Harga Masker N95 serta Bedanya dengan Masker KN95 dan KF94

harga masker n95

Semenjak virus corona atau covid-19 menyebar ke seluruh penjuru dunia, masker mulai menjadi alat pelindung diri (APD) yang paling efektif untuk melindungi diri dari virus mematikan tersebut. Karena banyaknya permintaan, harga masker N95 pun jadi mahal per boksnya.

Masker memiliki peran penting untuk melindungi diri dari debu dan partikel yang terkontaminasi polutan. Selain mengenakan masker medis, banyak masyarakat Indonesia yang juga menggunakan masker kain.

Namun, setelah dilakukan pengujian secara klinis, efektivitas masker kain dan masker medis ternyata masih kurang. Sehingga membuat para ahli merekomendasikan masker N95 untuk digunakan saat bepergian. Atau bisa juga dengan memakai masker dobel, yakni masker medis dengan masker kain. 

Masker N95 termasuk dalam kategori masker dengan respirator yang bersertifikat lembaga khusus seperti National Institute of Occupational Safety and Health (NIOSH) Amerika Serikat ataupun European Committee for Standardization (CEN) di Eropa.

Oleh karena itu alasan mengapa masker N95 dinyatakan efektif untuk melindungi diri dari risiko terpaparnya partikel-partikel berbahaya di udara seperti virus corona.

Harga Masker N95

Mengingat efektivitas masker N95 tinggi untuk menangkal virus corona masuk ke dalam tubuh, membuat masker ini memiliki harga yang cukup mahal. 

Di awal pandemi saja harga masker N95 mencapai Rp1,5 juta hingga Rp2 juta per boks dengan isi 20 buah masker. Padahal sebelumnya harga masker N95 hanya Rp400 ribuan.

Namun, masa-masa panic buying sudah berlalu. Dikutip dari Harga.web.id, berikut ini daftar harga masker N95 2021 dengan harga yang lebih terjangkau. 

Merk Masker N95Harga Masker N95
Bluelans N95 DustproofRp60 ribu
ORVR KN95 Face MaskRp87 ribu
3M N95 9004Rp100 ribu
Shigematsu N95 Without Exhalation ValveRp128.700
3M N95 8110S AnakRp133.500
Krisbow N95 MaskerRp218 ribu
3M N95 8210Rp235 ribu
Shigematsu N95 With Exhalation ValveRp253 ribu
Jackson N95 R10Rp325 ribu
3M N95 9501Rp400 ribu
3M N95 9105Rp499 ribu
Honeywell N95 Mask H801Rp630 ribu
AS One N95 MaskRp693 ribu
Yamamoto Kogaku Swan N95Rp726 ribu
Niosh N95 Shigematsu MaskerRp800 ribu untuk 10 pcs

Untuk harga masker N95 di apotik tentu berbeda dengan harga masker N95 yang kita beli secara online. Kamu bisa menghubungi apotik terdekat untuk menanyakan harga masker N95 terbaru.

Cara memakai masker N95 dengan benar

Hal pertama yang harus kamu perhatikan saat memakai masker N95 adalah pastikan bahwa masker yang sudah kamu beli adalah masker bedah yang aman dan masih baru. Banyaknya kasus di mana para penjual mendaur ulang masker bedah membuat risiko penularan virus semakin besar.

Untuk itu, pastikan masker bedah yang kamu gunakan sudah aman dan masih baru dan dibeli di tempat yang terpercaya serta sudah mendapatkan izin edar alat kesehatan dari Kementerian Kesehatan.

Masker bedah jenis apapun, baik 2 lapis, masker N95, masker KN95, maupun masker KF94 yang sudah mendapatkan izin edar sudah melalui uji coba Bacterial Filtration Efficiency (BFE), Partie Filtration Efficiency (PFE), dan Breathing Resistance (BR).

Jika sudah memastikan masker bedah N95 yang kamu beli aman dan terpercaya, maka gunakan dengan benar agar virus dan bakteri tidak masuk ke dalam hidup dan mulut.

  • Belilah masker yang sesuai dengan bentuk wajah, hindari membeli masker dengan ukuran terlalu besar ataupun terlalu kecil dari wajah.
  • Cuci tangan terlebih dahulu dengan sabun di bawah air mengalir atau menggunakan hand sanitizer sebelum memegang masker untuk digunakan.
  • Perhatikan cara kamu memegang masker, pegang bagian nosepiece (kawat hidung) dengan ujung jari dan tali menggantung di bawah tangan.
  • Letakkan bagian nosepiece di bagian atas hidung dan pastikan bahwa masker sudah digunakan dengan rapat di wajah.
  • Jika kamu menggunakan masker dengan tali karet maka kaitkan tali tersebut di belakang kedua telinga. Namun bila menggunakan masker tali, maka kamu perlu menarik tali hingga ke bagian bawah tengkuk atau belakang leher.
  • Tekan bagian nosepiece sekali lagi hingga benar-benar rapat menempel pada hidung.
  • Bagaimana cara memastikan bahwa masker N95 sudah terpasang dengan benar?

    Untuk memastikan bahwa masker N95 sudah kamu gunakan dengan benar dan menempel pada wajah hingga tidak ada celah terbuka sekecil apapun, lakukan beberapa langkah pengecekan, seperti:

  • Tempelkan kedua tangan kamu di atas masker tetapi jangan terlalu menekan masker.
  • Lalu, kamu mulai menarik napas dalam-dalam.
  • Apabila kamu menemukan seluruh permukaan masker ke tarik ke arah wajah, ini tandanya bahwa kamu menggunakan masker N95 dengan benar karena kamu menghirup udara yang terperangkap di antara wajah dan lapisan masker.
  • Namun, bila yang terjadi justru sebaliknya. Seluruh permukaan masker tidak mengatup ke arah wajah, bisa jadi karena adanya celah pada masker yang membuat kamu dengan mudah menghirup udara dari luar masker. Ulangi lagi menggunakan masker N95 dengan benar.
  • Apa bedanya masker N95, masker KN95, dan masker KF94?

    Baik masker N95, masker KN95, dan masker KF94 memiliki bentuk dan komposisi yang hampir mirip hingga kita kesulitan membedakan ketiga masker tersebut. Perbedaan yang mencolok dari ketiga masker medis tersebut adalah standar atau tempat sertifikasinya.

    Masker N95

    Masker bedah N95 terbuat dari beberapa lapisan polimer plastik polipropilen dan bahan sintetis yang dirancang khusus agar menutupi mulut dan hidung penggunanya dengan ukuran yang pas.

    Masker N95 mendapatkan sertifikat atau standardisasi sebagai masker bedah di Amerika Serikat. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) di Amerika Serikat merekomendasikan masker N95 sebagai alat pelindung diri dengan rancangan khusus untuk kesesuaian wajah pemakainya sangat rapat dan sistem penyaringan partikel yang efisien.

    Pasalnya, masker N95 mampu menyaring partikel kecil berukuran 0,3 mikro sebesar 95 persen. Untuk diketahui bahwa partikel 0,3 mikro memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan droplet atau percikan air liur saat kamu batuk, berbicara, maupun bersin.

    Masker KN95

    Sama halnya dengan masker N95, masker KN95 juga dinilai ampuh 95 persen menyaring partikel kecil berukuran 0,3 mikro. Yang membedakannya adalah bila masker N95 berstandar dan bersertifikat dari Amerika Serikat, maka masker KN95 adalah masker bedah yang sudah di standarisasi dan mendapatkan sertifikat dari Cina.

    Dari segi desain sendiri pun tidak ada perbedaannya antara masker N95 dan masker KN95. Hanya saja proses sertifikasi yang sulit di Amerika Serikat yang membuat masker KN95 pun menjadi solusi untuk banyak orang.

    Masker KN95 sendiri pun pada akhirnya mendapatkan persetujuan dari FDA Amerika Serikat melalui otorisasi darurat untuk sertifikasi asing karena telah memenuhi syarat yakni filtrasi sebesar 95 persen.

    Masker KF94

    Masker KF94 merupakan masker Korean Filter dengan tingkat filtrasi atau penyaringan partikel aerosol sebesar 94 persen hingga ukuran 0,3 mikro.

    Dari namanya saja sudah jelas bahwa masker KF94 mendapatkan sertifikat dan standar dari Korea Selatan. Masker KF94 dilengkapi dengan pengait telinga, kawat di atas tulang hidung yang bisa kamu sesuaikan dengan bentuk wajahmu agar masker terpasang lebih rapat dan tidak menimbulkan celah sedikit pun.

    Itulah perbedaan dari ketiga masker medis yang sudah banyak beredar di masyarakat. Sebenarnya, baik masker N95, masker KN95, dan masker KF94 memiliki peran penting sebagai alat pelindung diri dari virus covid-19 yang kian ganas.

    Hanya saja, bila kamu seorang tenaga medis lebih disarankan menggunakan masker N95 dari ketiga jenis masker medis lainnya.

    Efektivitas pemakaian masker dobel saat pandemi

    Di Indonesia sendiri, salah satu protokol kesehatan yang diwajibkan pada masyarakatnya adalah dengan menggunakan masker saat bepergian ke luar rumah. Bukan masker kain melainkan masker medis sekali pakai dengan minimal terdapat filtrasi 3 lapis.

    Baik masker medis 3 lapis, masker N95, masker KN95, maupun masker KF94 sama baiknya asalkan digunakan dengan benar. Salah satunya adalah dengan mengganti masker selama 4 sampai 8 jam.

    Selain itu, pemerintah juga mulai menyarankan penggunaan masker dobel. Maksudnya adalah kamu disarankan untuk menggunakan masker medis sekali pakai yang dilapisi lagi dengan masker kain.

    Apakah penggunaan masker dobel ini efektif?

    Masker medis dengan 3 lapisan berbahan non tenun sintetis mampu menyaring partikel sebanyak 80 hingga 85 persen. Adapun masker kain juga bisa melindungimu hingga 70 persen dengan pemakaian maksimal selama 4 jam.

    Menggunakan masker dobel, masker medis dan masker kain ini dinilai bisa melindungimu hingga 96,4 persen. Apalagi bila masker medis yang kamu pilih masker N95, masker KN95, maupun masker KF94.

    Pentingnya memiliki asuransi kesehatan 

    Munculnya varian virus corona atau covid-19 membuat banyak orang kian khawatir dan gelisah. Bahkan, penularannya pun kian mudah dan dalam hitungan 10 detik saja. Oleh karena itu, penting memiliki asuransi Covid 19.

    Asuransi Covid 19 sendiri terdiri dari asuransi kesehatan dan asuransi jiwa yang menanggung biaya rumah sakit nasabahnya yang terkonfirmasi virus corona atau covid-19.

    Tips memilih asuransi Covid 19 perlu mempertimbangkan kebijakan polis, limit yang diberikan, dan reputasi perusahaan asuransi. Berikut penjelasan lebih detail mengenai tips ini:

    Baca ketentuan polis dengan teliti

    Seringkali klaim nasabah ditolak karena tidak sesuai dengan perjanjian polis yang telah disetujui bersama. Karena itu, sebaiknya pelajari polis dengan teliti. Khususnya pada bagian risiko yang ditanggung serta nilai pertanggungan yang diberikan asuransi.

    Hitung limit asuransi

    Cari tahu biaya perawatan Covid-19, kemudian sesuaikan dengan limit asuransi yang dipilih. Pastikan limitnya lebih tinggi dibandingkan estimasi biaya perawatan Covid-19 saat ini. Cari tahu juga apakah asuransi memberikan manfaat unit link atau investasi sekaligus atau tidak. Sebab asuransi berbalutkan investasi sekaligus umumnya preminya lebih mahal.

    Cari tahu reputasi perusahaan

    Apakah perusahaan asuransi yang dipilih pernah terjerat kasus? Informasi ini bisa dengan mudah calon nasabah dapatkan dengan melakukan riset secara online.

    Kalkulator dana darurat

    Di masa pandemi Covid-19, kita wajib berjaga-jaga dengan mempersiapkan dana darurat yang cukup untuk waktu yang sudah ditentukan. Mengingat, saat pandemi Covid-19 bisa saja terjadi pengeluaran yang tidak terduga, misalnya untuk membeli vitamin tambahan atau menu makanan sehat yang harganya cukup mahal. 

    Berikut ini kalkulator dana darurat dari Lifepal yang bisa kamu gunakan untuk menghitung berapa dana darurat yang harus dikumpulkan. 

    Kapan waktu yang tepat mengganti masker N95?

    Agar masker N95 berfungsi dengan optimal, sebaiknya ganti masker selama 4 sampai 8 jam sekali. Sebab, filter pada masker ini akan mengalami penumpukan kontaminan yang membuat fungsi penyaringan pada masker menurun untuk memurnikan aerosol di udara.

    Oleh karena itu, ganti disarankan untuk mengganti masker N95 selama 4 sampai 8 jam sekali. Apalagi bila masker sudah kotor, robek, atau basah sebaiknya segera diganti. Menggunakan masker N95 berulang kali atau seharian memungkinkan penularan virus dan bakteri di udara lebih cepat.

    Setelah membuang masker yang sudah dipakai, cuci tanganmu terlebih dahulu dengan sabun dan di bawah air bersih yang mengalir. Tujuannya untuk menghindari kontaminasi kuman, virus, dan bakteri.

    Masker N95 bisa dicuci, memangnya benar?

    Masker N95 termasuk ke dalam golongan masker dengan jenis respirator. Maksudnya adalah masker N95 mampu mengurangi paparan partikel udara yang berbahaya seperti virus dan bakteri. Oleh karena itu, dalam pemakaiannya tidak bisa sembarangan.

    Masker respirator tidak bisa digunakan berkali-kali sekalipun kamu mencucinya. Setelah 4 sampai 8 jam pemakaian, sebaiknya segera buang masker N95 dengan merobek dan membungkusnya dengan plastik lalu dibuang ke tempat sampah.

    Setelah itu, segera cuci tangan kamu dengan sabun dan di bawah air bersih yang mengalir supaya terhindar dari risiko kontaminasi kuman, virus, dan bakteri yang berasal dari masker yang bekas dipakai ataupun dari tempat sampah.

    FAQ seputar harga masker N95

    Beragam harga masker N95 tergantung merek masker yang kamu beli. Harga masker N95 mulai dari Rp60 ribu hingga yang paling mahal Rp800 ribu untuk 10 pcs.

    • Belilah masker yang sesuai dengan wajah, hindari membeli masker dengan ukuran terlalu besar ataupun terlalu kecil dari wajah.
    • Cuci tangan terlebih dahulu dengan sabun di bawah air mengalir atau menggunakan hand sanitizer sebelum memegang masker untuk digunakan.
    • Perhatikan cara kamu memegang masker, pegang bagian nosepiece (kawat hidung) dengan ujung jari dan tali menggantung di bawah tangan.
    • Letakkan bagian nosepiece di bagian atas hidung dan pastikan bahwa masker sudah digunakan dengan rapat di wajah.
    • Jika kamu menggunakan masker dengan tali karet maka kaitkan tali tersebut di belakang kedua telinga. Namun bila menggunakan masker tali, maka kamu perlu menarik tali hingga ke bagian bawah tengkuk atau belakang leher.
    • Tekan bagian nosepiece sekali lagi hingga benar-benar rapat menempel pada hidung.

    Masker N95 merupakan masker respirator dimana kamu tidak bisa mencucinya dan hanya bisa dipakai sekali dalam durasi 4 sampai 8 jam.