Belanja Online Nasional yang digelar setiap tanggal 12 bulan Desember.

Meski demikian, harga diskon memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yang harus Anda ketahui berikut ini.

Kelebihan Harga Diskon

  • Meningkatkan penjualan
  • Meningkatkan Brand Awareness terhadap produk yang ditawarkan
  • Strategi marketing yang populer

Kekurangan Harga Diskon

  • Diskon membuat nilai barang menjadi jatuh
  • Harga non diskon sulit diterima di kemudian hari oleh masyarakat
  • Pembeli hanya loyal saat ada diskon

Pada dasarnya, harga diskon bisa menguntungkan pihak penjual dan pembeli. Penjual bisa menjual barangnya, serta mendapatkan promosi barang dengan tujuan agar barangnya makin dikenal pelanggan.

Di sisi lain, pembeli juga diuntungkan sebagai konsumen karena bisa mendapatkan harga barang yang lebih murah dibandingkan dengan harga normal. Pembeli bisa mencoba barang baru dengan harga miring. Namun, di kemudian hari, pembeli bisa memilih untuk membeli atau tidak setelah harga normal kembali.

Sebagai konsumen Anda dituntut untuk cerdas dalam menyikapi diskon besar-besaran yang ditawarkan. Jangan mudah tergiur dengan diskon jika Anda memang tidak membutuhkan barang tersebut.

Cara terbaik untuk mendapatkan harga diskon dengan mudah adalah dengan mencari informasi melalui iklan di media sosial maupun toko ritel yang memberikan informasi diskon yang sedang berlangsung.

Dengan begitu, Anda bisa lebih bijak dalam menyikapi barang-barang yang memang hanya Anda butuhkan saja dengan mendapatkan potongan harga dari diskon yang diberikan.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →