Di 7 Negara Ini, Mobil Dijual dengan Harga Luar Biasa Mahal

harga mobil

Harga mobil di tiap negara emang berbeda-beda. Hal itu disebabkan karena aturan dari pemerintah setempat yang juga emang berlainan.

Karena itu, bisa jadi mobil murah yang ada di Indonesia malah dijual mahal lho di negara lain.

Situs asal Inggris, Concept Car Credit telah merangkum nama-nama negara yang menjual mobil dengan harga tinggi. Mereka telah melakukan riset harga mobil di penjuru dunia.

Lewat riset tersebut, muncul tujuh nama negara yang dinilai memberlakukan pajak tinggi banget buat sebuah mobil. Untungnya gak ada Indonesia sih.

Penasaran dengan tujuh negara yang menjual mobil dengan harga tinggi? Cari tahu lebih lanjut di bawah ini.

1. Kuba

View this post on Instagram

🇨🇺 Havana Cuba by @pictures_fs . ☝️ Follow the featured feed for more. And tag your friends in the comments 👇 . •••••••••••••••••••••••••••••••••••••••••••••• . 🔷 Admin: @mikecleggphoto . 🌍 Also follow @bestcitybreaks . •••••••••••••••••••••••••••••••••••••••••••••• ➱ Features: Tag us in your photos and use #travelanddestinations ============================ 📧 Spotted a mistake? Please email. •••••••••••••••••••••••••••••••••••••••••••••• #Havana #Cuba #tad_pictures_fs . #travel #explore #adventure #neverstopexploring #livelife #thelensbible #exploremore #wanderaround #travelwithme #worldtodolist #travelphotography #traveltemptations #bucketlist #travelgram #postcardsfromtheworld #passportready #keepexploring #worldplaces #digitalnomad #artofvisuals #ourplanetdaily #earthpix #natgeo #earthfocus #nationalgeographic

A post shared by Travel and Destinations (@travelanddestinations) on

Jual beli mobil di negeri komunis Karibia ini emang hampir mustahil dilakukan, terutama sebelum tahun 2014.

Meski demikian, harga mobil di sana relatif mahal. Pada tahun 2014, Pevgeot 206 lawas aja dijual hingga US$ 91 ribu.

Udah di atas Rp 1 miliar itu bos!

2. Korea Utara

Gak semua produsen mobil diizinkan memproduksi dan menjual mobilnya di Korea Utara. Dan udah bukan rahasia lagi, cuma orang-orang tertentu yang bisa punya mobil di negara komunis tersebut. Salah satunya ya elite politik dan militer. Warga biasa mah susah.

Salah satu mobil terlaris di Korut adalah Hawtai Lusheng E70, buatan Cina. Mobil itu dirakit oleh Rongceng Hawtai Automobile bersama Hyundai Motors. Selain itu ada pula mobil buatan Pyeonghwa yang kerap jadi mobil dinas pejabat.

3. St Kitts and Nevis

View this post on Instagram

"The best way to support the Caribbean is to book a trip there — and there’s no better place to start than with Nevis, an unspoiled oasis just northwest of Antigua in the West Indies. While many islands in the region are filled with all-inclusive resorts and hordes of tourists, Nevis is a less crowded, more laidback and quite elegant version of paradise." Learn more in this @forbestravelguide by @wellfedlife: http://bit.ly/nevis-forbestg #stkittsandnevis #nevis #nevisnaturally #travel #caribbean #wanderlust #adventureseeker #doyoutravel #travelmore #goexplore #wonderfulplaces #openmyworld #lovetotravel #adventurethatislife #roamtheplanet #FamilyVacation #DestinationWedding #Honeymoon #Adventure #GroupTravel #AllInclusive

A post shared by Nevis Island (@nevisnaturally) on

Negara pulau yang indah ini mungkin terlihat bak surga buat pasangan yang sedang berlibur buat merayakan bulan madu. Tapi sayangnya, buat urusan kepemilikan mobil, negara ini malah udah mirip neraka.

Pajak mobil di negara ini benar-benar gak masuk akal. Mobil sekelas Toyota Prius produksi tahun 2012 aja dijual di angka Rp 2,4 miliar!

4. Brazil

Meski Negeri Samba ini baru aja merasakan adanya perbaikan di sektor ekonomi dan reformasi politik, nyatanya harga mobil di sana tetap tinggi.

Penyebabnya ya apalagi kalau bukan masalah pajak.

Asal kamu tahu, pajak kepemilikan mobil di negara ini mencapai 36 persen dari harga mobil asli. Jadi, ketika suatu mobil harga off the road-nya adalah Rp 200 juta, maka harganya bisa sampai Rp 272 juta.

5. Malaysia

Biar kata harga bensin di Negeri Jiran ini lebih murah daripada di Indonesia, tapi hal itu gak berlaku dengan harga mobil. Mereka yang pengin beli mobil di Malaysia harus siap dengan pajak dan biaya perawatan yang tinggi.

Kebijakan ini ditujukan buat melindungi mobil nasional mereka, Proton. Jadi, ketika harga mobil dari negara lain tinggi, masyarakat pasti bakal memilih yang lebih murah.

6. Cina

View this post on Instagram

#shanghai #moment #상하이 #상해

A post shared by Clare HJ (@hi_iamclare) on

Di Negeri Panda ini, terutama di Shanghai, Beijing, dan Guangzhou, harga plat mobil dikabarkan lebih mahal ketimbang harga mobilnya itu sendiri. Kebijakan ini ditujukan buat mengurangi polusi dan kemacetan.

Pemerintah kota juga menetapkan kuota buat registrasi kendaraan bermotor setiap tahun. Nah biaya registrasi itu juga luar biasa mahal, makanya gak sedikit yang mengurungkan niat buat punya mobil.

7. Singapura

Udah banyak yang tahu kalau harga mobil di negara ini emang gak murah. Tapi wajar aja sih kalau mobil di sana mahal, wong Singapura itu negaranya kecil banget. Kalau aja 50 persen warganya naik mobil pribadi, seperti apa macetnya tuh negara.

Buat memiliki mobil di sana, kamu harus punya Certificate of Entitlement (COE) atau sertifikat kepemilikan mobil. COE itu sendiri berlaku selama 10 tahun. Nah, biaya bikin COE itu sendiri luar biasa mahal, bisa lebih dari US$ 70 ribu atau Rp 1 miliar.

Itulah negara-negara yang harga mobilnya tinggi banget. Kira-kira gimana kalau kebijakan pajak mobil seperti di tujuh negara itu diberlakukan di Indonesia? Kamu setuju gak?

 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →