Deretan Harga Motor Matic Bekas di Bawah Rp5 Jutaan

Harga motor matic bekas dibawah 5 juta

Munculnya sepeda motor baru setiap tahunnya membuat stok kendaraan bermotor bekas di pasaran semakin banyak. Akibatnya sekarang ini banyak harga motor matic bekas di bawah Rp5 juta yang dijual di pasaran dan menjadi incaran para pemburu kendaraan bekas. 

Harus diakui pasar otomotif roda dua Indonesia menjadi yang paling maju dibandingkan beberapa negara lain di wilayah Asia Tenggara. Itu bisa dilihat dari jumlah pengendara motor yang semakin meningkat setiap tahunnya.

Fenomena motor matic bekas di Indonesia

Kebutuhan masyarakat kota yang pengin sampai kantor dengan cepat tanpa perlu bermacet-macetan membuat sepeda motor menjadi jawaban dari masalah tersebut. Selain itu munculnya aplikasi ojek online membuat semakin banyak pengendara ojol yang membeli motor baru maupun yang bekas.

Rentang harga motor bekas tentu didasarkan pada kualitas motor, merek motor, hingga kelengkapan surat-surat motor tersebut, jika mengincar motor matic bekas di bawah harga Rp5 juta, maka pilih motor dengan tahun pembuatan 2010 ke bawah ya sebab jika di atas tahun 2010 akan semakin meningkat harganya dan umumnya berada pada level Rp5 juta ke atas. 

Selain itu, harga di pasaran setiap daerah juga berbeda-beda, tidak ada patokan secara pasti mengenai harga motor matic bekas. Pilihan motor matic bekas di Indonesia juga sangat beragam karena banyaknya produsen otomotif yang memiliki variasi produk motor matic yang, mulai dari Yamaha Mio, Honda Beat, Suzuki Nex, Suzuki Spin. Masing-masing merek pun memiliki keunggulannya tersendiri.

Jika dilihat lebih rinci berdasarkan tahun pembuatan yakni 2010 ke bawah, pada umumnya teknologi yang digunakan motor matic di Indonesia menggunakan sistem pembakaran dengan karburator, berbeda dengan angkatan tahun 2010 ke atas, sistem pembakaran sudah menggunakan injeksi yang membuat motor lebih irit dan juga lebih mahal tentunya dari sisi harga.

Teknologi injeksi mulai populer digunakan oleh motor matic keluaran 2012. Waktu itu Honda meluncurkan Honda Beat FI. Begitu juga dengan Yamaha yang merilis Mio J dan Suzuki yang merilis Nex FI. Hadirnya teknologi Injeksi membuat motor matic semakin populer di Indonesia.

Pilihan harga motor matic bekas di bawah Rp5 jutaan

Nah kalau kamu lagi mencari harga motor matic bekas di bawah Rp5 juta bisa mempertimbangkan beberapa motor berikut ini yang bisa dijadikan pertimbangan.

1. Honda Beat 2009 – Rp 4,2 jutaan

Honda Beat banyak dicari lho bekasnya
Honda Beat tahun 2009 banyak dicari oleh pengguna motor lantaran harganya murah.

Untuk harga motor matic bekas dibawah 5 juta pertama yang bisa kamu coba adalah Honda Beat keluaran tahun 2009. Motor matic Honda yang satu ini sudah cukup melegenda karena menjadi motor sejuta umat di Indonesia dan paling laris.

Dipasok dengan mesin sebesar 110 cc membuat Honda Beat memiliki kecepatan dan mesin yang bandel untuk pengemudinya. Gak aneh kenapa sampai hari ini Honda Beat keluaran tahun 2009 masih banyak yang dicari.

Di beberapa situs jual beli motor online motor yang satu ini ada yang membanderol dengan harga sekitar Rp4,3 juta per unitnya.

 2. Yamaha Mio 2008 – Rp4,2 jutaan

Yamaha Mio 2008 banyak dicari oleh pengguna motor
Yamaha Mio 2008 banyak dicari oleh pengguna motor.

Di urutan kedua ada motor dari pabrikan berlogo garpu tala yakni Yamaha Mio keluaran tahun 2008. Harga motor matic bekas di bawah Rp5 juta ini gak berbeda jauh dengan pesaing abadinya yakni Honda Beat, sebab perbedaannya hanya sekitar Rp100 ribuan aja.

Pada eranya, mungkin produk ini bisa dianggap sebagai salah satu motor matic terbaik. Bagaimana tidak? Yamaha Mio tahun 2008 dipersenjatai mesin 110 cc yang memiliki karakter gesit dan bandel selayaknya Beat. Hal ini menjadi alasan utama kenapa kendaraan yang satu ini enak untuk dibawa melewati kemacetan di Ibu Kota.

Yamaha Mio keluaran tahun 2008 dijual dengan harga sekitar Rp4,2 jutaan per unitnya.

3. Suzuki Spin 2008 – Rp3,7 jutaan

Suzuki Spin juga harganya murah lho
Suzuki Spin 2008 harganya juga murah lho.

Masih datang dari pabrikan asal Jepang, kali ini ada Suzuki Spin keluaran tahun 2008. Meski gak selaris Honda Beat dan Yamaha Mio tetapi tipe yang satu ini bisa menjadi pilihan buat kamu yang pengin anti-mainstream.

Dibekali dengan mesin sebesar 110 cc, Suzuki Spin memiliki keunggulan untuk menyalip mobil di tengah kemacetan yang sering dialami masyarakat urban. Harga motor matik bekas di bawah Rp5 juta ini dibanderol sekitar Rp3,7 jutaan per unitnya.

4. Kymco Metica 2005 – Rp4 juta

Harga bekas motor Kymco matic juga miring lho
Bisa jadi pilihan nih membeli motor bekas keluaran Kymco.

Pernah mendengar merek motor bernama Kymco? Brand yang berasal dari Taiwan ini juga gak mau kalah menawarkan harga motor matic bekas di bawah Rp5 juta di pasaran.

Tipe yang banyak beredar adalah Kymco Metica keluaran tahun 2005. Motor ini memiliki kapasitas mesin sebesar 125 cc, lebih besar dibandingkan ketiga motor sebelumnya yang masuk dalam daftar.

Harga motor Kymco Metica ini dibanderol sekitar Rp4 jutaan di e-commerce online Tanah Air.

5. Suzuki Skywave 2009 – Rp4,9 jutaan

Suzuki Skywave bisa dijadikan pilihan kamu nih membeli motor matic bekas
Suzuki Skywave bisa dijadikan pilihan kamu nih membeli motor matic bekas.

Daftar harga motor matic bekas di bawah Rp5 juta terakhir ada Suzuki Skywave keluaran tahun 2009. Sama seperti Metica keluaran Kymco, motor yang satu ini memiliki kapasitas mesin sebesar 125 cc dan memiliki desain body yang ramping. Di pasaran motor ini memiliki harga sekitar Rp4,9 jutaan per unitnya.

Pilihan alternatif motor matic bekas

Sementara itu, terdapat beberapa pilihan alternatif jika tidak suka dengan model atau pilihan motor matic bekas di atas. 

Merek Motor Harga
Yamaha Mio Soul 2010 Rp4.950.000
Yamaha Mio J 2012 Rp4.800.000
Yamaha Xeon 2012 Rp4.900.000
Honda  spacy 2011 Rp4.000.000
Suzuki Nex 2012 Rp4.650.000

Yuk, pahami cara merawat motor matic bekasmu supaya awet

Supaya gak ada masalah di motor matic bekas pilihan kita, lebih baik cek dulu kondisinya. Berikut langkah-langkah yang bisa dijadikan pedoman.

  • Perhatikan tampilan fisik berupa bodi dan kelengkapan aksesoris bawaan pabrik, seperti kaca spion, ban, velg, lampu.
  • Selanjutnya pastikan kondisi mesin motor dalam keadaan prima dan layak jalan. Perhatikan bunyi suara mesin ketika motor dinyalakan. Lihat apakah ada asap yang keluar dari knalpot saat motor dinyalakan. Jika terdapat asap yang keluar, berarti ada gangguan atau kerusakan pada mesin.
  • Kemudian, cek juga kelistrikan motor, mulai dari sumber energi yakni aki, apakah masih dalam keadaan prima atau tidak, sebab aki menjadi salah satu komponen penting dalam sebuah motor matic.
  • Selanjutnya, pastikan motor memiliki kelengkapan surat-surat yang baik dan benar. Cek nomor rangka motor, nomor mesin, cocokkan dengan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), dan Buku Pemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB).
  • Pastikan nomor rangka dan nomor mesin sesuai dengan yang tertera dalam STNK dan BPKB.

Nah itulah beberapa daftar harga motor matic bekas di bawah Rp5 juta yang bisa kamu pertimbangkan. Jangan keliru, hanya karena harganya lebih murah, tapi nyatanya ada keuntungan tersendiri dengan memilih motor bekas

Namun yang pasti jangan lupa untuk melindungi motormu dengan asuransi motor. Dengan memiliki perlindungan dari asuransi motor, biaya perbaikan atas kerusakan yang menimpa motor pribadi akan ditanggung oleh perusahaan asuransi.

Tidak hanya kerusakan, musibah kehilangan motor akibat dicuri pun bisa ditanggung juga. Yuk cari tahu informasi selengkapnya terkait asuransi motor di Lifepal. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)