Harga Vaksin Anjing – Jenis Vaksin, Manfaat, dan Tipsnya

harga vaksin anjing

Harga vaksin anjing beragam tergantung jenis vaksin dan tempat vaksinasi anjing. Bagi kamu penyayang hewan peliharaan berkaki empat ini, pasti tahu dong berbagai vaksin yang dibutuhkan.

Untuk memelihara hewan seperti anjing dan kucing ternyata butuh biaya yang lumayan besar lho! Apalagi jika kamu menginginkan hewan peliharaan tumbuh dengan baik. Tentunya diperlukan makanan khusus dan berbagai vaksin.

Vaksin ini cukup membantu menghindari hewan peliharaan dari risiko berbagai penyakit. Pada anjing, salah satu vaksin yang dibutuhkan adalah rabies. Pasalnya, jika anjing terkena rabies dan menggigit manusia, maka manusia bisa tertular penyakit tersebut.

Bagi kamu yang pengin tahu lebih lanjut tentang anggaran, yuk cari tahu ulasan lebih mendalam dari ahlinya di Tanya Lifepal!

Nah berikut kita bahas harga vaksin anjing, manfaat, jenis, hingga tips memelihara hewan. Yuk, simak!

Harga vaksin anjing

Dari berbagai informasi yang Lifepal dapat, ternyata harga vaksin anjing cukup beragam. Harga ini didasari jenis atau merek vaksin yang akan diberikan. Harga vaksin anjing ini berkisar Rp200 ribuan untuk satu kali vaksin.

Jika vaksin kucing biasanya mencegah empat jenis penyakit, vaksin anjing memberikan lebih banyak perlindungan dari sejumlah penyakit.

Secara umum, ada tujuh jenis dengan harga vaksin anjing yang berbeda-beda. Vaksin anjing ini diberikan berdasarkan usia anjing, mulai 3 bulan yaitu:

  1. Vaksin usia 3-12 bulan untuk mencegah enam jenis penyakit yaitu gangguan saluran pencernaan, penyakit pernapasan, penyakit batuk ringan, gangguan fungsi hati, radang pencernaan, dan penyakit akibat urin tikus pada makanan atau minuman (leptospirosis).
  2. Vaksin kedua untuk mencegah tujuh penyakit, enam di antaranya sama seperti vaksin tahap pertama dengan tambahan perlindungan dari penyakit batuk berkepanjangan (bordetella).
  3. Vaksin ketiga diberikan satu tahun kemudian yang memberikan perlindungan dari tujuh penyakit pada vaksin kedua plus rabies.

Untuk harga vaksin anjing tahap pertama berkisar Rp200 ribu. Kemudian, harga vaksin anjing tahap kedua sekira Rp220 ribu, dan harga vaksin rabies anjing yang diberikan pada tahap ketiga berkisar Rp120 ribu.

Jenis vaksin anjing dan manfaatnya

Seperti ulasan sebelumnya, pemberian vaksin pada anjing disesuaikan dengan usia hewan peliharaan kamu. Berdasarkan pengalaman, anjing ras yang harganya mahal lebih rentan dan lebih mudah sakit, tapi belum tentu anjing ras kamu demikian.

Nah biar sahabat berkaki empat ini selalu sehat, vaksin anjing penting kamu berikan dengan tepat. Harga vaksin anjing pun bisa lebih mahal tergantung brand dan manfaatnya.

Pasalnya, ada beberapa vaksin yang khusus memberikan perlindungan dari satu atau dua jenis penyakit saja. Vaksin ini berbeda dari penjelasan sebelumnya.

Apa saja? Yuk simak ulasan jenis vaksin anjing berikut ini.

1. Vaksin DP (Distemper dan Parvovirus)

Vaksin DP merupakan vaksin untuk anak anjing yang dapat membantu mencegah penyakit Distemper dan Parvovirus.

Distemper merupakan penyakit yang biasa terjadi pada bulan atau musim tertentu dan menyerang saluran pernapasan anjing. Akibatnya, anjing akan mengalami infeksi kulit serta membuat telapak kaki anjing menjadi keras.

Parvovirus merupakan penyakit yang menyerang saluran pencernaan dan menyebabkan diare, demam, dan muntah bahkan penurunan kemampuan untuk melawan infeksi.

2. Vaksin PiBr

Vaksin ini biasanya diberikan kepada anak anjing berusia 10-12 minggu. Vaksin PiBr ini membantu meningkatkan daya tahan terhadap penyakit yang biasa menginfeksi saluran pernapasan seperti bordetella ataupun parainfluenza.

Walaupun penyakit atau virus tersebut tidak mematikan, namun ada baiknya anjing kesayangan diberikan vaksin ini. Salah satu manfaatnya menghindari penyakit yang bisa berdampak pada usia hidup anjing kamu.

3. Vaksin DHLPI

Vaksin jenis ini mencakup perlindungan terhadap penyakit distemper, hepatitis, leptospirosis, dan parvovirus. Normalnya akan diberikan saat anak anjing berusia 14-16 minggu.

4. Vaksin DHLPII+R

Memasuki usia 20 minggu, anak anjing kamu sebaiknya diberikan vaksin ini. Vaksin DHLPII+R memberikan pencegahan dari penyakit hepatitis, leptospirosis, dan rabies.

Pencegahan yang lebih kompleks membuat harga vaksin anjing yang satu ini lebih mahal.

5. Vaksin Rabies

Rabies merupakan penyakit yang cukup sering kita dengar pada anjing, dikarenakan menyerang sistem saraf pusat maka gejala yang perlu PetLovers perhatikan yakni: menyebabkan sakit kepala, halusinasi, kecemasan, air liur berlebihan, takut akan air, hingga kematian.

Karena cukup mematikan maka perawatan dalam beberapa jam setelah terinfeksi menjadi sangat penting. Perlindungan terhadap penyakit mematikan ini dapat diberikan kepada anjing yang sudah berusia 4-6 bulan.

Vaksin ini pun sebaiknya diberikan setahun sekali karena sangat berbahaya jika anjing kesayangan terkena rabies.

Pemberian vaksin yang perlu setahun sekali ini membuat harga vaksin rabies anjing lebih mahal. Karena kamu harus menyiapkannya setiap sekali dalam setahun.

Persiapan, aturan, dan efek samping vaksin pada anjing

Pentingnya vaksin pada anjing, membuat pemberiannya gak bisa sembarangan. Selain harus sesuai usia, ada persiapan, aturan, dan efek samping yang harus kamu ketahui.

Jadi, kamu gak cuma siapkan biaya hewan peliharaan untuk harga vaksin anjing, tapi harus tahu hal-hal berikut, ya!

1. Persiapan vaksin pada anjing

Anak anjing sebenarnya telah mendapatkan antibodi dari air susu induknya, selama induk tersebut punya imun yang bagus.

Itu sebabnya, pemberian vaksin gak bisa sembarangan. Kamu harus menyiapkan anjing kesayangan dalam kondisi sehat dan normal sebelum divaksin. Berikut syarat pemberian vaksin pada anjing:

  • Sehat secara fisik, terlihat lincah dan tidak stres.
  • Suhu tubuh normal yaitu 38-39,3 derajat celcius.
  • Gak mengalami gangguan makan atau minum.
  • Gak mengalami gangguan urinasi (buang air kecil).
  • Gak mengalami diare.
  • Tidak dalam masa penyembuhan setelah sakit atau operasi.
  • Vaksin sesuai usia.

2. Aturan dan jadwal pemberian vaksin pada anjing

Menurut American Veterinary Medical Association (AVMA), anjing yang jarang terpapar penyakit tidak harus menjalani booster tiap 1 tahun untuk beberapa penyakit.

Namun rekomendasi tersebut didasarkan oleh banyak faktor, antara lain umur, ras, status kesehatan, risiko paparan penyakit, tipe vaksin, dan lingkungan dimana anjing tinggal.

Penting untuk memantau jadwal vaksinasi anjing dan memastikan peliharaan kamu tetap dalam keadaan sehat dan terhindar dari penyakit.

Berikut jadwal pemberian vaksin pada anjing:

  • Usia 6 minggu: vaksin Parvo
  • Usia 9 minggu: vaksin Parvo, Distemper, Parainfluenza, Hepatitis, dan Leptospira
  • Usia 12 minggu: vaksin Parvo, Distemper, Parainfluenza, Hepatitis, Leptospira, dan Rabies
  • Usia 1 tahun: vaksin Parvo, Distemper, Parainfluenza, Hepatitis, Leptospira, Rabies,    dan Bordetella.

3. Efek samping vaksin pada anjing

Vaksinasi yang bersifat menstimulasi sistem kekebalan tubuh hewan bertujuan memproteksi tubuh dari berbagai penyakit dan infeksi virus. Namun, ada beberapa efek samping yang biasanya dialami anjing setelah divaksinasi, yaitu:

  • Rasa sakit pada area sekitar suntikan vaksin
  • Demam
  • Lemas
  • Nafsu makan berkurang
  • Pilek
  • Alergi.

Pada umumnya, kondisi ini terjadi beberapa jam hingga maksimal 2 hari. Jadi, jika gejala ini terjadi pada anjing kesayangan setelah divaksin, kamu gak perlu khawatir.

Pada umumnya, reaksi efek samping berlebihan yang mungkin timbul sangat jarang terjadi. Namun, gak ada salahnya jika kamu memeriksa ke dokter hewan jika area sekitar injeksi mengalami pembengkakan hingga lebih dari 2 minggu.

Risiko penyakit pada anjing

Dari ulasan sebelumnya, vaksin pada anjing cukup penting walaupun harga vaksin anjing gak murah. Tetapi, harga vaksin anjing ini gak mahal jika dibandingkan dengan berbagai risiko penyakit yang bisa menyiksa hewan peliharaan kamu.

Daripada mengeluarkan biaya lebih besar ke dokter hewan untuk berbagai penyakit, lebih baik kamu mengeluarkan biaya untuk harga vaksin anjing yang berada di kisaran ratusan ribu rupiah.

Dengan begitu, anjing kamu akan terhindar dari berbagai risiko penyakit berikut:

  1. Rabies yang bisa menular dari hewan ke manusia.
  2. Parvovirus yaitu penyakit pencernaan yang menyebabkan muntah pada anjing dan berdampak pada kesehatan jangka panjang.
  3. Distemper yaitu penyakit menular dengan gejala kejang hingga kerusakan sarah yang menjadi salah satu penyebab kematian pada anjing.
  4. Canine Hepatitis yaitu penyakit yang menimbulkan kematian mendadak pada anak anjing dengan gejala diare, demam, hingga pendarahan.
  5. Leptospirosis yaitu infeksi bakteri yang menyebar ke seluruh tubuh dan merusak fungsi ginjal. Penyakit ini bisa menular ke manusia.
  6. Canine parainfluenza virus yaitu penyakit pernapasan yang menyebabkan anjing demam, flu, batuk, dan tidak nafsu makan.

Harga vaksin untuk hewan peliharaan lainnya

Bagi kamu yang punya hewan peliharan lain seperti kucing, ikan, dan burung juga perlu memberikan vaksin. Tentunya vaksin ini akan membuat hewan peliharaan kamu sehat dan gak menularkan penyakit kepada manusia.

Yuk simak beberapa harga vaksin untuk hewan-hewan peliharaan yang umum dimiliki masyarakat Indonesia.

1. Harga vaksin kucing

Berikut ini jenis vaksin yang diberikan kepada kucing:

  • Vaksin Felocell 3 (F3) diberikan pada kucing berusia 3-12 bulan untuk mencegah gangguan pernapasan, mulut berdarah, dan penyakit yang menyerang organ vital.
  • Vaksin F4 (vaksin kedua) berguna untuk mencegah penyakit yang sama pada vaksin F3 dengan tambahan vaksin chlamydia yaitu penyakit yang menyerang pada mata kucing. Vaksin ini bisa diberikan satu bulan setelah vaksin pertama.
  • Vaksin ke-3 diberikan setahun kemudian. Vaksin ini memberikan pencegahan penyakit yang sama seperti sebelumnya dengan tambahan rabies.

Adapun kisaran harga vaksin mulai Rp175 ribu hingga Rp250 ribu untuk satu kali vaksin.

2. Harga vaksin ikan

Salah satu jenis ikan yang menjadi peliharaan adalah koi. Hewan peliharaan ikan sebenarnya gak membutuhkan vaksin. Tapi, kamu perlu memberikan makanan dan vitamin agar sisiknya indah dan daya tahan tubuhnya kuat.

Adapun pakan yang diberikan berkisar Rp50-60 ribu per kilogram dan Rp210-720 ribu per 4 kilogram untuk pakan berkualitas. Selain itu kamu perlu memberikan vitamin yang membantu menjaga daya tahan tubuh, pencernaan, dan warna koi. Harga vitamin berkisar Rp50 ribu per liter.

3. Harga vaksin burung

Burung juga salah satu hewan peliharaan yang digandrungi karena keindahan suara dan bulunya. Bahkan, ada kontes untuk memamerkan keindahan burung.

Biar burung peliharaan kamu sehat, kamu gak butuh vaksin. Tapi, harus memberikan makanan berkualitas yang biasanya berkisar Rp190-300 ribu per kilogram. Ada juga ulat kandang yang bisa jadi pakan alternatif dan lebih terjangkau dengan harga berkisar Rp60 ribu per kilogram.

Selain itu, berikan vitamin yang bermanfaat untuk menjaga suara burung merdu, bulu cerah, dan menjaga daya tahan tubuh. Harga suplemen ini biasanya berkisar Rp15 ribu per botol (25 ml).

Biaya yang harus dikeluarkan untuk memelihara hewan

Salah satu tips hemat jika pengin memelihara hewan seperti anjing adalah mengadopsinya. Mengadopsi anjing atau hewan lain juga menjadi bukti aksi sosial kamu karena cukup banyak hewan terlantar.

Selain itu, harga hewan peliharaan di pet shop cukup mahal, lho! Berikut kisaran harga hewan peliharaan yang dikutip dari Bisnis.com:

  • Anjing ras Pomeranian berkisar Rp2,5 juta
  • Anjing ras Beagle berkisar Rp2,5 juta
  • Anjing ras Golden Retriever berkisar Rp4 juta
  • Kucing ras Persia berkisar Rp1,5 juta
  • Kucing ras Anggora berkisar Rp1 juta
  • Kucing ras Himalaya berkisar Rp2 juta.

Khusus buat kamu yang pengin pelihara anjing, berikut biaya untuk anjing yang harus kamu keluarkan setiap bulannya untuk makanan dan lain-lain:

  • Makanan anjing kualitas premium Rp500 ribu/sak atau kualitas sedang Rp250 ribu/sak
  • Vaksin sekitar Rp350 ribu per tahun
  • Grooming untuk anjing berbulu panjang berkisar Rp150 ribu
  • Vitamin dan obat berkisar Rp200 ribu.

Kamu juga bisa memproteksi hewan kesayangan dengan asuransi. Salah satu asuransi hewan peliharaan yang ada di Indonesia adalah Asuransi Sinar Mas.

Pertanyaan seputar harga vaksin anjing

Apa saja vaksin yang diberikan pada anjing?

Terdapat beberapa vaksin yang diberikan kepada anjing untuk mencegah berbagai penyakit dari gangguan pencernaan hingga rabies. Berikut vaksinnya:

  • Vaksin DP (Distemper dan Parvovirus)
  • Vaksin PiBr
  • Vaksin DHLPI
  • Vaksin DHLPII+R
  • Vaksin Rabies.

Berapa kisaran harga vaksin anjing?

Kisaran harga vaksin anjing bervariasi. Namun, harga vaksin anjing untuk satu kali vaksin berkisar Rp200 ribu. Vaksin ini diberikan sesuai usia, mulai 3 bulan hingga kelipatan satu tahun untuk vaksin rabies.

Apakah harga vaksin anjing berbeda-beda berdasarkan jenis ras?

Harga vaksin anjing tetap sama untuk semua jenis ras anjing. Perbedaannya hanya terletak pada merek vaksin. Harga vaksin anjing juga tergantung pada klinik atau dokter hewan karena kamu sebaiknya tidak memberikan vaksin sembarangan.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →