5 Cara Menghemat Bujet Catering Pernikahan Kamu

catering pernikahan

Salah satu pos pengeluaran paling besar saat menikah adalah catering. Harga paket catering pernikahan memang mahal. Apalagi kalau undangannya ribuan.

Makanya, kita mesti bersiasat dalam membiayai catering pernikahan. Jangan sampai bujet pernikahan tersedot hampir seluruhnya ke catering. Atau malah ngutang hanya buat membayar ongkos makan para tamu undangan ini. Malah kalau bisa dapat untung dari amplop undangan. *Lhah, ini mau nikah apa bisnis rumah makan?

[Baca: Ambil Pinjaman Bank untuk Menikah Boleh Bro, Asal Tahu Batasannya]

Tips menghemat catering pernikahan

Sebenarnya, ada banyak cara agar biaya pernikahan gak membengkak. Khusus di sektor catering, kita mesti berani mendobrak kelumrahan dalam resepsi pernikahan kalau mau ngirit. Berikut ini tips menghemat catering pernikahan.

1. Sesuaikan dengan bujet

Mau pusing mikirin biaya catering sebelum atau sesudah resepsi? Kalau memilih sesudah, gak usah pakai bujet. Langsung pesan catering dan hidangkan ke tamu.

Meski pilih paket termurah, belum tentu ongkos pernikahan jadi lebih murah juga. Sebab, kamu gak punya bujet!

Bujet adalah hal penting dalam kegiatan seperti ini. Bahkan bujet juga wajib ada dalam kehidupan sehari-hari, gak hanya ketika akan berkegiatan.

Tanpa bujet, kehidupan finansial kita akan acak-acakan. Termasuk dalam resepsi pernikahan. Jika gak ada bujet, pengeluaran buat apa saja gak bakal terlacak.

[Baca: Tekan Bujet Nikah Kamu dengan Undangan Pernikahan Online]

2. Kurangi nasi

Lihat deh pengalaman pribadi pas datang ke acara nikahan. Pasti ambil nasinya sedikit, entah itu nasi putih entah nasi goreng.

Soalnya, orang-orang cenderung lebih suka makan gubukan. Makanan di gubukan umumnya gak sehari-hari dimakan. Beda dengan yang ada di tengah, seperti nasi, sop, ayam goreng, atau ikan.

Umpamanya paket dari pihak catering sebanyak 20 kilogram beras. Bisa kamu minta kurangi jadi 10 kilogram saja. Tapi, dengan kompensasi harga paket dikurangi, ya.

3. Fokus ke gubukan

Seperti dikatakan sebelumnya, orang-orang biasanya fokus ke gubukan. Kita juga harus sama. Gubukan menjadi kunci.

Biar ngirit, kurangi porsi menu di meja tengah. Misalnya harga paket tengah Rp2 juta, sedangkan gubukan Rp500 ribu per gubuk.

Jadikan Rp1 juta saja itu makanan tengah. Gubukan tetap Rp500 ribu gak apa-apa, asalkan sesuai dengan jumlah tamu. Tapi kalau bisa ditambah Rp100 ribu biar porsinya lebih banyak.

Tamu biasanya lebih sering mengomentari makanan di gubukan ketimbang di tengah, apalagi kambing gulingnya. Bagaimana tidak? Baru masuk gedung aja langsung pada milih tempat di dekat gubukan daging kambing. Hayo, ngaku deh!

4. Cukup air putih

Ketimbang jor-joran pakai minuman bersoda buat sajian, mending banyakin air putih. Alasan utama, tentu karena lebih ngirit.

Lihat saja, harga minuman bersoda 1 liter bisa sama dengan harga air mineral 2 liter. Toh, keduanya sama-sama berfungsi meredakan dahaga.

Selain itu, air putih lebih sehat ketimbang minuman bersoda. Para tamu, apalagi yang sudah sepuh, pastinya lebih milih air putih demi kesehatan. Setuju? *sambil megangin dompet.

5. Pakai porsian saja

Ini nih, tradisi dalam resepsi yang sangat ramah dompet. Di Solo, ada tradisi menghidangkan sajian resepsi secara porsian. Penyajian yang sering disebut dengan nama Piring Terbang ini lebih bisa diutak-atik bujetnya.

Namanya piring terbang karena makanan dihidangkan per piring, lalu disajikan satu per satu oleh pelayan. Konsepnya kayak di resto Barat, lho. Ada appetizer sampai pencuci mulut. Menunya biasanya:

  • Roti+korket/sosis solo dan teh manis anget
  • Sop ayam galantin
  • Nasi sambel goreng ati
  • Es buah

Sekarang komplet sudah. Murah meriah pula.

Bagaimanapun, pernikahan adalah acara sakral yang gak boleh dianggap remeh. Apalagi soal makanan. Para tamu kadang agak ribet mengomentari makanan kurang ini-itu.

Itu sebabnya, selain memastikan penghematan, kita mesti pastikan makanan itu enak disantap. Bukan asal murah.

Kalau mau lebih menghemat, kita bisa mengalihkan perhatian ke pos pengeluaran lain. Ke gedung, misalnya, cari yang murah tapi mantap. Begitu juga soal dekorasi pernikahan yang efisien.

Yang jelas, selalu ada cara menikah murah. Tinggal kitanya, mau dan mampu atau tidak untuk melaksanakannya.

Tips menghitung order catering pernikahan

bujet pernikahan

Bujet catering pernikahan tentu saja ditentukan oleh jumlah tamu yang diundang. Makin banyak tamu yang diundang, maka akan semakin besar biaya catering pernikahan Tangerang yang harus dikeluarkan. 

Pada umumnya, formula yang dipergunakan untuk memesan paket catering pernikahan adalah dengan jumlah tamu yang diundang dan jumlah tersebut dikalikan 2. Angka ini sudah termasuk tamu yang datang tanpa undangan, seperti anak cucu tetangga, saudara, yang jumlahnya kadang susah ditebak. 

Tapi, kamu juga harus ingat bahwa tidak semua tamu yang diundang akan datang. Biasanya sekitar 10 persen dari total undangan tidak hadir. Jika jumlah tamu yang kamu undang sedikit, maka jumlah tamu yang tidak diundang masih bisa menggantikan porsi tamu yang diundang tapi tak datang. 

Untuk lebih mudahnya, simak ilustrasinya berikut ini. 

Jumlah undangan 300 buah undangan
Jumlah tamu yang diharapkan datang  300 buah undangan x 2 orang = 600 orang
Tamu yang diundang tapi tidak datang 600 x 10% = 60 orang
Perkiraan tamu yang datang tanpa undangan 50 orang
Jumlah minimal catering yang dipesan 600 – 60 + 50 = 590

(Minimal persiapkan 600 porsi)

Tips memilih vendor catering pernikahan 

Tidak hanya urusan menu catering pernikahan yang penting. Memilih vendor catering pernikahan tangerang juga jangan sembarangan alias asal pilih saja. Ada beberapa tips cara memilih paket catering pernikahan jogja agar tidak salah pilih dan merusak acara pernikahan kamu. 

1. Lakukan survei harga catering pernikahan di pasaran

Jangan pernah percaya dan tergoda dengan penyedia catering yang menawarkan harga termurah. Bagaimanapun, ada harga ada rupa. Jangan sampai terjebak harga yang murah tapi ternyata kualitas dan mutu makanan mengecewakan. 

Apalagi sudah ada banyak kasus penipuan vendor catering pernikahan. Untuk itu, lakukan survei harga catering pernikahan bogor di pasaran serta lakukan perbandingan terhadap beberapa vendor catering sebelum mengambil keputusan memilih vendor catering. 

2. Lakukan kunjungan ke kantor dan dapur catering

Tujuannya adalah agar kamu tahu kapasitas catering pernikahan prasmanan. Mulai dari dapur, tim atau juru masak yang diperbantukan saat acara, hingga gudang penyimpanan makanan dan peralatan untuk memastikan peralatan yang akan dipergunakan pada saat acara pernikahan. 

3. Lakukan test food

Ada sebuah istilah yang menyebut ‘jangan beli kucing dalam karung’. Demikian juga dengan pemilihan menu catering pernikahan. Atur waktu untuk melakukan test food dengan datang ke kantor vendor catering pernikahan untuk memastikan rasa dan kualitas catering agar tidak kecewa. 

4. Minta penawaran harga

Jangan lupa untuk meminta penawaran harga dari setiap vendor catering pernikahan. Lalu diskusikan dengan pasangan, dan keluarga tentang harga catering pernikahan bogor yang sesuai dengan bujet, variasi menu serta fasilitas lainnya. Ingat pilih yang terbaik, bukan hanya sekadar termurah. 

5. Cek kredibilitas vendor catering pernikahan 

Selain harga, menu, dan kualitas, kamu juga harus memastikan bahwa vendor catering pernikahan tersebut telah berpengalaman dalam menangani acara pernikahan. Tidak ada salahnya juga kalau kamu melakukan riset dari hasil review klien vendor pernikahan.

Rekomendasi vendor catering pernikahan

wedding organizer

Di zaman serba digital seperti saat ini, proses pemilihan catering pernikahan jadi lebih mudah. Kamu bisa memanfaatkan keberadaan wedding marketplace untuk mencari catering pernikahan sesuai dengan bujet dan lokasi. Ada 3 wedding marketplace yang juga menyediakan pilihan vendor catering pernikahan. Apa saja?

1. Bridestory

Bridestory adalah platform direktori pernikahan serta marketplace yang membantu menghubungkan para profesional pernikahan dan vendor pernikahan yang terkurasi dengan para calon pengantin di Indonesia, bahkan seluruh dunia. Ada berbagai vendor kebutuhan pernikahan yang ditawarkan di Bridestory termasuk catering pernikahan.   

2. Wedding Market

Selain Bridestory, kamu juga bisa mengakses Wedding Market yang menyediakan berbagai vendor serta inspirasi pernikahan mulai dari wedding planner, dekorasi pernikahan, MUA, undangan, venue, catering pernikahan, dan sebagainya. 

3. Weddingku

Weddingku merupakan salah satu wedding marketplace yang sudah berdiri sejak tahun 2002 lalu. Kamu bisa mendapatkan direktori online, wedding planner, forum, dan e- commerce pernikahan termasuk catering pernikahan yang bisa menjadi one-stop solution untuk para calon pengantin.

[Baca: Bujet Nikah Cuma 50 Juta? Nih, Tips Bikin Resepsi Pernikahan Murah tapi Tetap Megah!]

Itulah tips tentang catering pernikahan yang bisa jadi dijadikan inspirasi dan referensi pernikahan kamu. Jangan lupakan prinsip bahwa pastikan harga, kualitas serta kredibilitas catering pernikahan tersebut terjamin. Oleh sebab itu, pilih vendor catering pernikahan yang terpercaya dan berpengalaman untuk mencegah kekecewaan di hari penting kamu.

Terakhir, jangan segan untuk mendiskusikan bersama pasangan dan kerabat untuk menyusun persiapan pernikahan yang ideal, terutama ideal dari sisi keuangan kamu ya.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →