Alasan yang Bikin Harga Sarang Burung Walet Mahal

harga sarang burung walet

Harga sarang burung walet di salah satu online marketplace mencapai Rp350 ribu per 17 gram. Itu berarti, 1 gramnya dijual dengan harga Rp20 ribuan. Jadi, kalau sekilo, harganya bisa mencapai Rp20 jutaan.

Sayangnya, barang ini langka banget, minimal pembelian sarang burung walet itu 17 gram. Gak heran kalau harga sarang burung walet bisa semahal itu. Pasalnya, burung walet dikenal sebagai burung unik yang mudah sekali dikenali dari bentuk sayap dan ekornya yang meruncing bagaikan sabit.

Hebatnya, burung walet menggunakan air liurnya buat bikin sarang. Sarang burung walet dari air liur ini punya banyak manfaat, kondisi itu menjadi salah satu penyebab yang bikin harga sarang burung walet mahal.

Selain bisa mengumpulkan pundi-pundi uang dari sarang burung walet, ada juga profesi-profesi lain dengan gaji yang cukup menggiurkan dan waktu kerja lebih fleksibel, beberapa contoh di antaranya berbisnis online, dan menjadi agen asuransi. Bahkan, beberapa bisa menghasilkan pendapatan sampai Rp30 juta per bulan!

Buat mengetahui apa lagi keistimewaan sarang burung walet sehingga harganya mahal, mari simak beragam alasannya dalam pemaparan berikut.

1. Nilai gizinya sangat tinggi

Harga sarang burung walet bisa begitu mahal karena disebut-sebut punya nilai gizi yang tinggi. Dikutip dari MSN, sarang burung walet punya kandungan protein, antioksidan, kalsium, dan kolagen yang tinggi.

Di Cina sarang burung walet lebih sering dimasak sebagai sup. Diteliti lebih lanjut, ternyata sup sarang burung walet memiliki sejumlah kandungan gizi, seperti:

  • Kalori: 345
  • Lemak: 2 gram
  • Karbohidrat: 31 gram
  • Protein: 50 gram.

2. Baik buat kesehatan dan kecantikan

Di balik nilai gizinya yang tinggi, sarang burung walet punya beberapa khasiat buat kesehatan maupun kecantikan. Buat kesehatan, sarang burung walet dapat mengembalikan stamina tubuh wanita, terutama setelah melahirkan.

Khusus ibu hamil, mengkonsumsi sarang burung walet bisa bikin bayi dalam kandungan bersih. Kulit bayi pun jadi sehat, bersih, dan halus.

Paru-paru pun bisa bersih karena sarang burung walet mengandung glyco protein. Kandungan yang satu ini juga bermanfaat buat menjaga daya tahan tubuh dan meregenerasi sel.

[Baca: Kesehatan Keluarga Adalah Hal yang Utama, Lindungi Mereka dengan Asuransi Kesehatan Keluarga. Premi Murah Mulai Rp100 ribuan per Bulan]

3. Sajian di restoran elite

Sejarahnya, sarang burung ini dijadikan bahan olahan sup buat disajikan ke raja di Cina di masa lampau. Cuma raja dan bangsawan yang bisa menikmatinya karena harga sarang burung walet sangat mahal waktu itu.

Kini, saking lezat rasanya, sarang burung walet dijual sebagai sajian di restoran elite. Seberapa mahalkah sajian burung walet ini?

Dari penelusuran yang dilakukan Lifepal, Restoran Teratai di Hotel Borobudur menjual menu makanan sarang burung walet dengan harga Rp228 ribu – Rp480 ribu. Harga segitu pastinya bisa buat traktir beberapa teman sekaligus tuh kalau belinya bakso.

4. Hasil panen gak banyak

Waktu panen sarang burung walet paling cepat sebulan dan paling lama tiga bulan sekali. Hasil panennya pun gak kayak hasil panen beras yang bisa berton-ton.

Panen sarang burung walet itu rata-rata 10 kilogram. Kalau lagi bagus, bisa mencapai 30 kilogram. Hasil panen yang gak sebanding dengan permintaan menjadi sebab kenapa sarang burung walet mahal harganya.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Warna dan kualitas dari sarang itu sendiri juga jadi faktor mahalnya sarang burung walet. Kebanyakan orang mencari sarang burung walet yang berwarna putih.

Selain itu, bentuknya juga mempengaruhi harganya. Misalnya aja sarang burung walet berbentuk mangkok lebih mahal ketimbang yang berbentuk segitiga. Kalau yang mangkok dijual dengan harga Rp12 juta, sedangkan sarang berbentuk segitiga dijual dengan harga Rp 8 juta.

5. Bisnis bermodal besar

Gak nyangka kalau modal bikin sarang burung walet itu sangat besar. Malahan dengan modal tersebut kamu bisa buat beli rumah tipe 36 atau mobil SUV.

Dihitung-hitung, modal buat bikin bangunan yang menjadi sarang burung walet tembus ratusan juta rupiah. Diungkap seorang pembudidaya burung walet, Nor Salihin, kepada Tribunnews, dia menghabiskan dana ratusan juta buat membangun gedung yang jadi sarang burung walet.

Dihitung-hitung lebih rinci, kalau kamu berminat kamu harus keluarkan uang sebanyak Rp500 juta. Rinciannya, Rp100 juta buat modal beli tanah. Sementara Rp400 juta lagi sebagai modal mendirikan bangunannya.

Melihat modalnya yang besar, gak sedikit yang enggan buat berbisnis sarang burung walet. Makanya, gara-gara minimnya orang yang lakukan bisnis ini, harga sarang burung walet jadi mahal.

6. Jadi komoditas ekspor yang langka

Gak cuma di dalam negeri, sarang burung walet pun ternyata memiliki peminat yang sangat banyak untuk pasar ekspor luar negeri.

China menjadi salah satu negara yang paling banyak mendatangkan komoditas yang satu ini, di mana permintaannya bisa mencapai 140 juta ton per tahun dan kita baru bisa memasok sekitar 70 juta ton per tahunnya ke Negeri Tirai Bambu tersebut.

Sedangkan nilainya perdagangannya sendiri bisa mencapai US$1 miliar hingga US$2 miliar per tahunnya.

7. Banyak sarang burung walet palsu

Harga sarang burung walet yang mahal membuat sebagian oknum mencoba peruntungannya dengan membuat sarang yang palsu atau memiliki kualitas dibawah rata-rata.

Selain itu, sulitnya membedakan antara sarang burung walet yang berkualitas baik dan yang buruk menjadi faktor lain kenapa harganya melambung tinggi di pasaran.

8. Proses pembuatan sarang burung walet butuh proses panjang dan sulit

Dari proses pembuatan hingga panen, komoditas yang satu ini membutuhkan proses yang panjang dan sulit. Contohnya seperti memberi makan secara teratur dan membiarkan air liurnya tumbuh secara alami sedikit demi sedikit.

Butuh waktu mencapai 3 hingga 6 bulan untuk sarang burung walet tumbuh.Dalam sekali panen, para peternak kurang lebih bisa memanen sebanyak 10 kilogram aja. Jadi pantes kalau harganya sangat mahal.

Belum lagi proses panennya sendiri yang gak bisa sembarangan. Butuh waktu yang tepat agar sarang burung bisa diambil secara sempurna dan tidak mengganggu burung walet itu sendiri.

Itu tadi delapan alasan kenapa harga sarang burung walet mahal. Di balik harganya yang fantastis, sarang burung walet menyimpan potensi yang sangat luar biasa. Kamu bisa mulai menabung dari penghasilan bulanan kamu dengan menggunakan metode 50 persen kebutuhan, 30 persen hiburan dan 20 persen untuk tabungan serta investasi agar modal cepat terkumpul nih!

Gimana, tertarik mau mencoba ternak walet? Untuk bisa sukses di bisnis ini, kamu harus kuat modal. 

Jika kamu memiliki pertanyaan lainnya, bisa langsung tanyakan ke pakar bisnis yang telah bekerja sama dengan Lifepal di Tanya Lifepal!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →