Harga Saham HMSP: Profil Perusahaan, Rekomendasi, dan Analisisnya

harga saham hmsp

Harga saham HMSP cukup menarik untuk dikulik. Saham dari emiten PT Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk (HM Sampoerna) yang punya bisnis utama produksi rokok ini cukup lama berada di deretan 10 besar saham dengan kapitalisasi pasar (market cap) terbesar. 

Meski sayang, pada pekan ketiga Juni 2021 ini HSMP terpaksa keluar dari The Big 10 saham-saham market cap jumbo di Bursa Efek Indonesia. Perusahaan mencatatkan laba ‘hanya’ Rp8,58 triliun pada 2020 lalu, anjlok 37,95 persen dibanding tahun 2019. 

Pandemi Covid-19 yang menekan daya beli masyarakat ternyata jadi alasan utama jebloknya lama grup perusahaan Philip Morris ini. Volume penjualan saham rokok ini turun sampai 19,3 persen sepanjang 2020. 

Pandemi pun bukan satu-satunya pukulan bagi HMSP. Naiknya tarif cukai hasil tembakau secara rata-rata tertimbang hingga 24 persen dan kenaikan harga jual eceran (HJE) sebesar 46 persen di tahun 2020 lalu juga jadi alasan amblesnya laba perusahaan. 

Menariknya, HMSP tetap setiap bagi-bagi dividen kepada seluruh investornya. Dividen yang dibagikan senilai Rp72,3 per lembar saham atas laba bersih perusahaan. Nilai dividen yang dibagikan mencapai Rp8,46 triliun. 

Komitmen HMSP untuk membagikan dividen di tengah terpuruknya kinerja perusahaan membuat saham HMSP cukup menarik untuk dikulik.

Berapa harga saham HMSP saat ini? Apa saja fakta menarik yang perlu diketahui soal HMSP? Berikut ulasan lengkap mengenai harga saham Sampoerna termasuk profil perusahaan dan rekomendasi buat investor.

Profil perusahaan HM Sampoerna

Pasti kamu tahu produk rokok yang satu ini: Dji Sam Soe. Ya, merek dagang ini adalah produk legendaris dari PT Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk yang sudah berdiri sejak 1913. Coba hitung umurnya sekarang, lebih dari 100 tahun!

Produsen ‘Raja Kretek’ ini juga menjadi pencetus kategori Sigaret Kretek Mesin Kadar Rendah (SKM LT) dalam industri tembakau di Indonesia. Produknya adalah Sampoerna A yang diluncurkan pada 1989. 

Sampoerna juga memproduksi sejumlah merek rokok kretek ternama seperti Marlboro Filter Black, Sampoerna U, Philip Morris Bold, dan Sampoerna Kretek. 

Dari sisi pangsa pasar, Sampoerna juga salah satu yang terdepan. Pangsa pasar Sampoerna dalam industri rokok ini mencapai 32,2 persen pada 2019. Anak perusahaan PT Philip Morris Indonesia (PMID) ini sekaligus merupakan afiliasi dari Philip Morris International Inc (PMI), perusahaan raksasa global dengan merek Marlboro. 

Sampoerna melakukan penawaran perdana saham (IPO) pada 1990. Kepemilikan saham saat ini, 92,5 persen oleh Philip Morris dan 7,5 persen dikuasai publik.

Pada 2016, HMSP sempat melakukan stock split atau pemecahan harga saham dengan perbandingan 1:25. Tujuannya, agar saham lebih terjangkau bagi masyarakat luas. 

Harga saham HMSP semester I 2021

Harga saham HMSP sebenarnya terus mencatatkan penurunan, atau bearish trend selama lebih dari dua tahun. Penurunan harga terjadi setelah HSMP sempat mencatatkan harga tertingginya yakni Rp5.200 per lembar saham pada Januari 2018. 

Harga saham HMSP saat ini berkisar di rentang Rp1.150-an per lembarnya. Angka ini sebenarnya sama dengan harga saham HMSP pada periode 2011 atau tepat 10 tahun lalu. 

Penurunan harga saham HMSP yang terus-terusan terperosok ini juga didukung belum pulihnya kinerja keuangan perusahaan. Laba perusahaan sepanjang 2020 lalu jeblok sampai 37,5 persen, akibat sales yang juga terjun. 

Pada kuartal I 2021 ini, kinerja keuangan HMSP juga tidak menggembirakan. Penjualan bersih perusahaan turun 0,6 persen (yoy) menjadi Rp23,6 triliun. Laba bersih HMSP juga merosot 22,14 persen menjadi Rp2,59 triliun.

Mengapa demikian? Ada kombinasi alasan, terdiri dari penurunan daya beli masyarakat akibat pandemi Covid-19 dan juga kenaikan cukai hasil tembakau.

Hal seperti ini menjadi risiko investasi saham yang harus kamu ketahui. Itu sebab, kamu perlu memilih saham terbaik.

Jangan sampai biaya perbaikan mobil kesayanganmu justru membebani pengeluaran karena memang nyatanya biaya perawatan mobil tidaklah murah. Manfaatkan asuransi mobil all risk supaya kamu gak perlu pusing lagi dengan tagihan bengkel karena kamu akan terjamin dari biaya perbaikan kerusakan ringan dan berat, bahkan dapat ganti rugi atas kehilangan akibat pencurian.

Rekomendasi saham HM Sampoerna

Lesunya harga saham HMSP membuatnya tak banyak dilirik analis. Dikutip dari Kontan, yang juga merujuk konsensus Bloomberg, saham HMSP belum jadi pilihan bagi investor dengan alasan pertimbangan untung dan rugi investasi saham.

Dari 34 analis, tercatat hanya 13 analisis yang menyarankan hold saham HMSP. Sebanyak 15 analis bahkan menyarankan jual. Hanya 6 analis yang masih menyarankan pembelian saham HMSP. 

MNC Sekuritas juga memprediksi koreksi saham HMSP sejak 2018 ini masih akan terus berlanjut. Sehingga tak sedikit analis saham menyarankan agar investor lebih wait and see.*

*Disclaimer: artikel ini bukan rekomendasi resmi terkait investasi saham tertentu

Investasi yang sesuai buat kamu

Investasi terbaik adalah yang sesuai dengan profil risiko investasi kamu. Cari tahu lewat Kuis Lifepal berikut ini:

Pertanyaan seputar harga saham HMSP

Berapa harga wajar saham HMSP?

Penghitungan harga wajar sebuah saham bisa dihitung dengan metode relative valuation berbasis price earning ratio (PER). Caranya dengan membandingkan harga saham terhadap laba per lembar saham (earning per share atau EPS). Berdasarkan hitungan ini, harga wajar saham Sampoerna adalah Rp2.111,2 per lembar saham pada 2020.

Asuransi apa yang menanggung biaya perbaikan kendaraan?

Untuk menanggung biaya servis dan perbaikan mobil, kamu bisa memanfaatkan asuransi mobil. Asuransi mobil akan menjaminmu dari mahalnya biaya perbaikan dan servis mobil sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan uang terlalu banyak. 

Rawat Inap Desktop Lifepal
Rawat Inap Promo Lifepal Mobile

Sama halnya dengan manfaat asuransi motor yang mana bisa menanggung biaya perawatan dan perbaikan motor. Asuransi motor akan memberimu jaminan pelunasan tagihan servis dan perbaikan dalam berbagai skala kerusakan, mulai dari skala ringan dan berat serta bahkan jaminan ganti rugi jika motormu hilang akibat dicuri.