Ikan Arwana Terpopuler di Dunia Harganya Bisa Tembus hingga Miliaran Rupiah

harga ikan arwana

Harga ikan arwana itu emang mahal. Namun, minat orang-orang yang pengin memelihara ikan arwana gak pernah surut. Terlebih ikan air tawar yang satu ini menawarkan keindahan yang jarang ditemukan di ikan-ikan pada umumnya.

Gak sedikit orang yang dibuat penasaran dengan harga ikan arwana. Pertanyaan pun menyeruak, kenapa ikan arwana nilainya bisa begitu tinggi? Apakah sisi estetis yang ditonjolkan ikan ini menjadi alasan semata-mata bikin harganya mahal? Atau adakah alasan lainnya kenapa ikan bisa seharga mobil mewah?

Ulasan Lifepal kali ini mau membahas kenapa harga ikan arwana bisa sangat mahal. Terus dalam ulasan ini, kamu juga bakal mengetahui informasi seputar ikan arwana, mulai dari seluk-beluknya hingga jenis-jenis ikan arwana. Langsung aja yuk disimak ulasannya berikut ini.

Baca juga: 5 Ras Kucing Paling Mahal di Dunia, Salah Satunya Seharga Rp 1,8 Miliar!

Dijuluki ikan naga, ikan arwana adalah ikan air tawar asli dari Asia Tenggara

harga ikan arwana
Ikan Arwana Golden (Ilustrasi/Shutterstock).

Ikan arwana mendapat popularitasnya di dunia karena harganya yang sangat mahal. Ikan yang dijuluki ikan naga atau dragon fish ini bahkan memperoleh predikat sebagai ikan akuarium termahal di dunia. Maka gak heran nih harga ikan arwana melambung sekali ketimbang ikan lainnya. 

Di luar Asia ikan air tawar ini dikenal dengan nama the Asian arowana. Karena ikan ini merupakan spesies tropis, wajar aja kalau arwana lebih mudah ditemukan di wilayah Asia Tenggara.

Ikan arwana aslinya merupakan ikan liar yang bisa bertumbuh sekitar 91 sentimeter. Namun, masyarakat China percaya ikan sebagai pembawa keberuntungan dan kemakmuran karena ciri-cirinya, seperti warna metalik yang menyala, kumis yang tumbuh, hingga gerakannya yang bergelombang bagaikan naga.

Menariknya nih ikan arwana dulunya dikonsumsi penduduk yang kebetulan tinggal di sekitar habitat ikan air tawar ini. Seperti yang diungkap Business Insider, seorang pedagang akuarium yang bepergian lewat Malaysia utara tahun 1967 melihat ikan ini sebagai ikan mati yang dijajakan di pasar.

Melihat rupa ikan naga yang elok dan menarik membuat si pedagang akuarium mencari cara supaya bisa memelihara ikan ini. Hingga akhirnya pada 1980-an, arwana muncul sebagai peliharaan di Taiwan. Sejak saat itulah ikan ini diinginkan banyak orang dan popularitasnya menyebar ke mana-mana.

Ikan arwana yang awalnya ikan liar kini berubah status sebagai salah satu komoditas paling bernilai di dunia. Apalagi sebagian kultur masyarakat Asia percaya kalau ikan ini adalah simbol keberuntungan dan kemakmuran. Gak heran kalau ikan ini dipelihara banyak orang Asia.

Baca juga: Modal Kecil dan Untung Cepat! Begini Cara Ternak Lele Menggunakan Terpal

Kenapa harga ikan arwana bisa sangat mahal? Ini alasan-alasannya

harga ikan arwana
Ikan Arwana Asian Red (Ilustrasi/Shutterstock).

Dari penjelasan sebelumnya, ada tiga hal yang bisa ditarik sebagai alasan di balik mahalnya harga ikan arwana. Apa aja alasan-alasan tersebut?

1. Mitos ikan arwana sebagai simbol keberuntungan dan kemakmuran membuat ikan ini dicari-cari dan punya nilai tinggi

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, mitos yang dipercayai di sebagian masyarakat Asia telah mengubah citra ikan ini sebagai ikan yang istimewa. Banyak orang Asia yang pelihara ikan ini karena menyakini hewan ini bisa terus-terusan membawa rezeki.

Di sinilah hukum supply & demand bekerja dan arwana seketika menjadi komoditas dagang. Saat permintaan (demand) ikan ini tinggi, sedangkan pasokannya (supply) terbatas, saat itulah terjadi nilai ikan ini beranjak naik hingga mahal seperti sekarang.

2. Digolongkan sebagai hewan langka sampai ilegal dipelihara di Amerika Serikat

Permintaan terhadap arwana emang tinggi, tetapi jumlah ikan ini di alam terbatas. Karena itulah, harga ikan ini melambung tinggi sampai akhirnya banyak orang yang melakukan perburuan terhadap ikan air tawar ini.

Perburuan yang terjadi telah menyebabkan populasi ikan ini dikabarkan hampir habis di alam. Endangered Species Act, sebuah hukum perlindungan spesies yang terancam punah di Amerika Serikat, memasukkan hewan ini dalam daftarnya.

Itulah sebabnya ikan ini gak bisa masuk secara legal di Amerika Serikat hingga sekarang. Gak cuma di Amerika Serikat, sebanyak 183 negara pada tahun 1975 telah menyepakati status ikan ini sebagai hewan langka dan melarang ikan ini dalam komoditas perdagangan internasional.

Bukannya membuat orang-orang berhenti memperdagangkan ikan ini, digolongkan sebagai hewan langka malah bikin ikan ini sebagai barang mewah. Ikan ini pun bahkan masih diperjualbelikan di pasar gelap. 

3. Sejak dibudidayakan, cuma jenis ikan arwana tertentu yang mahal

Dikarenakan arwana digolongkan sebagai spesies langka, sejumlah orang berinisiatif membudidayakan ikan air tawar ini. Pada 1980-an, pembatasan terhadap larangan penjualan ikan ini mulai dilonggarkan khusus ikan yang dibudidayakan.

Penjualan arwana budidaya kemudian berkembang pesat pada tahun 2000-an. Namun, pasokan arwana yang gak terkontrol mengakibatkan banyaknya jumlah arwana membanjiri pasaran. Alhasil, harga arwana buat beberapa jenis mengalami penurunan.

Berbeda dengan jenis-jenis arwana tertentu, harga jenis arwana tertentu justru masih mahal harganya. Contohnya aja keberadaan ikan arwana albino yang tergolong sangat langka. Sekalinya diperjualbelikan, harga arwana albino diketahui mencapai US$ 300 ribu atau sekitar Rp 4,25 miliar pada tahun 2009.

Baca juga: 3 Bisnis Olahan Ikan Ini Cetak Omzet Besar, Ada yang Sampai Rp 40 Miliar

Jenis-jenis ikan arwana yang dihargai sangat mahal, apa aja?

Ada sejumlah jenis ikan arwana yang diketahui memiliki harga yang sangat mahal. Keberadaannya yang langka menjadi pendorong kenapa nilainya dapat lebih tinggi dari jenis-jenis ikan arwana lainnya.

Berikut ini adalah daftar jenis ikan arwana dengan harga termahal dan dijual secara online. Apa aja jenis-jenisnya?

Jenis ikan arwana Harga 
Arwana Albino US$ 300.000
Arwana Emerald Violet Fusion Super Red US$ 12.000
Arwana Platinum White US$ 4.000 – US$ 10.000
Arwana Chili Red  US$ 300 – US$ 1.500
Arwana 24K Gold US$ 250 – US$ 1.500
Arwana Red US$ 320 – US$ 1.500
Arwana Super Red US$ 210 – US$ 820
Arwana Blue Black US$ 210 – US$ 820
Arwana Banjar Red US$ 210 – US$ 820
Arwana Jardini atau Arwana Papua US$ 220 – US$ 850
Arwana Cross Back US$ 250 – US$ 850
Arwana Hitam atau Black Arowana US$ 220 – US$ 520
Arwana Silver US$ 320 – US$ 850
Arwana Afrika atau African Arowana US$ 320 – US$ 750
Arwana Australia atau Scleropages leichardti  US$ 180 – US$ 820
Arwana Asian Red US$ 250 – US$ 410
Arwana Red Tail Golden US$ 300 – US$ 448
Arwana High Back Red Tail Golden  US$ 450 – US$ 833
Arwana Hijau atau Green Arowana US$ 300 – US$ 700
harga ikan termahal
Ikan Arwana Albino (Ilustrasi/Shutterstock).

Daftar di atas menunjukkan kalau Arwana Albino masih memegang rekor sebagai ikan arwana termahal. Gak cuma dalam daftar di atas, tetapi Arwana Albino juga menjadi jenis arwana paling mahal di dunia.

Di Indonesia ada beberapa arwana yang masuk dalam daftar yang diperjualbelikan. Jenis-jenis arwana tersebut antara lain Arwana Super Red yang berasal dari Kabupaten Kapuas Hulu, Arwana Hijau dari beberapa wilayah di Indonesia, Arwana Red Tail Golden dari Sumatera, hingga Arwana Jardini dari Papua.

Nah, Arwana Super Red dan Arwana Silver menjadi dua jenis arwana yang populer di Indonesia. Kalau berdasarkan daftar di atas, harga ikan Arwana Super Red lebih mahal ketimbang Arwana Silver.

Itu tadi informasi seputar ikan arwana, jenis-jenis arwana, hingga harga jualnya. Semoga bermanfaat ya! (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →