Daftar Harga Vaksin Covid-19 di Indonesia dan Jenisnya

harga vaksin covid

Gak terasa sudah hampir 2 tahun pandemi Covid-19 ada di Indonesia. Kini, bahkan virus corona muncul dalam varian baru, yakni varian delta yang penularannya makin cepat. Sebagai upaya pencegahan, pemerintah pun menghimbau agar masyarakat segera melakukan vaksin Covid-19. Lalu, berapa harga vaksin Covid yang beredar di pasaran?

Sebagai informasi, per 29 Juni 2021 kasus Covid-19 di Indonesia mencapai 20 ribu lebih per hari dengan angka kematian 463 pasien.

Melihat urgensi ini, para ilmuwan baik di dalam negeri maupun di luar negeri berlomba untuk membuat vaksin yang paling efektif untuk menghadapi virus corona. Di dunia, sudah terdaftar 10 vaksin yang akan memasuki tahap 3.

Di Indonesia sendiri, sejak Januari lalu sudah gencar mengkampanyekan vaksinasi untuk mencegah penyebaran virus corona. Hingga saat ini, pemberian vaksin Covid di Indonesia masih gratis. Kamu bisa langsung mendaftarkan diri pada fasilitas kesehatan terdekat atau mendaftar secara online

Berikut ini informasi seputar jenis-jenis vaksin yang sudah digunakan di Indonesia dan seluruh dunia beserta harga per dosisnya.

5 kelompok prioritas mendapatkan vaksin

Untuk menyukseskan program vaksinasi nasional, pemerintah sudah menyiapkan dua skema vaksinasi. 

Pertama dikhususkan untuk para aparatur pemerintahan dan terkait seperti aparatur pemerintah, tenaga medis, aparat hukum, tokoh agama, tenaga pendidik, dan BPJS penerima bantuan subsidi. 

Skema yang kedua atau jalur mandiri dikhususkan untuk masyarakat luas yang berusia antara 19 hingga 59 tahun. 

Dari skema tersebut, adapun 5 kelompok prioritas yang mendapatkan vaksin Covid-19, di antaranya:

  1. Petugas medis, paramedis contact tracing, TNI/POLRI, dan aparat hukum dengan total sebanyak 3.497.737 orang.
  2. Tokoh agama atau masyarakat, perangkat daerah seperti kecamatan, desa, RT/RW, dan beberapa pelaku ekonomi dengan total sebanyak 5.624.0106 orang.
  3. Tenaga pendidik mulai dari PAUD atau TK, SD, SMP, SMA, dan perguruan tinggi dengan total sebanyak 4.361.197 orang.
  4. Aparatur pemerintah baik di tingkat pusat, daerah, dan legislatif dengan total sebanyak 2.305.689 orang.
  5. Peserta BPJS PBI atau penerima bantuan iuran dengan total sejumlah 86.622.867 orang.
  6. Masyarakat dan pelaku ekonomi lainnya dengan total sebanyak 57.548.500 orang.

Daftar harga vaksin Covid-19 di Indonesia

Bila kamu ingin melakukan vaksinasi secara mandiri, kamu bisa menggunakan 6 jenis vaksin yang sudah beredar di Indonesia dan sudah ditetapkan Menteri Kesehatan melalui Keputusan Menteri Kesehatan Nomor H.K.01.07/Menkes/9860/2020 tentang Penetapan Jenis Vaksin untuk Pelaksanaan Vaksinasi Corona Virus Disease (Covid-19).

Berikut ini daftar harga vaksin Covid-19 per dosisnya yang dikutip dari berbagai sumber.

Jenis Vaksin CovidHarga Vaksin Covid
AstraZenecaRp57 ribu
Johnson & JohnsonRp141 ribu
SinovacRp200 ribu
NovavaxRp226 ribu
Pfizer/BioNTechRp283 ribu
ModernaRp526 ribu

Enam jenis vaksin yang beredar di Indonesia baru bisa kamu gunakan bila sudah mendapatkan izin edar penggunaannya pada masa darurat (emergency use authorization/EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Harga vaksin Covid-19 yang beredar di Indonesia cukup terjangkau, namun tak perlu khawatir karena pemerintah memberikan vaksin Covid-19 secara gratis.

Untuk saat ini, vaksin Covid-19 yang sudah mulai digunakan adalah jenis Sinovac dan juga AstraZeneca.

Mengenal vaksin yang beredar di dunia

Para ilmuwan kian aktif mencari dan membuat vaksin yang paling efektif. Bahkan, targetnya adalah membuat vaksin dengan tingkat keefektifan hingga 100%.

Sejauh ini, ada vaksin Pfizer yang memiliki tingkat keefektifan hingga 95% dan Moderna dengan tingkat keefektifan yang hampir sama. Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini 10 jenis vaksin yang ada di dunia beserta harganya.

Moderna

Perusahaan bioteknologi asal Amerika Serikat sudah mengklaim bahwa vaksin Moderna yang mereka kembangkan memiliki tingkat efektivitas 94,5%. Harga vaksin covid Moderna sendiri pun bervariasi mulai dari US$32 sampai US$37 atau dalam rupiah setara dengan Rp452.224 hingga Rp522.884.

Untuk mempermudah negara sekutu dan negara tetangga dalam mengadakan vaksin di negara mereka masing-masing, Moderna tidak mematenkan vaksin mereka selama pandemi ini. 

Dengan kata lain, mungkin saja vaksin jenis ini diproduksi di beberapa negara seperti yang sudah dilakukan di Cina sehingga harga jualnya gak terlalu mahal.

Vaksin Moderna harus disimpan di dalam suhu minus 20 derajat celcius karena proses pembuatannya menggunakan teknologi RNA.

Pfizer atau BioNTech

Vaksin Pfizer/BioNTech yang dikembangkan di Amerika Serikat ini adalah vaksin yang di dalamnya tidak terkandung virus yang masih hidup. 

Dibuat dengan teknologi messenger RNA yang membuat vaksin ini harus mendapatkan perhatian khusus dalam penyimpanannya. Vaksin ini harus di dalam suhu minus 70 derajat celcius hingga minus 80 derajat celcius.

Pfizer diklaim memiliki efektivitas tinggi seperti Moderna, yakni 90 persen. Adapun harga vaksin covid Pfizer dibanderol dengan harga US$19,50 hingga US$20 atau setara dengan Rp276 ribuan hingga Rp282 ribuan per dosisnya.

Adapun beberapa negara yang sudah memesan vaksin jenis Pfizer yakni Inggris, Uni Eropa yang sudah memesan 300 juta dosis, Jepang memesan 120 juta dosis, dan Amerika Serikat memesan 100 juta dosis. 

Kanada, Australia, dan Chile juga memesan dengan masing-masing negara memesan sebanyak 10 juta dosis. Indonesia sendiri, sesuai perkataan Presiden Joko Widodo akan memesan hingga 50 juta dosis.

Oxford atau AstraZeneca

AstraZeneca, perusahaan farmasi asal Inggris bekerja sama dengan Universitas Oxford mengembangkan vaksin untuk mencegah virus Corona. Mereka mengklaim bahwa virus AstraZeneca-Oxford memiliki tingkat efektivitas hingga 90 persen.

Vaksin AstraZeneca/Oxford dikembangkan dengan memanfaatkan virus penyebab pilek atau adenovirus pada simpanse yang sudah dimodifikasi dengan teknologi khusus. Virus ini akan mirip seperti SARS-COV-2 yang menyebabkan Covid-19 namun tidak bisa menyebabkan penyakit.

Harga vaksin covid AstraZeneca lebih murah dibandingkan vaksin lainnya, yakni dijual dengan harga US$3 hingga US$4 atau dalam rupiah setara dengan Rp56 ribuan hingga Rp70 ribuan per dosisnya.

Johnson & Johnson

Vaksin Jhonson & Johnson dikembangkan dengan teknologi canggih melalui vektor adenovirus atau pembawa gen. Perusahaan yang mengembangkan vaksin ini yang sudah bekerja sama dengan Yayasan Bill & Melinda Gates berjanji akan menyumbangkan sebanyak 500 juta dosis kepada negara-negara miskin yang sulit mengadakan vaksinasi nasional.

Selain itu, mereka juga berjanji bahwa harga jualnya pun terjangkau untuk masyarakat. Harga vaksin covid Johnson & Johnson dijual dengan harga US$10 atau setara dengan Rp141 ribuan. 

Berbeda dari vaksin lainnya yang harus disuntik sebanyak dua kali, vaksin ini cukup disuntikan satu kali atau dalam satu dosis.

Sputnik V Russia

Vaksin Sputnik V dikembangkan oleh Institut Riset Rusia yang didanai oleh Dana Investasi Langsung (DIF) Rusia mensyaratkan penggunanya untuk menyuntik sebanyak dua kali. Vaksin yang sudah melewati fase uji klinis ketiga ini dibanderol dengan harga US$10 atau Rp141 ribuan untuk satu dosis dan US$26 atau setara dengan Rp366 ribu untuk dua dosis.

Negara seperti Brazil, Meksiko, dan Kazakhstan akan menggunakan vaksin jenis ini. Adapun Rusia dan India telah menandatangani kesepakatan kerja sama untuk memproduksi vaksin Sputnik V sebanyak 300 juta dosis.

Covaxin India

Covaxin dikembangkan dan diproduksi di India melalui produsen Bharat Biotech. Vaksin Covaxin sudah sampai tahap fase uji klinis ketiga. Harganya pun lebih murah dibandingkan vaksin lainnya yakni sebesar 100 rupee atau dalam rupiah setara dengan Rp19 ribuan per dosis.

Novavax

Novavax dikembangkan di negara bagian Maryland, Amerika Serikat dan sudah mencapai fase uji klinis ketiga. Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat atau FDA sudah memberikan status “jalur cepat” untuk vaksin Novavax.

Dalam pengembangannya, vaksin Novavax memanfaatkan beberapa bagian kecil protein dari virus Corona untuk menginfeksi sel. Vaksin ini akan dijual dengan harga US$16 atau dalam rupiah setara dengan Rp226 ribuan per dosis.

Novavax akan diproduksi di India dalam jumlah besar yakni 2 miliar dosis vaksin potensial dengan mitra Serum Institute of India. Indonesia sendiri akan memesan vaksin ini sebanyak 50 juta dosis.

Sinovac (CoronaVac)

Vaksin yang dikembangkan oleh perusahaan farmasi asal Cina Sinovac memiliki nama CoronaVac yang dibuat menggunakan teknologi inactivated virus atau memanfaatkan virus yang sudah dilemahkan. 

Vaksin ini adalah vaksin pertama yang didapatkan Indonesia dan menjadi vaksin pertama untuk memulai program vaksinasi nasional.

Vaksin CoronaVac sudah melewati fase uji klinis tahap ketiga di Brazil. Di Indonesia sendiri, melalui Bio Farma vaksin CoronaVac juga melakukan uji klinis tahap ketiga.

Harga vaksin covid Sinovac atau CoronaVac dibanderol dengan harga US$10 hingga US$20 atau dalam rupiah setara dengan Rp141 ribuan hingga Rp282 ribuan per dosis.

Sinopharm

Perusahaan milik Cina, Sinophram, mengembangkan vaksin Covid-19 dan sudah mendapatkan otorisasi penggunaan darurat atau emergency use authorization oleh Uni Emirat Arab pada September tahun lalu. Kini, vaksin Sinopharm juga sedang melalui proses uji klinis tahap ketiga di Uni Emirat Arab.

Vaksin yang mengandalkan virus SARS-COV-2 yang sudah tidak aktif atau sudah dibunuh untuk kemudian dimasukkan ke dalam tubuh melalui suntikan. Virus ini tidak akan menyebabkan penyakit tetapi melatih sistem imunitas tubuh untuk melawan patogen.

Vaksin Sinophram terbilang vaksin yang paling mahal dibandingkan vaksin lainnya. Vaksin jenis ini dibanderol dengan harga US$145 atau dalam rupiah setara dengan Rp2 jutaan untuk dua dosis.

CanSino Biological

Vaksin CanSino Biological dikembangkan di Cina dengan target awal adalah para tentara. Vaksin ini sudah mendapatkan emergency use authorization pemerintah Cina dan sedang melalui fase uji klinis tahap ketiga. Vaksin Cansion Biological akan dijual dengan harga US$29,96 atau setara dengan Rp424 ribuan per dosis.

Negara yang menggratiskan vaksin selain Indonesia

Untuk kamu ketahui bahwa vaksin covid sendiri awal mula digunakan di Cina pada Juni-Juli 2020. Lalu diikuti Rusia pada 11 Agustus 2020 dan Inggris pada 2 Desember 2020. Indonesia sendiri menerima vaksin Sinovac pertama kali pada 6 Desember 2020 dan mulai digunakan pada Januari 2021. Selanjutnya adalah Amerika Serikat pada 8 Desember 2020.

Sebagai strategi melawan virus Covid-19, bukan hanya Indonesia yang memberikan vaksin kepada masyarakatnya dengan cuma-cuma alias gratis. Ada beberapa negara yang juga menggratiskan vaksin bagi masyarakatnya, di antaranya:

  1. India, Menteri India Pratap Sarangi pada 25 Oktober tahun lalu menyatakan bahwa akan memberikan vaksin Covid-19 gratis untuk masyarakatnya.
  2. Finlandia, pemerintah Finlandia menyatakan akan melindungi seluruh masyarakatnya dengan pemberian vaksinasi berlisensi secara cuma-cuma.
  3. Amerika Serikat, Presiden terpilih Joe Biden berjanji akan memastikan masyarakatnya mendapatkan vaksinasi Covid-19 gratis bila dirinya terpilih.
  4. Norwegia, pemerintah Norwegia memberikan vaksin Covid-19 gratis pada masyarakatnya.
  5. Pakistan, pemerintah Pakistan juga turut memberikan vaksinasi gratis untuk masyarakatnya.
  6. Prancis, Perdana Menteri Prancis Jean Castex menyatakan bahwa proses vaksinasi hanya tinggal menunggu waktu dan diberikan secara gratis untuk seluruh masyarakat di negaranya dalam tiga tahapan.
  7. Australia, pemerintah Australia menjamin akses mendapatkan vaksinasi dengan mudah dan memberikannya secara gratis untuk seluruh masyarakatnya yang berjumlah 25 juta orang.
  8. Maroko, Raja Maroko Mohammed VI memberikan mandat untuk seluruh masyarakatnya wajib mendapatkan vaksinasi secara gratis.
  9. Jepang, pemerintah Jepang menyatakan bahwa akan memberikan vaksin Covid-19 untuk masyarakatnya secara gratis. Bahkan hal ini dimasukkan ke dalam undang-undang dan sudah disahkan.

Pentingnya memiliki asuransi Covid-19 dan tips memilih

Mengingat kasus Covid-19 sedang tinggi dan biaya pengobatannya pun tidak murah, segera lindungi finansial dengan pilihan asuransi Covid-19.

Lifepal, menyediakan beragam pilihan asuransi Covid-19 yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan dan kemampuanmu dengan manfaat pertanggungan mulai dari biaya dokter umum, dokter spesialis, rawat inap, ICU, ambulans, hingga santunan risiko meninggal dunia.

Adapun tips yang bisa kamu terapkan saat menentukan asuransi Covid-19, di antaranya:

Baca ketentuan polis dengan teliti

Seringkali klaim nasabah ditolak karena tidak sesuai dengan perjanjian polis yang telah disetujui bersama. Karena itu, sebaiknya pelajari polis dengan teliti. Khususnya pada bagian risiko yang ditanggung serta nilai pertanggungan yang diberikan asuransi.

Hitung limit asuransi

Cari tahu biaya perawatan Covid-19, kemudian sesuaikan dengan limit asuransi yang dipilih. Pastikan limitnya lebih tinggi dibandingkan estimasi biaya perawatan Covid-19 saat ini. Cari tahu juga apakah asuransi memberikan manfaat unit link atau investasi sekaligus atau tidak. Sebab asuransi berbalutkan investasi sekaligus umumnya preminya lebih mahal.

Cari tahu reputasi perusahaan

Apakah perusahaan asuransi yang dipilih pernah terjerat kasus? Informasi ini bisa dengan mudah calon nasabah dapatkan dengan melakukan riset secara online.

Atau cara praktisnya bisa manfaatkan layanan konsultasi dengan ahli asuransi secara gratis di Tanya Lifepal!

Kalkulator uang pertanggungan asuransi jiwa

Sebagai upaya berjaga-jaga, kamu bisa sekalian menghitung uang pertanggungan asuransi jiwa menggunakan kalkulator ini, apabila ada musibah atau hal-hal yang buruk yang datang secara tidak terduga. 

FAQ harga vaksin Covid-19

Berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan Nomor H.K.01.07/Menkes/9860/2020 tentang Penetapan Jenis Vaksin untuk Pelaksanaan Vaksinasi Corona Virus Disease (Covid-19) ada 6 jenis vaksin yang beredar di Indonesia, seperti

  1. AstraZenecca
  2. Jhonson & Johnson
  3. Sinovac
  4. Novavax
  5. Moderna
  6. Pfizer

Harga vaksin Covid-19 di Indonesia beragam tergantung jenis vaksin yang kamu pilih. Adapun harga mulai dari Rp57 ribu hingga Rp526 ribu per dosis. Aktifkan asuransi Covid-19 yang memberikan pertanggungan untuk biaya dokter, rawat inap, rawat jalan, hingga risiko meninggal dunia.

Terdapat 10 jenis vaksin yang sudah beredar dan digunakan di dunia, seperti:

  1. Moderna
  2. Pfizer atau BioNTech
  3. Oxford atau AstraZeneca
  4. Jhonson & Johnson
  5. Sputnik V Rusia
  6. Covaxin India
  7. Novavax
  8. Sinovac (CoronaVac)
  9. Sinopharm
  10. CanSino Biological