Harga Emas Terus Merosot, Ikuti Trik Ini Agar Investasi Kamu Menguntungkan

Harga emas terus merosot sejak beberapa hari lalu. Hari ini Senin, 12 November 2018 harga emas PT Aneka Tambang Tbk menurun hingga Rp 1000 menjadi Rp 654 ribu dari Rp 655 ribu per gramnya.

Harga buyback juga menurun Rp 7 ribu menjadi Rp 568 ribu per gramnya. Apa sih harga buyback itu? Ya, buyback adalah harga kamu jual atau harga beli lembaga, baik Antam maupun Pegadaian.

Harga emas yang dijual Antam sudah termasuk PPh 22 sebesar 0,9 persen. Jika ingin mendapatkan potongan pajak lebih rendah yaitu 0,45 persen, kamu bisa menyertakan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

Berikut adalah harga emas Antam seperti yang dilansir dari situs resminya:

  • Pecahan 0,5 gram Rp 352.500
  • Pecahan 1 gram Rp 654 ribu
  • Pecahan 2 gram Rp 1,259 juta
  • Pecahan 3 gram Rp 1,868 juta
  • Pecahan 5 gram Rp 3,097 juta
  • Pecahan 10 gram Rp 6,129 juta
  • Pecahan 25 gram Rp 15,215 juta
  • Pecahan 50 gram Rp 30,355 juta
  • Pecahan 100 gram Rp 60,640 juta

Kamu bisa langsung mendatangi atau menghubungi kantor Antam jika ingin tahu lebih lengkap perihal harga emas. Pasalnya, harga emas itu setiap hari berbeda dan biasanya beberapa lembaga terus meng-update harga emas setiap hari.

Nah, kamu sendiri tentu udah tahu kan kalau emas batangan atau logam mulia itu adalah salah satu instrumen investasi yang sangat menguntungkan.

Tapi kamu baru dapat menikmati hasilnya di beberapa tahun kemudian. Karena itulah banyak orang yang yang kini udah mulai tertarik terjun ke investasi yang satu ini.

Gak percaya? Yuk, coba kita hitung-hitung ya berapa keuntungan yang akan kamu raup dari investasi emas.

Kamu membeli emas batangan seberat 20 gram di tahun 2013 dengan harga emas saat itu sebesar Rp 350 ribu. Berarti kamu harus mengeluarkan uang sekitar Rp 7 juta.

Sedangkan harga emas di tahun 2018 mencapai Rp 655 ribu dengan harga beli sekitar Rp 580 ribu. Kalau emas batangan milikmu dijual, kamu akan mendapatkan uang sebesar Rp 11,6 juta.

Berarti selama lima tahun investasi emas batangan, kamu sudah mendapatkan keuntungan sebesar Rp 11,6 juta – Rp 7 juta yaitu Rp 4,6 juta.

Lumayan banget kan? Apalagi kalau saat investasi kamu mengikuti program konsinyasi emas yang ada di Pegadaian. Udah pasti duitmu semakin bertambah banyak.

Biar investasi emasmu semakin menguntungkan. Langsung aja yuk ikuti tiga cara mudah investasi emas berikut ini:

1. Tentukan tujuan investasi

Investasi emas (shutterstock).

Investasi memang bertujuan agar keuanganmu semakin beranak pinak. Tapi disamping itu, kamu juga pasti memiliki tujuan investasi.

Karena itu, sebelum investasi emas sebaiknya tentukan terlebih dahulu ke diri sendiri apa tujuanmu investasi. Jika udah memiliki tujuan, kamu harus konsisten membeli emas tapi tetap harus sesuai dengan kemampuan.

Asuransi & Investasi
Asuransi & Investasi

2. Cek harga emas

Sering-seringlah mengecek harga emas (Shutterstock).

Setelah memiliki tujuan investasi, jangan tergesa-gesa membeli ya. Kamu perlu mengecek terlebih dahulu harga emas di pasaran seperti di situs resmi Pegadaian atau Antam.

Kamu juga perlu memastikan waktu yang tepat buat membeli emas. Rumusnya adalah beli emas saat harga sedang turun dan jual emas saat harga sedang naik.

3. Tentukan tempat membeli emas

Belilah emas di tempat terpercaya seperti Antam atau Pegadaian (Shutterstock).

Kini udah banyak banget tempat yang menawarkan membeli emas. Tapi jangan sampai kamu salah ya, kalau gak mau gigit jari karena ketipu.

Karena itu, disarankan agar kamu membeli emas di tempat yang terpercaya seperti Antam maupun Pegadaian.

Jangan mau percaya aja jika ada pihak yang menawarkan emas dengan proses cepat tapi yang didapat cuma sertifikatnya doang.

Nah, itu cara mudah agar kamu dapat meraup pundi-pundi rupiah alias investasi emasmu menguntungkan. Yuk, konsisten mulai sekarang membeli emas setiap bulan demi masa depan yang lebih baik. Setuju? (Editor: Winda Destiana Putri).

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →