Harga Freon AC Mobil, Jenis, dan Cara Mengisinya

Harga Freon AC Mobil

Harga freon AC mobil yang tersedia di pasar saat ini beragam, tergantung dari merek dan spesifikasinya. 

Freon menjadi salah satu komponen terpenting dalam sistem kerja AC mobil. Sebab, bila habis atau bocor maka AC mobil akan terasa panas dan nggak nyaman. 

Karenanya, pemilik mobil harus memperhatikan kondisi freon AC mobil secara berkala. Selain untuk mengecek ketersediaan freon, cek rutin juga bisa mencegah kerusakan pada AC mobil. 

Jika kamu sedang mencari tahu tentang freon AC mobil, pilihan kamu membaca artikel ini sudah tepat. Lebih lengkapnya, simak ulasannya berikut ini. 

Apa itu freon AC mobil? 

Saat menyalakan air conditioner (AC) di mobil, pernahkah terbayang bagaimana suhu kabin bisa berubah menjadi dingin? Sistem AC mobil bekerja bila ruangan atau kabin mobil bersuhu dingin. 

Salah satu komponen yang mendukung sistem kerja AC dalam mendinginkan ruangan adalah refrigerant atau orang biasanya menyebutnya freon. 

Freon sendiri merupakan senyawa kimia berbentuk gas yang berperan sebagai sumber pendingin ruangan atau kabin mobil. Cara kerjanya kompresor dan kondenser mendorong freon dan mensirkulasikannya ke kabin mobil. Sehingga udara sejuk bisa terasa di dalam kendaraan. 

Perlu diingat, karena sifat freon adalah bahan kimia dalam bentuk gas, maka bisa dipastikan mudah menguap alias habis.

Sifatnya yang tidak berbau juga menyulitkan pemilik mobil mengetahui, apakah freon ac mobil benar-benar sudah habis atau ada kerusakan lain. 

Efek dari freon AC mobil yang habis adalah kabin pun jadi tidak sejuk atau dingin lagi. Untuk mengatasinya, biasanya pemilik mobil disarankan untuk tambah freon AC mobil. 

Harga isi freon AC mobil 

Sebenarnya untuk mengisi freon AC mobil nggak memakan biaya banyak alias nggak mahal. Tergantung dari harga tabung freon, tipe ac mobil, dan jenis mobilnya. 

Di pasaran saat ini biaya isi freon AC mobil mulai dari Rp100 ribu hingga Rp400 ribu. Mengambil informasi dari situs otomotif, harga isi freon AC mobil model single blower berkisar dari Rp150 ribu.

Sedangkan untuk double blower dikenai mulai dari Rp250 ribu. Tapi, biasanya rata-rata orang menghabiskan hingga Rp300 ribu untuk per satu kali pengisian freon AC mobil. 

Harga isi freon AC mobil bisa berbeda-beda untuk setiap kendaraan dan wilayah tempat pengisian freon. Seperto harga isi freon AC mobil Avanza tentunya berbeda dengan mobil Brio.

Harga freon AC mobil 

Harga freon AC mobil yang ada di pasaran beragam, tergantung dari jenisnya. Dalam memilih freon AC mobil sebaiknya jangan ikut selera pasar atau mencari barang murah.

Tapi harus diingat juga efeknya nanti pada kendaraan, jadi perlu diperhatikan kualitas freon AC mobil ketimbang harganya. 

Agar nggak salah pilih, berikut rekomendasi merk dan harga freon AC mobil yang diambil dari beberapa e-commerce di Indonesia : 

Merk freon AC mobil Harga 
Freon R134a merk KleaRp25.000
Freon R 134A HFCRp27.900
Freon Dupon HFC 134aRp55.000
Freon R134a One CoolRp24.000
Freon Jincool R134Rp32.500
Freon hydrocarbon refrigerant 134Rp50.000
Freon Bailian R134Rp31.000
Harga alat ukur pengisian freon AC mobilRp125.000
Harga paket alat isi freon AC mobilRp275.000

Jenis freon AC mobil 

Sebelum mengisi perlu diketahui dulu jenis atau tipe freon ac mobil yang digunakan. Agar nggak salah pilih, simak dulu informasi jenis freon AC mobil di bawah ini:

1. Freon AC Mobil R-134a 

Freon jenis ini biasanya digunakan untuk mobil-mobil keluaran baru. Freon R-134a tidak mengandung chloro artinya aman dan nggak merusak lapisan ozon.

Karenanya banyak perusahaan otomotif yang menggunakan freon jenis ini sebagai refrigeran standar. 

2. Freon AC Mobil R-12

Jenis freon mobil ini banyak ditemui pada kendaraan roda empat tahun 80-an dan mobil bekas 90-an awal. Harganya relatif murah dibanding jenis lainnya. 

Freon AC mobil R-12 memiliki tekanan kerja dan suhu lebih rendah juga mengandung ethane dan methane yang tersusun dari fluor, chlor, dan carbon pada komposisinya. Karena chlor mengganggu lapisan ozon, mala jenis freon ini sudah tidak dipakai lagi. 

3. Freon AC Mobil Hydrocarbon

Terbuat dari bahan alami hidrogen dan karbon, kehadirannya untuk mengganti freon sintetis yang berdampak negatif pada lingkungan. Freon AC mobil jenis ini lebih ramah lingkungan.

Hanya saja, untuk pasar Indonesia pemakaian jenis ini masih sangat jarang. Untuk pemakaiannya pun memerlukan peralatan khusus, sebab bila salah pemasangan akan mengakibatkan rawan terbakar. Selain itu juga memiliki risiko membuat komponen AC bermasalah. 

4. Freon AC mobil R-22 

Jenis ini diproduksi untuk menggantikan freon R-12. Meski begitu, freon R-22 masih menyebabkan kerusakan lapisan ozon, hanya saja efeknya lebih sedikit dari R-12. Karena masih ada kandungan chloro, maka pemakaian yang berlebihan akan memberi efek negatif bagi lingkungan. 

Cara mengisi freon AC mobil sendiri di rumah

Apabila freon ac mobil habis atau ada kebocoran, maka pemilik mobil harus melakukan pengisian agar suhu kabin mobil kembali dingin. Biasanya, buat yang nggak mau ribet akan memanggil jasa service AC mobil untuk pengisian freon ac mobil. Biayanya pun nggak mahal dan masih terjangkau. 

Tapi, mengisi freon ac mobil juga bisa dilakukan sendiri tanpa harus memanggil layanan servis. Agar nggak bingung, berikut langkah-langkah yang bisa kamu lakukan saat terpaksa harus mengisi freon ac sendiri. Yuk cek berikut ini: 

Alat pengisian freon ac mobil 

Nah, sebelum melakukan pengisian sendiri hal pertama yang harus disiapkan adalah alat pengisian freon atau manifold gauge. Alat ini berfungsi melihat tekanan saat pengisian freon. 

Harga manifold gauge bervariasi, mulai dari 300 ribu. Selain itu, kamu juga membutuhkan freon baru. Biasanya harga freon AC mobil dibanderol mulai dari Rp25 ribu untuk jenis R134a. 

Membersihkan AC mobil 

Sebelum mengisi freon, kamu harus membersihkan AC mobil terlebih dulu. Langkah ini harus dilakukan agar AC mobil tetap tahan lama alias awet. 

Kosongkan sisa freon 

Selanjutkan isi freon AC mobil yang lama harus dikosongkan atau dibuang terlebih dulu. Sebab, bila tidak dikosongkan, maka isi freon yang lama akan tercampur dengan freon baru. Bila ini tetap dilakukan, maka ac mobil akan sering mengalami gangguan yang berakibat kerusakan. 

Cara mengosongkannya cukup mudah, tutup bagian katup manifold gauge dan hubungkan langsung ke selang merah melalui alur ke nipel bertekanan tinggi. Selang biru yang ada di manifold gauge di nipel tekanan rendah dan selang hijau ke pompa vakum. 

Pengisian freon baru

Pastikan semua selang terpasang baik sesuai posisinya, lalu buka salah katup yang ada di bagian manifold dan hidupkan pompa vakumnya. Jangan lupa tetap perhatikan ukuran yang ada di bagian vacuum gauge. Jika sudah mencapai 600mmHg (23,62 inHg, 80 kPa), jika kurang atau melebihi angka tersebut sebaiknya jangan dilanjutkan. 

Kemudian, buka sisi katup manifold bagian satunya agar vakum bekerja. Pastikan semua sistem berjalan dengan baik dan perhatikan proses pengisian dengan detail. Angka ideal yang seharusnya tertera menunjukan kisaran 750 mmHg (29,53 in Hg; 99,98 kPa). Biasanya, untuk proses pengisian freon ac mobil akan menghabiskan waktu paling tidak 30 menit. 

Setelah itu, tutup kembali katup manifold sebelum mematikan pompa vakum. Biarkan kurang lebih 15 menit sambil dicek angka yang ada di meteran tadi. Jika terlihat penurunan secara signifikan, berarti ada indikasi sistem AC mobil bocor.  

Apa penyebab AC mobil tidak dingin?

Selain freon AC mobil yang habis, penyebab AC mobil tidak dingin bisa terjadi karena beberapa hal. Berikut ini di antaranya:

  1. Kondensor AC rusak atau kotor, jadi harus rutin dibersihkan.
  2. Adanya penyumbatan pada bagian evaporator, bisa karena debu atau kotoran. Hal ini bisa menyebabkan udara dingin tidak mengalir.
  3. Kompresor bermasalah atau rusak.
  4. Fan belt terputus
  5. Sistem pada AC mengalami kelebihan tekanan, sehingga membuat kompresor jadi panas.

Ketika AC mobil kamu tidak dingin, sebaiknya segera cek bagian-bagian AC mobil di atas, ya. Jika memang komponen AC kotor, segera dibersihkan. Atau jika tak ingin ribet, kamu bisa memanggil montir ke rumah.

Lindungi kendaraanmu dengan asuransi mobil terbaik

Tips dari Lifepal! Mungkin sekilas kerusakan pada AC mobil gak membutuhkan biaya yang terlalu besar. Namun, jika diperlukan penggantian spare part, biayanya bisa membengkak sampai jutaan rupiah! Belum lagi kerusakan lain seperti kecelakaan.

Oleh sebab itu, penting sekali untuk mengantisipasi risiko tersebut penting sekali buat mempersiapkan diri dengan membeli produk asuransi mobil. Kalau punya produk ini, kamu gak perlu lagi keluar uang banyak buat perawatan dan perbaikan mobil kesayanganmu.

Nah, asuransi mobil sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu asuransi mobil All Risk dan asuransi mobil Total Loss Only (TLO). Bingung mana yang cocok buat kamu? Coba deh ikutan kuis jenis asuransi mobil berikut ini supaya paham!

Mungkin kamu bingung di mana bisa membeli asuransi mobil dan kapan bisa segera terlindungi secepatnya.

Nah untuk mendapatkan referensi selengkapnya tentang manfaat memiliki asuransi mobil, kamu bisa berkonsultasi dengan broker atau agen asuransi yang terpercaya.

Di Lifepal, kamu akan mendapatkan konsultasi gratis mengenai ulasan sekaligus rekomendasi produk asuransi terbaik di Indonesia. Daftarkan dirimu sekarang juga untuk berkesempatan dapat diskon premi asuransi mobil!

Pertanyaan seputar harga freon AC mobil